Geliat Wisata Aceh Timur, Wisata Pantai Kuala Parek

Keindahan pantai Aceh sudah tidak diragukan lagi. Di Pulau paling barat Indonesia ini menyimpan keindahan pantai yang luar biasa.

Di samping itu kondisi pantainya pun masih asri dan alami, belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahil manusia.

Hamparan pasir putih, deburan ombak yang menyapu karang, dan hembusan angin yang mengibaskan dedaunan seakan memberikan ketenangan pada jiwa yang lelah.

Di Aceh Timur terdapat sebuah pantai yang masih dalam proses pengembangan, namun keindahannya sudah terdengar ke telinga masyarakat, sehingga banyak yang sudah mengunjunginya.

Pantai tersebut bernama Pantai Kuala Parek yang berada di Kabupaten Aceh Timur. Pantai ini menyimpan keindahan lautan yang masih alami.

Pantai Kuala Parek
Pantai Kuala Parek. Sumber : www.trepelin.com

Di Aceh Timur sebetulnya banyak sekali wisata bahari yang menyimpan panorama pantai yang mengagumkan. Seperti : Pantai Idi Cut, Pantai Alur Dua Muka, dan masih banyak lagi objek wisata lainnya.

Wisatawan akan menginjakkan kaki di atas hamparan pasir putih, dan merasakan deburan ombak yang membasahi kaki seakan ingin mengajak kamu untuk segera bermain.

Pesona Keindahan Pantai Kuala Parek
Pesona Keindahan Pantai Kuala Parek. Sumber : sagoeleuser5.wordpress.com

Pantai Kuala Parek masih dalam proses pengembangan, sehingga fasilitas dan akses jalannya pun masih belum memadai. Sebagian jalan saat mendekati area pantai belum diaspal.

Ke depannya, lokasi Pantai Kuala Parek akan dikembangkan menjadi destinasi wisata syari’ah. Karena di Aceh penerapan syari’at Islam sudah diberlakukan, sehingga penerapannya harus menyeluruh di semua sektor kehidupan. Salah-satunya adalah sektor wisata.

Meskipun para pengunjung harus sedikit bersusah payah untuk mengunjungi Pantai Kuala Parek, apalagi saat melintasi jembatan, namun kesusahan tersebut dapat terbayar lunas dengan keindahan alam yang diberikan.

Yuk, kita simak keindahan apa saja yang ditawarkan oleh Pantai Kuala Parek!

Ragam Aktivitas Dan Pesona Keindahan Pantai Kuala Parek

Memang, Pantai Kuala Parek masih dalam tahap pengembangan, namun ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung saat berada di pantai tersebut, seperti :

1. Bermain Pasir Dan Ombak

Pantai Kuala Parek mempunyai keindahan pantai yang masih alami serta memiliki pasir pantai yang halus. Ombaknya yang relatif kecil, hembusan angin serta udara pantai menjadi elemen keindahan saat berada di atas pasir Pantai Kuala Parek.

Jalan-Jalan Di Atas Pasir Pantai Kuala Parek
Jalan-Jalan Di Atas Pasir Pantai Kuala Parek. Sumber : wartawisata.id

Anda akan melihat anak-anak yang sedang asyik bermain pasir, dengan membangun istana atau melakukan hal lainnya sesuai dengan yang mereka bayangkan.

Deburan ombak Pantai Kuala Parek tidak terlalu kencang, sehingga kita dapat menikmati keindahan air lautnya dengan berenang. Namun tetap kita harus waspada dan hati-hati.

Di sekitar pantai masih banyak terdapat bebatuan karang, yang menambah keindahan. Dan karena masih belum banyak terjamah, maka kondisi ekosistem di pantai ini masih cukup terjaga.

Merupakan hal yang lumrah jika anda mengunjungi sebuah pantai, anda akan mencari kerang untuk dibawa pulang. Hal seperti itu dapat kamu lakukan pula di Pantai Kuala Parek Aceh.

Sembari menemani anak-anak bermain pasir, anda juga dapat mengajak mereka untuk mencari kerang-kerang yang berserakan di atas pasir.

Pantai Kuala Parek pernah menjadi korban terjangan Tsunami Aceh pada Tahun 2004 silam, yang mengakibatkan jembatan menuju Pantai Kuala Parek rusak parah.

2. Memancing

Pantai Kuala Parek juga terkenal sebagai lokasi favorit untuk memancing. Hal ini dikarenakan ikan di sana masih banyak, yang ke dua tentunya karena panorama alamnya masih sangat indah.

Sehingga momen menunggu ikan yang nyangkut di kail tidak akan terasa, karena pesona alam di sekitarnya yang sangat memanjakan mata.

Lokasi mancing bisa di muara dekat pantai, atau di Pantai Kuala Parek. Biasanya orang akan menyewa boat untuk memancing di area pantai.

Tarif boat tersebut berkisar antara Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000 tergantung kalian pandai menawarnya. Dan umpan untuk memancing harus membeli di luar area pantai.

Boat Untuk Memancing Di Pantai Kuala Parek
Boat Untuk Memancing Di Pantai Kuala Parek. Sumber : sagoeleuser5.wordpress.com

3. Pesona Keindahan Cemara

Biasanya pepohonan yang tumbuh di area pantai adalah pohon kelapa, dan bakau / mangrove. Tetapi di Pantai Kuala Parek tumbuh pohon cemara yang berjajar rapih sebagai penyempurna keindahan lokasi wisata ini.

Pohon Cemara Di Tepi Pantai
Pohon Cemara Di Tepi Pantai. Sumber : indonesia.travlr.com

4. Kucing

Nah, kalian pasti jarang sekali ketika di lokasi pantai menemukan kucing yang ada di bibir pantai. Di momen – momen tertentu anda akan melihat banyaknya kucing yang ada di bibir pantai.

Mungkin saja kucing-kucing tersebut berasal dari pemukiman warga terdekat. Sekumpulan kucing seolah menyambut kedatangan para wisatawan dengan gembira.

Kucing Di Pantai Kuala Parek
Kucing Di Pantai Kuala Parek. Sumber : sagoeleuser5.wordpress.com

Lokasi dan Alamat Pantai Kuala Parek

Lokasi Dan Alamat Pantai Kuala Parek berada di Gampong Kuala Parek Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh – 24452 – Indonesia

Rute Menuju Pantai Kuala Parek

Rute menuju Pantai Kuala Parek harus ditempuh dengan jarak dari Kecamatan Sungai raya sekitar 12 kilometer, dan sekitar 27 kilometer dari Langsa.

Banyak pilihan transportasi saat hendak menuju Kuala Parek, bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, ataupun travel.

Namun, kendaraan tidak bisa sampai ke tepian pantai. Hal ini dikarenakan fasilitas yang belum memadai. Para pengunjung yang akan menuju pantai harus melewati sebuah jembatan kayu terlebih dahulu.

Jembatan Menuju Pantai Kuala Parek
Jembatan Menuju Pantai Kuala Parek. Sumber : www.kupasmerdeka.com

Harga Tiket Masuk Pantai Kuala Parek

Belum ada pengumuman resmi terkait harga tiket ke Pantai Kuala Parek

Jam Operasional Pantai Kuala Parek

Belum ada keputusan resmi terkait jam operasional Pantai Kuala Parek, karena objek wisata ini masih dalam status pengembangan.

Penginapan Di Pantai Kuala Parek

Tidak ada penginapan di Pantai Kuala Parek, karena status pantai ini yang masih dalam pengembangan. Namun jika anda hendak menginap, ada beberapa penginapan yang lokasinya sekitar 21 kilometer dari Pantai Kuala Parek.

Adapun harga yang ditawarkan sangat bersahabat sekali, bahkan ada yang di bawah Rp. 100.000.

Tips Wisata

Untuk anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Kuala Parek, alangkah baiknya anda ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan cuaca saat anda akan mengunjungi Pantai Kuala Parek cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Siapkan topi atau kacamata hitam anda untuk mengantisipasi sinar sang mentari.
  • Bawalah baju ganti jika anda ingin berenang atau main basah-basahan.
  • Karena di Pantai Kuala Parek belum terdapat warung yang menjajakan makanan atau minuman, jadi sebaiknya anda membawa bekal dari rumah.
  • Menggunakan sandal lebih baik daripada menggunakan sepatu.
  • Jika anda mempunyai alat untuk bermain pasir, lebih baik dibawa supaya anak anda bisa lebih merasa senang saat bermain pasir.
  • Berhati-hatilah saat bermain air atau berenang, tetap waspada dan hati-hati.
  • Jangan sampai melanggar etika, moral, serta keyakinan yang bertentangan dengan aturan serta budaya setempat
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan ya…

Penutup

Pantai selalu saja bisa membuat kita merasa tenang dan nyaman. Kita bisa meluapkan semua masalah dalam diri, dan pantai dengan siap sedia mendengarkannya dan membawanya pergi menghilang.

Keindahan dan kealamian Pantai Kuala Parek menjadi daya tarik terdendiri untuk kita datangi. Sudah seharusnya kita jaga dan rawat bersama.

Semoga Pantai Kuala Parek cepat berkembang dan menjadi tujuan utama destinasi warga Aceh khususnya dan warga Indonesia pada umumnya.

 

Baca juga:

Leave a Comment