Kebun Bibit Wonorejo, Berjuta Kejutan Di Balik Namanya

Kebun Bibit Wonorejo bagi mereka yang belum tahu, kemungkinan besar hanya membayangkan sebuah kebun bibit saja, dan cenderung menjenuhkan.

Kebun Bibit Wonorejo bukan hanya sekedar tentang pembibitan saja, namun banyak hal lain yang menjadikannya sebagai wisata Surabaya yang layak untuk dikunjungi.

Salah-satu alasannya adalah meskipun berstatus sebagai Taman Kota, namun di kawasan Kebun Bibit Wonorejo nyaris tidak terdengar suara-suara kendaraan. Sehingga menjadikannya tempat yang nyaman untuk santai, baik sendiri, maupun bersama keluarga.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Kebun Bibit Wonorejo memiliki beragam fasilitas lainnya yang akan menambah keseruan saat berada di area tersebut, bahkan bernilai edukatif.

Dan inilah deskripsi Kebun Bibit Wonorejo yang sudah ami sipakna untuk anda, sebagai referensi awal menetukan tempat wisata di Surabaya, terutama saat liburan tiba, dan saat masa PPKM telah berakhir.

taman yang cantik
taman yang cantik. google maps. sumber: padi engineer

Simak juga: rekomendasi tempat indah di sekitar Surabaya.

Lokasi dan Alamat Kebun Bibit Wonorejo

Lokasi Kebun Bibit Wonorejo terletak di Provinsi Jawa Timur. Adapun alamat Kebun Bibit Wonorejo berada di Kendal sari Blok RK No. 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Rute Menuju Kebun Bibit Wonorejo

Salah-satu daya tarik Kebun Bibit Wonorejo adalah bisa diakses oleh kendaraan jenis roda dua, roda empat, kendaraan pribadi, maupun jenis kendaraan umum.

Bahkan, jika anda memilih opsi menggunakan kendaraan umu, anda bisa turun di stasiun Wonokromo. Jarak dari Stasiun Wonokromo ke Kebun Bibit Wonorejo hanya sekitar 7 kilometer.

Adapun waktu tempuh dari Stasiun Wonokromo ke Kebun Bibit Wonorejo hanya sekitar 20 menitan saja.

tersedia jogging trek
tersedia jogging trek. google maps. sumber: Karan Ahmad

Harga Tiket Masuk Kebun Bibit Wonorejo

  • Tiket masuk Kebun Bibit Wonorejo gratis,
  • Harga tiket parkir motor Rp. 3.000.

Jam Buka Kebun Bibit Wonorejo

Dalam kondisi normal, Kebun Bibit Wonorejo buka dari pukul 08.00 – 18.00, setiap hari. Bahkan untuk area campingnya, Kebun Bibit Wonorejo buka selama 24 jam.

Hanya saja, dengan kebijakan PPKM, hampir semua tempat wisata yang ada di Indonesia, khususnya wilayah Jawa, dan Bali, harus tutup sementara.

wahana bermain untuk anak
wahana bermain untuk anak. google maps. sumber: padi engineer

Fasilitas Di Kebun Bibit Wonorejo

Fasilitas di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata. Di antaranya:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Sistem prokes,
  • Camping area,
  • Wahana permainan anak,
  • Trek olah raga,
  • Spot kuliner,
  • Dan area taman.
berolahraga seru
berolahraga seru. google maps. sumber: Norman Marantika

Penginapan Di Kebun Bibit Wonorejo

Sebetulnya, banyak penginapan dekat dengan Kebun Bibit Wonorejo. Namun, para pengunjung yang ingin menginap, biasanya memilih untuk melakukan aktivitas camping.

Bisa di Cek: wisata Surabaya rasa Luar Negeri.

Daya Tarik Kebun Bibit Wonorejo

1. Dua Danau

bersantai di tepi danau
bersantai di tepi danau. google maps. sumber: Achamad Muchayyin

Jika dilihat secara seksama, daya tarik utama dari Kebun Bibit Wonorejo adalah keberadaan 2 danaunya. Danau yang satu merupakan danau yang besar, dan satu lagi danau yang kecil.

Danau tersebut kemudian dikelilingi oleh sebuah taman yang sangat besar, yang tertata dengan baik, dan dilengkapi dengan fasilitas yang membuat nyaman para pengunjung. Seperti:

  • Treking olah raga,
  • Wahana bermain anak,
  • Taman bunga,
  • Area pohon-pohon besar.

Semuanya seakan menjadi ornamen kesempurnaan bagi ke dua danau tersebut. Soal kebutuhan spot selfie, banyak juga latar yang layak dijadikan konten media sosial anda loh…

Oh iya, Kebun Bibit Wonorejo memiliki luas sekitar 5,9 ha. Serta di kawasan tersebut sangat sepi, nyaman, tenang, bahkan suara kendaraan nyaris tidak terdengar.

2. Kebun Binatang, Dan Kebun Pembibitan

Daya tarik selanjutnya dari Kebun Bibit Wonorejo adalah keberadaan kebun binatangnya. Meskipun kebun binatang yang kecil, dan hanya ada rusa, sertaburung saja, namun mampu menjadi sebuah harmoni keindahan, terutama suara burung-burungnya.

Selain itu, kebun pembibitan di Kebun Bibit Wonorejo bisa dibilang sebagai pusat pembibitan bagi taman-taman lain yang ada di Surabaya.

3. Area Camping

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Norman Marantika

Area camping di Kebun Bibit Wonorejo sangat nyaman sekali. Lokasinya berada di atas rerumputan, dan dekat dengan danau yang besar.

Dimana kamu akan menikmati malam dengan keadaan yang sangat sunyi, hanya terdengar suara alam yang akan menemanimu sepanjang malam.

Tetapi perlu diingat terutama untuk area camping Kebun Bibit Wonorejo tutup pada saat PPKM ini sedang berlangsung.


Tinggalkan komentar