Pantai Kuala Geulumpang, Hamparan Pasir Putih Wisata Aceh Timur

Di sebelah timur dan utara berbatasan dengan Selat Malaka, Kabupaten Aceh Timur menjadi kabupaten yang memiliki histori bahari serta potensi wisata bahari yang sangat layak untuk dikembangkan.

Terdapat satu pantai elok yang ada di Kabupaten Aceh Timur sebagai wisata bahari yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan dari Malaysia dan Singapura yaitu Pantai Kuala Geulumpang.

Pantai Kuala Geulumpang sangat terkenal dengan pesona pasir pantai yang putih dan lembut, serta pemandangan alam sekitar yang kian mempercantik wajah lokasi wisata ini.

Pesona Pasir Putih
Pesona Pasir Putih. Sumber : www.tempatwisata.pro

Ragam Wisata Di Pantai Kuala Geulumpang

Ada beberapa hal yang menjadikan Pantai Kuala Geulumpang menjadi tujuan para wisatawan. Adapun ragam wisata yang tersaji di pantai tersebut adalah sebagai berikut :

1. Menikmati Pesona Keindahan Pantai Kuala Geulumpang

Pesona keindahan Pantai Geulumpang memang sudah terkenal khususnya bagi masyarakat Aceh Timur. Dan pantai ini cocok juga menjadi lokasi wisata keluarga, karena kondisi ombaknya memang tidak terlalu besar, tetapi tetap ya jangan terlalu ke tengah dan patuhi protokol keamanan.

Pasir Pantai Geulumpang terkenal sebagai pasir putih yang lembut. Kondisi pasir pantai merupakan elemen penting untuk menghadirkan para wisatawan ke sebuah lokasi wisara bertemakan pantai.

Karena, mayoritas wisatawan menghabiskan waktu serta sebagian besar aktivitasnya di atas pasir pantai. Pasir pantai adalah spot bagi semua kalangan dari mulai usia anak-anak sampai orang tua.

Pada akhirnya, pesona pasir pantai menjadi salah-satu penentu banyak dan tidaknya jumlah kunjungan para wisatawan. Dan itulah yang menjadi keunggulan dari Pantai Kuala Geulumpang.

Ombak di Pantai Kuala Geulumpang tergolong ombak yang tidak terlalu besar. Dan yang paling penting di pantai ini adalah banyaknya pepohonan sehingga membuat cuaca bagi para pengunjung tidak terlalu panas.

Hebatnya selain pohon kelapa, pohon cemara pun tumbuh banyak di Pantai Kuala Geulumpang, sehingga semakin manambah kecantikan lokasi wisata ini.

Ombak yang menghempas ke jalur pasir tersebut tidaklah besar, sehingga lokasi pasir pantai menjadi spot favorit pengunjung saat berada di Pantai Kuala Geulumpang.

Pesona Keindahan Pantai Kuala Geulumpang
Pesona Keindahan Pantai Kuala Geulumpang. Sumber : www.andalastourism.com

2. Spot Selfie

Keindahan pemandangan yang ada di Pantai Kuala Geulumpang menjadikannya sebuah lokasi yang sangat disukai oleh para fotografer.

Dan trend saat ini bagi semua kalangan adalah fenomena selfie. Fenomena ini tidak memandang usia, dimanapun dan kapanpun selalu saja trend selfie seakan menjadi sebuah kebutuhan.

Oleh karena itu, bagi kalian yang suka sekali selfie atau membuat vlog untuk konten media sosial, maka Pantai Kuala Geulumpang adalah lokasi yang recommended.

3. Perahu

Di Pantai Kuala Geulumpang juga terdapat perahu yang dapat digunakan para wisatawan untuk berkeliling sekitar pantai.

Tentu saja beda spot beda sensasi, serta beda panorama keindahan yang tampak di matanya. Begitupun saat berada di perahu.

Naik Perahu Di Kuala Geulumpang
Naik Perahu Di Kuala Geulumpang. Sumber : www.youtube.com

4. Sunset

Ibarat sayur tanpa garam, jika pemandangan di sebuah objek wisata bertemakan pantai tidak menyajikan pesona sunset.

Di Pantai Kuala Geulumpang, para wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam sebagai sebuah momen penting saat berada di pantai.

Rasakan keindahan alamnya, suara deburan ombak, serta tiupan angin dan udara pantainya. Maka sejenak kita dibawa untuk melupakan kepenatan hidup.

Sunset Di Pantai Kuala Geulumpang
Sunset Di Pantai Kuala Geulumpang. Sumber : www.tempatwisata.pro

Itulah ragam wisata dan pesona keindahan Pantai Kuala Geulumpang. Sekali lagi selalu patuhi protokol kemanan dan kesehatan yang telah ditetapkan. Selalu utamakan kenyamanan dan kemanan dalam berwisata.

Informasi Tambahan Wisata Aceh Timur

Bagi para traveler ada informasi menarik terkait wisata yang ada di Aceh Timur. Yaitu tahun 2021 akan dibangun kawasan suaka Badak Sumatera.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa kondisi Badak Sumatera kondisi populasinya sudah sangat memprihatinkan. Maka dengan hadirnya kawasan suaka ini menjadi salah-satu ikhtiar untuk menyelamatkan populasi Badak Sumatera yang terancam punah.

Badak Sumatera
Badak Sumatera. Sumber : badak.or.id

Tidak tanggung-tanggung, lokasi yang disiapkan seluas 7.200 hektar. Dan 300 hektar akan dijadikan khusus bagi Badak Sumatera.

Tujuan besarnya dari kawasan ini adalah selain menyelamatkan populasi Badak, tetapi di sisi lain juga diharapkan mampu menjadi kawasan riset atau penelitian badak untuk dunia, serta kawasan wisata alam terbuka untuk dunia.

Keren kan? Sabar ya… nanti mulainya di tahun 2021.

Lokasi Dan Alamat Pantai Kuala Geulumpang

Lokasi dan alamat Pantai Geulumpang berada di Gampong Kuala Geulumpang Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh

Rute Menuju Pantai Kuala Geulumpang

Rute menuju Pantai Kuala Geulumpang bisa ditempuh dengan kendaraan darat, baik pribadi maupun umum. Jarak dari Kota Langsa sekitar 90 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jika pemberangkatan pertama dari Terminal Langsa, anda bisa menggunakan kendaraan umum yang disebut dengan Labi-Labi atau disebut juga Sudako.

Dari Terminal Langsa anda naik Labi-Labi yang menuju ke Kecamatan Julok. Labi-labi adalah mobil jenis pick up atau bak terbuka yang sudah dimodifikasi atapnya.

Sedangkan jarak dari Kecamatan Julok menuju Pantai Kuala Geulumpang hanya sekitar 10 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sebetulnya selain Labi-labi, ada jenis kendaraan umum lainya, seperti Bus, Mini Bus ADT jumbo, dan juga Bentor sebagai kendaraan yang legendaris.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuala Geulumpang

Sampai saat ini belum ada keputusan resmi terkait harga tiket masuk Pantai Kuala Geulumpang

Jam Operasional

Jam operasional Pnatai Kuala Geulumpang buka selama 24 jam dari hari Senin sampai hari Minggu.

Penginapan Di Pantai Kuala Geulumpang

Tidak ada penginapan di Pantai Kuala Geulumpang. Tetapi jika anda ingin menginap, maka ada penginapan atau hotel yang dekat ke pantai tersebut.

Lokasinya ada di Kecamatan Idi Rayeuk, yang jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari lokasi Pantai Kuala Geulumpang.

Adapun harga yang ditawarkan bervariatif tergantung jenis penginpan serta fasilitasnya.

Tips Wisata Menuju Pantai Kuala Geulumpang

Bagi kalian yang hendak berwisata ke Pantai Kuala Geulumpang, ada baiknya memperhatikan beberapa tips wisata di bawah ini :

  • Daftar perlengkapan yang harus dibawa adalah : baju ganti, sunblock, topi, serta kamera
  • Kalian harus membawa perbekalan sendiri terutama makanan utama seperti nasi dan lauk pauknya, karen adi lokasi Pantai Kuala Geulumpang hanya menyajikan makan dan minuman ringan saja. Terkecuali pulangnya kalian akan meneruskan dengan wisata kuliner
  • Berwisatalah saat cuaca sangat mendukung ya..
  • Selalu mematuhi protokol keamanan dan kesehatan yang telah ditetapkan
  • Jangan berbuat yang tidak senonoh ya, atau hal-hal yang melanggar etika, moral, maupun keyakinan masyarakat setempat
  • Selalu menjaga kelestarian alam dan jangan sampai membuang sampah sembarangan. Terutama sampah plastik

Penutup

Terlalu banyak surga-surga yang tersembunyi di bumi pertiwi ini. namun perlahan keindahan tersebut mulai bersinar dan menampakan diri.

Pengelolaan yang tepat, serta dorongan dari semua pihak adalah kunci keberhasilan sebuah destinasi wisata.

Dan bagi para wisatawan, andilnya adalah dengan tidak mengotori kawasan wisata dan selalu membuang sampah pada tempatnya. Karena sampahmu adalah dosamu, dan sampah adalah musuh terbesar dunia wisata.

Baca juga:

Leave a Comment