Jenis-Jenis Pempek Palembang, Lokasi Recomended Di Palembang dan Jakarta

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, meskipun berasal dari Palembang namun tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Jika mendengar Palembang pasti langsung terlintas Pempek, makanan yang dibuat dari ikan tenggiri dan tepung kanji, dilengkapi dengan cuka yang pedas dan segar.

Dan ternyata Pempek itu banyak jenisnya loh, berikut ulasan lengkap mengenai Pempek. Selain itu saya akan membahas mengenai asal mula Pempek dan lokasi yang recomend untuk menikmati makanan yang satu ini.

Asal Muasal Nama Pempek

Sebelum kita beranjak mengenal macam-macam sajian pempek, kamu simak dulu bagaimanakah asal muasal penamaan pempek ini terbentuk.

Pada zaman dahulu pempek bernama Kelesan yang merupakan panganan adat di masa Kesultanan Palembang. Diberi nama Kelesan karena tahan untuk disimpan lama.

Kemudian pada zaman pemerintahan Belanda Kelesan mulai diperjualbelikan, karena waktu itu dunia perdagangan dikuasai orang Cina, para pembeli suka memanggilnya dengan kalimat “Pek Apek”. Pek Apek merupakan panggilan untuk pria tua yang berkebangsaan Cina.

Ada juga sumber yang mengatakan bahwa orang yang manjual pempek disebut Empek, sehingga mereka yang hendak membeli memanggil dengan kalimat ” Pek Empek, mampir sini”.

Sehingga sampai detik ini makanan yang satu ini disebut dengan nama Pempek, yang merupakan penganan khas dari Palembang.

Simak Juga: Berburu Ayam Tangkap di Aceh

Jenis-Jenis Pempek

Saat ini banyak sekali jenis dari Pempek Palembang, kali ini saya akan membahas 9 jenis pempek yang paling sering diburu pengunjung.

1. Pempek Panggang

pempek panggang
pempek panggang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pempek Panggang disebut juga dengan nama Pempek Tunu. Disebut Pempek Panggang karena adonannya dipanggang di atas arang, kemudian setelah matang dibelah tengahnya kemudian diisi dengan ebi, kecap, dan sambel cabe rawit yang sudah dihaluskan.

2. Pempek Keriting

pempek keriting
pempek keriting. Sumber: www.idntimes.com

Pempek Keriting memiliki banyak nama yakni Pempek Kerupuk atau disebut juga Pempek Kelesan. Bentuknya seperti sebuah kerupuk, proses pembuatannya dengan menggunakan sebuah cetakan yang biasa disebut Pirik’an.

Simak juga: Enaknya rasa natural Sate Klatak

3. Pempek Kulit

pempek kulit
pempek kulit. Sumber: pempekpenak.com

Pempek Kulit terbuat dari kulit ikan tenggiri, berbentuk pipih dan rasanya krispi banget. Namun tidak semua warung pempek menyediakan jenis pempek yang satu ini.

4. Pempek Lenggang

pempek lenggang
pempek lenggang. Sumber: twitter.com

Pempek Lenggang dibuat dengan cara memadukan adonan pempek dengan telur dadar, kemudian dimasukkan kedalam sebuah mangkuk yang terbuat dari daun pisang kemudian dipanggang di atas bara api. Namun saat ini ada juga yang digoreng biar praktis dan bentuknya seperti telur dadar.

5. Pempek Adaan

pempek adaan
pempek adaan. Sumber: www.julianadewi.com

Pempek Adaan berbentuk bulat oleh karena itu sering disebut juga dengan nama Pempek Bulat. Konon katanya Pempek Adaan merupakan kreasi dari sisa Pempek Lenjer yang belum diolah, kemudian dibentuk bulat seperti baso lalu digoreng.

6. Pempek Pistel Kates

pempek pistel
pempek pistel. Sumber: nyaribisnis.com

Pempek yang satu ini berisikan parutan pepaya yang telah ditumis bersamaan dengan ebi. Kemudian dimasukkan kedalam adonan pempek dan ujungnya dibentuk seperti pistel.

7. Pempek Dos

Pempek Dos berbeda dengan pempek yang lainnya karena sama sekali tidak menggunakan ikan. Bahan dasarnya hanyalah tepung kanji, teksturnya lebih kenyal ada yang bilang mirip dengan Cireng Bandung.

8. Pempek Kapal Selam

Varian pempek yang satu ini paling populer diantara yang lainnya, namanya ialah Pempek Kapal Selam. Bentuknya yang besar berisikan telur rebus atau telur kocok, oleh sebab itu sering disebut juga Pempek Telok Besak.

Lebih nikmat jika disajikan menggunakan cuka pempek yang menyegarkan lalu ditambah beberapa lembar mie kuning dan timun.

9. Pempek Lenjer

Disebut Pempek Lenjer karena bentuknya yang lonjong dan memanjang. Sebelum disajikan biasanya dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian digoreng dan dimakan bersamaan dengan cuka pempek yang khas.

Simak juga: sate Taichan, Sate Kalatak Versi Ayam

Saat ini telah ada beberapa varian Pempek yang dibalut modern, seperti pempek sosis serta pempek keju. Jadi sajian pempek akan terus berwarna seiring berjalannya waktu.

Rekomendasi Tempat kuliner Pempek Di Palembang

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ialah Sentral Kampung Pempek Palembang yang terletak di Jl. Mujahidin 26 Ilir, Palembang. Cara menuju lokasi tersebut yakni dari Jembatan Ampera kamu turun kebawah, kemudian belok kiri terus lurus mengikuti jalur yang ada.

Setelah lampu merah di sebelah kanan kamu akan melihat gapura yang bertuliskan Sentral Kampung Pempek Palembang.

Disini banyak sekali kios-kios yang menjajakan beragam jenis pempek dengan harga yang terjangkau. Mulai beroperasi pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Kios-kios yang ada juga menerima pesanan untuk dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

sentral kampung pempek palembang
sentral kampung pempek palembang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Betutu. Garis Batas Seni Kuliner WIB dan WIT

Rekomendasi Tempat Makan Pempek Di Jakarta

Berhubung saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19, sehingga langkah kita terbatas. Namun hal tersebut tak akan membatasi kamu untuk menikmati Pempek Palembang, karena di Jakarta khususnya sudah banyak kios yang menjual makanan yang satu ini.

Berikut beberapa tempat di Jakarta yang menyajikan Pempek Palembang yang enak banget:

1. Pempek Eirin 10 Ulu

Lokasinya berada di Jl. Pintu Kecil No. 3, Glodok, Jakarta Barat. Buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 sore. Tempat makan yang satu ini telah berdiri sejak tahun 70an dengan menu andalannya ialah Pempek Kapal Selam.

Meskipun begitu banyak varian pempek yang ditawarkan disini, dan yang pasti rasanya enak banget. Harga yang ditawarkan pun ngga membuat kantong jebol.

2. Pempek Pak Jenggot

Simak juga: Aroma Sejarah Betawi dalam Sepiring Kerak Telor

Pempek Pak Jenggot tidak membuka cabang dimanapun, hanya ada di Jl. Raya Ragunan No. 17, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga pukul 18.30 malam.

Selain beragam jenis pempek yang disajikan, di Pak Jenggot juga tersedia berbagai macam cemilan atau kerupuk khas Palembang.

3. Pempek Pak Raden

Di Palembang terdapat Pempek Pak Raden yang sangat terkenal, di Jakarta juga ada loh Pempek Pak Raden. Lokasinya tersebar di beberapa tempat, ada yang di Meruya, Pasar Minggu, dan ada juga di Cibubur.

Rasanya tak kalah enak dengan tempat asalnya yakni Palembang, dan tersedia berbagai jenis pempek yang dapat kamu nikmati.

Penutup

Demikianlah selayang pandang mengenai Pempek Palembang, salah satu makanan legendaris Indonesia yang telah tersebar di mana-mana.


Tinggalkan komentar