Air Terjun Terujak, Sensasi Lain Menikmati Keindahan Aceh

Pulau Sumatera khususnya Aceh memang terkenal dengan keindahan alam yang masih menyimpan keasriannya. Alamnya masih bersih, alami, belum banyak dijamah oleh manusia.

Selain keindahan pantainya, Aceh juga menyimpan keindahan air terjunnya. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Terujak yang berada di Aceh Timur tepatnya di Desa Terujak.

Karena terletak di Desa Terujak itulah, sehingga diberi nama Air Terjun Terujak. Air terjun ini memiliki tinggi yang tidak terlalu, yaitu sekitar 15 meter. Namun, mempunyai dua aliran terjun dengan lebar yang berbeda.

Air Terjun Terujak
Air Terjun Terujak. Sumber: www.tempatwisata.pro

Aliran air terjun yang lebih besar memiliki aliran yang cukup deras, jika dibandingkan dengan aliran air terjun yang di sebelahnya. Keduanya hanya dipisahkan oleh bentangan tanah atau batuan yang besar.

Air Terjun Terujak berada di kawasan hutan yang masih alami, dan terdapat aliran air panas alami yang mengandung belerang yang berasal dari mata air alami. Simak yuk seperti apa pesona keindahan alam Air Terjun Terujak ini, check this out!

Ragam Wisata

Pesona keindahan yang dapat kamu rasakan saat berada di Air Terjun Terujak, diantaranya :

1. Kolam Pemandian Air Panas

Sebelum kamu mendaki untuk menuju Air Terjun Terujak, kamu akan menemukan sebuah aliran air, yang memiliki suhu panas sehingga kamu bisa merebus telur di sana. Selain itu terdapat sebuah kolam air hangat dengan lebar sekitar 10 meter, air nya mengandung belerang sehingga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit.

Aliran Air Panas
Aliran Air Panas. Sumber: www.tempatwisata.pro

2. Air Terjun Terujak

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, membelah hutan, melewati perkebunan warga, diakhiri dengan menyusuri sungai yang licin serta berbatu sampailah kamu pada tujuanmu.

Medan yang dilalui lumayan berat dan berliku, meskipun demikian Pemandangan yang disajikan sangatlah masih alami. Dengan keindahan alam yang dihamparkan seakan-akan melupakan rasa lelah.

Ketika kamu mulai menyusuri sungai, itu artinya Air Terjun Terujak sudah semakin dekat. Air Terjun Terujak memiliki dua aliran air terjun, keduanya memiliki lebar yang berbeda dengan tinggi kurang lebih 15 meter.

Menikmati Air Terjun Terujak
Menikmati Air Terjun Terujak. Sumber: www.travellink-indonesia.com

Memang air terjunnya tak terlalu tinggi, namun Air Terjun Terujak memiliki kondisi air yang masih jernih dan bersih. Sehingga kita dapat melihat dasar kolam tanpa terhalangi oleh apapun.

Untuk kamu yang ingin berenang di kolam, harus hati-hati ya. Selalu cek kedalamannya, pembatas kedalaman kolam dipisahkan dengan menggunakan sebuah rotan yang memanjang membelah kolam.

Lebih nikmat lagi jika setelah selesai bermain air di Air Terjun Terujak, kamu menyantap makanan yang kamu bawa. Diiringi deburan Air Terjun Terujak yang jatuh ke kolam, berbincang bersama kawan, menatap keindahan alam yang disajikan, wah sungguh nikmat sekali, bukan?

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Terujak

Lokasi dan alamat Air Terjun Terujak ini berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Kota Langsa, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Rute Menuju Air Terjun Terujak

Rute menuju Air Terjun Terujak cukup dekat dari Pusat Desa Terujak, yitu sekitar 1,5 kilometer. Jika kamu bergerak dari Ibu Kota Kabupaten Aceh Timur yang bernama Idi Rayeuk, kamu akan melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 127 kilometer. Jika sudah sampai di Ibu Kota Kecamatan jarak yang akan kamu tempuh sekitar 2,5 Kilometer lagi.

Jalan raya menuju Air Terjun Terujak sudah bagus, namun memang sebagian jalan ada yang masih berbatu. Disamping itu jalanannya berkelok-kelok jadi kamu harus hati-hati, namun bisa dilalui motor maupun mobil ko. Selama perjalanan kamu akan menikmati rindangnya kelapa sawit dan pepohonan lainnya.

Tiket Menuju Air Terjun Terujak

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Terujak, kamu tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis. Karena memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Terujak

Karena belum dikelola oleh pemerintah setempat, maka fasilitas yang tersedia pun belum memadai. Belum tersedianya fasilitas kamar mandi maupun warung-warung makanan.

Penginapan

Karena Air Terjun Terujak berada di lokasi terpencil, sehingga penginapan terdekat belum ada.

Kuliner Khas Idi Rayeuk, Aceh Timur

Setelah kamu menikmati keindahan Air Terjun Terujak, ngga ada salahnya kalau kamu melanjutkan perjalananmu dengan mencicipi makanan khas dari Idi Rayeuk, Aceh Timur. Makanan yang harus kamu coba diantaranya :

1. Pisang Sale

Pisang sale memang ada dibeberapa daerah, namun pisang sale Idi Rayeuk mempunyai rasa yang berbeda. Aceh timur merupakan pusat sale terbesar di Aceh, dan pisang sale merupakan kudapan khas Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Cara membuat pisang sale sangatlah mudah, setelah pisangnya dipisahkan dari kulitnya kemudian dijemur sampai kering dengan tujuan untuk mengeluarkan kandungan airnya. Setelah itu pisang diasap supaya bisa tahan lama, sebelum disantap pisang diolesi gula tebu.

2. Kuah Sikameng

Kuah Sikameng disebut juga gulai kambing, karena menggunakan bahan dasar kambing. Rasanya sudah tidak diragukan lagi, dengan dagingnya yang empuk, kuah karinya kental, ditambah dengan wangi bumbu rempah yang menambah selera untuk menyantapnya. Kuah Bak Leubu Eungkot Masen merupakan gabungan dari Kuah Bak Leubu atau kuah lada yang berbahan dasar pohon keladi dan Eungkot Masen yang merupakan ikan asin.

Kuang Sikameng
Kuang Sikameng. Sumber: seringjalan.com

3. Joh Boh Limeng

Joh Boh Limeng yaitu minuman khas dari Idi Rayeuk yang terbuat dari belimbing wuluh. Belimbing wuluh memang masam namun jika diolah dan diracik sedemikian rupa rasanya tidak akan terlalu masam.

4. Kuah Pliek U Chu

Kuah Pliek U terbuat dari ampas kering sisa minyak kelapa tua dipadu dengan bumbu patarana, sangat nikmat jika disantap bersama nasi dan ikan asin.

Kuah Pliek U
Kuah Pliek U Chu. Sumber: www.kba.one

5. Rujak Arakundo

Rujak Arakundo seperti rujak pada umumnya, entah apa yang membedakan Rujak Arakundo dengan rujak-rujak yang lain. Dinamakan Rujak Arakundo karena di sepanjang jalan Medan-Banda Aceh Arakundo banyak sekali yang menjual rujak ini.

Rujak Arakundo
Rujak Arakundo. Sumber: seringjalan.com

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih yang bisa jadi bahan referensi kamu saat mengunjungi Air Terjun Terujak, diantaranya:

  • Kondisi kamu harus fit karena kamu akan berjalan kaki lumayan jauh.
  • Gunakan alas kaki yang membuatmu nyaman saat berjalan jauh.
  • Bawalah persediaan makanan atau minuman yang cukup.
  • Pastikan kondisi cuaca cerah tidak mendung atau bahkan turun hujan.
  • Jagalah selalu kebersihan alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mencorat-coret batu di sekitar Air Terjun Terujak.
  • Jaga adat istiadat yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat.
  • Siapkan gadget kamu, untuk merekam semua momen indah saat berada di Air Terjun Terujak.

Penutup

Menuju lokasi air terjun dimanapun itu, tidaklah selalu mudah. Kita harus melalui jalanan yang berliku bahkan berbatu, terkadang kita juga harus menyusuri sungai dan membelah hutan.

Namun, disepanjang perjalanan kita dapat dengan mudah menikmati hamparan keindahan alam yang disajikan yang bahkan mungkin akan sangat jarang kita jumpai setiap hari.

Air Terjun Terujak merupakan harta terpendam di Aceh Utara, yang sayang untuk kita lewati bahkan untuk kita tinggalkan. Keasrian alam dan kejernihan airnya dapat membuat kita tenang, dan melupakan sejenak kepenatan dalam hidup.

Jaga dan rawatlah selalu keindahan alam yang telah diberikan Tuhan, supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapan pun. Jangan lupa, siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment