11 Tempat Wisata Sabang, Keindahan Pulau Paling Barat Di Indonesia

Keindahan Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke, alam yang diberikan Tuhan di Indonesia memang sempurna. Dari mulai indahnya pulau, cantiknya lautan sehingga mewahnya air terjun.

Kali ini saya akan mengulas mengenai keindahan Kota Sabang, sebuah kota kecil yang ada di Pulau Sabang. Seperti kita tahu bahwa wilayah barat Indonesia ini memiliki panorama pulau dan lautan yang sangat indah.

Pulau Sabang sendiri memiliki destinasi wisata alam yang harus kamu nikmati, diantaranya danau, air terjun, pantai, keindahan bawah lautnya serta benteng peninggalan zaman Perang Dunia waktu lampau.

Yang menarik perhatian wisatawan ketika mengunjungi Sabang ialah keindahan bawah lautnya yang sungguh sangat mempesona, karena merupakan pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Untuk mencapai pulau Sabang pengunjung dapat menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheue (Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang). Pilihan lainnya menggunakan Pesawat dari Bandara Aceh, ke Bandara Maimun Saleh Sabang.

11 Tempat Wisata Sabang

1. Tugu Nol Kilometer

kilometer nol sabang
kilometer nol sabang. google maps. sumber: achmad fauzi 

Simak juga: 11 tempat  wisata Banyumas

Tugu Nol Kilometer atau Kilometer Nol merupakan sebuah monumen atau tugu yang melambangkan perjuangan dan keanekaragaman Bangsa Indonesia. Serta merupakan batas wilayah Indonesia di bagian paling barat Sumatera.

Desain dari tugu tersebut memiliki beberapa filosofi yang dalam dan bermakna. Sehingga siapapun wisatawan yang datang ke Sabang tak akan lengkap liburanya jika belum mengunjungi Kilometer Nol.

Selain berfoto bersama tugu monumental tersebut, kita dapat menyaksikan keindahan Pulau Weh, sebuah pulau dimana tugu ini berada.

Tugu Nol Kilometer ini pernah meraih penghargaan sebagai tempat wisata terunik di Indonesia, dan menempati urutan pertama. Oleh karena itu mulai dilengkapilah beragam fasilitas yang akan memudahkan wisatawan ketika berada disini.

Lokasi:  Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-18.00

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih ialah sebuah pantai dengan bentangan alam yang sempurna, dimana keindahan lautnya dipadupadankan dengan lebatnya hutan tropis yang masih terjaga dengan baik.

Maka tak heran jika Pantai Iboih selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan ketenangan jiwa serta raga.

Ragam wisata lain yang dapat kamu lakukan selain mengeksplorasi hutannya ialah berenang dilautnya yang dangkal dan bening. Serta menyaksikan keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau menyelam

Tak terlewatkan keindahan matahari terbit atau sunset di Pantai Iboih sangat cantik, dimana sang fajar akan mulai memancar dari balik bukit dengan warna yang cantik.

Lokasi: Terletak di ujung sebelah barat Pulau Weh.
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 24 Jam

3. Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga
pantai sumur tiga. google maps. sumber: Dama Rismana

Simak juga: keindahan pantai sumur tiga

Lokasi pantai yang satu ini masih berada di sekitar Pulau Weh, namanya ialah Pantai Sumur Tiga. Ada cerita atau kisah dan sejarah tersendiri dari penamaan pantai tersebut.

Namun yang pasti Pantai Sumur Tiga memiliki hamparan pasir putih yang bersih, selain itu pantainya membentang dengan warna biru yang sangat cantik.

Ombak di sekitar Pantai Sumur Tiga pun tak begitu besar, namun deburan airnya masih dapat kamu dengarkan. Kesruan yang dapat kamu lakukan di pantai ini diantaranya snorkeling dan diving.

Menyaksikan keindahan alam bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Selain wisata alam, ketika berada di Pantai Sumur Tiga kamu juga dapat melengkapi liburanmu dengan melakukan wisata sejarah.

Melihat keberadaan dari tiga buah sumur air tawar yang ada, serta mengunjungi sebuah benteng yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang.

Lokasi: Desa Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

4. Pantai Anoi Itam

pantai anoi itam
pantai anoi itam. google maps. sumber: Asaf Marbun

Simak juga: review pantai anoi itam

Pantai Anoi Itam merupakan pantai si hitam manisnya Kota Sabang, karena memiliki hamparan pasir yang hitam namun pemandangan alam di sekitarnya sangat cantik sekali.

Hitamnya pasir di Pantai ini diakibatkan kandungan nikel yang sangat tinggi, oleh karena keindahan alam yang dimilikinya itu pernah menyabet gelar sebagai salah satu pantai tercantik di Nusantara, berdasarkan majalah Garuda Indonesia.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di Pantai Anoi Itam tentu saja bermain serunya air laut, menyaksikan keindahan dari atas bukit, serta snorkeling ataupun diving.

Satu lagi kamu harus mengunjungi sebuah benteng bersejarah bekas peninggalan zaman penjajahan Jepang di Indonesia. Yang terakhir tentu saja hunting spot-spot foto seru yang kece parah.

Lokasi: Desa Anoe Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
Tiket:Rp. 10.000,-
Jam Buka: 24 Jam

5. Sirui Hidrothermal

Simak juga: 11 tempat  wisata Pati

Jika biasanya kita mendaki gunung, namun sekarang sempatkan waktu untuk menyelami gunung. Namanya ialah Sirui Hidrithermal yang merupakan gunung berapi yang berada di bawah laut.

Hal tersebut merupakan salah satu keajaiban laut yang sungguh mengagumkan, dimana kamu dapat melihat gelembung-gelembung udara yang keluar dari kawah kecil di sekitar gunung.

Sirui Hidrothermal merupakan wisata andalan yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Kapan lagi kamu akan menyaksikan sendiri sebuah gunung berapi di bawah laut.

Lokasi: Desa Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-18.00

6. Pulau Rubiah

taman laut rubiah
taman laut rubiah. google maps. sumber: Tour Sabang 

Simak juga: pesona pulau rubiah

Bisa dikatakan Pulau Rubiah merupakan sebuah kerajaan bawah laut, hal tersebut sebagai bentuk gambaran keindahan serta berjuta potensi bawah laut yang dimilikinya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keindahan bawah laut Pulau Rubiah memang sungguh mempesona, sampai-sampai mendapat julukan surganya para penyelam.

Dimana kamu dapat melihat berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan hiasan terumbu karang dari berbagai jenis ikut menyemarakkan keindahan bawah laut Taman Rubiah ini.

Banyak spot penyelaman di sekitar Pulau Rubiah, dan siapapun dapat melakukannya tanpa harus ada embel-embel penyelam profesional.

Lokasi: Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

7. Pemandian Air Panas Keuneukai

Simak juga: 11 tempat  wisata Sumba

Pemandian air panas yang satu ini dapat menjadikan destinasi wisata kamu bersama keluarga selanjutnya ketika berada di Sabang.

Di Pemandian Air Panas Keuneukai ini terdapat tiga buah kolam air panas dengan luas sekitar 3 x 2 meter. Sumber air panasnya berasal dari gunung yang berada diantara Pulau Weh.

Sambil berendam air panas kamu dapat melihat birunya laut, karena memang lokasinya yang berdampingan dengan laut biru.

Lokasi: Desa Gempong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam.
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 07.00-18.00

8. Danau Aneuk Laot

danau aneuk laot
danau aneuk laot. google maps. sumber: Sofyan Adam

Danau Aneuk Laot merupakan salah satu danau yang ada di Pulau Weh, letaknya yang berdampingan dengan lautlah mengilhami penamaan tersebut. Dimana artinya ialah Anak Laut.

Meskipun hanya dipisahkan oleh sebuah bukit, air di Danau Aneuk Laot ini tawar loh. Airnya berwarna jernih kehijauan, sesuai dengan rindangnya pepohonan di sekitarnya.

Disini kamu dapat dengan tenang dan nyaman menyaksikan keindahan alam yang tersaji, apalagi jika senja mulai muncul. Dihiasi dengan burung-burung yang berteberangan untuk kembali ke sarangnya.

Lokasi: Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

9. Air Terjun Pria Laot

air terjun pria laot
air terjun pria laot. google maps. sumber: Fitra Windi Ariga

Simak juga: 11 tempat  wisata Bajarnegara

Tujuan wisata selanjutnya yang harus kamu kunjungi ketika berada di Sabang ialah Air Terjun Pria Laot, yang memiliki tinggi sekitar 15 meter.

Dibawahnya terdapat kolam alami dengan kedalaman sekitar 1 hingga 1,5 meter. Air yang dialirkannya sangat jernih dan bersih, mengalir diantara tebing batu yang berwarna hitam.

Lokasinya yang berada di tengah Hutan Sabang membuat kita harus sedikit melakukan trekking yang cukup membuat peluh bercucuran.

Karena keindahan dan keasrian alam yang ditampilkan membuatmu selalu bersemangat untuk melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Pria Laot ini.

Lokasi: Desa Pria Laot, Kelurahan Sukakarya, Sabang, Aceh.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 08.00-17.00

10. Gua Sarang

gua sarang
gua sarang. google maps. sumber: Bahagia Muhammad

Trip selanjutnya kita akan mengunjungi Gua Sarang, yang terletak di kaki tebing dan perbukitan Hutan Lindung Pulau Weh.

Disekitarnya terdapat 5 buah mulut gua yang semuanya menghadap ke arah laut. Sebelum mengeksplor gua kamu harus menuruni bukit terlebih dahulu, kemudian dengan menggunakan sebuah perahu mulai melakukan penjelajahan di dalam gua.

Selain mengeksplorasi Gua Sarang, kamu juga dapat melihat indahnya pemandangan laut biru serta rimbunnya perbukitan. Banyak pengunjung yang berfoto bersama latar keindahan tersebut.

Serta ada beberapa ayunan yang menghadap langsung ke arah birunya laut, kamu akan berayun-ayun di ketinggian yang cukup membuat jantung deg-degan.

Lokasi: Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh.
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-19.00

11. Benteng Bunker Jepang

benteng bunker jepang
benteng bunker jepang. google maps. sumber: Atashi Despacito

Simak juga: 11 tempat  wisata Brebes

Destinasi wisata selanjutnya merupakan wisata sejarah lainnya yang dapat kamu telusuri di Pulau Weh, dimana terdapat sebuah peninggalan Jepang berupa benteng serta bunker.

Menurut sejarah, Sabang digunakan sebagai pangkalan angkatan laut jepang dalam kurun waktu 1942 sampai tahun 1945. Di sekeliling garis pantai dan perbukitan di Sabang, Jepang membangun benteng serta bunker untuk memperkuat pertahanan mereka.

Dan sampai saat ini benteng dan bunker tersebut menjadi saksi bisu akan cerita sejarah di masa lampau. Saking banyaknya benteng di Sabang, kota ini mendapat julukan Kota Seribu Benteng.

Diantara banyaknya benteng yang dapat kamu temui ialah Benteng Anio Itam di kawasan Anoe Itam dan bekas benteng di kawasan Sabang Fair.

Keberadaan benteng dan bunker tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang menyukai sejarah. Apalagi jika dihiasi dengan panorama alam yang sangat indah.

Lokasi: Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam


Leave a Comment