Bukit Siguntang, Potongan Mahameru Di Palembang

|

Bukit Siguntang bukan hanya sekedar tempat wisata biaa di Palembang. Bukit Siguntang sekaligus menjadi bukti sejarah Kerajaan Sriwijaya, dan sejarah Kota Palembang.

Bukit Siguntang atau diebut juga dengan nama Bukit Seguntang Palembang menjadi tempat wisata sejarah yang dikelilingi oleh panorama alam yang sangat asri.

bukit siguntang palembang
bukit siguntang palembang. google maps. sumber: Agustinus Pratsetyoadi

Apalagi lokasi Bukit Siguntang terletak hanya 3 kilometer dari Sungai Musi, menjadikannya salah-satu objek wisata di Palembang yang selalu ramai dikunjugi oleh para wisatawan.

Bagi orang Melayu, kunjungan wisata ke Bukit Siguntang Palembang sangat direkomendasikan banget. Karena Bukit Siguntang dianggap sebagai cikal bakal masyarakat Melayu.

Selain itu, Bukit Siguntang juga dianggap sebagai potongan Mahameru, yang berarti tempat yang dikeramatkan, atau disucikan. Bukit Siguntang menjadi  wisata Palembang yang bernilai sejarah yang sangat tinggi, dan edukatif.

Dan inilah review Bukit Siguntang yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Palembang di akhir pekan, maupun saat liburan tiba.

wisata sejarah di palembang
wisata sejarah di palembang. google maps. sumber: ongko nugroho

Lokasi dan Alamat Bukit Siguntang

Lokasi Bukit Seguntang terletak dekat Sungai Musi Palembang. Adapun alamat Bukit Siguntang berada di Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat, I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Rute Menuju Bukit Siguntang

Jalan menuju Bukit Siguntang Palembang bisa ditempuh oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran utama.

Lokasi Bukit Siguntang sangat strategis dekat dengan pusat Kota Palembang. Jarak dari pusat Kota Palembang ke Bukit Siguntang hanya 5 kilometer, dengan waktu tempuh hanya 10 menit saja.

Harga Tiket Masuk Bukit Siguntang

  • Tiket masuk Bukit Siguntang Rp. 5.000 per orang (dewasa).
  • Harga tiket masuk Bukit Siguntang Rp. 3.000 untuk anak-anak.

Jam Buka Bukit Siguntang

  • Bukit Siguntang buka dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Bukit Siguntang buka setiap hari.

Fasilitas Di Bukit Siguntang

fasilitas di bukit siguntang
fasilitas di bukit siguntang. google maps. sumber: Nurul Wahjuningsih

Fasilitas wissata di Bukit Siguntang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Makam sejarah,
  • Barang-barang bersejarah,
  • Kedai kopi.

Sejarah Bukit Siguntang

sejarah bukit siguntang
sejarah bukit siguntang. google maps. sumber: Mumar Harun Bta

Sejarah tentang Bukit Siguntang Palembang sangat terkait erat dengan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke 7 M, dan sejarah awal Masyarakat Melayu, serta cikal bakal Kota Palembang.

Di Bukit Siguntang terdapat Prasasti yang bernama Prasasti Kedukan Bukit, dan Prasasti Talang Tuwo. Ke dua prasasti tersebut hanyalah salah-satu penegasan tentang sejarah Bukit Siguntang.

Bukti sejarah selanjutnya di Bukit Siguntang adalah adanya makam raja-raja Sriwijaya.  Dan perlu anda ketahui, bahwa Kota Palembang adalah salah-satu kota tertua di Indonesia.

Daya Tarik Bukit Siguntang

1. Makam Para Raja

makam di bukit siguntang
makam di bukit siguntang. google maps. sumber: Rahmat Alam Akbar

Kondisi saat ini Bukit Siguntang jauh sekali dari kesan angker. Karena seluruh kawasan sudah ditata secara baik, meskipun sempat terjadi kontroversi bagi sebagaian pihak terhadap upaya penataan kawasan tersebut.

Bukit Siguntang selain menyajikan wisata sejarah, di sisi lain sering dijadikan sebagai tempat ziarah. Karena di Bukit Siguntang terdapat beberapa makam para Raja Sriwijaya.

Makam yang ada di Bukit Siguntang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Makam Raja Sigentar Alam,
  • Pangeran Raja Batu Api,
  • Putri Kembang Dadar,
  • Putri Rambut Selako,
  • Panglima Tuan Junjungan,
  • Panglima Bagus Kuning,
  • Panglima Bagus Karang.

Selain itu, di Bukit Siguntang juga terdapat prasasti yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Dan di dekat area parkiran, terdapat galeri tempat barang-barang bersejarah lainnya.

2. Panorama Alam, Dan Arsitektur Bangunan

spot lain di bukit siguntang
spot lain di bukit siguntang. google maps. sumber: Aisyah Khair

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Siguntang adala panorama alam di kawasan tersebut sangat asri, tenang, dan taman luas yang dikelilingi oleh pepohonan.

Selain itu, beberapa arsitektur bangunannya bisa juga dijadikan latar bagi anda yang suka dengan aktivitas selfie. Jalur untuk para pejalan kaki, saat ini sudah tertata secara baik.

Perlu diingat, bahwa Bukit Siguntang memiliki status sebagai kawasan situs arkeologi. Oleh karena itu, para pengunjung jangan sampai merusak apapun yang ada di tempat tersebut.