Air Terjun Blang Kolam, si Cawan Raksasa yang tersembunyi

Aceh terkenal dengan wilayahnya yang masih asri, banyak wisata bahari yang dapat kita temui disana. Mulai dari yang bertema Pantai, Waduk, Pemandian, Air Terjun, dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan bahas tentang salah satu keindahan air terjun yang ada di daerah Aceh Utara, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Air terjun ini diberi nama Air Terjun Blang Kolam karena disekitarnya terdapat kolam yang cukup besar berisikan air yang jernih dan tentunya masih alami.

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam. Sumber: travel.detik.com

Pada tahun 90an Air terjun Blang Kolam banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun asing. Namun sejak masuknya konflik bersenjata di wilayah Aceh Utara lokasi bahari itu pun sempat ditutup.

Pada saat konflik mereda tempat wisata ini pun kembali dibuka. Banyak pengunjung yang datang untuk melepas rasa rindu mereka pada keindahan Air Terjun Blang Kolam ini.

Selang beberapa waktu kemudian terjadilah beberapa kejadian yang tak diharapkan. Salah satunya adalah adanya muda mudi yang melanggar syariat Islam, sehingga menyebabkan para pemuka Agama melarang adanya aktivitas di Air Terjun Blang Kolam lagi.

Aceh termasuk wilayah yang berlandaskan Syari’at Islam dalam menjalankan setiap sendi kehidupan, baik kehidupan bermasyarakat maupun pemerintahan, oleh sebab itu Aceh disebut juga sebagai “Serambi Mekah”.

Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dimana pun kita berada kita harus menghormati aturan yang berlaku. Terlepas dari hal-hal yang pernah terjadi, satu hal yang tak hilang dari Air Terjun Blang Kolam.

Keindahan air terjun yang nampak bagaikan mata air surgawi, ditampung dalam sebuah kolam bak cawan raksasa. Terletak diantara rimbunan pepohonan yang masih asri, diiringi kicauan burung dan hempasan angin yang menambah sejuknya suasana.

Pesona Keindahan Air Terjun Blang Kolam
Pesona Keindahan Air Terjun Blang Kolam. Sumber: www.ajnn.net

Ada apa aja sih di Air Terjun Blang Kolam? Apa aja sih yang bisa kita lakukan disana? Bayar tiketnya berapa? Dan masih banyak lagi pastinya pertanyaan dalam benak kalian tentang Air Terjun Blang Kolam ini. Okeh, kita bahas satu-satu ya. Check it dot!

Ragam wisata

1. Sambutan Ratusan Anak Tangga

Untuk mendapatkan keindahan yang luar biasa, kita harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Blang Kolam, kamu harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu.

Kamu harus hati-hati ya dalam menuruni anak tangganya, soalnya tangganya dipenuhi dengan lumut hijau dan tidak ada pegangan ditangganya.

Ratusan Anak Tangga
Ratusan Anak Tangga. Sumber: travel.detik.com

Jangan kamu bayangkan di air terjun ya pasti main air doang ya, karena di Air Terjun Blang Kolam yang kamu bisa lakukan lebih banyak lagi.

2. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam memiliki dua aliran air terjun yang berdampingan dan tak terpisahkan. Dibawahnya terdapat kolam yang cukup besar yang dapat menampung curahan air terjun dari keduanya.

Air terjun Blang Kolam memiliki ketinggian 75 meter dan memiliki kedalaman kolam yang berbeda-beda. Tergantung pada titik-titik tertentu, paling dangkal yaitu sekitar 1 meter dan kolam yang paling dalam sekitar 3 meter.

So, untuk kamu yang mau bermain air disekitar Air terjun Blang Kolam mesti cek and ricek dulu ya apalagi kalau kamu bawa anak-anak. Waspada itu penting ya guys!

Air Terjun Blang kolam
Air Terjun Blang kolam. Sumber: www.kelambit.com

3. Warung Makan

Perutmu keroncongan sehabis main air? No problem, disekitar Air Terjun Blang Kolam sudah banyak warung-warung makanan yang siap menyajikan makanan atau minuman untuk kamu.

Pas kamu lagi asyik-asyiknya foto atau video eh abis batunya, bingung deh mesti gimana. Tenang, di Air Terjun Blang Kolam sudah tersedia aliran listrik ko. Jadi selagi kamu isi perutmu, kamu juga bisa sekalian isi gaway kamu.

4. Camping

Nah ini ni yang beda, di sekitar Air Terjun Blang Kolam kamu dapat melakukan aktivitas camping, tapi peralatannya bawa sendiri ya soalnya disini belum ada tempat penyewaan tenda atau sejenisnya.

5. Fasilitas di Air Terjun Blang Kolam

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Blang Kolam sudah dibilang komplit, Mushola dan Toilet dapat dengan mudah kamu temui disini. Untuk kamu yang membawa kendaraan, jangan khawatir karena dijamin aman deh.

Kuliner khas Lhoksukon, Aceh Utara

Air Terjun Blang Kolam berada di Aceh Utara, tak lengkap rasanya jika kamu belum menikmati kuliner khas dari Lhoksukon yang merupakan Ibukota Aceh Utara. Ada banyak sekali kuliner khas yang tersedia di lhoksukon Aceh Utara, yang wajib kamu coba diantaranya:

1. Tumeh Ungket Sure

Dalam bahasa Aceh, Tumeh artinya tumis, Ungket atau Eungkot artinya ikan, dan Sure artinya tongkol. jadi Tumeh Ungket Sure dapat diartikan tumisan Ikan tongkol.

Bahan utamanya tentu saja ikan tongkol, dihiasi dengan belimbing wuluh, cabai hijau keriting, ketumbar, adas manis, dan bumbu-bumbu penyedap lainnya. Makanan ini mirip dengan ikan sardin atau gulai ikan. Cocok banget jika dihidangkan dengan nasi hangat.

Tumeh Ungket Sure
Tumeh Ungket Sure. Sumber: craftlog.com

2. Martabak Durian

Martabak durian merupakan kuliner yang cukup terkenal dan wajib dicoba jika kamu mengunjungi Lhoksukon Aceh Utara. Tekstur martabak yang lembut dan rasa durian yang menggugah selera membuat siapapun yang menyantapnya melupakan sejenak tentang rencana diet.

Martabak Durian Khas Aceh
Martabak Durian Khas Aceh. Sumber: steemit.com

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Blang kolam ada beberapa tips ini, supaya liburan kamu tetap menyenangkan dan memorable.

  • Patikan kamu bawa baju ganti ya, kan kita kesana mau main air terjun.
  • Kondisi badan kamu juga harus fit, soalnya nanti kamu kan harus melewati ratusan anak tangga.
  • Usahakan kamu membawa barang yang seperlunya aja, untuk meringankan beban kamu saat melewati anak tangga.
  • Lihat kondisi cuacanya juga ya, masa iya lagi hujan badai kamu datang ke Air Terjun Blang Kolam.
  • Ingat, jaga kondisi alam seperti kamu pertama kali melihatnya.
  • Patuhi aturan wilayah yang berlaku, Air Terjun Blang Kolam terletak di Aceh yang menerapkan Syari’at Islam sebagai payung hukum yang berlaku.

Penutup

Tuhan menciptakan alam untuk kita jaga dan kita rawat. Tugas kita terhadap alam bukan hanya untuk menikmatinya saja namun kita dituntut untuk menjaga dan melestarikan alam.

Air Terjun Blang Kolam merupakan warisan alam tersembunyi yang luar biasa. Jagalah ia seperti sedia kala. Jika kita menjaga alam, alam akan menjaga kita.

Selamat menikmati percikan Air Terjun Blang Kolam dan indahnya alam sekitar ya, siapkan foto terbaik kamu untuk mengingatkanmu betapa baiknya alam yang sudah diciptakan Tuhan kepada kita.

 

 

Baca juga:

Leave a Comment