Pantai Lhok Mee, Dan Sejarah Kerajaan Laut Agraris

Kabupaten Aceh Besar secara geografis sangat mendukung untuk berkembang pesat sektor wisata baharinya. Bagian kepulauan berada di sebelah barat, sementara sebelah timur dan utara berbatasan dengan Samudera Hindia, Selat Malaka, dan Teluk Benggala.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Teluk Benggala berbatasan dengan pulau yang sudah sangat terkenal dengan panoramanya, yaitu Pulau Weh di Sabang.

Kabupaten Aceh besar ternyata memiliki sebuah pantai yang tak kalah mempesona dari pantai lainnya, bahkan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pantai tersebut benama Pantai Lhok Mee.

Pantai Lhok Mee sangat terkenal dengan pasir putih, kejernihan airnya serta pemandangannya yang sangat memikat hati para wisatawan.

Pantai Lhok Mee
Pantai Lhok Mee. Sumber : travelingyuk.com

Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari pelabuhan Malahayati, serta 40 kilometer dari kota Banda Aceh. Perjalanan menuju pantai ini menjadi petualangan wisata tanpa batas, karena sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan laut, gunung, serta objek wisata lain yang eksotis.

Sebelum lanjut mengenal keindahan laut Pantai Lhok Mee, ada baiknya memahami dulu tentang sejarah Pantai Lhok Mee untuk memahami betapa berharganya dunia bahari dari jaman dahulu bahkan sampai sekarang.

Pantai Lhok Mee Dan Sejarah Kesultanan Lamuri

Pantai Lhok Mee berada di wilayah Bukit Lamreh yang notabene saat itu sebagai pintu gerbang menuju Kerajaan Lamuri, sebagai sebuah kerajaan laut agraris.

Kesultanan Lamuri mencakup wilayah administratif Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Dan sosial budaya masyarakat saat itu sangat mengandalkan hasil pertanian dan perdagangan dengan dunia luar dengan jalur laut sebagai jalur utama perdagangannya.

Pola pemerintahan Kesultanan Lamuri berdasarkan konsep Islam dan konsep kemaritiman. Maka wajar saja jika jabatan yang berkaitan dengan kemaritiman dalam struktur pemerintahannya memiliki peranan yang sangat penting.

Jabatan penting yang berhubungan dengan laut diantaranya : komandan angkatan laut dengan sebutan sebagai Laksamana. Selanjutnya jabatan Syahbandar sebagai orang yang bertanggungjawab atas sebuah pelabuhan dan penghubung komunikasi antara pembeli dari luar dengan sultan.

Terkenalnya hasil bumi ke dunia luar, menjadikan akses jalur laut menjadi jalur yang paling ramai saat itu. Yang sudah biasa melakukan transaksi adalah dengan para pedagang dari Cina dan India.

Sebagaimana yang pernah diajarkan di sekolah-sekolah, bahwa Selat Malaka adalah jalur yang paling ramai digunakan untuk berdagang. Dan perbatasan Aceh Besar di sebelah timur dan utara berbatasan dengan Selat Malaka dan Samudera Hindia.

Pantai Lhok Mee adalah pantai yang cantik yang pernah menjadi saksi tentang kejayaan Kerajaan Laut Agraris.

Keindahan Yang Bersejarah
Keindahan Yang Bersejarah. Sumber : www.tempatwisata.pro

Ragam Wisata Dan Aktivitas di Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee setahap demi setahap memancarkan keindahan yang akan mengundang decak kagum dari para wisatawan. Dengan kecanggihan teknologi, tidak lami lagi pantai ini sangat dimungkinan menjadi “Insta Tourism”.

Ada beberapa pesona pantai sebagai sebuah ragam wisata serta aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat berada di lokasi pantai tersebut. Diantaranya :

1. Pesona Pasir Pantai

Pasir di Pantai Lhok Mee terkenal sangat lembut sekali dan berwarna putih bersih. Karakter pantai dengan pasir lembut memang jarang sekali, makanya sangat beruntung sekali bagi wisatawan yang datang ke sini dapat merasakan kelembutan pasir Pantai Lhok Mee.

Area pasir pantai menjadi spot yang sangat cocok sekali untuk bermain bersama keluarga. bermain sepakbola, lari-lari, atau membuat istana kerajaan dari pasir pantai bersama anak-anak anda menjadi sebuah keseruan saat berada di pantai ini.

Pasir Putih Pantai Lhok Mee
Pasir Putih Pantai Lhok Mee. Sumber : backpackerjakarta.com

2. Air Laut Yang Jernih

Air di Pantai Lhok Mee masih sangat bersih, sehingga mata traveler dapat melihat beberapa meter ke bawah air tanpa harus menyelam atau menggunakan alat tambahan.

Pesona tersebut sudah sangat jarang ditemukan di pantai-pantai terkenal. Tangan-tangan tak bertanggungjawab telah banyak mengotori air laut.

Di pantai Lhok Mee masih bisa terjaga kebersihannya meskipun seiring penambahan fasilitas di area ini serta bertambahnya jumlah kunjungan, tetap saja terdapat wisatawan yang masih membuang sampah sembarangan.

Jernihnya Air Laut Pantai Lhok Mee
Jernihnya Air Laut Pantai Lhok Mee. Sumber : pakettoursabang.blogspot.com

3. Snorkeling

Jernihnya air laut di objek wisata Pantai Lhok Mee menjadikan surga bagi para pecinta snorkeling. Keindahan dan keberagaman biota laut dapat dilihat saat melakukan aktivitas snorkeling.

4. Pohon Geurumbang

Terdapat pohon yang tumbuh di atas permukaan laut, namanya pohon Geurumbang. Pohon ini memiliki ketinggian sekitar 2 meter.

Lokasi pohon ini sering menjadi lokasi favorit pengunjung untuk melakukan aktivitas memancing, dan sebagai spot unggulan bagi acara pre wedding, atau konten media sosial.

Spot Selfie Favorit
Spot Selfie Favorit. Sumber : www.idntimes.com

5. Wisata Kuliner

Setelah lelah melakukan ragam aktivitas di objek wisata Pantai Lhok Mee, para wisatawan dapat mengunjungi pondok atau warung yang ada di sekitar pantai.

Di warung tersebut biasa menjual kelapa muda, atau seafood sambil menikmati indahnya pesona Pantai Lhok Mee.

Saat perjalan pulang, mampirlah di rumah makan yang menyajikan makanan khas Aceh yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Terdapat banyak sekali makan dan minuman khas Aceh yang sudah biasa terdengar di telinga masyarakat, namun langka dinikmati. Diantaranya :

  • Ayam Tangkap
  • Gulai Kambing Khas Aceh
  • Nasi Gurih
  • Mie Aceh
  • Kopi Aceh

Semua makan dan minuman tersebut dipastikan membuat para wisatawan ketagihan.

Ayam Tangkap Khas Aceh
Ayam Tangkap Khas Aceh. Sumber : www.ringkaskata.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Lhok Mee

Lokasi dan alamat Pantai Lhok Mee berada di Desa Lamreh Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

Rute Menuju Pantai Lhok Mee

Jika lokasi pertama pemberangkatan dari Kota Banda Aceh, maka tujuan selanjutnya yaitu ke arah Desa Lamreh, Krueng Raya, Aceh Besar.

Sepanjang perjalanan, anda akan melewati beberapa destinasi wisata lain yang meiliki pesona alam yang sangat indah juga.

Tiket Masuk Pantai Lhok Mee

Harga tiket masuk Pantai Lhok Mee adalah Rp. 5.000 / orang

Jam Operasional

Pantai Lhok Mee beroperasi 24 jam dari mulai hari Senin sampai hari Minggu.

Tips Wisata

  • Periksa kembali dan pastikan semua barang atau kebutuhan lainya tidak ketinggalan
  • Selalu utamakan keselamatan dan kenyaman wisata
  • Buatlah suasana bahagia selama berwisata
  • Abdikan momen kebahagian saat berekreasi
  • Patuhi setiap protokol yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola
  • Junjung tinggi keyakinan, nilai, serta adat istiadat yang diyakini oleh daerah setempat
  • Jangan merusak dan jangan membuang sampah sembarangan

Penutup

Sejarah tentang berharganya dunia maritim di Indonesia sudah berlangsung dari sejak jaman kerajaan. Jika dulu ramai dengan perdagangan, maka saat ini kebanyakan dunia bahari bertransisi menjadi destinasi wisata.

Inilah kekayaan negeri yang harus kita jaga bersama. Selamat liburan, selamat menikmati keindahan Pantai Lhok Mee.

Baca juga:

Leave a Comment