11 Tempat Wisata Sabang, Pesona Pulau di Ujung Barat Negara

Walau sebuah pulau yang relatif kecil, namun keberadaan tempat wisata Sabang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pulau mungil di ujung barat negara ini memiliki keindahan alam berupa danau, air terjun, pantai, pemandangan bawah laut, hingga Benteng peninggalan masa Perang dunia.


Walau sebuah pulau yang relatif kecil, namun keberadaan tempat wisata Sabang tidak bisa dipandang sebelah mata
Tempat Wisata Sabang. Image via: katalogwisata.com

Sekilas Soal Sabang

Pulau sabang mungkin satu satunya pulau di luar pulau besar, yang dikenal oleh Seluruh Orang Indonesia. Lagu dari Sabang sampai Meraoke telah dinyanyikan anak-anak sejak usia TK. Pulau ini memenag menjadi pembatas paling Barat dari Teritori Negara.

Sabang merupakan kota kecil yang indah dengan struktur tanah berbukit-bukit. Akibatnya warga setempat membagi kota mereka dengan kota bawah dan kota atas. Topografinya meliputi dataran rendah, tanah bergelombang, berbukit dan bergunung, serta batu-batuan di sepanjang pantai.

Perairan Sabang merupakan pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka. Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut yang biru dan bersih serta pepohonan hijau. Pemandangan bawah Laut sabang, termasuks alah satu yang terindah di Dunia.

Untuk mencapai pulau Sabang pengunjung dapat menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheue (Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang). Pilihan lainnya menggunakan Pesawat dari Bandara Aceh, ke Bandara Maimun Saleh Sabang.

11 Tempat Wisata Sabang

  1. Tugu Nol Kilometer

Pada desan tugu tempat wisata Sabang ini, ada pula senjata rencong. Ini menjadi simbol bahwa Aceh juga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Tugu Nol Kilometer. Image via: idntimes.com

Simak juga: 11 tempat  wisata Banyumas

Bangunan tugu cantik ini memiliki tingg 43,6 meter. Desain dari tugu sendiri memiliki beberapa filosofi, seperti empat pilar yang menjadi penyangga merupakan simbol batas-batas negara yaitu Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote. Lalu lingkaran besar yang ada di Tugu merupakan analogi dari angka 0.

Pada desain tugu tempat wisata Sabang ini, ada pula senjata rencong. Ini menjadi simbol bahwa Aceh juga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, juga terdapat ornamen berbentuk segi delapan yang menggambarkan landasan ajaran Islam, kebudayaan Aceh dan Nusantara dalam lingkup yang luas sesuai 8 penjuru mata angin.

Karena sangat monumental, wisatawan yang datang ke Kota Sabang pasti berkunjung ke tugu tempat wisata sabang ini. Saat acara Sail Sabang, wisata monumental ini pun ramai dikunjungi wisatawan. Belum lengkap rasanya kalau sudah sampai Sabang tapi tidak ke Tugu Kilometer Nol.

Lokasi:  Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Iboih

Keindahan pantai tempat wisata Sabang yang berada di ujung utara Pulau Weh, itu selalu menjadi destinasi wajib bagi para pelancong yang tengah berlibur ke kota paling barat Indonesia, Sabang.
Pantai Iboih. Image via: pantaipedia.com

Nama Pantai Iboih tentu tak asing lagi di telinga para pecinta jalan-jalan. Keindahan pantai tempat wisata Sabang yang berada di ujung utara Pulau Weh, itu selalu menjadi destinasi wajib bagi para pelancong yang tengah berlibur ke kota paling barat Indonesia, Sabang.

Snorkeling adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan biota laut di tempat wisata Sabang ini. Tanpa harus menyelam ke dasar laut, pengunjung bisa bercengkrama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang.

Jika kurang puas snorkeling, pengunjung bisa menyelam untuk melihat keindahan Iboih dari kedalaman. Salah satu spot terbaik untuk melihat dasar laut yang indah ada di Pulau Rubiah. Di sana terdapat terumbu karang unik, baik yang sengaja dibuat maupun alami.

Pantai Iboih memang bukan spot yang baik untuk melihat matahari terbenam, tetapi lokasi ini cocok untuk menanti terbitnya matahari. Mulai pukul 06.00, sang surya akan terbangun dari tidurnya secara perlahan. Sinarnya akan terpancar dari balik perbukitan dan memunculkan pemandangan langit bernuansa kekuningan berhias awan tipis yang indah.

Lokasi: Terletak di ujung sebelah barat Pulau Weh.
Tiket: 10.000
Jam Buka: 24 Jam

  1. Pantai Sumur Tiga

Sebagai pantai yang ramai dikunjungi tempat wisata Sabang ini dilengkapi fasilitas diving dan snorkeling
Pantai Sumur Tiga. Image via: mata.co.id

Simak juga: 11 tempat  wisata BIntan

Objek wisata pantai Sumur Tiga merupakan pantai indah yang terletak di gampong Ie Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini dikenal dengan panorama alam yang begitu mempesona. Sebagai pantai yang ramai dikunjungi tempat wisata Sabang ini dilengkapi fasilitas diving dan snorkeling.

Asal muasal nama Pantai Sumur Tiga ini dikarenakan memiliki tiga sumur air tawar disana. Sehingga oleh sebab iu tempat itu dinamai dengan nama Pantai Sumur Tiga. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang.

Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai.

Di Pantai tempat wisata Sabang ini, airnya berwarna biru kehijauan. Sebuah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai saat rebahan di pasir pantai.

Dilokasi pantai ini juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang. Yaitu, banyaknya benteng sisa Pendudukan Jepang meski kurang terawat, namun benteng tersebut masih bisa kita temukan di wilayah pantai Sumur Tiga tersebut.

Lokasi: gampong Ie Meulee, Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Pantai Anoi Itam

Pantai tempat wisata Sabang ini merupakan satu-satunya pantai yang berpasir hitam di pulau weh
Pantai Anoi Itam. Image via: akurat.co

Pantai Anoi Itam yang berjarak 13 km dari Kota Sabang. Pantai tempat wisata Sabang ini merupakan satu-satunya pantai yang berpasir hitam di pulau ini. Anoi Itam sendiri memang berarti ‘pasir hitam’. Keindahan eksotis pantai ini telah mengantarkannya meraih predikat sebagai salah satu pantai tercantik di Nusantara versi majalah Garuda Indonesia.

Birunya laut lepas dan desiran angin pantai yang menerpa tubuh menghadirkan kedamaian yang membebaskan kita dari penat. Menyusuri garis pantainya dengan bertelanjang kaki di sore hari emebrikan sensasi berbeda. Pasirnya yang hangat terasa di ujung kaki, menghadirkan sensasi rileks.

Saat berjalan-jalan di pantai tempat wisata sabang ini, menyaksikan bentangan alam, pepohonan hijau, birunya langit dan pemandangan Gunung Seulawah yang menjulang di Aceh daratan menjadi pengalaman yang tidak akan tergantikan.

Lokasi: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

  1. Sirui Hidrothermal

Di tempat wisata Sabang ini, pengunjung bisa melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah-kawah kecil
Sirui Hidrothermal. Image via: traveladdictindo.com

Simak juga: 11 tempat  wisata Pati

Sirui terkenal dengan Gunung berapi di bawah laut. Atau yang lebih dikenal dengan Hidrotermal. Tidak jauh dari pantai Gapang, tepatnya di wilayah Pria Laot, terdapat salah satu keajaiban laut yang mempesona. Gunung api bawah laut Sirui.

Di tempat wisata Sabang ini, pengunjung bisa melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah-kawah kecil. Pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan unik yang berbeda dengan laut lainnya.

Untuk melihat fenomena indah di tempat wisata Sabang ini, pengunjung  harus menyelam di kedalaman air. Diantara gelembung-gelembung udara itu, terdapat ikan-ikan yang berenang di dalam air laut yang cukup hangat.

Gunung berapi di bawah laut Sabang menjadi salah satu andalan wisata bahari Pemerintah Kota Sabang dan sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain gunung api bawah laut, Sabang sebagai salah satu peta cincin api di Indonesia juga memiliki gunung berapi yang masih aktif.

Lokasi: Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-18.00

  1. Pulau Rubiah

Pulau tempat wisata Sabang ini adalah bagian dari Kota Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh.
Pulau Rubiah. Image via: beepdo.com

Pulau tempat wisata Sabang ini adalah bagian dari Kota Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih Aceh. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 26 Hektar. Karena pesona kekayaan bawah lautnya tersebut Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah dijuluki sebagai surganya para penyelam.

Pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, Pulau Rubiah merupakan tempat transit bagi calon jamaah haji. Pada masa perang dunia, pulau ini merupakan benteng pertahanan yang sampai sekarang masih terlihat puing-puing benteng tersebut.

Pulau tempat wisata Sabang dengan taman lautnya, menawarkan pesona keindahan alam bawah laut yang dapat memukau. Pengunjung akan menemui berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan sebagainya.

Terdapat juga berbagai jenis terumbu karang. Untuk bisa menikmati keindahan alamnya. Pengunjung tidak harus memiliki lisensi menyelam. Karena di pulau ini, terdapat banyak spot penyelaman yang aman digunakan untuk aktivitas menyelam bagi pemula atau penyelam yang belum memiliki lisensi.

Lokasi:Kota Sabang, Aceh
Tiket: 30.000
Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Pemandian Air Panas Keuneukai

Pengunjung tempat wisata Sabang ini akan merasakan sensasi kesegaran dan relaksasi dari air yang ada di kolam pemandian ini.
Pemandian Air Panas Keuneukai. Image via: sharetempatwisata.com

Simak juga: 11 tempat  wisata Sumba

Pada gunung yang berada di tengah-tengah Pulau Weh, terdapat sumber air panas. Dari sumber itulah air hangat di Pemandian Air Panas Keuneukai berasal. Pengunjung tempat wisata Sabang ini akan merasakan sensasi kesegaran dan relaksasi dari air yang ada di kolam pemandian ini.

Walaupun sumber airnya berasal dari alam, tetapi kolam pemandian ini sudah tersentuh oleh pembangunan. Kolam air ini sudah di pugar sehingga sudah berbentuk seperti kolam pemandian pada umumnya.

Ada tiga buah kolam pemandian yang ada di lokasi tempat wisata Sabang ini. Luas dari kolam-kolam yang ada di sini sekitar 3×2 meter, sehingga cukup luas untuk menampung para wisatawan, belum lagi ada tiga buah kolam yang tersedia.

Dari kolam pemandian air panas ini, pengunjung bisa melihat hamparan birunya lautan serta hijaunya pepohonan. Semu apanorama alami ini memberikan kesan asri selama pengunjung menikmati air hangat di pemandian ini.

Lokasi: Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-18.00

  1. Danau Aneuk Laot

Pengunjung tempat wisata Sabang ini dapat menikmati pemandangan air yang jernih dengan warna kehijauan. Kontras sekali jika dibanding dengan air laut
Danau Aneuk Laot. Image via: heikaku.com

Danau Aneuk Laot ini merupakan sumber mata air bagi seluruh penduduk Pulau Weh. Aneuk Laot adalah bahasa Aceh yang mempunyai arti Anak Laut. Danau Aneuk Laot ini berada di tengah-tengah kota Sabang.

Sunset yang sangat indah bisa pengunjungsaksikan saat senja tiba. Bagi pengunjung yang senang mengabadikan pengalaman liburan Anda, Danau Aneuk Laotmemiliki panorama yang indah sehingga sangat cocok untuk mengekspresikan hobi fotografi.

Pengunjung tempat wisata Sabang ini dapat menikmati pemandangan air yang jernih dengan warna kehijauan. Kontras sekali jika dibanding dengan air laut. Tempat ini juga mempunyai udara yang sejuk dikarenakan banyak pepohonan yang tumbuh rindang di sekitar danau, yang seakan-akan memayungi.

Bagi pengunjung yang tertarik berenang, di tempat wisata Sabang ini boleh juga membawa perlengkapan berenang. Pengunjung bisa untuk berenang. Tetapi jangan lupa untuk tetap mengawasi anak-anak ketika menikmati kesegaran airnya ya.

Dengan suasana yang sejuk yang pastinya akan membuat Anda betah tinggal berlama-lama disana. Pada saat malam hari tiba, dari atas bukit Kota Sabang terlihat kerlip cahaya lampu yang mempesona.

Lokasi: Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam
tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

  1. Air Terjun Pria Laot

Panorama alam yang sangat asri menjadi andalan tempat wisata Sabang yang satu ini.
Air Terjun Pria Laot. Image via: trvelsabang

Simak juga: 11 tempat  wisata Bajarnegara

Panorama alam yang sangat asri menjadi andalan tempat wisata Sabang yang satu ini. Nama pria laot berasal dari nama desa tempat air terjun itu berada yaitu Desa Pria Laot. Air Terjun Pria Laot ini memiliki kolam berukuran sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman antara 1 hingga 1,5 meter.

Ketinggian Air Terjun Pria Laot berkisar hanya sekitar 15 meter. Dnegan ketinggian tersebut, tumpahan air tempat wisata Sabang ini tidak terlalu deras. Berenang dengan santai sembari menikmati sejuknya udara hutan salah satu hal yang patut dicoba.

