Pantai Lampuuk, Menatap Kebangkitan Wisata Pasca Duka Tsunami

26 Desember 2004, terjadi sebuah tsunami terbesar di abad modern. Dengan kecepatan gelombang mencapai 360 kilometer per jam dan tinggi gelombang mencapai 30 meter.

Gempa dengan kekuatan 9,3 magnitudo dengan kedalam 10 kilometer di dasar laut, 1.167.000 orang meninggal dunia dan hilang, dengan dampak kerugian puluhan triliun.

Itulah kejadian yang memporakporandakan Aceh serta menjadi duka bagi masyarakatnya. Hampir seluruh sektor kehidupan lumpuh, termasuk sektor wisata bahari.

Bukan masyarakat Aceh saja yang merasa trauma dengan laut, banyak sekali masyarakat luar Aceh yang menjadi enggan berwisata ke pantai karena takut terjadi lagi tsunami.

16 tahun sudah berlalu, duka bencana perlahan mulai sirna berganti tawa bahagia. Penataan kembali destinasi wisata bahari supaya memancarkan pesona keindahanya.

Begitupun dengan Pantai Lampuuk sebuah pantai yang eksotis yang berada di kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Pantai ini kembali berbenah setelah porakporanda diterjang hantaman tsunami.

Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk. Sumber : www.glory-travel.com

16 tahun menjadi sebuah perjalan panjang menuju kebangkitan wisata Pantai Lampuuk, dan kini pantai ini siap bersaing dengan objek wisata lainya. Karena pantai ini memiliki berjuta pesona yang akan memanjakan wisatawan saat berkunjung ke sana.

Pantai Lampuuk lokasinya sangat strategis dan dekat denga pusat kota. Jaraknya hanya 20 kilometer dari Banda Aceh. Dan sebetulnya bukan hanya wisata bahari saja yang bisa dinikmati wisatawan saat ke Aceh.

Terdapat banyak sekali tema wisata yang akan memanjakan para traveler. Ada wisata kuliner, budaya, dan wisata sejarah. Kemudian disempurnakan oleh sajian wisata alam yang menyejukan mata dan pikiran.

Fakta di tahun 2019 wisatawan mancanegara yang berkunjung Ke Aceh mencapai 34.465 mengalami kenaikan sekitar 7 persen lebih.

Hal ini menjadi pertanda bahwa objek wisata di Aceh mengalami kebangkitan wisata pasca duka tsunami. Yang ke dua bahwa pesona alam Aceh adalah magnet utama bagi datangnya para wisatawan baik lokal maupun internassional.

Salah-satu andalan wisata Aceh adalah wisata baharinya yang sangat banyak serta memiliki pesona alam yang masih asri, jauh dari tangan-tangan jahil pengunjung.

Dan Pantai Lampuuk adalah bagian tak terpisahkan dari objek wisata Aceh yang patut dibanggakan. Pesona keindahanya melupakan duka yang pernah mendera.

Pantai Lampuuk Kebanggaan Aceh
Pantai Lampuuk Kebanggaan Aceh. Sumber : pariwisataindonesia.id

Deskripsi Ragam Wisata, Aktivitas, Dan Pesona Pantai Lampuuk

Perkembangan dunia internet dewasa ini telah membawa dampak positif bagi perkembangan dunia wisata. Banyak sekali objek wisata yang lahir dari “Insta Tourism”.

Begitupun dengan Pantai Lampuuk akan berkembang pesat di dunia wisata sebagai dampak dari penggunaan media sosial.

Pantai Lampuuk mempunyai panorama alam yang sangat instagrammable, sebagai surganya hunting foto. Untuk itu mari kita simak deskripsi ragam wista, aktivitas dan pesona Pantai Lampuuk.

1. Surga Selancar

Meskipun ombaknya terbilang besar, namun ombak di Pantai Lampuuk menjadi surga dan sahabat bagi para pecinta olah raga selancar.

Meskipun hanya bisa menyaksikan para ahli berselancar di ombak Pantai Lampuuk, tetapi mampu menjadi sebuah pemandangan yang mengasikan.

Meskipun hanya jadi penonton, tetapi sensasi ketegangannya bisa dirasakan. Apalagi saat peselancar jatuh dari papan semakin menambang ketegangan bagi para penonton.

Anda bisa menyaksikan para peselancar di bawah pohon rindang yang memberikan keteduhan saat terik matahari sambil minum sajian kelapa muda yang menyegarkan tubuh.

Spot Selancar
Spot Selancar. Sumber : wisataid.com

2. Pasir Pantai

Pasir Pantai Lampuuk sangat lembut dan putih, sangat cocok menjadi spot bermain bersama keluarga di atas pasir ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat di pasir Pantai Lampuuk seperti bermain bola, kucing-kucingan, membuat istana pasir, dan moment refleksi diri sambil menatap keagungan ciptaan tuhan.

Bermain Di Pasir Pantai
Bermain Di Pasir Pantai. Sumber : www.seulangatravel.com

3. Spot Wisata Edukasi

Terdapat lokasi penangkaran hewan yang dilindungi, yaitu Penyu. Lokasinya tidak jauh dari area pantai. Rute menuju lokasi penangkaran penyu Pantai Lampuuk tinggal melewati Babah Dua.

Tempat penangkaran ini mampu menjadi spot atau wisata edukasi bagi keluarga khususnya ana-anak anda. Tentang bagaimanan cara melestarikan spesies yang terancam punah, tentang sikap unntuk selalu melestarikan alam sekitarnya.

Pokoknya banyak ilmu dan keseruan saat berada di lokasi penangkaran tersebut.

Konservasi Penyu Di Pantai Lampuuk
Konservasi Penyu Di Pantai Lampuuk. Sumber : www.hikayatbanda.com

4. Kuliner

Setelah lelah menikmati keseruan di Pantai Lampuuk, tentu saja perut menjadi keroncongan. Traveler jangan khawatir, di dekat pantai banyak terdapat warung atau rumah makan yang siap menyajikan masakan dengan citarasa khas Aceh

Biasanya sajian di warung tersebut adalah jagung bakar, kelapa muda, kopi Aceh, dan yang pasti hidangan sea food yang menggugah selera.

Sea food yang ditawarkan banyak ragamnya, diantaranya : cumi, ikan kerapu, ikan bawal, udang, dan lain-lain.

Wisata ke Pantai Lampuuk tidak hanya tentang pesona alam dan wisata edukasi saja, ternyata pantai ini mampu menghadirkan wisata kuliner.

5. Spot Selfie

Pesona alam yang sangat mempesona tentu saja menghadirkan banyak seklai spot selfie bagi para wisatawan.

Setiap jepretan dan postingan tentang pantai ini di media sosial menjadi sebuah cara untuk membantu berkembang pesatnya dunia wisata, khususnya Pantai Lampuuk.

Panorama pantai, jernihnya air laut, gulungan ombak, serta kesegaran udara pantai adalah kesempurnaan momen yang wajib diabadikan.

Salah-satu Spot Favorit Selfie
Salah-satu Spot Favorit Selfie. Sumber : www.pantainesia.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Lampuuk

Lokasi dan alamat Pantai Lampuuk berada di Jalan Raya Lampuuk Desa Meunasah Masjid Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh

Rute Menuju Objek Wisata Pantai Lampuuk

Jika pemberangkatan pertama dari Kota Banda Aceh dengan menggunakan kendaraan pribadi, hanya butuh waktu sekitar 20 menit menuju lokasi Pantai Lampuuk.

Jika menggunakan labi-labi atau angkutan umum, naiklah jurusan Banda Aceh – Lhoknga dengan total waktu tempuh sekitar 40 menit saja.

Penginapan

Sudah banyak penginapan yang beroperasi di sekitar Pantai Lampuuk dengan fasilitas dan pemandangan yang bagus.

Tentu saja harga menyesuaikan dengan fasilitas yang didapatkan oleh para wisatawan.

Tiket Masuk Ke Pantai Lampuuk

Tiket masuk ke Pantai Lampuuk adalah Rp. 3.000 / orang. Sebuah harga yang sangat murah sekali, sangat cocok jika datang bersama rombongan keluarga dan saudara, karena tiketnya tidak menguras isi dompet.

Jam Operasional Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk beroperasi 24 jam dari hari Senin sampai hari Minggu.

Tips Wisata Dan Penutup

Itulah deskripsi tentang Pantai Lampuuk yang tengah bangkit menuju kejayaan wisata bahari. Sebagai bagian dari tips wisata juga, maka saya sarankan kepada setiap pengunjung untuk menjaga kebersihan dan senantiasa membuang sampah pada tempatnya.

Hal yang wajib diketahui bersama bahwa sampah adalah musuh terbesar sebuah objek wisata. Jadilah wisatawan yang bijak ya…

Baca juga:

Leave a Comment