Taman Kambang Iwak, Taman Indah Di Tengah Kota Palembang

Taman Kambang Iwak atau biasa juga disebut Ki Park merupakan taman kota yang berada di Palembang, dan menjadi tempat favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau komunitas lainnya.

Taman ini bisa dibilang termasuk taman yang legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1900-an yakni sejak Kolonial Belanda masih menguasai Indonesia.

Dan pada waktu itu berfungsi sebagai tempat untuk berolahraga orang-orang Belanda. Namun sekarang taman ini dapat dikunjungi oleh siapa saja.

landmark taman kambang iwak
landmark taman kambang iwak. google maps. sumber: yc4hrd Hariyadi, SE, MM

Simak: Ragam Pilihan tempat wisata di Palembang.

Kehadiran Taman Kambang Iwak di tengah Kota Palembang membuatnya menjadi pelepas dahaga di tengah riuh dan penatnya aktivitas sehari-hari.

Sehingga taman ini tak pernah sepi dari pengunjung sekalipun corona sedang melanda Indonesia saat ini.

Tapi para pengunjung tetap wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah dalam upaya mencegahan penyebaran Covid-19.

Berikut lokasi dan deskripsi mengenai Taman Kambang Iwak:

Lokasi dan Alamat Taman Kambang Iwak

Lokasi dan alamat Taman Kambang Iwak berada di Jl. Tasik, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Rute menuju Taman Kambang Iwak

Rute menuju Taman Kambang Iwak dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota, selain itu lokasinya berada dekat jalan raya sehingga mudah ditemukan.

Terdapat sejumlah rute angkutan kota yang melintasi Taman Kambang Iwak, yakni jurusan kota Ampera-pasar KM 5, kota Ampera-Bukit Besar, Kota Ampera-Perumnas serta Bus Mahasiswa Kota-Kampus Universitas Sriwijaya.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat melajukan kendaraan menuju Jl. Merdeka kemudian tibalah kamu di Jalan Tasik.

Jam Operasional Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak merupakan fasilitas umum, sehingga tidak ada batasan waktu khusus mengenai jam bukanya.

Taman ini terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

air mancur di tengah danau
air mancur di tengah danau. google maps. sumber: ryeon hwa

Tiket Masuk Taman Kambang Iwak

Begitupun dengan tiket masuk taman, kamu ngga perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk Taman Kambang Iwak.

Fasilitas Taman Kambang Iwak

Fasilitas yang ada di lokasi Taman Kambang Iwak diantaranya:

  • Area bermain anak
  • Tempat untuk duduk-duduk santai
  • Kran air yang dapat diminum langsung
  • Akses wifi gratis
  • Toilet umum
  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Gazebo
tersedia gazebo
tersedia gazebo. google maps. sumber: Grant Gloria

Ragam Kegiatan Di Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak berasal dari bahasa lokal setempat yang berarti Kolam Ikan, karena memang danau yang ada di tengah taman ini difungsikan pula menjadi kolam ikan.

Namun ikan-ikan yang ada terlarang untuk diambil, jika melanggar akan dikenai sanksi berupa membayar denda.

Awalnya danau tersebut hanya berfungsi sebagai pemanis area taman dan tempat untuk menampung air hujan yang turun. Dan sekarang danau tersebut dipercantik dengan dibuatnya air mancur yang akan menyala jika malam tiba.

Taman ini banyak dikunjungi baik di pagi maupun sore hari, dan disini kamu dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini:

1. Bersantai dan Menikmati Keindahan Taman

bersantai menikmati alam
bersantai menikmati alam. google maps. sumber: MUHAMMAD MIRZA JUANDA PUTRA

Baca juga: Kebun bibit Wonorejo.

Banyak pengunjung yang datang mengunjungi Taman Kambang Iwak untuk bersantai dan menikmati keindahan taman dengan rindangnya pepohonan yang ada.

Sehingga memberikan udara yang segar dan dapat beristirahat sejenak dari kesibukan yang dilakukan sehari-hari.

Dengan kesejukan dan keindahannya Taman Kambang Iwak sempat mendapatkan penghargaan seagai Taman Kota Terbaik Se-Indonesia.

Suasana akan terasa berbeda jika kamu datang di malam hari, dimana kondisi taman yang tampak gemerlap dihiasi lampu-lampu taman yang mengelilingi di setiap sudutnya.

Di tengah-tengah taman terdapat sebuah danau yang cukup luas, kamu dapat berjalan melintasi jembatan besi yang berada di atasnya.

Jika kamu datang di hari Minggu, keadaan akan semakin seru karena menjadi lokasi Car Free Day dan biasanya banyak dijumpai para pedagang.

taman kambang iwak di hari minggu
taman kambang iwak di hari minggu. google maps. sumber: Widyastuti Akhmadan

2. Berolahraga

Kegiatan lain yang biasa dilakukan pengunjung di Taman Kambang Iwak ialah berolahraga, di sekitar area taman terdapat jogging track yang biasa dilakukan untuk berlari ataupun hanya berjalan mengelilingi taman.

Banyak pula anak-anak yang bersepeda di sekitar taman, serta pengunjung lain yang sedang bermain badminton.

Setelah berolahraga pastinya kamu akan merasa kehausan, ngga perlu susah-susah mencari air untuk minum.

Karena di Taman Kambang Iwak telah tersedia kran air yang dapat diminum secara langsung tanpa proses perebusan terlebih dahulu.

3. Menghabiskan Waktu Bersama

tempat melakukan beragam kegiatan
tempat melakukan beragam kegiatan. google maps. sumber: hendra perdana

Simak Juga: Air Mancur Sri Baduga

Jika weekend atau hari libur, Taman Kambang Iwak akan lebih ramai dikunjungi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.

Taman ini sangat cocok untuk siapa saja, semua anggota keluarga dapat melakukan kegiatan yang disenangi di Ki Park ini.

Anak-anak dapat bermain di area yang ada, dimana sudah dilengkapi dengan bermacam wahana permainan yang pastinya seru banget.

Ayah bunda dapat berolahraga sambil bersantai di sekitar taman, dan kakak dapat mengerjakan tugas dengan menggunakan fasilitas wifi gratis yang ada di area taman.

4. Hunting Foto Terbaik

hunting spot foto cantik
hunting spot foto cantik. google maps. sumber: Cerita Esta

Dengan pernah dinobatkan sebagai taman terbaik seIndonesia, pastilah memiliki spot-spot foto yang kece parah dan wajib kamu manfaatkan.

Dan tentu saja semua spot foto yang ada sangat instagramable banget dan layak untuk kamu posting diberbagai media sosial yang kamu miliki.

Penutup

Demikian ulasan kami mengenai Taman Kambang Iwak yang ada di kota Palembang, semoga informasi yang kami beri dapat berguna untuk anda.

Dan selalu “Ingat Pesan Ibu”, ya!


Tinggalkan komentar