Pesona Pantai Batu Alafan, Dan Legenda Batu Si Ambung-Ambung

Jika anda pernah ke Bali, maka sepanjang mata memandang adalah hamparan keindahan alam. Ternyata bukan hanya saja Bali yang memiliki pesona seperti itu.

Terdapat sebuah Kabupaten di Provinsi Aceh dengan hamparan pesona keindahan alam terutama pesona baharinya, nama lokasi tersebut adalah Kabupaten Simeulue.

Kabupaten Simeulue mempunyai banyak sekali wisata bahari dengan keunggulan yang berbeda-beda, bahkan pantai-pantainya sudah sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

Terdapat satu pantai di Simeulue dengan identitas atau ciri yang kuat yang melekat pada pantai tersebut berupa batu besar dan panjang yang menjorok ke tengah laut. Nama pantai tersebut adalah Pantai Batu Alafan.

Pantai Batu Alafan
Pantai Batu Alafan. Sumber : twitter.com

Pantai Batu Alafan memiliki ombak yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, dan kondisi airnya masih sangat jernih.

Pesona utama dari Pantai Batu Alafan adalah sebuah batu besar yang panjang, yang menjulur ke tengah lautan. Posisi batu seperti itu sangat jarang sekali ditemui di pantai-pantai pada umumnya.

Traveler bisa menaiki batu besar tersebut dengan cara menaiki tangga sederhana yang terbuat dari kayu, dan terdapat tali sebagai pegangan.

Masyarakat setempat menyebut batu tersebut dengan nama “Si Ambung-ambung”. Dan Si Ambung-ambung terbagi menjadi dua karena proses alam.

Yang paling depan, batunya lebih kecil dan terputus dari hamparan batu besar. Tidak ada jembatan untuk menuju ujung Si Ambung-ambung.

Tangga Menuju Batu Si Ampung-Ampung
Tangga Menuju Batu Si Ampung-Ampung. Sumber : harianrakyataceh.com

Wisatawan jangan memaksakan diri untuk berada di batu yang paling ujung, selain terputus dengan batu besar, alasan selanjutnya karena di bawahnya adalah air laut.

Sebuah sensasi yang luar biasa saat berada di atas Si Ambung-ambung. Layaknya menaiki sebuah kapal besar yang melaju menuju lautan lepas dengan deru ombak yang menghempas di di depan dan di samping kapal.

Sensasi Menaiki Kapal Besar
Sensasi Menaiki Kapal Besar. Sumber : kuliner-doloe.blogspot.com

Sejarah Atau Legenda Batu Si Ambung-Ambung

Sebagaimana yang sering dibahas dalam tulisan-tulisan saya di artikel yang lain, bahwa destinasi wisata yang ada di Indonesia layaknya dua sisis mata uang antara dimensi wisata dengan dimensi sejarah, legenda, atau mitos.

Begitupun dengan Pantai Batu Alafan memiliki sejarah, legenda, atau cerita dari mulut ke mulut tentang sebuah batu besar yang bernama Si Ambung-ambung.

Dikisahkan pada jaman dahulu terdapat seorang putri yang sangat cantik dan diculik oleh peri raksasa yang muncul dari dasar lautan.

Untunglah datang penyelamat dari tengah samudra seorang pangeran tampan dan baik hati dengan menggunakan sebuah kapal.

Pada akhirnya pangeran tersebut dapat membunuh peri raksasa dan kemudian berhasil menyelamatkan sang putri cantik.

Singkat cerita, pangeran tersebut menikah dengan sang putri cantik. Kemudian mereka hidup tinggal di kapal besar milik sang pangeran.

Pangeran putri cantik, dan sebuah kapal menetap di sebuha pulau demi menjaga masyarakat dari ancaman para raksasa yang muncul dari dasar lautan. Dan pulau tersebut kini bernama Pantai Batu Alafan.

Dan Si Ambung-ambung adalah kapal milik sang pangeran yang berubah menjadi sebuah batu besar yang menjorok ke tengah lautan.

Legenda Batu Si Ampung-Ampung
Legenda Batu Si Ampung-Ampung. Sumber : www.tempatwisata.pro

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Pantai Batu Alafan

Selain karena pesona batu besar, pasir putih dari Pantai Batu Alafan beserta barisan pepohonan menjadi penyempurna keindahan pantai tersebut.

Ada beberapa ragam wisata atau ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di Pantai Batu Alafan. Diantaranya :

  • Camping
  • Mancing
  • Hunting Foto
  • Bermain Di Pasir Pantai
  • Menikmati Pesona Keindahan Pantai
  • Wisata Kuliner Khususnya Sea Food
Hunting Foto Di Pantai Batu Alafan
Hunting Foto Di Pantai Batu Alafan. Sumber : www.360cities.net

Fasilitas Di Pantai Batu Alafan

Pada tanggal 2 Maret tahun 2019 telah diresmikan fasilitas baru di Pantai Batu Alafan berupa :

  • Gazebo
  • Toilet
  • Air Bersih
  • Kios
  • Gapura
Fasilitas Di Pantai Batu Alafan
Fasilitas Di Pantai Batu Alafan. Sumber : acehnews.net

Ternyata pemerintah setempat memang serius menata objek wisata Pantai Batu Alafan menjadi sebuah destinasi yang mampu menyedot para wisatawan.

Meskipun secara bertahap, namun layak diberikan apresiasi yang besar untuk memajukan potensi alam yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Simeulue.

Lokasi Dan Alamat Pantai Batu Alafan

Lokasi Dan Alamat Pantai Batu Alafan berada di Desa Lubuk Baik Kecamatan Alafan Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh – Indonesia.

Rute Menuju Pantai Batu Alafan

Pantai Batu Alafan berada di Kabupaten Simeulue yang notabene kabupaten tersebut berupa kepulauan yang dikelilingi oleh 41 pulau-pulau kecil.

Jadi bagi kalian yang dari luar Kabupaten Simeulue hanya terdapat dua moda transportasi, yaitu transportasi laut, dan transportasi udara.

Rute laut dengan menggunakan kapal feri :

  • Dari Pelabuhan Kabupaten Singkil menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Labuhan Haji Aceh Selatan menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Pelabuhan Kuala Bubun Kabupaten Aceh Barat menuju Pelabuhan Sinabang
  • Dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya menuju Pelabuhan Sinabang

Rute udara dengan menggunakan pesawat :

  • Dari Kualanamu International Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang
  • Dari Cut Nyak Dien Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang

Setelah sampai di Pelabuhan Sinabang maupun Bandara Lasikin, selanjutnya menuju Pantai Batu Alafan bisa menggunakan kendaraan rental atau dengan menggunakan becak motor atau Bentor.

Tiket Masuk Pantai Batu Alafan

Belum diberlakukan harga tiket masuk menuju Pantai Batu Alafan

Jam Operasional

Karena Pantai Batu Alafan bisa dijadikan sebagai lokasi untuki camping, maka jam operasional Pantai Batu Alafan selama 24 jam. Buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Pantai Batu Alafan

Belum ada fasilitas penginapan di Pantai Batu Alafan. Namun jika para wisatawan ingin menginap, lokasi yang tepat berada di Kota Sinabang.

Di Kota Sinabang banyak ragampilihan penginapan maupun resort. Harganyapun bervariatif, dari Rp.100.000 bahkan sampai denga  harga jutaan rupiah ada di Sinabang.

Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginapan serta fasilitas yang disajikan.

Tips Wisata Menuju Pantai Batu Alafan

Jika anda mempunyai rencana menghabiskan waktu liburan di Pantai Batu Alafan, maka inilah tips wisata menuju pantai tersebut :

  • Cuaca cerah adalah sebuah keharusan ketika berencana berwisata ke pantai. Karena jika hujan, maka sangat sulit menikmati seluruh spo yang ada di pantai tersebut. apalagi saat menaiki bebatuan, pasti licin dan berbahaya.
  • Perlengkapan dan perbekalan pastikan tidak ada yang ketinggalan
  • Jangan sampai telat menuju bandara atau pelabuhan penyebrangan ya… pastikan anda mengetahui jadwal keberangkatannya
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan
  • Selalu buat suasana yang menyenangkan selama di perjalanan dan di lokasi wisata
  • Jangan merusak alam sekitar dan jangan sampai membuang sampah sembarangan

Penutup

Begitu banyaknya khazanah wisata dan legenda yang ada di Indonesia, layaknya negeri 1001 dongeng. Tentunya hal tersebut menjadi kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan oleh segenap pihak.

Pantai Batu Alafan telah menggeliat menunjukan sebagai sebuah destinasi wisata yang sangat layak dikunjungi oleh semua kalangan.

Mari kita dukung bersama perkembangan dunia wisata yang ada di Indonesia. Karena begitu mempesona keindahan alamnya, hanya tinggal polesan managemen wisatanya.

Dan bagi para wisatawan, jangan sampai merusak dan mengotori lokasi wisata ya. Karena sesungguhnya sampahmu adalah dosamu.

 

Baca juga:

Leave a Comment