Traveling Ke Kabupaten Simeulue, Jangan Lupa Ke Pantai Labuhan Bakti

Pantai merupakan destinasi favorit bagi kamu yang ingin berlibur, dan sedikit memanjakan diri. Karena pantai memang selalu memberikan kita ketenangan dan kedamaian. Melepaskan semua gundah yang ada didalam hati.

Pulau Sumatera memang ahlinya untuk menghadirkan keindahan sebuah pantai. Banyak sekali pantai-pantai yang indah berjajar di Pulau Sumatera. Keindahannya sudah tidak diragukan lagi, banyak pelancong dari berbagai penjuru datang untuk menikmatinya.

Berlokasi di Desa Labuhan Bakti, kecamatan Teupah Selatan, terdapat sebuah pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Namanya adalah Pantai Labuhan Bakti atau orang lebih mengenalnya dengan nama Pantai Thailand.

Pantai Labuhan Bakti Atau Pantai Thailand
Pantai Labuhan Bakti Atau Pantai Thailand. Sumber : www.tempatwisata.pro

Diberi nama Pantai Thailand, karena sekitar tahun 1993 sampai tahun 2003 sering digunakan oleh para pedagang yang berasal dari Thailand untuk djadikan sebagai dermaga angkut kayu yang akan dikirim ke Thailand.

Sehingga para pedagang tersebut harus mendirikan sebuah camp, untuk tempat tinggal sementara. Oleh karena itulah Pantai Labuhan Bakti juga disebut Pantai Thailand oleh warga sekitar.

Pantai Labuhan Bakti mempunyai panorama alam yang sangat indah dan menenangkan, kamu mau tahu seperti apa pesona keindahan dari Pantai Labuhan Bakti ini? Check this out!

Ragam wisata

Pesona keindahan yang dihadirkan oleh Pantai Labuhan Bakti atau Pantai Thailand, diantarnya :

1. Keindahan Pantai Labuhan Bakti

Pantai Labuhan Bakti memiliki hamparan pasir putih yang bersih, dihiasi air laut yang berwarna biru jernih, ditambah dengan rindangnya pepohonan yang berjajar di sekeliling pantai.

Suasana di Pantai Labuhan Bakti sangat tenang dan sepi, sehingga cocok banget untuk kamu yang ingin menepi dari hiruk pikuknya dunia. Ditambah dengan suasana pantainya yang bersih dan masih asri.

Keindahan Pantai Labuhan Bakti memang tiada tara, kita dapat menikmati dari kejauhan birunya air laut yang seakan tak berujung, ditemani semilir angin yang menenangkan, dan deburan ombak yang tidak terlalu besar.

Keindahan Pantai Labuhan Bakti
Keindahan Pantai Labuhan Bakti. Sumber : www.tempatwisata.pro

2. Snorkeling

Pantai Labuhan Bakti memiliki air laut yang jernih, itu menandakan bahwa tumbuhnya banyak biota laut di dasar kolam. Selain kamu bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga akan dengan mudah menikmati keindahan bawah lautnya.

Kegiatan Snorkeling dapat kamu lakukan dengan mudah karena airnya yang tenang, kamu dapat melihat terumbu karang yang ditinggali oleh berbagai macam jenis ikan.

Snorkeling Di Pantai Labuhan Bakti
Snorkeling Di Pantai Labuhan Bakti. Sumber : phinemo.com

3. Free Diving

Free Diving merupakan kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Free Diving berbeda dengan Scuba Diving yang menggunakan tabung udara saat menyelam, sedang Free Diving dilakukan murni hanya mengandalkan udara yang terdapat diparu-paru kamu saja. Jadi Free Diving membutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik dan benar.

Kamu dapat melihat keindahan bawah laut Pantai Labuhan Bakti ini lebih dalam lagi. Sehingga banyak lagi keajaiban bawah laut yang dapat kamu temui.

3. Spot Foto

Banyak spot-spot menarik yang dapat kamu abadikan di Pantai Labuhan Bakti. Kamu bisa berfoto dengan hamparan pasir putih yang bersih, atau kamu bisa juga berfoto dengan latar belakang keindahan Pantai Labuhan Bakti yang menakjubkan.

Selain itu Pantai Labuhan Bakti memiliki hamparan padang rumput yang sayang untuk kamu lewatkan. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan disana.

Hamparan rumput di Pantai Labuhan bakti seperti lapangan golf yang ada di pesisir pantai, dan sebagian pengunjung yang datang bersama keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di hamparan rumput tersebut.

