Taman Kambang Iwak, Kebangaan Warga Kota Palembang

Taman Kambang Iwak, adalah taman indah nan rindang di tengah kota Palembang. Saat awal pembangunan, dengan perintah resident saat itu, kawasan Talang semut sengaja ditanami banyak pohon besar dengan niat untuk menyaingi Bandung, sebagai kota taman.


Taman Kambang Iwak Palembang, meneriba berbagai penghargaan sebagai taman terbaik
Taman Kambang Iwak. Image via: jumanto.com

Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Taman yang awalnya dibangun untuk orang Belanda sebagai tempat olahraga ini, memiliki danau di bagian tengahnya. Selain berfungsi sebagai penghias taman, danau buatan ini juga memiliki fungsi praktis sebagai tempat menampung luapan air hujan, sehingga mampu menangkal banjir.

Secara harfiah, nama Kambang Iwak berasal dari bahasa lokal yang dapat diartikan sebagai kolam ikan. Menjadikan danau sebagai kolam ikan menambah fungsi danau dari sebatas tempat menampung air menjadi danau berhias. Hal ini sejalan dengan kesadaran untuk terus melestarikan dan menjaga kebersihan danau.

Tiap akhir pekan, Taman Kambang Iwak diramaikan oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa hadir di taman ini. Mereka berasal dari berbagai komunitas, seperti musik, sepatu roda, skateboard, sepeda, hingga komunitas tari dan teater.

Taman Kambang Iwak juga kerap diramaikan bagi mereka yang ingin lari mengelilingi danau atau sekadar berolahraga di setiap pagi maupun pada petang hari.

Jalan Santai di jogging track Taman Kambang Iwak
Jalan Jalan Santai. Image via: indonesiakaya.com

Simak: Ragam Pilihan tempat wisata di Palembang.

Lokasi Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak berlokasi di antara Jalan Tasik dan Jalan Sutomo, Kota Palembang.

Akses Menuju Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Terdapat sejumlah rute angkutan kota dan bus mahasiswa yang diwajibkan melintas di pinggiran Kambang Iwak. Sebut saja rute angkot kota Ampera-pasar KM 5, kota Ampera-Bukit Besar, Kota Ampera-Perumnas serta Bus Mahasiswa Kota-Kampus Universitas Sriwijaya.

Apabila pengunjung ingin menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan merdeka. Lanjutkan perjalanan sampai ketemu dengan jalan Tasik. Jika bingung bisa menggunakan aplikasi GPS di HP. Karena lokasi yang di perkotaan, rute rekomendasi dari Aplikasi GPS bisa diandalkan.

Jam Buka Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak Park merupakan taman terbuka, tidak ada pintu gerbang. Sehingga taman ini bisa diakses selama 24 jam. Pengunjung bisa datang kapan saja ke  taman ini, dari pagi, siang, sore, hingga malam hari.

Yang penting selalu jaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.

jembatan danau Taman Kambang Iwak sepanjang 200 meter
Jembatan danau. Image via: indonesiakaya.com

Tiket Taman Kambang Iwak

Biaya tiket masuk Kambang Iwak gratis, setiap  orang bebas menikmati wisata alam di pusat kota Palembang ini.

Namun, untuk pengunjung yang  membawa kendaraan pribadi, ada biaya parkir yang harus kalian bayar.

Fasilitas di Taman Kambang Iwak

Pemerintah kota Palembang sebagai pengelola taman tengah kota ini, menyiapkan beberapa fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas itu meliputi: Mushola, lokasi untuk parkir kendaraan, toilet, Area WiFi, tempat makan, Jogging track, arena bermain untuk anak-anak, kran air siap minum, dan beberapa bangku taman di tepi kolam.

Aktivitas Menarik di Taman Kambang Iwak

  1. Olah raga

Senam rame rame di Taman Kambang Iwak diselenggarakan setiap minggu Pagi
Senam rame-rame. Image via: fazimind

Baca juga: Kebun bibit Wonorejo.

Kalau Jakarta punya Cibubur dan Gelora Bung Karno sebagai tempat untuk rekreasi dan olahraga pagi, maka Palembang punya Kambang Iwak. Di Palembang, Kambang Iwak merupakan tempat favorit bagi yang mau berolahraga pagi sembari rekreasi, tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

Sebagai tempat olahraga dan rekreasi, setiap Minggu pagi taman Kamban Iwak sellau ramai. Taman yang berlokasi di depan rumah dinas walikota Palembang ini selalu diisi dengan senam sehat bersama. Kegiatan senam reguler ini diinisiasi dan disponsori oleh Yayasan Jantung Sehat.

Senam bersama ini biasanya dipandu oleh intstruktur yang cukup ahli di bidang senam. Ikut beramai-ramai senam di Taman Kambang Iwak bukan hanya sehat badan, tapi juga segar jiwa. Pengunjung kadang dibuat terhibur, tertawa lepas dengan aksi kocak instruktur yang sesekali mengeluarkan gerakan aneh.

Club BMX berlatih di Taman Kambang Iwak, meramaikan aktifitas olah raga
Club BMX. Image via: indonesiakaya.com

Untuk yang  tidak ingin ikut senam bisa juga jogging santai. Maupun sekadar jalan pagi sambil menikmati sejuknya udara di sekitar Kambang Iwak.Di sini ada jogging track, juga kolam dengan luas sekitar 750 meter. Pohon-pohon besar yang menghiasi sepanjang jogging track, merupakan magnet bagi pengunjung.

Jika tidak suka senam, atau malas jogging, pengunjung dapat bermain badminton, sepatu roda, atau sepeda BMX Free Style.

Posisi taman Kambang Iwak yang strategis, berada persis di depan rumah dinas walikota Palembang ini mungkin jadi salah satu daya tarik. Sehingga setiap hari selalu ramai dikunjungi, apalagi hari Minggu.

  1. Cantik ketika malam

Air MAncur Taman Kamban Iwak ketika mala hari berhias tata cahaya
Air Mancur romantis. Image via: tiket.com

Simak Juga: Air Mancur Sri Baduga

Hal tidak kalah penting untuk diketahui pengunjung, dengan segala kelebihan yang dimiliki taman ini telah mendapat penghargaan. Kawasan Talang Semut dan Taman Kambang Iwak sempat dijadikan salah satu objek penilaian bidang pertamanan. Penilaian itu akhirnya menghantarkan Kota Palembang mendapatkan penghargaan Asean Environment Sustainable City 2008, sebagai Kota Terbersih se-Asean.

Taman Kambang Iwak juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai “Taman Kota Terbaik se-Indonesia, atas nama Kambang Iwak (KI Family Park)”

Suasana kambang Iwak berubah ketika malam. Dari kondisi sejuk ketika siang, berubah menjadi indah ketika malam. Bila malam datang, taman ini pun masih ramai dikunjungi wisatawan, karena begitu gemerlap dengan lampu-lampu hias yang mengelilingi hampir setiap sudut taman.

Air mancur yang terletak di tengah danau, ketika diberikan cahaya lampu tampak sangat berbeda. Penataan cahaya yang apik membuat air mancur itu terlihat begitu indah.

Ditambah lagi, lampu-lampu yang menghiasi disudut-sudut ranting pohon, membuat suasana di Kambang Iwak semakin enak,  syahdu, dan romantis.

  1. Spot Foto

Jogging tradk Taman kambang iwak laris diguankan sebagai latar foto
Ini Palembang, bukan Korea. Image via: @hilmansaaputra

Bagus tidaknya foto tergantung kreasi pengunjung saat mengambil gambar. Di Taman Kambang Iwak Palembang ini, Pengunjung banyak mengambil foto di area trek jogging. Back ground foto menggunakan fasilitas ini disukai karena trek jogging ini memiliki lantai yang bersih, background danau dan jalan raya, ditambah pepohonan rindang.

Ada juga pengunjung yang memilih spot foto di jembatan yang ada di tengah danau. Yang jelas, mau diambil di manapun, tetap indah.

Bagi pengunjung yang datang ke Taman Kambang Iwak, pastikan menyiapkan kamera terbaik. Jangan lewatkan untuk foto-foto guna membuktikan kalau pernah mengunjungi taman indah ini.

  1. Danau Taman Kambang Iwak

DAnau Taman Kambang Iwak
Danau Taman. Image via: tribunnews.com

Di dalam kawasan Taman Kambang Iwak, terdapat danau yang cukup luas. Pada bantaran danau di Taman Kambang Iwak banyak dijumpai tumbuhan tembesi dan pepohon rindang lainnya. Dari atas pohon kerap terdengar kicauan burung yang membuat suasana menjadi teduh dan asri.

Sementara di bagian tengah danau melintang jembatan yang memiliki panjang sekitar 200 meter. Jembatan tersebut membelah danau, menghubungkan Jalan Tasik dan Jalan Sutomo yang berada di 2 sisi berseberangan danau.

Di tengah danau dipasang fasilitas air mancur. Pada malam hari, Taman Kambang Iwak menawarkan pemandangan indah dengan center pada keberadaan air pancur di tengah danau ini. Dipercantil dengan sorotan lampu membuat air pancur tersebut terlihat lebih eksotis.

Walau air mancur tidak bisa menari mengikuti irama musik, seperti halnya di Taman Sri Baduga, namun dengan tata cahaya yang indah tidak kurang dasyat suasana romantis yang dihasilkan.

Suasana romantis saat malam di taman Kambang Iwak
Malam di Taman. Image via: tribunnews.com

Tips Mengunjungi Taman Kambang Iwak

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berwisata ke Taman Kambang Iwak.

  • Waktu yang tepat untuk menuju ke taman tersebut adalah pagi dan sore hari. Karena saat itu adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Selain itu di waktu tersebut juga cuaca sangat nyaman untuk menikmati suasana taman yang sejuk dan asri.
  • Jangan pernah mencoba untuk mengambil ikan yang berada di dalam kolam karena dapat dihukum 3 tahun penjara atau denda Rp 5.000.000.
  • Setiap pengunjung yang berada di kawasan wisata Kambang Iwak harus ikut menjaga kebersihan di tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Bagi pengunjung yang datang ke lokasi wisata Kambang Iwak pada hari minggu pagi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitas senam bersama.
aktifitas anak di hari minggu pagi di taman kambang iwak
Aktivitas anak. Image via: medcom.id

Objek Wisata Dekat Taman Kambang Iwak

Setelah puas keliling berlama-lama di Taman Kambang Iwak dan masih ada hari yang tersisa, dari pada langsung tidur di hotel lebih baik melanjutkan perjalanan wisata ke tempat wisata di palembang lainnya yang dekat dengan Taman.

Untuk yang memang tertarik dengan wisata bernuansa kebudayaan dan sejarah, pilihan tersedia dengan mengunjungi Museum Balaputradewa yang berjarak 7 km. Atau bisa juga mengunjungi Baba Ong Boen Tjit House yang berjarak 7 km. Pilihan terdekat adalah Benteng Kuto Besak yang berjarak sekitar 1.5 km. Dan tentu saja yang harus dipastikan tidak terlewat adalah melewati senja di Jembatan Ampera, yang berjarak 8 km.

Bagi yang berkeinginan wisata religi, dapat melakukan kunjungan ke Alquran Raksasa di Pesantren IGM Al Ihsaniyah yang berjarak 8 Km. Atau bisa juga ke Mesjid Agung Palembang yang berjarak kurang dari 2 km.

Ya, seperti itulah kira-kira informasi seputar keindahan Taman Kambang Iwak Palembang, Lokasi, Kumpulan Foto dan aktivitas menarik di sana. Semoga saja dapat dijadikan referensi wisata ketika berlibur. Jika dirasa artikel ini memberikan manfaat bagi sobat, maka tidak salah jika membaca artikel lain di situs nativeindonesia.com. Seputar objek wisata, wisata kuliner serta daftar hotel di berbagai daerah, terimakasih.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment