Air Terjun Tansaran Bidin, Surga Tersembunyi Terbaik Tahun 2019 Di Bener Meriah

Kabupaten Bener Meriah adalah salah – satu kabupaten termuda yang ada di Provinsi Aceh. Kata Bener Meriah mengandung arti Benar-benar Sejahtera, atau Benar – benar ramai.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa di Kabupaten Bener Meriah terdapat surga tersembunyi yang recommended untuk dikunjungi.

Namanya Air Terjun Tansaran Bidin. Sebuah air terjun dengan kawasan yang masih asri, bahkan di tahun 2019 pernah meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2019, untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Air Terjun Tansaran Bidin
Air Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. SUmber : lh5.googleusercontent.com

Penghargaan tersebut adalah kado terindah bagi masyarakat Bener Meriah. Namun, karena beberapa hal masih banyak orang yang tidak tahu tentang air terjun tersebut.

Secara pribadi, mungkin karena faktor – faktor berikut :

1. Aceh Identik Dengan Pesona Keindahan Pantai

Hal yang paling utama adalah Provinsi Aceh sangat identik dengan pesona keindahan pantainya, salah satunya Pulau Weh yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

2. Faktor Akses Jalan

Alasan yang ke dua, mungkin saja karena faktor trekking menuju lokasi utama Air Terjun Tansaran Bidin yang masih natural. Serta cukup curam saat berjalan di titik tertentu.

3. Faktor Publikasi

Alasan selanjutnya adalah karena minimnya publikasi. Namun saat ini objek wisata Air Terjun Tansaran Bidin mulai memperlihatkan geliat wisata.

Hal tersebut tidak terlepas dari dampak positif kehadiran, dan trend media sosial di kalangan milenial. Dengan demikian, akhirnya banyak orang yang akhirnya mulai mengenal keindahan Air Terjun Tansaran Bidin.

Trekking Menuju Air Terjun Tansaran Bidin

Setelah sampai di area parkiran, yang lokasinya dekat dengan pemukiman warga sekitar, maka para pengunjung harus melakukan trekking menuju Air Terjun Tansaran Bidin.

Lokasinya lumayan jauh, serta tidak terdapat warung yang berjualan di sepanjang jalur, hinga sampai di lokasi utama air terjun.

Oleh karena itu, para pengunjung diwajibkan membawa bekal makanan, dan minuman sendiri. Baik untuk dikonsumsi selama di perjalanan, maupun saat di lokasi Air Terjun Tansaran Bidin.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kondisi jalur trekkingnya masih natural. Kondisinya masih berupa lapisan tanah dan bebatuan.

Trekking Menuju AIr Terjun Tansaran Bidin
Trekking Menuju AIr Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. SUmber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu, di beberapa titik merupakan tepian jurang yang belum terdapat pagar pembatas, atau pagar pengaman. Dan para pengunjung harus sangat berhati – hati.

Ditambah terdapat jalur yang terhalang oleh dahan pohon yang tumbang, serta terhalang oleh rumput liar. Sehingga bagi mereka yang belum pernah ke sana akan cukup kesulitan.

Batang Pohon Di Jalur Trekking
Batang Pohon Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Maka bagi para pengunjung yang belum pernah ke lokasi tersebut, disarankan untuk menggunkan jasa penunjuk arah dari penduduk sekitar, atau teman yang pernah ke lokasi Air Terjun Tansaran Bidin.

Jalurnya juga cukup menanjak, bahkan turunannya cukup miring. Dengan demikian, traveler harus dalam kondisi prima saat berkunjung ke Air Terjun Tansaran Bidin.

Ternyata, yang membuat pernghargaan tersebut jatuh ke Air Terjun Tansaran Bidin, dikarenakan panorama keindahan alam sudah tersaji sejak pengunjung melakukan trekking.

View Di Jalur Trekking
View Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Viewnya seperti aliran sungai kecil, dengan kondisi air yang jernih, serta dipenuhi dengan bebatuan. Di sisi lain pesona gunung, hutan, serta area perkebunan kian mempercantik suasana alam sekitar.

Trekking menuju Air Terjun Tansaran Bidin sudah dekat ditandai dengan view tebing batu yang sangat kokoh, menjulang tinggi, dan sangat lebar.

Tebing Di Jalur Trekking
Tebing Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Mayoritas pengunjung akan terpesona denga kehadiran tebing tersebut. Sebagian tebing sudah ditumbuhi oleh rumput  rumput liar.

Dan untuk sampai ke Air Terjun Tansaran Bidin, terdapat jalan setapak yang menurun, tepat di depan tebing besar tersebut.

Tidak lama berselang, anda akan melihat sebuah air terjun yang cukup tinggi, dengan kondisi arus yang deras, dan jernih. Itulah Air Terjun Tansaran Bidin.

Lokasi Utama Air Terjun Tansaran Bidin
Lokasi Utama Air Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. SUmber : lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Air Terjun Tansaran Bidin

penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2019, untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler jatuh kepada  Air Terjun Tansaran Bidin, yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indnesia tentu saja memiliki lasan yang sangat kuat.

Anugerah Pesona Terindah 2019
Anugerah Pesona Terindah 2019. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Penilaian terkuat tentu saja dari aspek pesona keindahannya. Dan perlu anda ketahui bahwa di lokasi tersebut terdapat beberapa pesona keidahan. Yaitu :

1. Keindahan Air Terjun

Air Terjun Tansaran Bidin memiliki ketinggian sekitar 50 meter. arus air yang turun sangat deras, dan kondisi airnya sangat jernih.

Arus air yang turun tidak langsung menuju kolam utama, namun terlebih dahulu mengguyur batu besar yang adadi bawahnya.

Pesona Air Terjun Tansaran Bidin
Pesona Air Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com 

Setelah itu, airnya mengalir menuju sebuah lembah, dan sungai yang ada di depan Air Terjun Tansaran Bidin. Berdasarkan hal tersebut, traveler akan sangat sulit menuju area lembah, atau sungai.

Karena arus air yang turun menyentuh batu besar terlebih dahulu, maka menimbulkan percikan air yang bisa menjangkau pengunjung yang ada di tepian kolam.

Para pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan, dan keamanan dalam berwisata.

View Di Bawah Air Terjun Tansaran Bidin
View Di Bawah Air Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Pesona Alam Sekitar

Pesona keindahan selanjutnya yaitu view alam sekitar. Yang paling kontras adalah view tebing batu yang sangat besar dan tinggi.

Tebing tersebut seakan menyangga Air Terjun Tansaran Bidin, dan berpadu menjadi sebuah sajian alam yang sangat elok.

Di sisi lain, view alam sekitar, serta view lokasi daerah yang ada di bawah Air Terjun Tansaran Bidin menjadi sebuah panorama yang memberikan nilai keindahan sepanjang mata memandang.

Pesona Alam Sekitar Air Terjun Tansaran Bidin
Pesona Alam Sekitar Air Terjun Tansaran Bidin. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Udaranya cukup sejuk, serta memberikan sensasi kedamaian. Sehingga untuk sesaat, traveler akan lupa dengan segala kepenatan hidup.

Pesona alam sekitar sangat layak menjadi latar foto yang akan diposting di media sosial. Dan tentu saja, kalian harus mengabadikan setiap momen kebahagiaan, dan keindahan, saat berada di lokasi utma Air Terjun Tansaran Bidin.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tansaran Bidin

Lokasi dan alamat Air Terjun Tansaran Bidin berada di Gampong Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Rute Menuju Air Terjun Tansaran Bidin

Rute menuju Air Terjun Tansaran Bidin hanya berjarak 35 kilometer dari pusat Kabupaten Bener Meriah. Waktu tempuhnya hanya 1 jam pejalanan.

Tujuan dari pusat kota, menuju Gampong Tansaran Bidin. Setelah itu, parkirkan kendaraan di dekat pemukiman warga.

Kenudian lanjutkan dengan cara berjalan kaki, atau trekking menuju Air Terjun Tansaran Bidin.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tansaran Bidin

Harga tiket masuk Air Terjun Tansaran Bidin gratis

Jam Operasional Air Terjun Tansaran Bidin

  • Jam operasional Air Terjun Tansaran Bidin buka selama 24 jam
  • Air Terjun Tansaran Bidin, buka dari hari Senin – Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di Air Terjun Tansaran Bidin

Catatan Tambahan

Para pengunjung harus ekstra hati – hati saat berada di lokasi utama Air Terjun Tansaran Bidin. Karena pernah terjadi kejadian memilukan.

Kejadian tersebut diakibatkan karena terpeleset saat berada di lokasi utama Air Terjun Tansaran Bidin. Yang paling penting, traveler harus menggunakan alas kaki yang tepat.

Penutup

Itulah info lengkap Air Terjun Tansaran Bidin. Patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan, dan keselamatan. Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar