11 Tempat Wisata Singkawang, Warisan Budaya Yang Dibalut Cantiknya Alam

Singkawang merupakan sebuah kota yang terletak di Kalimantan Barat. Kata Singkawang sendiri berasal dari kata San Kew Jong yang artinya kota yang terletak diantara laut, muara, gunung dan sungai.

Pada zaman dahulu kota tersebut sempat disinggahi oleh pasukan Tiongkok yang meninggalkan Pulau Jawa sekitar tahun 1923, karena perahu yang mereka tumpangi rusak diterjang badai.

Setelah kapalnya bisa kembali berlayar, ada beberapa orang yang tertinggal di kota tersebut. Sampai akhirnya mereka menikah dengan masyarakat setempat.

Maka jangan heran jika budaya Tiongkok cukup kental di Singkawang. Selain itu, Singkawang memiliki beberapa lokasi wisata yang berupa dataran tinggi hingga pantai yang harus kamu kunjungi.

Untuk menuju Singkawang dapat ditempuh melalui Pontianak, dengan estimasi waktu sekitar 4 jam perjalanan jika menggunakan mobil.

11 Tempat Wisata Singkawang

1. Bukit Rindu Alam

panorama bukit rindu alam
panorama bukit rindu alam. google maps. sumber: Indra Hidayat

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Yang pertama kita ulas ialah wisata alam yang bernama Bukit Rindu, yang berada di ketinggian sekitar 400 mdpl. Dimana kamu dapat menyaksikan puncak Gunung Kota, Gunung Besar serta Gunung Lapis yang saling berkaitan.

Sebuah bukit yang tepat untuk bersantai sambil menikmati sejuknya udara, apalagi jika senja mulai datang dimana kamu dapat menyaksikan senja Laut Natuna.

Selain itu, Bukit ini juga dihiasi dengan aneka bunga yang sangat cantik. Jadi ketika berada di Bukit Rindu Alam, kamu akan menyaksikan panorama laut, pegunungan, dan landscape kota.

Namun, karena berada di ketinggian kamu harus menyusuri beberapa anak tangga terlebih dahulu. Tangga tersebut dihiasi dengan aneka patung hewan, yang terkadang dijadikan spot foto para pengunjung.

Lokasi:  Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Tiket: Rp. 25.000,-
Jam Buka: 08.00-19.00

2. Bukit Bougenville

taman bukit bougenville
taman bukit bougenville. google maps. sumber: Oki Januardi

Bukit Bougenville atau Taman Bukit Bougenville merupakan sebuah tempat wisata keluarga di Singkawang, yang didominasi oleh sedikitnya sekitar 46 spesies Bunga Bougenville yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri.

Selain itu, ada pula tanaman hias khas Kalimantan seperti Anggrek Hitam, aneka tanaman Kantung Semar, Anggrek Kuping Gajah, dan lain sebagainya.

Pokoknya untuk kamu yang mencintai kembang pasti akan merasa betah ketika berada di Bukit Bougenville. Juga dilengkapi dengan kebun buah, yang berisi dengan berbagai macam jenis buah-buahan.

Taman yang memiliki luas 1,5 ha ini juga dilengkapi dengan hutan homogen yang ditumbuhi dengan pohon gaharu, yang dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling mahal di dunia.

Lokasi: Desa Sijangkung, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 09.00-21.00

3. Danau Biru

danau biru singkawang
danau biru singkawang. google maps. sumber: Denis Axe123

Simak juga: 11 tempat wisata Banyumas

Nama Danau Biru terdapat di beberapa daerah di Indonesia, diantaranya ada di beberapa daerah di Jawa Barat serta di Kalimantan. Dengan tipe keindahan yang berbeda-beda.

Yang di Kalimantan sendiri Danau Biru, memiliki air yang berwarna biru toska dengan sekeliling alam yang ditumbuhi pohon yang masih asri.

Selain menikmati keindahan alam yang tersaji, kamu dapat berfoto-foto dengan latar keindahan alamnya. Bahkan lokasi ini sering juga digunakan untuk Prewedding.

Menikmati cantiknya sunrise dapat kamu lakukan ketika berada di Danau Biru, dengan udara yang sangat sejuk suasana akan terasa sangat menyegarkan.

Lokasi: Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang.
Tiket: Rp. 5.000,-
jam Buka: 24 Jam

4. Pasar Hongkong

pasar hongkong singkawang
pasar hongkong singkawang. google maps. sumber: YT JOSS

Ketika berkunjung ke Singkawang, Pasar Hongkong merupakan destinasi selanjutnya yang harus kamu kunjungi. Ini merupakan lokasi wisata kuliner yang menyajikan banyak makanan yang pastinya enak-enak.

Dinamakan Pasar Hongkong karena situasinya yang mirip seperti disana, apalagi ditambah dengan para penjualnya yang kebanyakan keturunan etnis China. Dan bahkan makanan yang dijualpun kebanyakan khas Tionghoa.

Pasar Hongkong ini lebih marak di malam hari, banyak sekali pedagang yang menjajakan makanannya. Ini layaknya seperti pesta rakyat dengan suasana ala Tionghoa.

Berkumpul dan jalan-jalan dengan orang-orang terkasih kemudian mencicipi makanan yang enak banget, banyak dilakukan oleh mereka yang mengunjungi Singkawang.

Lokasi:  Jalan Setia Budi dan Jalan Bawal, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: –
Jam Buka: 18.00-24.00

5. Air Terjun Sibohe

air terjun sibohe
air terjun sibohe. google maps. sumber: Fahmi Andre

Simak juga: 11 tempat wisata BIntan

Air Terjun Sibohe merupakan sebuah air terjun alami yang ada di singkawang, dimana tingginya memang tidak terlalu tinggi namun airnya cukup deras.

Air yang dialirkannya menuju kolam alami yang ada di bawahnya, dengan dihiasi bebatuan yang beraneka ragam ukurannya serta pepohonan yang masih sangat rindang dan tinggi-tinggi.

Ketika berada di Air Terjun Sibohe jangan lewatkan untuk bermain segarnya air, sejuknya udara dan suara deburan air membuat suasana menjadi semakin damai dan menenangkan.

Untuk menuju Air Terjun Sibohe tidak terlalu membutuhkan memakan waktu di perjalanan, hanya saja memang akses jalannya yang belum sempurna karena masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Lokasi: Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

6. Palm Beach Pasirpanjang

palm beach singkawang
palm beach singkawang. google maps. sumber: Miah Na’a Kenedi

Pantai Palm Beach memiliki hamparan pasir putih yang menghiasi birunya lautan, ombaknya pun bersahabat dimana kamu dapat bermain air di tepian pantainya.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan selain bermain air dan pasirnya diantaranya, bersantai di dalam sebuah gazebo sambil menikmati panorama laut Singkawang.

Menikmati keindahan sunset di tepian pantai dengan orang terkasih, merupakan momen romantis yang dapat kamu ciptakan.

Yang terakhir tentu saja hunting spot foto kece untuk kemudian kamu posting di beberapa media sosial yang kamu miliki, dan membiarkan Palm Beach Pasirpanjang dikenal semua orang.

Yang paling menarik ialah di sekitar Palm Beach terdapat kolam renang, serta trek offroad untuk kamu jajal jika kamu menyukai kegiatan tersebut.

Lokasi: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: Rp. 25.000,-
jam Buka: 24 Jam

7. Pantai Pasir Panjang

pantai pasir panjang
pantai pasir panjang. google maps. sumber: Putrie Silalahi

Simak juga: 11 tempat wisata Pati

Destinasi wisata selanjutnya ialah Pantai Pasir Panjang, dengan panjang sekitar 3 km, bentangan pasir putihnya menghiasi pantai yang satu ini.

Air lautnya sangat bersih juga jernih, hingga banyak pengunjung yang datang untuk berenang atau menyelam di Panta Pasir Panjang Singkawang ini.

Selain itu, banyak pengunjung yang datang untuk memancing ikan di Pantai Pasir Panjang. Pasirnya yang landai dapat digunakan untuk melakukan voli pantai bahkan bermain sepak bola pantai.

Keindahan sunset di Pantai Pasir Panjang wajib untuk kamu saksikan, dimana kamu akan menyaksikan proses terbenamnya matahari yang dihiasi dengan warna alam yang berubah.

Lokasi: Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 24 Jam

8. Pantai Batu burung

pantai batu burung
pantai batu burung. google maps. sumber: Yenli Wongso

Tebaran batu granit yang ada di Pantai Batu Burung merupakan daya tarik tersendiri, batuan granit yang tersebar di bibir pantai dan saling bertumpuk terlihat cantik dalam jepretan sebuah kamera.

Pantai Batu Burung lebih dikenal dengan kampung nelayan karena di daerah tersebut banyak nelayan yang sedang mencari ikan.

Juga terdapat sebuah jembatan yang dapat dijadikan tempat untuk merenung atau bahkan dijadikannya sebagai spot foto yang menarik.

Kamu dapat bersantai di sebuah gazebo atau saung, sambil menikmati keindahan pantainya serta mendengarkan deburan ombaknya yang menenangkan.

Lokasi: Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

9. Hutan Mangrove Setapuk

menyusuri hutan mangrove
menyusuri hutan mangrove. google maps. sumber: fitrianto arry

Simak juga: 11 tempat wisata Sumba

Destinasi wisata selanjutnya ialah Hutan Mangrove yang berada di Setapuk, disini kamu dapat menyusuri hutan mangrove dengan cara yang asyik.

Yakni dengan menapaki sebuah jembatan kayu, dimana terdapat tempat duduk untuk kamu bersantai sambil menikmati panorama alam yang tersaji.

Kawasan Hutan Mangrove Setapak ini sudah dikelola dengan sangat baik, dengan beragam fasilitas yang mempermudah para wisatawan. Seperti camping area, outbound, memancing, dan menyusuri hutan mangrove dengan menaiki speedboat.

Untuk area spot foto, banyak pengunjung yang mengambil beberapa gambar atau video di jembatan pelangi yang eye catching banget. Ada juga sebuah tower dengan tinggi 9 meter, dimana kamu dapat melihat keindahan hutan mangrove dari atas.

Lokasi: Kel. Setapuk Besar, Kec. Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 Jam

10. Pulau Simping

kondisi pulau simping terkini
kondisi pulau simping terkini. google maps. sumber: YUL ICE

Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia, dimana luasnya kurang dari 0,5 ha saja. Dan diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai pulau terkecil di dunia.

Lokasinya yang masih sangat asri dimana pohon-pohon yang ada masih lebat menghiasi di sekitar pulau. Didalam pulau terdapat sebuah kelenteng, yang biasa digunakan untuk berdo’a.

Untuk menuju Pulau Simping, kamu harus melalui sebuah jembatan dari arah Sinka Island Park. Namun sayangnya jembatan tersebut saat ini sudah tidak terawat lagi.

Dibeberapa bagian sudah tidak saling menyambung kembali, sehingga akses menuju Pulau Simping menjadi terhambat. Padahal Pulau Simping menyimpan potensi wisata alam yang seharusnya dijaga bersama.

Lokasi: Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

11. Taman Gunung Sari

salah satu spot foto yang ada
salah satu spot foto yang ada. google maps. sumber: Iin Purnamasari

Simak juga: 11 tempat wisata Banjarnegara

Lokasi wisata terakhir yang harus kamu kunjungi ketika berada di Singkawang ialah Taman Gunung Sari, yang jaraknya hanya sekitar 2 km dari pusat kota Singkawang.

Taman Gunung Sari merupakan wahana wisata yang baru diresmikan sekitar tahun 2019, dan saat ini menjadi destinasi favorite pilihan keluarga.

Selain memiliki panorama alam yang indah, Taman Gunung Sari juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan yang membuat kita betah berlama-lama.

Diantaranya jembatan selfie, rumah pohon, ayunan, sepeda gantung, spot-spot selfie yang keren parah, gazebo tempat beristirahat, serta jogging track untuk kamu yang mau berolahraga sambil menikmati alamnya yang sejuk.

Lokasi: Jl. Karya Pasiran, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-18.00


Tinggalkan komentar