Kebun Bibit Wonorejo, Obrolan Soal 11 Daya Tarik Wisatanya

Meskipun namanya kebun bibit, namun kawasan ini rasanya lebih cocok disebut sebagai taman. Kawasan Kebun Bibit Wonorejo ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Taman Aktif dan Taman Pasif yang total keduanya mempunyai luas sebesar 5.9 hektare.


kebun bibit wonorejo, lokasi rindang dan sejuk di tengah Metropolit Surabaya
Kebun Bibit Wonorejo. Image via: reresepan.com

Cuaca panas yang bikin gerah memang paling enak didinginkan dengan berkunjung ke tempat adem. Selain mall, taman kota di Surabaya seperti  Kebun Bibit Wonorejo ini juga pilihan yang tepat.  Pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk. Hal ini karena banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi.

Ada area tempat duduk yang nyaman untuk istirahat. Di sudut lain, ada area khusus yang digunakan untuk melakukan penanaman dan merawat tanaman agar tumbuh dengan baik. Jika ingin tahu informasi mengenai tanaman tersebut, Teman Traveler bisa langsung bertanya kepada para petugas yang ramah dan bersahabat.

Sebagai taman kota, Kebun Bibit Wonorejo ini terbilang cukup lengkap fasilitasnya. Sehingga sangat wajar bila lokasi ini akhirnya menjadi jujukan warga Kota Surabaya untuk rekreasi, olahraga maupun sekedar berfoto-foto cantik.

Kebun Bibit Wonorejo ini biasanya ramai di kunjungi pada pagi hingga siang hari. Karena memang hawanya yang masih cukup segar dan bersih.

piknik keluarga sambil memancing di kebun bibit Wonorejo.
Piknik rame rame. Image via: hipwee.com

Simak juga: rekomendasi tempat indah di sekitar Surabaya.

Lokasi Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo Kota Surabaya terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Kendal Sari Blok RK No.70 Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Rute Menuju Kebun Bibit Wonorejo

Rute yang bisa dilalui melalui terminal bungurasih menuju ke Taman Flora. Kemudian putar balik ke jalan manyar menuju kearah selatan. Setelah melewati sebuah jembatan arahkan kendaraan belok kiri menuju ke Jalan Panjang Jiwo. Kemudian, lurus terus menyusuri Kali Jagir sampai bertemu ke jalan sukarno. Setelah itu belok ke kanan.

Jika, melewati sungai belok ke kiri, ke arah jalan baruk utara XI, arahkan kendaraan menuju ke jalan kendalsari, Jalan lurus kurang lebih 3 menit. Sobat Native bisa melihat pintu masuk kebun buah wonorejo.

Bila ingin menggunakan transportasi umum. Disarankan untuk menggunakan kereta api dan turun di stasiun wonokromo. Kemudian, bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek yang akan mengantarkan sobat native ke tempat tujuan.

pekerja pembibitan kebun bibit wonorejo menyiapkan bibit untuk seluruh taman di kota surabaya
Pekerja Pembibitan. Image via: kelanakota.suarasurabaya.net

Jam Buka Kebun Bibit Wonorejo

Kebun bibit wonorejo buka pada pukul 06.00 pagi dan ditutup pada pukul 18.00 sore.

Tiket Kebun Bibit Wonorejo

Pemerintah kota Surabaya, meniatkan taman ini menjadi salah satu ruang terbuka hijau kota. Karena itu tiket masuk Kebun Bibit Wonorejo gratis.

Daya Tarik Kebun Bibit Wonorejo

Ada beragam kenyamanan yang ditawarkan kebun bibit Wonorejo kepada pengujung yang datang. Mulai dari suasana yang nyaman, sejuk dan rindang, sampai kepada fasilitas wisata yang lengkap. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki kebun bibit imut ini.

  1. Mini Zoo

Meskipun namanya kebun, namun kawasan ini juga mempunyai mini zoo yang berupa 3 kandang hewan. Hewan yang ada di mini zoo ini adalah jenis rusa, aneka burung serta angsa. Area ini merupakan area favorit anak-anak yang ingin mengenal binatang dengan lebih dekat.

mini Zoo kebun bibit wonorejo memiliki koleksi rusa dan beberapa jenis burung
Rusa di Mini Zoo. Image via: @mkevin1705

Pengunjung yang mengajak anak-anak umumnya senang memberi makan hewan rusa ini dengan potongan rumput yang telah di sediakan oleh staff Kebun Bibit Wonorejo. Jika mau rasakan sensasi memberi mereka makan dengan buah, cukup membeli pakan dengan harga Rp5.000.

Untuk kandang burung, berwujud  berupa sangkar besar yang berisikan burung peliharaan, seperti Jalak, kutilang dan lain sebagainya.

  1. Playgound Anak

Sesuai dengan namanya, kawasan ini adalah milik anak-anak. Hampir semua permainan anak ada di sini. Mulai ayunan, jungkat-jungkit, prosotan, panjat tebing mini dan lain sebagainya.

Karena banyaknya anak-anak yang mengunjungi Kebun Bibit 2 ini, maka Pemkot berinisiatif membangun hingga 3 kawasan Playground anak di taman ini.

play ground kebun bibit wonorejo. Pusat bermain anak anak di luar ruangan.
Playground. Image via: surabayakerenlo

Bisa di Cek: wisata Surabaya rasa Luar Negeri.

  1. Taman Bunga

Taman bunga ini berada di sebelah timur dari Kebun Bibit Wonorejo. Selain berisikan banyak aneka ragam bunga, tempat ini bisa menjadi tempat istirahat setelah berjalan-jalan di kebun bibit ini.

Lokasi taman bunga ini juga di lengkapi dengan terapi kaki yang di buat dari batu-batu kecil, yang sangat cocok untuk menyehatkan kaki.

  1. Camping Ground

Lokasi ini berada tepat di sisi danau. Lokasi ini merupakan lokasi untuk pengunjung yang akan melakukan kegiatan berkemah di Kebun Bibit Wonorejo.

Camping Ground Kebun Bibit ini di lengkapi dengan lahan yang cukup lapang untuk mendirikan tenda dan tempat khusus untuk membuat api unggun. Untuk bisa menggunakan camping ground ini, pengunjung bisa melakukan registrasi di kantor kebun bibit yang ada di sebelah kanan pintu masuk.

joging track di sekitar danau buatan kebun bibit wonorejo. lokais menyenangkan untuk olah raga santai
Joging track sekitar danau. Image via: surabayakerenlo
  1. Pembibitan Tanaman

Pembibitan Tanaman ini adalah fungsi asli dari berdirinya Kebun Bibit Wonorejo ini. Dari lokasi inilah kemudian semua tanaman yang ada di taman-taman Kota Surabaya ini berasal.

Di lokasi ini terdapat petak-petak bibit tanaman yang di semai dan siap untuk di tanam di seluruh pelosok Kota Surabaya.

  1. Broadband Learning Centre

BLC merupakan tempat pembelajaran komputer dan internet secara GRATIS. Para pengunjung bebas untuk belajar di lokasi ini dengan di dampingi instruktur yang berpengalaman di bidangnya.

Pelatihan ini berlaku bagi anak-anak hingga lansia. Semua pengunjung yang datang bisa belajar di sini.

  1. Outdoor Gym Area

Sesuai dengan namanya, area ini berisikan beberapa peralatan untuk melakukan olahraga. Peralatan yang di dominasi warna kuning ini sangat di sukai oleh para pengunjung.

Saking ramai para pengunjung harus rela antri untuk mencoba berolahraga dengan alat ini.

suasana rindang dan sejuk penuh pepohonan hijau di Kebun Bibit Wonorejo
Suasana rindang dan sejuk. Image via: sohibunnisa.com
  1. Danau

Danau yang berada di tengah-tengah Kebun Bibit Wonorejo ini merupakan lokasi paling favorit bagi para pengunjung. Di sekeliling danau ini terdapat jogging track yang bisa di gunakan untuk berlari ataupun berjalan santai mengitari danau ini.

Bagi yang suka foto selfie, danau ini punya 2 buah dermaga beton yang bisa di gunakan untuk berfoto-foto. Biasanya lokasi danau ini menjadi lokasi pilihan untuk pemotretan foto pre-wedding. Atau hanya duduk dan menikmati sejuknya suasana di bawah pohon yang rindang nan teduh

  1. Sentra Kuliner

Setelah seharian berkunjung di Kebun Bibit Wonorejo, tentunya anda akan lapar dan haus. Nah, untuk menghilangkan rasa dahaga dan lapar ada baiknya berkunjung di Sentra Kuliner yang ada di sebelah barat kebun bibit ini. Beragam makanan dan minuman siap untuk mengisi perut yang keroncongan agar kembali bertenaga lagi.

Kebun Bibit Wonorejo menyediakan sentra kuliner yang siap menggoda lidah. Menu makanan pun beragam, mulai dari makanan tradisional rujak cingur, sampai dengan camilan kekinian. Masalah harga pun jangan khawatir, tidak bikin kantong jebol. Pengunjung bisa menikmati kuliner mulai dari Rp 5.000 saja.

sentra kuliner kebun bibit wonorejo. lokasi melepas lelah dan dahaga setelah seharian berwisata
Sentra kuliner. Image via: surabaya-bagus
  1. Air Langsung Minum

Bila haus melanda, jangan khawatir, Kebun Bibit Wonorejo telah menyediakan air langsung minum yang bisa di gunakan oleh para pengunjung secara gratis. Airnya langsung terasa segar.

  1. Pengolahan Sampah

Unit pengolahan sampah ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kebun Bibit Wonorejo ini. Unit pengolahan sampah ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Jepang. Di tempat inilah, hasil pemotongan pohon-pohon yang di lakukan oleh Pemkot Surabaya di olah untuk menjadi pupuk

Tips Mengunjungi Kebun Bibit Wonorejo

Saat mengunjungi kebun bibit Wonorejo, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Hal ini memang terlihat kecil namun akan sangat mengganggu jika sampai terlupakan.

  • gunakan sendal atau sepatu yang nyaman.
  • bawa kamera dan baterai cadangan. Atau minimal power bank yang terisi penuh.
  • pake baju yang kece.
  • cari spot photo yang pas untuk hasil photo yang keren.
  • patuhi peraturan yang ada termasuk soal kebersihan.
camping ground kebun bibit wonorejo. lokasi ideal untuk camping rekreasi keluara atau anak sekolah dasar.
Camping Ground. Image via: gatmedia.id

Objek Wisata Dekat Kebun Bibit Wonorejo

Berwisata di tempat yang teduh memang menyegarkan badan dan jiwa. Pikiran penat jadi terasa fresh kembali. Untuk itu, jika pengunjung masih ingin menikmati wisata teduh lain di sekitar Surabaya, bisa memilih Taman Bungkul. Taman yang terletak dipusat kota Surabaya ini seakan menjadi icon kota Surabaya. Walau taman tidak terlalu besar, namun arena dikelola dengan baik, menjadi sangat indah. Taman bungkul berjarak hanya 7 km dari kebun bibit wonorejo.

Pilihan lain ada Taman Flora Bratang. Taman yang berjarak 5 km dari kebun bibit wonorejo, dulunya merupakan tempat pembibitan tanaman juga. Namun kini sudah menjadi tempat rekreasi.  Selain melihat aneka bunga, pengunjung bisa berkunjung ke bagian taman yang berisi rusa. Taman ini cukup banyak didatangi anak-anak karena punya permainan outbound.

Demikian beragam daya tarik yang bisa dinikmati saat berada di Kebun Bibit Wonorejo ini. Jadi sudah bisa disimpulkan bahwa, surabaya selain memperhatikan kepentingan ekonomi juga kota yang memperhatikan kebutuhan jiwa penghuni nya. Yang dipenuhi melalui pembangunan taman yang indah di daerah kota.

 

 

Kebun Bibit Wonorejo, Obrolan Soal 11 Daya Tarik Wisatanya
4 (80%) 1 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment