Ulasan Pantai Lanaga Meulaboh Aceh, Lokasi, Rute Dan Ragam Wisata

Jika anda adalah orang yang pernah datang ke Pantai Lanaga di Meulaboh Aceh tentu tahu lokasi dan rute serta keindahan pantai tersebut.

Namun bagi yang belum pernah, tentu saja akan kebingungan, bahkan mungkin namanya juga baru mendengar.

Sebagai bukti, silahkan saja masukan kata “Pantai Lanaga” di google map, nama tersebut tidak muncul, yang ada hanyalah objek wisata pantai terdekat.

Padahal sebelum tsunami 2004 memporakporandakan Aceh, Pantai Lanaga sangat dikenal oleh masyarakat lokal bahkan tidak sedikit pengunjung mancanegara yang datang.

Pantai Lanaga
Pantai Lanaga. Sumber : pontas.id

Kondisi saat ini berbeda sekali, bahkan posisi Pantai Lanaga seperti layaknya sebuah pulau. Karena dikelilingi oleh muara.

Rute menuju pantai tersebut pun harus mengelilingi muara terlebih dahulu. Bahkan Pantai Lanaga pernah dipenuhi oleh sampah-samah kayu sehingga merusak keindahan pantai tersebut.

Pantai Lanaga ditetapkan sebagai objek wisata pada tahun 1996. Meskipun beberapa ujian pernah menerpa pantai ini, seperti tsunami dan sampah. Namun pantai Lanaga tetap eksis dengan keindahan alamnya yang masih asri, serta menjadi salah-satu pantai primadona masyarakat Aceh.

Ragam Wisata Dan Pesona Pantai Lanaga

Pesona Pantai Lanaga saat ini tentu saja berbeda dengan pesona sebelum tsunami tahun 2004. Namun Pantai Lanaga  tetap mampu mnyejikan ragam wisata yang dapamenarik hati para wisatawan, diantaranya :

1. Jet Ski

Menjajal air Pantai Lanaga dengan menggunakan Jet Ski merupakan sensasi wisata yang sangat memacu adrenalin. Apalgi saat tarikan gasnya semakin kencang.

Namun ketegangan tersebut selalu berbalut dengan kegembiraan, itulah wahana Jet Ski yang ada di Pantai Lanaga.

2. Lomba Perahu

Dalam momen-momen tertentu di Pantai Lanaga diadakan juga lomba perahu. Namun perlombaan ini sangat menarik bahkan tidak sedikit pengunjung yang berdatangaan saat festival perahu ini dilaksanakan.

Mendayung sebuah perhau yang sangat menarik, karena sebelumnya sudah dihias terlebih dahulu dengan ragam warna yang berbeda. Sehingga area pantai dipenuhi warna-warni yang memikat mata.

3. Bermain Pasir

Saat liburan tiba, apalgi saat cuaca sangat mendukung, maka area pasir Pantai Lanaga selalu menjadi spot favorit para pengunjung.

Rata-rata para pengunjung datang bersama rombongan keluarga, dan mereka menghabiskan waktu di area pasir Pantai Lanaga sambil sesekali bermain ombak.

Pasir Pantai Lanaga agak kecoklatan dan ombak yang ada di sana bisa sampai ketinggian 1 meter, jadi hati-hati ya saat bermain ombak nya.

Bermain Pasir Di Pantai Lanaga
Bermain Pasir Di Pantai Lanaga. Sumber : nusantaranews.co

4. Spot Selfie

Kehadiran media sosial di abad ini menuntut seseorang untuk selalu menampilkan eksistensi dirinya, termasuk saat berwisata.

Di sisi lain pesatnya perkembangan dunia internet menjadi saluran promosi gratis bagi setiap destinasi wisata.

Begitupun dengan Pantai Lanaga, panorama alamnya yang sangat indah merupakan surga bagi mereka para pemburu gambar atau foto.

Banyak sekali sudut gambar yang bisa diambil saat berada di Pantai Lanaga. tentu dengan hasil yang sangat bagus.

Keindahan Pantai Lanaga
Keindahan Pantai Lanaga. Sumber : www.tempatwisata.pro

5. Tradisi Rabu Abeh

Sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat sekitar saat menjelang datangnya bulan Maulid. Tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun.

Tradisi Rabu Abeh dilaksanakan untuk menolak bala, dan acara tradisi ini dilaksanakan dengan cara doa bersama di tepi pantai dan makan bersama.

Selain itu tujuan tradisi Rabu Abeh adalah upaya memberikan tauladan kepada pengunjung bahwa ragam aktivitas di pantai jangan sampai melanggar norma, etika, dan syariat agama.

Rabu Abeh adalah salah-satu ragam aktivitas di pantai untuk diisi dengan hal-hal yang positif. Hal inilah yang menjadi harapan masyarakat sekitar pada khususnya.

Tradisi Rabu Abeh
Tradisi Rabu Abeh. Sumber : 20.detik.com

Sejarah Pantai Lanaga

Sejarah Pantai Lanaga berawal dari mitos yang berkembang dari mulut ke mulut sekitar tahun 1978 tentang adanya sebuah naga raksasa yang menghubungkan area pantai dengan sungai atau muara Krueng Meureubo .

Muara Krueng Meureubo
Muara Krueng Meureubo. Sumber : www.ajnn.net

Jika anda membaca tulisan-tulisan saya, maka kebanyakan tulisan tersebut selalu menyajikan dimensi sejarah ataupun mitologi yang berkembang di masyarakat sekitar.

Karena fenomena objek wisata dengan legenda, sejarah, maupun mitos adalah dua sisi mata uang dengan mayoritas objek wisata yang ada di Indonesia.

Cerita rakyat dari mulut ke mulut selalu ingin menghadirkan serta melestarikan nilai luhur atau hikmah bagi generasi selanjutnya.

Kuliner Di Pantai Lanaga

Begitu besarnya potensi wisata yang ada di Indonesia, dari mulai wisata alam, wisata sejarah, bahkan sampai wisata kuliner pun menjadi destinasi yang patut diperhitungkan.

Aceh adalah salah-satu provinsi yang sudah sangat terkenal sekali menawarkan wisata kuliner bagi para pengunjungnya.

Sola rasa sudah pasti sangat enak di lidah, dan inilah kuliner khas Aceh yang bisa dicicipi para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Lanaga khususnya di Kota Meulaboh :

1. Mie Kepiting Harmoni

Mie Aceh mungkin sudah biasa, tapi Mie Kepiting Harmoni apakah sudah pernah dicoba? Sayang sekali jika belum.

Mie dengan bumbu mie khas aceh yang terkenal kuat sekali di lidah ditambah dengan kepiting besar sebagi toppingnya menjadikan Mie Kepiting Harmoni sangat recommended untuk dicoba.

Mie Kepiting
Mie Kepiting. Sumber : id.pinterest.com

2. Kopi Tubruk Atau Kopi Tebalek

Berbicara tentang Aceh tak lengkap rasanya jika tidak berbicara tentang kopi. Kopi tubruk khas Aceh sudah sangat terkenal dari kaman dahulu.

Selain rasa yang berbeda, cara minumnya pun berbeda. Gelas disajikan terbalik, dengan dasar gelas berupa piring kecil.

Air kopi di dalam gelas mengalir sedikit demi sedikit ke dalam piring tersebut, sehingga minumnya pun bukan dari gelas, melainkan dari piring kecil.

Kopi Tubruk Aceh
Kopi Tubruk Aceh. Sumber : www.goodnewsfromindonesia.id

Lokasi Dan Alamat Pantai Lanaga

Lokasi dan alamat Pantai Lanaga berada di Desa Peunaga Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh – Indonesia

Rute Menuju Pantai Lanaga

Rute menuju Pantai Lanaga sangat mudah dituju, jaraknya hanya sekitar 5 kilometer saja dari Kota Meulaboh.

Tetapi kondisi saat ini Pantai Lanaga berbeda dengan kondisi sebelum tsunami 2004. Menuju ke Pantai Lanaga seolah-olah menuju ke sebuah pulau.

Hal itu disebabkan rute menuju Pantai Lanaga harus melingkar terlebih dahulu melewati Muara Krueng Meureubo.

Penginapan Pantai Lanaga

Penginapan di sekitar Pantai Lanaga lebih dipusatkan di Kota Meulaboh, karena jarak pantai dengan pusat koya hanya 5 kilometer.

Harga penginapan bervarisasi dari mulai Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 700.000 ada di kota Meulaboh.

Perbedaan harga dikarenakan jenis fasilitas, view, serta pelayanannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Lanaga

Harga tiket masuk Pantai Lanaga sampai saat ini belum ada harga resmi yang ditetapkan untuk para wisatawan

Jam Operasional

Karena Pantai Lanaga merupakan pantai yang sedang berkembang di dunia wisata bahari, maka sampai saat ini belum ada keputusan resmi terkait jam operasional pantai ini. meskipun Pantai Lanaga sudah diresmikan menjadi objek wisata dari tahun 1996.

Tips Wisata

Saat berkunjung ke Pantai Lanaga ada beberapa tips wisata yang harus dilakukan oleh para wisatawan. Diantaranya :

  • Berkunjunglah saat cuaca sedang cerah
  • Pastikan semua perbekalan dan perlengkapan sudah dikemas dan dibawa
  • Jangan membuang sampah sembarangan. Pantai Lanaga pernah dilanda sampah kayu yang banyak, jadi pengunjung jangan sampai ikut andil merusak panorama keindahan Pantai Lanaga terutama sampah plastik.
  • Masyarakat Aceh merupakan masyarakat yang religius, terbukti dengan penegakan syari’at Islam serta tradisi Rabu Abeh yang selalu dilaksanakan di Pantai Lanaga. Oleh Karena itu pengunjung harus menjunjung tinggi serta menghormati nilai luhur yang diyakini oleh masyarakat setempat.
  • Mematuhi protokol kemanan dan kesehatan yang telah ditetapkan

Penutup

Perkembangan dunia wisata bahari saat ini mengalami peningkatan yang sangat bagus. Surga-surga yang tersembunyi dapat terlihat oleh kemajuan teknologi internet khususnya media sosial.

Oleh karena itu, sambut geliat wisata bahari dengan sama-sama menjaga kelestarian alamnya dan tanpa merusak sedikitpun hasil karya alam.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur….

Baca juga:

Leave a Comment