Udara yang bersih di tengah rimbun pohon akan memanjakan pengunjung di lokasi ini. Air Terjun Pria Laot sebagian airnya bersumber dari danau Anak Laut yang dialirkan melalui sungai Pria Laot. Lokasi tempat wisata sabang ini, walau berada di tengah hutan, tidak akan membuat anda lelah dan bosan berjalan.

Selama perjalanan, pengunjung memiliki kesempatan menikmati hutan lindung yang masih asri. Beberapa fauna liar juga bisa dilihat secara langsung. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata Sabang ini pada bulan Juni hingga Agustus. Karena di bulan tersebut anda bisa melihat air terjun yang dihiasi oleh kupu-kupu yang baru saja keluar dari kepompongnya.

Lokasi: Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih, Sabang, Aceh.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-17.00

  1. Gua Sarang

Selama kunjungam di tempat wisata sabang ini, pengunjung akan disuguhi pesona alam. Pesona dari guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kokoh di kaki tebing.
Gua Sarang. Image via: @awesomeaceh

Gua ini terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut biru. Gua yang menjadi tempat bersarangnya burung walet dan kalong di Pulau Weh itu dapat memenuhi keinginan untuk bertualang di bentang alam.

Selama kunjungam di tempat wisata sabang ini, pengunjung akan disuguhi pesona alam. Pesona dari guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kokoh di kaki tebing. Juga perbukitan hutan lebat serta jernihnya air laut pulau paling ujung barat Nusantara.

Unutk menikmati pesona goa Sarang, bisa dilakukand negan trekking maupun menggunakan perahu. Unutk yang memilih jalan kaki, pendakian melalui jalan setapak berbatu-batu. Perjalanan itu akan mengantarkan penunjung untuk menyaksikan pesona tujuh mulut gua dari arah laut.

Jika memilih menyewa perahu bermotor fiberglass milik warga lokal, dikenai harga Rp 200.000 untuk melihat ke tujuh mulut gua sarang walet dan kalong di tempat wisata Sabang ini.

Selain panorama cantiknya, ada spot foto kekinian dengan berlatarkan lautan berwarna biru yang sangat cantik. Spot kekinian ini adalah dua pasang ayunan yang diletakkan sangat strategis. Di spot ini dapat diperoleh pose kekinian sekaligus pemandangan yang begitu menawan.

Lokasi: Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Benteng Bunker Jepang

pengunjung tempat wisata sabang ini akan bisa menyaksikan pemandangan langka. Yakni puluhan lumba-lumba yang berarak di sekitar radius 500 meter dari tebing.
Benteng Bunker Jepang. Image via: wisatasabang.com

Simak juga: 11 tempat  wisata Brebes

Pulau Weh, Aceh ini juga memiliki ribuan benteng peninggalan Angkatan Laut Jepang yang sebagian di antaranya masih berdiri kokoh. Julukan Kota Seribu Benteng pun tersemat pada titik paling utara Indonesia ini.

Selama kurun waktu 1942-1945 Sabang menjadi pangkalan Angkatan Laut yang besar. Jepang membangun benteng serta bungker di sekeliling garis pantai dan perbukitan Sabang untuk memperkuat pertahanan mereka, seperti di Ujung Kareung, Aneuk Laot, Bukit Sabang dan sepanjang Pantai Kasih.

Kompleks benteng besar di Sabang yang telah banyak dikunjungi wisatawan termasuk Kompleks Benteng Batere A, Japanese Coastal Fortress (Benteng Pertahanan Pantai Jepang), dan Benteng Anoi Itam. Namun, di luar benteng besar itu, tersebar pula benteng dan bungker lainnya.

Benteng Anoi Itam yang ikonis, merupakan satu-satunya benteng yang masih memiliki meriam, meski sudah buntung dan tak terawat. Di dalam kompleks ini terdapat enam benteng yang disusun mengikuti kontur tebing pantai dan perbukitan, membentuk seperti setengah lingkaran yang mengadap Selat Malaka.

Jika beruntung, pengunjung tempat wisata sabang ini akan bisa menyaksikan pemandangan langka. Yakni puluhan lumba-lumba yang berarak di sekitar radius 500 meter dari tebing. Rombongan lumba-lumba itu seakan berlomba renang dalam arak-arakan dari arah Laut Andaman menuju Selat Malaka.

Lokasi: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment