Pantai Nancala, Keindahan Di 41 Pulau

Masih di Provinsi Aceh. Terdapat sebuah pulau besar yang dikelilingi oleh 41 pulau lainya dengan ragam keindahan alam serta ragam adat istiadat, itulah Kabupaten Simeulue.

Kecantikan pulau ini bukan hanya sekedar basa-basi saja, faktanya wisatawan mancanegara sering berkunjung ke Simeulue.

Dan menurut penuturan para pelaku usaha di sana mengatakan bahwa turis mancanegara datang ke Simeulue tidak hanya satu kali.

Apa sebetulnya yang memikat dari Kabupaten Simeulue ini? Salah-satu jawabanya terdapat di sebuah pantai dengan pemandangan yang sangat indah sebagai surga bagi para peselancar dunia. Nama pantai tersebut adalah Pantai Nancala.

Pantai Nancala
Pantai Nancala. Sumber : www.tempatwisata.pro

Testimoni dari salah-satu peselancar yang menikuti lomba mengatakan bahwa memang di pantai lain juga cocok untuk surfing, tetapi beda dengan Pantai nancala.

Pantai Nancala memiliki gelombang ombak yang sangat panjang, dan itulah yang membedakan dengan pantai yang lainnya.

Dari ratusan pantai surfing yang ada di Indonesia, 30 pantai memiliki kriteria sebagai pantai yang cocok untuk melaksanakan kegiatan surfing tingkat internasional. Dan pantai yang ada di Simeulue ini masuk ke dalam bagian yang 30 tersebut.

Pantai Nancala Surga Para Peselancar
Pantai Nancala Surga Para Peselancar. Sumber : ksmtour.com

Bahkan di tahun 2018 Regional Manager World Surf League, Steve Robertson mengatakan bahwa Indonesia memang sedang dicanangkan sebagai wisata surfing nomor satu di dunia.

Pesona Keindahan, Dan Ragam Aktivitas Di Pantai Nancala

Saat berkunjung ke Pantai Nancala, ada beberapa ragam wisata atau aktivitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Diantaranya :

1. Surfing

Tentu saja magnet utama dari pantai ini bagi para wisatawan adalah ombaknya yang menjadi surga bagi para peselancar lokal, nasional dan dunia.

Bagi yang belum pernah, ataupun yang tidak suka surfing tentu saja tidak akan mampu memahami kenikmatannya. Yang ada hanyalah sikap heran, kaget, takjub melihat orang yang berani “menari-nari” di atas ombak yang besar.

Tetapi bagi para peselancar terutama yang sudah profesional menganggap ombak adalah media kenikmatan yang luar biasa. Dimanapun ombaknya yang pernah mereka taklukan, mereka tetap tidak akan merasakan puas hanya dengan satu lokasi.

Surfing Di Pantai Nancala
Surfing Di Pantai Nancala. Sumber : gpswisataindonesia.info

Ada nilai plus dari Pantai Nancala, ternyata para turis yang datang ke pantai ini khususnya untuk berselancar tidak datang satu kali saja. Mereka mayoritas datang kembali dan tinggal di penginapan yang dekat dengan kawasan pantai bisa sampai satu minggu.

Pada tahun 2015, di Pantai Nancala pernah digelar lomba selancar internasional yang bertajuk Aceh International Surfing Championship. Dan karena event tersebut, pantai ini semakin dikenal dunia, khususnya para atlit selancar profesional.

2. Hunting Foto

Pasir pantai yang putih, gelombang ombang yang panjang, serta kesegaran udara khas pantai adalah sajian pembuka saat pengunjung mulai menginjakan kaki di Pantai Nancala.

Selanjutnya adalah pesona karang yang berada di pantai, pohon kelapa dan pepohonan lainnya menjadi penyempurna keindahan Pantai Nancala.

Bagi kalian yang tidak suka atau tidak bisa surfing, maka kalian bisa hunting foto di lokasi wisata Pantai Nancala. Secara keseluruhan pemandangan yang terhampar di pantai ini sangat cocok sekali mengisi konten media sosial.

Keindahan Pantai Nancala
Keindahan Pantai Nancala. Sumber : www.tempatwisata.pro

Kearifan “Smong”, Keajaiban Kabupaten Simeulue

Saya sengaja menampilkan konten sosial budaya masyarakat Simeulue yang berbuah “keajaiban” mudah-mudahan dapat dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain terutama yang tinggal di kawasan pantai yang rentan akan bencana Tsunami.

Sebagai bagian dari sosial budaya masyarakat Simeulue, terdapat sebuah tradisi turun temurun dari generasi ke generasi untuk menyampaikan peringatan tsunami melalui sebuah tutur, baik melalui cerita atau melalui seni tradisional masyarak Simeulue.

Kabupaten Simeulue
Kabupaten Simeulue. Sumber : pidii.info

Tsunami di masyarakat Simeulue dikenal juga dengan sebutan “Smong”. Pada tanggal 4 Januari tahun 1907 daerah Simeulue diterpa bencana ombak yang sangat hebat, yang diawali dengan surutnya air laut, dan banyaknya ikan yang terdampar.

Perlu diketahui, bahwa saat itu masyarakat belum mengenal dengan tsunami. Setelah air laut surut, dan ikan banyak yang terdampar, tidak lama kemudian datang gelombang ombak yang sangat besar yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa.

Dan mereka yang selamat berupaya mengambil sebuah hikmah, bahwa generasi selanjutnya harus selalu waspada dan tahu tentang gelombang ombak besar tersebut yang bernama “Smong” atau tsunami.

Dan pengetahuan tersebut telah membentuk pemahaman masyarakat Simeulue, karena pengetahuan tentang smong selalu menjadi tutur, cerita, serta masuk ke dalam dimensi seni tradisional.

Akhirnya pada saat terjadi tsunami di Aceh tahun 2004, korban yang meninggal di Simeulue hanya ada 6 orang. Padahal jumlah rumah yang rusak berat mencapai 1.700 rumah.

Hal tersebut hanya bisa terjadi jika masyarakatnya mampu mempunyai pemahaman kolektif dan kuat. Dan inilah sosial budaya yang patut menjadi contoh bagi kita semua.

Sosial Budaya Masyarakat Simeulue
Sosial Budaya Masyarakat Simeulue. Sumber : news.detik.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Nancala

Lokasi dan alamat Pantai Nancala berada di Gampong Nancala Kecamatan Teupah Barat Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh – Indonesia

Rute Menuju Pantai Nancala

Pantai Nancala berada di Kabupaten Simeulue yang notabene kabupaten tersebut berupa kepulauan yang dikelilingi oleh 41 pulau-pulau kecil.

Jadi bagi kalian yang dari luar kabupaten Simeulue hanya terdapat dua moda transportasi, yaitu transportasi laut, dan transportasi udara.

1. Rute laut dengan menggunakan kapal feri :

  • Pelabuhan Kabupaten Singkil menuju Pelabuhan Sinabang
  • Labuhan Haji Aceh Selatan menuju Pelabuhan Sinabang
  • Pelabuhan Kuala Bubun Kabupaten Aceh Barat menuju Pelabuhan Sinabang
  • Pelabuhan Calang Aceh Jaya menuju Pelabuhan Sinabang

2. Rute udara dengan menggunakan pesawat :

  • Kualanamu International Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang
  • Cut Nyak Dien Airport menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang

Setelah sampai di Pelabuhan Sinabang maupun Bandara Lasikin, selanjutnya menuju Pantai Nacala bisa menggunakan kendaraan rental atau dengan menggunakan becak motor.

Tiket Masuk Pantai Nancala

Belum ada keputusan resmi terkait harga tiket masuk Pantai Nancala di tahun 2020

Penginapan Di Pantai Nancala

Disekitar Pantai Nancala sudah terdapat penginapan atau resort dengan beragam pilihan fasilitas dan harga. Adapun harga yang ditawarkan dari mulai Rp. 100.000 sampai Rp. 1.000.000.

Harga tersebut menyesuaikan dengan jenis fasilitas serta jenis penginapannya.

Tips Wisata Menuju Pantai Nancala

Bagi kalian yang akan berkunjung ke Pantai Nancala, inilah tips wisatanya :

  • Berwisatalah ketika keadaan cuaca dalam keadaan cerah, karena hal tersebut akan mendukung keamanan serta kenyamanan wisata anda
  • Jika anda bermaksud menonton perlombaan surfing, pastikan terlebih dahulu jadwalnya. Karena perlombaan tersebut tidak setiap hari dilaksanakan
  • Jangan sampai ada perlengkapan dan perbekalan yang ketinggalan
  • Ada baiknya saat anda menyusuri pantai tidak menggunakan sepatu, tetapi bagusnya menggunakan sandal.
  • Bagi anda yang tidak pernah berselancar, jangan memaksakan diri untuk nekad berselancar di Pantai Nancala
  • Selalu patuhi protokol keamanan dan kesehatan
  • Jangan merusak alam dan jangan membuang sampah sembarangan. Terutama sampah-sampah plastik
  • Selalu hormati nilai-nilai, keyakinan, moral/etika, budaya, dan adat istiadat masyarakat setempat

Penutup

Pantai Nancala menjadi sebuah bukti bahwa sesungguhnya destinasi wisata yang ada di Indonesia jika dikelola dengan baik akan mendapatkan perhatian dunia.

Dampak postif akan dirasakan oleh segenap pihak, terutama masyarakat sekitar. Dan bagi para wisatawan, jadilah wisatawan yang “bijak” dengan alam. Salah-satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment