Benteng Kuto Besak, Selangkah Menuju Sejarah Masa Lampau

Benteng Kuto Besak merupakan wisata Palembang yang menyajikan beragam tema wisata dalam satu kawasan. Dari mulai wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata malam yang instagramable.

Beberapa tempat populer di Palembang, seperti Jembatan Ampera, panorama Sungai Musi, serta Tugu Iwak Belido, Masjid Agung Palembang, hingga Pasar Ilir 16, lokasinya sangat dekat dengan Benteng Kuto Besak, atau BKB Palembang.

Lokasi Benteng Kuto Besak yang sangat strategis tersebut menjadikannya sebagai salah-satu wisata favorit bagi masyarakat Palembang pada khususnya. Meskipun pada faktanya banyak juga yang datang dari luar Palembang.

Dan inilah informasi Benteng Kuto Besak yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal untuk menentukan tempat wisata di Palembang saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba.

benteng bersejarah di palembang
benteng bersejarah di palembang. google maps. sumber: Adhika Atyanta

Baca juga: daftar tempat wisata di Palembang

Sejarah Benteng Kuto Besak

Sebelum kita masuk ke pembahasan pesona keindahan Benteng Kuto Besak Palembang, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu sejarah singkat Benteng Kuto Besak.

Ide awal pembangunan Benteng Kuto Besak, sebetulnya sudah ada sejak jaman Sultan Mahmud Badarudin I. Namun pembangunan tersebut baru bisa terealisasi pada tahun 1780 pada masa Sultan Mahmud Muhammad Bahaudin.

Sebelum berdirinya Benteng Kuto Besak, area tersebut pada mulanya merupakan area keraton yang menjadi pusat bagi Kesultanan Palembang, pada abad ke XVIII.

Selanjutnya setelah Benteng Kuto Besak berdiri, benteng tersebut memiliki fungsi selain sebagai pertahanan dari serangan penjajah, di sisi lain sebagai tempat tinggal bagi Sultan dan keluarganya.

Benteng Kuto Besak resmi dipergunakan pada tanggal 21 Februari 1792. Saat ini, Benteng Kuto Besak Palembang, atau disebut juga dengan nama BKB ditempati oleh Komando Daerah Militer Sriwijaya.

Lokasi Dan Alamat Benteng Kuto Besak

Lokasi Benteng Kuto Besak terletak tidak jauh dari lokasi Jembatan Ampera Palembang, serta menghadap ke arah Sungai Musi Palembang.

Adapun alamat Benteng Kuto Besak berada di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Rute Menuju Benteng Kuto Besak

Jalan menuju BKB Palembang cukup mudah diakses. Jarak dari Alun-Alun Kota Palembang hanya berjarak 4 kilometer, dengan waktu tempuh 10-15 menit perjalanan melalui Jalan Veteran.

Selain itu, Benteng Kuto Besak sangat dekat sekali dengan Pasar 16 Ilir. Akses jalan menuju Benteng Kuto Besak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk Benteng Kuto Besak

Tiket masuk Benteng Kuto Besak, atau BKB Rp. 5.000 per orang.

berfoto bersama tugu iwak belido
berfoto bersama tugu iwak belido. google maps. sumber: Yulizar Zulkifli

Simak: review wisata Bukit Siguntang

Jam Buka Benteng Kuto Besak

  • Benteng Kuto Besak buka setiap hari.
  • Benteng Kuto Besak buka dari pukul 08.00 – 21.00.
  • Kawasan depan Benteng Kuto Besak buka selama 24 jam.

Fasilitas Di Benteng Kuto Besak Palembang

Fasilitas wisata di Benteng Kuto Besak jika di dalam area benteng terdapat museum, dan benda bersejarah lainnya. Tetapi jika di luar BKB, terdapat banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Seperti:

  • Area parkir yang luas,
  • Spot festival,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Spot kuliner, Resto terapung
  • Pasar 16 Ilir.

Daya Tarik Benteng Kuto Besak

Banyaknya ragam wisata yang ada di kawasan Benteng Kuto Besak, menjadikan sebuah destinasi wisata yang menyajikan sensasi yang berbeda dari sisi waktu kunjungannya.

landmark benteng kuto besak
landmark benteng kuto besak. google maps. sumber: Suzannita

Dan inilah aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Benteng Kuto Besak:

1. Benteng, Dan Benda-Benda Bersejarah

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan sebuah benteng bersejarah, sebuah benteng yang dibangun bukan oleh bangsa Belanda. Karena kebanyakan benteng yang ada di Indonesia dibangun oleh bangsa Belanda.

Benteng Kuto Besak memiliki bentuk persegi panjang. Adapun panjang BKB adalah 274,32 meter, serta memiliki lebar 182,88 meter.

Adapun tinggi Benteng Kuto Besak sekitar 9,14 meter, dan memiliki ketebalan 2,13 meter. Di sela-sela benteng tersebut terdapat lubang yang diperuntukkan sebagai ruang bidik senjata.

Di dalam area Benteng Kuto Besak terdapat museum, serta benda-benda bersejarah lainnya, seperti meriam, dan bangunan – bangunan lainnya yang bersejarah.

2. View Jembatan Ampera, Dan Sungai Musi

panorama sungai musi di malam hari
panorama sungai musi di malam hari. 

Ada baiknya kunjungan wista ke Benteng Kuto Besak dengan meluangkan waktu sampai malam. Saat jam operasional BKB tutup, maka keseruan wisata tidak berhenti, bahkan justru lebih ramai.

Suasana di luar Benteng Kuto Besak saat sore menuju malam semakin ramai. Pemandangan di sekitar kawasan tersebut sangat indah, berpadu dengan kerlap-kerlip lampu malam yang akan memanjakan mata pengunjung.

Kawasan tersebut merupakan spot terbaik untuk menikmati pesona keindahan Jembatan Ampera, dan Sungai Musi di Palembang. Sekaligus sebagai latar foto yang keren.

3. Tugu Iwak Belido

Terdapat spot selfie favorit pengunjung yang bernama Tugu Iwak Belido. Sebuah tugu, atau patung ikan raksasa, berupa ikan khas Sungai Musi yang mulai langka.

Ikan Belido terkenal sebagai ikan yang sangat enak, sekaligus sebagai bahan baku untuk membuat kuliner khas Palembang, yaitu Pempek.

4. Resto Terapung

wisata kuliner di resto terapung
wisata kuliner di resto terapung. 

Tutuplah aktivitas wisata anda bersama keluarga tercinta dengan mencoba masakan di sebuah resto terapung di Sungai Musi. Soal rasa, jangan dipertanyakan lagi. Karena masakan Palembang sudah sangat terkenal memiliki citarasa yang sangat tinggi.


Tinggalkan komentar