Menguak Sejarah Dan Keindahan Pantai Sumur Tiga

Keindahan Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Dari Sabang sampai Merauke terbentang keindahan alam yang dapat membuat iri negara-negara lain.

Kita tidak akan jenuh jika mengelilingi Indonesia, setiap wilayahnya mempunyai keindahan yang beraneka ragam. Begitu halnya jika kamu berkunjung ke ujung Barat wilayah Indonesia. Tepatnya di Pulau Sumatera.

Di pantai timur Pulau Weh Kota Sabang, terdapat sebuah pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri. Pantai tersebut elok nan rupawan, dihiasi pasir putih yang menghampar dengan rapihnya. Sayup-sayup deboran ombak terdengar mengeriak.

Sungguh menenangkan jiwa-jiwa yang mendatanginya. Pantai Sumur Tiga itulah nama pantai tersebut.

Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga. Sumber : ksmtour.com

Pantai Sumur Tiga memiliki keindahan yang luar biasa, terdapat ombak yang mengeriak sehingga tepat sekali untuk menguji adrenalin kalian diatas lautan.

Urusan keindahan pemandangan sudah jangan ditanya lagi, traveler hanya tinggal bawa kamera DSLR, atau kamera HP, dan nikmati sendiri pesona keindahan yang memanjakan mata.

Keindahan Pantai Sumur Tiga Sabang
Keindahan Pantai Sumur Tiga Sabang. Sumber : www.pantainesia.com

Sejarah Nama Pantai Sumur Tiga

Penamaan sebuah tempat lokasi sangat erat kaitanya dengan peristiwa, tokoh, atau benda lainya yang dianggap keramat, legenda, atau karena bentuk penghormatan. Begitupun dengan nama Sumur Tiga.

Dahulu kala disekitar pantai terdapat tiga buah sumur yang menjadi mata air bagi warga sekitar. Sangat luar bisa, karena air yang dihasilkan bukanlah air asin melainkan air tawar.

Namun, sayangnya saat ini sumur tersebut sudah tidak dipergunakan lagi oleh warga sekitar, tetapi menjadi saksi sejarah akan masa lalu yang membanggakan.

Sumur Air Tawar Dasar Penamaan Pantai
Sumur Air Tawar Dasar Penamaan Pantai. Sumber : www.suara.com

Spot Wisata Pantai Sumur Tiga

1. Snorkeling Dan Diving

Di Pantai Sumur Tiga keindahan alamnya bukan hanya yang tampak saja. Keindahan bawah laut nya pun dapat kita eksplor, dengan kegiatan snorkeling ataupun diving.

Warna air Pantai Sumur Tiga berwarna biru kehijau-hijauan, itu menunjukkan bahwa kehidupan di bawah laut masih terjaga dengan baik.

Untuk kamu para pencinta bawah laut, tentu harus datang mengunjungi Pantai Sumur Tiga dan nikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan. Keindahan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Yang dihuni oleh ikan-ikan yang berenang kian kemari.

Kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau diving ditempat penyewaan yang tersedia di area Pantai Sumur Tiga.

Pantai Sumur Tiga Cocok Untuk Snorkeling Dan Diving
Pantai Sumur Tiga Cocok Untuk Snorkeling Dan Diving. Sumber : foresteract.com

2. Bermain Pasir Dan Air Pantai

Nggak lengkap rasanya jika pergi ke laut tidak bermain pasir. Pasir di wilayah Pantai Sumur Tiga mempunyai keeksotisan tersendiri.

Lokasi ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih, sehingga jika dari kejauhan tampak seperti kristal yang berkilauan.

Anak-anak bahkan kamu bisa bermain pasir dengan ditemani hembusan angin yang menyejukkan jiwa bermain kamu.

Pantai Sumur Tiga mempunyai kualitas air yang masih jernih. Hal itu ditunjukkan dengan airnya yang masih berwarna biru kehijauan. Menambah keelokan dari Pantai Sumur Tiga sebagai maha karya Sang Pencipta yang luar biasa.

Bermain Di Area Pantai Sumur Tiga
Bermain Di Area Pantai Sumur Tiga. Sumber : wisatananggroeaceh.blogspot.com

3. Sumur Tua / Sumur Sejarah

Dahulu kala di sekitar lokasi pantai terdapat tiga buah sumur yang menjadi sumber mata air bagi warga sekitar. Meskipun dekat dengan pantai, namun ajaibnya ketiga sumur tersebut airnya tidaklah asin melainkan tawar.

Ketiga sumur tersebut menjadi primadona pada masanya. Namun sekarang, sudah tidak lagi dipergunakan dan menjadi sebuah saksi sejarah.

Sumur Dekat Pantai Sumur Tiga
Sumur Dekat Pantai Sumur Tiga. Sumber : www.indonesiana.id

4. Benteng Sejarah

Posisi Pantai Tiga Sumur tepat menghadap Selat Malaka. Berdasarkan sejarah, Sabang merupakan tempat persinggahan Jepang pertama kali di Indonesia.

Jepang mendarat di Pulau Weh sekitar Tanggal 11-12 Maret 1942. Pada tahun tersebut Perang Dunia II sedang berlangsung.

Jepang mulai membangung benteng-benteng pertahanan di seluruh pesisir pantai untuk persiapan menghadapi Perang Asia Pasifik. Karena lokasinya yang strategis, membuat Sabang digunakan sebagai wilayah pertahanan Jepang.

So, jika kita berkunjung ke Pantai Sumur Tiga maka kita akan melihat beberapa benteng peninggalan Jepang meskipun kondisinya sudah tidak utuh.

Keindahan alamnya dapat kita nikmati begitu pula dengan kisah sejarah disekitar Pantai Sumur Tiga. Nggak salah lagi, kamu wajib dateng ke Pantai Sumur Tiga, Pulau Weh, Sabang.

Benteng Pertahanan Jepang
Benteng Pertahanan Jepang. Sumber : www.klayapan.com

5. Spot Selfie

Nggak akan ada habisnya kalau kita bahas mengenai keindahan Pantai Sumur Tiga. Sekarang siapkan kameramu, lalu mulailah bergaya dengan latar belakang birunya air Pantai Sumur Tiga, atau saat detik-detik sunrise.

Wisatawan dapat juga berpose dengan hamparan pasir putih yang menyilaukan. Atau Bisa juga selfie dekat dengan peninggalan sejarah yang telah diwariskan.

Spot Selfie
Spot Selfie. Sumber : www.sabigaju.com

6. Kuliner

Sambil menikmati indahnya Sumur Tiga, cobain deh kuliner di rumah makan yang dekat dengan area pantai. Setelah itu pulihkan seluruh tenaga dengan isotonik alami sekaligus penghilang dahaga, kelapa muda.

Alamat Dan Lokasi

Alamat dan Lokasi Pantai Sumur Tiga berada di Desa Ie Meulee Kecamatan Sukajaya Kota Sabang Provinsi Aceh – Indonesia.

Rute Menuju Pantai Sumur Tiga

Jarak Kota Sabang dengan lokasi objek wisata Pantai Sumur Tiga kurang lebih 2,4 kilometer, dan jalur terbaik menuju lokasi adalah melalui Cik Ditiro dan Jalan Agus Salim.

Jarak yang dekat dengan Kota Sabang menuju Tiga Sumur hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja. Dari Kota Sabang, traveler hanya tinggal menuju Kecamatan Sukajaya, lalu menuju Desa le Mulee.

Penginapan

Seringnya Pantai Sumur Tiga menjadi tujuan wisata nasional maupun mancanegara, maka menjadikan fasilitas di area pantai cukup untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, termasuk penginapan.

Harga penginapan ditentukan juga dengan fasilitas yang ada di hotel atau penginapan tersebut. Harga termurah sebuah penginapan Rp.100.000, tentu saja denga fasilitas seadanya.

Tiket Masuk Pantai Sumur Tiga

Harga tiket masuk lokasi Pantai Sumur Tiga gratis, tidak dikenakan biaya bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Penutup

Pada jaman dahulu jalur transportasi tersibuk adalah jalur laut, termasuk akses antar negara. Keindahan Pantai Sumur Tiga telah memikat hati bangsa lain, karena aposisinya menghadap ke jalur perdagangan tersibuk saat itu, yakni Selat Malaka.

Objek Wisata Pantai Sumur Tiga
Objek Wisata Pantai Sumur Tiga. Sumber : www.kompasiana.com

Kini Pantai Sumur Tiga telah bertransisi menjadi sebuah objek wisata dengan nilai sejarah yang patut dibanggakan. Oleh karena itu jadilah pengunjung yang bijak dengan tidak merusak kondisi alam yang ada.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur.

 

Baca juga:

Leave a Comment