Spot Foto
Spot Foto. Sumber : cutlie.wordpress.com

Fasilitas yang tersedia di Pantai Labuhan Bakti

Fasilitas di Pantai Labuhan Bakti sudah memadai, dimulai tersedianya tempat parkir, toilet umum, masjid, dan gazebo sederhana yang terletak di pinggiran pantai. Ada juga tempat penyewaan peralatan Snorkeling maupun Free Diving.

Lokasi Dan Alamat Pantai Labuhan Bakti

Lokasi dan alamat Pantai Labuhan Bakti terletak di Kota Batu, Simeulue Tim, Kabupaten Simeuleu, Aceh Kode Pos 24782.

Rute Menuju Pantai Labuhan Bakti

Pantai Labuhan Bakti berada di Kabupaten Simeulue yang notabene kabupaten tersebut berupa kepulauan yang dikelilingi oleh 41 pulau-pulau kecil.

Kabupaten Simeulue Aceh
Kabupaten Simeulue Aceh. Sumber : hananan.wordpress.com

Jadi bagi kalian yang dari luar Kabupaten Simeulue hanya terdapat dua moda transportasi, yaitu transportasi laut, dan transportasi udara.

Rute laut dengan menggunakan kapal feri :

  • Dari Pelabuhan Kabupaten Singkil menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Labuhan Haji Aceh Selatan menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Pelabuhan Kuala Bubun Kabupaten Aceh Barat menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya menuju Pelabuhan Sinabang

Rute udara dengan menggunakan pesawat :

  • Dari Kualanamu International Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang
  • Dari Cut Nyak Dien Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang

Setelah sampai di Pelabuhan Sinabang maupun Bandara Lasikin, selanjutnya menuju Pantai Labuhan Bakti bisa menggunakan kendaraan rental atau dengan menggunakan becak motor atau Bentor.

Harga Tiket Masuk Pantai Labuhan Bakti

Untuk menikmati keindahan Pantai Labuhan Bakti, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun, alias gratis.

Penginapan Di Sekitar Pantai Labuhan Bakti

Di Pulau Simeulue terdapat beberapa penginapan, yang bisa kamu kunjungi diantaranya:

  • Simeulue Nanik Surfcamp
  • Simeulue Surflodges
  • Batu Rundung Surf Resort
  • Kita Surf Resort

Kuliner Khas Simeulue

Ada satu kuliner khas Simeulue yang pada pertengahan bulan Agustus tahun lalu dinobatkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Nama makanan tersebut ialah “Memek”, yang mengandung arti mengunyah.

Memek terbuat dari beras ketan yang dikeringkan kemudian beras ketan tersebut disangrai hingga meletup-letup seperti popcorn.

Tekstur dari Memek sendiri sedikit keras dan renyah saat digigit, sehingga kita perlu mengunyahnya hingga menjadi hancur. Itulah alasan mengapa makanan ini diberi nama “Memek” yang berarti mengunyah.

Masyarakat Simeuleu rata-rata mengolah Memek menjadi bubur. dan memiliki rasa yang manis. Bubur ini terdiri dari pisang, memek (beras ketan yang sudah disangrai), santan dan gula secukupnya.

Jadi, jika kamu mendatangi Kabupaten Simeulue jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

Kuliner Khas Simeulue Aceh
Kuliner Khas Simeulue Aceh. Sumber : www.minews.id

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Pantai Labuhan Bakti, ada bagusnya jika mengikuti tips berikut ini :

  • Kamu harus tahu jadwal keberangkatan pesawat dan Kapal Feri.
  • Gunakan topi atau kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari.
  • Jangan lupa membawa baju ganti atau peralatan lainnya.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.
  • Jagalah selalu adat istiadat yang dijunjung tinggi oleh masyarakat sekitar.

Penutup

Keindahan alam yang diberikan Tuhan memang selalu luar biasa. Keindahan Gunung yang membuat kita lebih bersyukur, keindahan Air Terjun mampu membuat kita terlena, dan keindahan Pantai yang mampu menenangkan kita.

Pantai Labuhan Bakti pas banget untuk kamu yang mencari ketenangan. Karena suasana di pantai ini tenang dan sepi.

Selain itu pemandangannya juga menakjubkan, tak kan pernah puas kita untuk terus memandangi ke arah pantai yang seakan tak bertepi.

Ditambah bentuk Pantai Labuhan Bakti yang menjorok seperti sebuah teluk menambah keindahan pantainya. Siapkan foto terbaikmu saat berada di Pantai Labuhan Bakti, ya!

Baca juga:

Leave a Comment