Mie Aceh, Cita Rasa Multi Budaya Dalam Kuali Masak Nangroe

Mie Aceh merupakan masakan khas Aceh berupa mie dengan rasa pedas. Mie kuning tebal yang pedas ini biasanya disajikan dengan irisan daging sapi daging kambing ataupun seafood.

Kemudian, kuah pedas yang tersaji umumnya merupakan kuah kari yang gurih serta pedas. Sebagai pelengkapnya bisa ditambahkan irisan mentimun serta emping ataupun kerupuk.

Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas.
Mie Aceh. Image via: @amazingmalangeats

Sejarah Mie Aceh

Tak bisa dipungkiri jika Mie Aceh merupakan salah satu kuliner yang tak lepas dari budaya lokal aceh serta budaya lainnya yang masuk ke wilayah tersebut. Salah satunya kuah kari pedas yang kental ini merupakan salah satunya. sebagai informasi jika kuah kari berasal dari masakan India.

Kemudian tambahan potongan daging sapi ataupun kambing menunjukkan jika nilai-nilai Islam di Aceh sangatlah kuat. Sebab, masyarakat aceh mayoritas pasti membutuhkan bahan makanan yang halal khususnya daging.

Sementara itu, penambahan Seafood yang disajikan dalam Mie Aceh tentu saja berdasarkan letak geografis Aceh yang dikelilingi oleh Selat Malaka, Laut Andaman dan Samudera Hindia. Selain itu, mengingat kehidupan mayoritas masyarakat Aceh yang merupakan petani, pedagang maupun nelayan.

Jenis Variasi Mie Aceh

Mie ini sebenarnya banyak sekali macamnya. Paling tidak ada 6 jenis mie di Aceh yang semuanya wajib untuk dirasakan kelezatannya

  1. Mie Aceh Tumis

Mie Aceh tumis ini adalah jenis mie Aceh yang paling sering dihidangkan pada saat Anda memesan mie Aceh.
Mie Aceh Tumis. Image via: pergikuliner.com

Simak juga: Sang legenda, Pempek Palembang

Mie Aceh tumis merupakan jenis mie aceh yang paling sering dihidangkan. Sesuai dengan namanya, mie tumis ini dibuat kering dan hampir tanpa kuah. Teknik masak seperti ini justru membuat semua bumbu khas mie ini semakin terasa karena dapat meresap dengan sempurna ke dalam mie.

  1. Mie Aceh Goreng Basah

Tidak beda jauh dengan mie tumis. Mie Aceh goreng basah ini yang membedakannya adalah pada saat memasaknya air yang digunakan sedikit diperbanyak. Jadi lebih menyerupai dengan mie tumis yang ada kuahnya.

  1. Mie Aceh Rebus

Untuk mie rebus ini tentunya sangat cocok bagi penyuka makanan berkuah. Pada saat memasakknya, air dan juga bumbu yang dimasukkan lebih banyak. Maka dari itu meskipun banyak kuahnya, dari segi rasa juga masih tetap terpelihara.

  1. Mie Aceh Kepiting

Untuk mie Aceh kepiting ini biasanya kepiting dengan ukuran besar dimasukkan dengan mie Aceh, bisa mie Aceh gorang, gorbas, dan rebus.
mie Aceh kepiting. Image via: phinemo.com

Untuk mie kepiting ini biasanya kepiting dengan ukuran besar dimasukkan dengan mie Aceh, bisa mie gorang, gorbas, dan rebus.

  1. Mie Aceh Daging

Pengunjung bisa meminta penjual mie untuk menambahkan daging dalam campuran mie Aceh. Banyak tidaknya daging, tergantung dari pesanan dari pembeli. Untuk menambah kelezatan dari mie yang Anda pesan, mintalah dagingnya diperbanyak.

  1. Mie Aceh Udang Cumi

Bagi pecinta olehan seafood, mie udang cumi ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Rekomendasi Warung Mie Aceh

  1. Mie Razali

Mie Razali sudah 50 tahun berdiri dan hingga kini masih banyak orang yang berkunjung untuk mencicipi mie aceh di sana. Menariknya lagi, para pembeli bisa memilih mie aceh dengan berbagai pilihan sesuai seleranya, bisa daging kambing, sapi maupun seafood.

Bagi pecinta olehan seafood, mie Aceh udang cumi ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.
Mie Seafood. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: Sate Klatak Jogja

Jika Anda penasaran dengan cita rasa mie aceh di tempat makan ini, langsung saja datang ke Jalan Panglima Polem No. 83-85, Peunayong, Kota Banda Aceh. Untuk jam buka biasanya Mie Razali ini dibuka pada pukul 11.00 pagi hingga 11 malam.

  1. Mie Turis

Tempat makan Mie Aceh yang satu ini tidak kalah dengan tempat makan lainnya, sebab mie aceh di sini memiliki citarasa yang lezat. Mie Turis sendiri telah menyediakan berbagai pilihan menu yang bisa dipilih seperti mie goreng dan mie berkuah serta dengan campuran isian daging, udang, kepiting dan lainnya.

Bagi anda yang penasaran ingin mencicipi mie yang lezat ini bisa langsung ke tempat ini. Mengenai harganya juga cukup terjangkau. Untuk jam buka, biasanya Mie turis ini buka pada pukul 11.00 pagi hingga 11.00 malam.

Bagi pecinta olehan seafood, mie Aceh udang cumi ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.
Mie Aceh Cumi. Image via: phinemo.com
  1. Mie Aceh Simpang Lima

Banyak warga Aceh yang menyebutkan jika asal mula mie aceh berasal dari Simpang Lima. Maka dari itu tak heran jika Mie Aceh Simpang Lima pun kerap dianggap sebagai leluhurnya mie aceh. Simpang lima yang dimaksudkan tersebut yakni berada di Jalan T. Chick Ditiro Peuniti, Kota Banda Aceh, Aceh.

Yang menarik dari Mie aceh di sini adalah penyajian mie aceh dengan tambahan seekor kepiting raksasa. Bagi yang sudah pernah mencicipi kelezatan mie aceh simpang lima pasti tidak akan pernah bisa melupakannya. Pembeli bisa memsan mie aceh dalam bentuk yang beragam baik itu seperti mie goreng ataupun mie berkuah.

Untuk mie Aceh rebus ini tentunya sangat cocok bagi penyuka makanan berkuah
Mie Aceh Kuah. Image via: @mufti_muzaqi

Simak juga: Sate Taichan yang Natural

  1. Mie Midi Peuniti

Mie aceh yang ditawarkan tempat ini identik dengan kuah dan warnanya yang nampak merah kecoklatan. Menariknya mie Midi Peuniti juga merupakan tempat yang sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang vegetarian. Para vegetarian bisa memesan mie aceh dengan isian jamur yang rasanya sangat mantap.

Kemudian, menu mie dengan isian daging maupun seafood pun sangat pas berpadu dengan rempah-rempah khas yang membuatnya terasa nikmat. Maka dari itu, bagi yang penasaran langsung saja datang ke Jalan Teuku Cik Ditiro, Peuniti, Banda Aceh. Mie midi Peuniti dibuka pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 12.00 malam.

Koki Mie Aceh di Warung Bardi
Koki Mie Aceh. Image via: idntimes.com
  1. Mie Ayah Simpang Lhong Raya

Mie Ayah Simpang Lhong Raya menawarkan mie dengan citarasa yang enak dan lezat sehingga membuatnya cukup ramai pengunjung. Disini tersedia beberapa pilihan menu seperti mie goreng Aceh, mie berkuah dan lainnya.

Jadi, bagi yang penasaran dengan citarasa yang ditawarkan, langsung saja datang ke lokasi yang berada di Jl. Wedana, Lhong Raya, Kota Banda Aceh, Aceh. Mie Ayah Simpang Lhong Raya ini dibuka pada pukul 10.00 pagi hingga pukul 12.00 malam.

  1. Mie Aceh Leupung

Mie Aceh Leupung tidak kalah menarik serta memiliki citarasa yang enak. Untuk itu, bagi anda yang penasaran dengan citarasa yang ditawarkan oleh Kios Mie Leupung ini, nisa langsung datang ke Jalan Banda Aceh-Meulaboh Km 24, Leupung, Aceh Besar.

Tempat makan ini biasanya di buka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00 malam. Untuk masalah harga, tidak perlu khawatir karena biasanya mie ini berkisar dari harga Rp. 12.000 hingga 45.000 tergantung dengan menu pilihan anda.

Irisan Timun, Bawang, dan nipis melengkapi mie Aceh.
Irisan Timun, Bawang, dan nipis melengkapi mie Aceh. Image via: @waroengacehkemang

Simak juga: Menangkap Ayam Tangkap di Aceh

  1. Mie & Nasi Goreng Bardi

Lokasinya yang berada  di tengah kota membuatnya cukup mudah dicapai. Tempat makan ini juga menawarkan mie yang sangat enak untuk di cicipi.

Tidak hanya itu saja, disini tersedia berbagai macam menu, mulai dari mie aceh, nasi goreng dan lainnya. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. Warung ini ada di Jl. Residen Danubroto, Lamlagang, Kota Banda Aceh.

Warung Mie Aceh Mie Bardi
Mie Bardi. Image via: steemit.com

Itulah ada beberapa rekomendasi terbaik mengenai tempat makan yang menjual mie enak di Aceh. Walau tentu saja tidak menutup kemungkinan adanya lokasi-lokasi lain yang juga menawarkan kenikmatan Mie di Aceh.


Leave a Comment