Pempek Palembang, Makanan Legendaris dari Era Kesultanan

Mendengar kata Pempek atau empek-empek pikiran akan otomatis angat pada kota Palembang. Pempek Palembang memang adalah makanan khas Palembang. Kuliner ini terbuat dari ikan giling an tepung kanji. Serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.

Pempek Palembang memang adalah makanan khas Palembang. Kuliner ini terbuat dari ikan giling an tepung kanji. Serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam.
Pempek Palembang. Image via: vokasi.co.id

Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa penganan pempek pusatnya adalah di Palembang karena hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Jenis Pempek

Pempek Palembang jenisnya ada bermacam macam. Paling tidak ada 10 jenis berbeda untuk pempek.

  1. Pempek Panggang

Tekstur luar dari Pempek Panggang sedikit lebih alot namun bagian tengahnya sangat lunak. Pempek panggang biasanya disajikan dengan tambahan ebi, kecap manis, dan juga cabe ijo.

  1. Pempek Keriting

Pempek kriting memiliki tekstur yang lebih lembut dan biasanya disajikan dengan direbus saja. Namun, tidak sedikit yang menyukai pempek keriting yang digoreng. Bila dimasak dengan cara digoreng akan didapati pempek yang garing.

Jenis ini berbentuk seperti bentuk otak. Tekstur pempek Palembang Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja.
Pempek keriting. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: Enaknya rasa natural Sate Klatak

  1. Pempek Kulit Krispi

Untuk yang menyukai tekstur renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek Palembang kulit ‘krispi’ dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing.

  1. Pempek Sosis

Pempek sosis merupakan kreasi modern dari pempek lenjer. Yang membedakan adalah ditambahkannya sosis pada bagian tengah.

  1. Pempek Lenggang

Pempek lenggang dibuat dengan proses dipanggang di atas mangkuk daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, banyak juga yang membuat pempek lenggang ini dengan digoreng.

Pempek palembnag jenis Lenggang unik karena diPanggang bukan digoreng.
Pempek Lenggang Panggang. Image via: ellysuryani.com
  1. Pempek Bulat atau Pempek Adaan

Jenis Pempek Palembang satu ini sering juga disebut pempek adaan. Merupakan pempek yang diadon bersama potongan bawang dan santan. Pempek ini tidak melalui proses perebusan dan langsung digoreng. Pempek bulat memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa yang lebih gurih.

  1. Pempek Belah

Pempek Palembang belah merupakan pempek lenjer ukuran kecil dan dibelah. Seperti jenis pempek panggang, pempek ini dinikmati dengan ebi, kecap, dan juga cabe ijo untuk yang suka pedas.

  1. Pempek Dos

Jenis Pempek Palembang ini tanpa ikan. Bahan utama pempek dos adalah tepung kanji. Beberapa orang sering menganggapnya sebagai pempek vegetarian. Pempek dos memiliki tekstur lebih garing, namun lebih kenyal dan lembut.

BIsa dikatakan kapal selam adalah maskot dari Pempek Palembang
Pempek Kapal Selam. Image via: kaltim.tribunnews.com

Simak juga: sate Taichan, Sate Kalatak Versi Ayam

  1. Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam merupakan jenis pempek palembang yang paling populer. Jenis pempek satu ini berisikan telur. Pempek ini bisa dihidangkan dalam ukuran besar dalam ukuran yang lebih kecil.

  1. Pempek Lenjer

Pempek Lenjer disajikan dalam dua ukuran yakni besar serta kecil. Pempek lenjer yang berukuran besar, biasanya disajikan dengan dipotong-potong menjadi kecil sehingga lebih mudah memakannya.

Pempek Palembnag tipe Lenjer juga ada yang disajikan dalam ukuran besar ada pula yang kecil
Pempek Lenjer. Image via: tokopedia.com

Sejarah Pempek Palembang

Dulunya, pempek merupakan panganan adat di dalam Rumah Limas yang mengandung sifat dan kegunaan tertentu. Makanan ini pun lebih dikenal dengan sebutan kelesan karena dikeles atau tahan disimpan lama.

Sementara itu nama pempek berasal dari sebutan bagi orang China yang menjajakan kelesan. Kala itu para pembeli kerap memanggil penjual kelesan dengan kalimat “Pek empek, mampir sini” . Dari situlah awal mula nama pempek yang bertahan hingga saat ini.

Selanjutnya, pempek mulai dijual komersial saat zaman kolonial. Penjual yang berkeliling dari kampung ke kampung, khususnya di kawasan keraton mulai sering dijumpai.

Palembang Dagang Pempek keliling masa ini. Dahulu memakai bakul
Dagang Pempek Keliling. Image via: bisnisukm.com

Simak Juga: Berburu Ayam Tangkap di Aceh

Rekomendasi 7 Lokasi kuliner Pempek Palembang

Kalau sedang mengunjungi teat tempat wisata indah di Sumatera Selatan, tentu adalah sebuah keharusan untuk menyempurnakan pengalaman dengan mencicipi pempek di tanah kelahirannya. Berikut beberapa tempat yang bsia dicoba, yang sudah memiliki reputasi bagus sebagai tempat mencicipi pempek Palembang

  1. Lenny

Pempek Lenny menyediakan berbagai pilihan pempek mulai dari lenjer, kapal selam hingga adaan. Tempat ini pun selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga membuatmya memiliki cita rasa yang gurih serta lezat. Selain itu, ukurannya tidak terlalu besar atau kecil sehingga sangat pas untuk camilan.

Para pembeli bisa memilih berbagai macam pempek yang tersdia dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000 bergantung dari jenisnya. Kemudian, bagi yang hendak menjadikannya sebagi oleh-oleh dapat memiliih berbagai macam paket mulai dari harga Rp 200.000 hingga Rp 750.000 tergantung ukuran dari paket yang dipilih.

Alamat: Jl. Petanang No.6875, 20 Ilir D. I, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Candy

Jika dibandingkan dengan pempek palembnag lainnya, Pempek Candy memiliki cita rasa yang paling gurih. Selain itu, ukuran dari Pempek Candy juga lebih kecil dibandingkan dengan lainnya.
Pempek Candy. Image via: jutaanposting

Salah satu yang paling terkenal  di Palembang adalah Pempek Candy. Karena kuliner ini cukup tahan lama untuk beberapa hari, memesannya untuk dijadikan oleh-oleh.

Pengunjung bisa membeli Pempek Palembang Candy dengan harga Rp 100.000 per paketnya. Jika dibandingkan dengan pempek kebanyakan, Pempek Candy memiliki cita rasa yang paling gurih. Selain itu, ukuran dari Pempek Candy juga lebih kecil dibandingkan dengan lainnya.

Alamat: Jl. Letjen Harun Sohar, Kebun Bunga, Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Utara.

  1. Lala

Pempek Lala hadir dengan cita rasanya yang sungguh lezat dan tentunya takkan membuat kecewa. Meskipun tempatnya tak terlalu besar namun pempek yang disajikan tak kalah dengan yang lainnya. Selain itu rasa ikan yang ada pada pempek ini sangat lah kuat.

Dengan popularitas yang dimilikinya, membuat pempek Lala kerap dijadikan sebagi oleh-oleh kala berkunjung ke Palembang. Pembeli bisa memilih paket dengan harga Rp. 50,000 yang berisikan pempek sebanyak 49 buah.

Alamat: Jalan Mujahidin No.23, 26 Ilir, Bukit Kecil, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Raden

Pempek Palembang yang satu ini termasuk salah satu kedai yang cukup legendaris di Pelembang karena telah berdiri sejak tahun 1980an.
Etalase pempek pak raden. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: Betutu. Garis Batas Seni Kuliner WIB dan WIT

Pempek Raden merupakan salah satu kedai penjual pempek legendaris yang ada di Pelembang. Pempek yang ada sejak tahun 80an ini dianggap memilki cita rasa lezat serta cuka yang berbeda dari yang lain karena menggunakan bahan baku yang masih segar.

Bagi pembeli yang datang dengan tujuan mendapatkan camilan bisa memesannya satuan dengan harga yang bervariatif sesuai jenisnya. Sedangkan bagi pembeli yang hendak mencari oleh-oleh dapat memilih paketan dengan harga mulai dari Rp. 100,000.

Alamat: No.80A, Jl. Radial, 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Nony

Pempek Palembang Nony mungkin memiliki tampilan yang paling konvesional dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini karena ukuran dari Pempek Nony termasuk besar-besar sehingga cocok untuk dijadikan menu makan siang karena akan mengenyangkan.
Pempek Nony. Image via: bukalapak.com

Bila dipergatiakan Pempek Nony memiliki tampilan yang paling konvesional dibandingkan dengan yang lainnya. Kemudian, pempek ini pun memiliki ukuran yang cukup besar-besar sehingga pas dijadikan sebagi menu makan siang karena dapat mengenyangkan.

Selain itu, rasa gurih pempek ini akan pun akan semakin sedap dengan perpaduan cuka yang terasa segar. Untuk harga satuan Pempek Nony dijual dengan harga mulai dari Rp 17.500 hingga Rp 35.000. Sedangkan harga paketan untuk oleh-oleh dihargai mulai dari Rp. 120,000.

Alamat: Jl. Rua Sukamto No. 48 E-F, 8 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Beringin

Para pembeli bisa memilih berbagai varian Pempek mulai dari panggan, kerupuk, pastel, kapal selam, lenjer kuliner lenggang bakar, lenggang goreng, hingga telur kecil. Rasa gurih yang sedap pun semakin mantap dengan tambahan cuka asam manis pedas.

Pempek Beringin dihargai sekitar Rp 5.500 per buahnya. Sedangkan, untuk harga paketannya dimulai dari Rp 80.000 dengan isi pempek yang bermacam-macam.

Alamat: Jl. Lingkaran1 No.20, 9 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

  1. Pempek Vico

Dibuat dari bahan-bahan berkulitas, ikan segar, hingga bumbu-bumbu khusus, pempek Palembnag Vico memiliki cita rasa yang lezat dan tidak amis
Pempek Vico. Image via: idntimes.com

Simak juga: Aroma Sejarah Betawi dalam Sepiring Kerak Telor

Pempek Vico memiliki cita rasa yang lezat dan tidak amis karena dibuat dari bahan-bahan berkulitas mulai dari ikan segar hingga bumbu-bumbu khusus. Bagi pembeli yang sedang menacri oleh-oleh bisa memilih harga paketan seharga Rp. 120,000 yang berisi sekitar 35 buah.

Selain itu, pembeli juga bisa memsan secara custom dengan menambahkan lenjer besar dan telur besar.

Alamat: Jalan Letkol Iskandar no.541-542 18 Ilir Ilir Timur I, 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Demikianlah rekomendasi 7 lokasi kuliner pempek Palembang yang selama ini sudah punya reputasi Bagus. Selamat bertualang di Sumatera selatan dan menikmati pempek kapal selam yang legendaris, langsung di Tanah Kelahirannya.


Leave a Comment