Kenjeran Park: Taman Wisata Modern Surabaya yang Hits

0

Ada yang pernah pergi ke Surabaya? Kota metropolitan terbesar ke 2 setelah Jakarta itu mulai berbenah di bidang pariwisata. Dahulu, saat saya pertama kali pergi ke Surabaya, saya bingung apa yang harus saya kunjungi di kota Pahlawan ini. Apakah hanya museum kapal pesiar yang berada di dekat Stasiun Gubeng saja. Karena, Surabaya memang kurang ramah untuk sebuah kawasan wisata.

Tetapi, persepsi itu berubah seketika. Surabaya tidak hanya mempunyai Jembatan Suramadu yang konon katanya saat malam hari jembatan yang menghubungkan pulau jawa dengan pulau Madura ini menampakkan keindahannya yang tidak akan terlihat saat siang hari. Nah, kawasan yang saat ini sedang diperbincangkan banyak orang tersebut adalah Kenjeran Park.

dago dream park
dago dream park info
Kenjeran Gate
Image via: instagram.com/rendyirawadi/

Adakah yang tahu apa itu Kenjeran Park? Sebuah kawasan wisata yang dahulu sangat kumuh dan sangat tidak layak digunakan sebagai tempat wisata. Karena, kawasan Kenjeran yang dikenal sepi dan menurut berita yang telah beredar. Pernah ada korban pembunuhan. Kalau siang, kawasan ini dibuat untuk pacaran anak-anak muda.

Sekarang, semua tampilan itu telah berubah. Kenjeran Park yang sekarang bukanlah kejeran park yang dahulu. Kawasan ini lebih tertata rapi dan lebih indah. Bahkan kedepannya, Kenjeran Park akan dijadikan sebagai Uiversal Studionya Indonesia. Masih tidak percaya? Yuk simak, penelusurannya dibawah ini.

Rute, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

Alamat tempat wisata ini berada di Jl. Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Kawasan wisata ini dekat dengan jembatan Suramadu. Ada dua pilihan yang bisa dipilih oleh Sobat Native yaitu menggunakan Transportasi Pribadi atau juga dengan Transportasi umum.

Bila, menggunakan transportasi pribadi. Arahkan kendaraan Sobat Natïve menuju ke wilayah jembatan Suiramadu. Di sepanjang jalan, Sobat Native akan menemukan papan petunjuk yang akan memandu Sobat Native menuju ke tempat wisata ini.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Mengajak Anda Bertualang

Jika, menggunakan transportasi umum. Sobat Native bisa menggunakan sarana kereta api dan turun di Stasiun Surabaya Pasar Turi atau Surabaya Gubeng. Jika, turun di Stasiun Pasar Turi gunakan angkot Lyn C jurusan Demak- karang menjangan. Kemudian, lanjutkan perjalanan menggunakan angkot Lyn O jurusan Jembatan merah – keputih Sampai di keputih ganti angkot Lyn S Jurusan Joyoboyo – Bratang – Kenjeran.

Jika, menggunakan Transportasi umum Bus, Sobat Native bisa turun di Terminal Bungurasih. Dari sini Sobat Native bisa naik bus jurusan Joyoboyo.. Dari terminal Joyoboyo naik angot Lyn P jurusan Joyoboyo – Kenjeran. Atau juga bisa menggunakan angkot T2 jurusan Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran. Bila terlalu lama menunggu, bisa menggunakan angkot Lyn S jurusan Joyoboyo – Bratang – Kenjeran.

Lalu, bagaimana bila Sobat Native menggunakan kereta yang turun di stasiun Surabaya Gubeng? Tenang, Sobat Native bisa naik angkot T2 jurusan Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran. Bagaimana mudah bukan?

Berikut Daftar harga tiket masuk kenjeran park:

  1. Kawasan Kenpark : Rp 15.000 (satu motor, dua orang termasuk biaya parkir)
  2. Waterpark : Rp 10.000,- (weekday), Rp 15.000,- (Weekend)
  3. Atlantis land : Rp 125.000,- (Dewasa), Rp 100.000,-(anak-anak)

Untuk harga tiket Atlantis land sudah termasuk dengan voucher makan sebesar 25 ribu rupiah yang bisa Sobat Native pesan di gerai-gerai makanan di kawasan ini.

Kenjeran Atlantis Park
Image via: instagram.com/yuyungabdi/

Apa yang Menarik di Tempat ini?

Dahulu, kawasan ini adalah sebuah pantai yang kumuh. Namun, saat ini kawasan ini dibagi menjadi 2 dimana kenjeran lama dikelola oleh pemerintah dan Kenjeran Baru dikelola oleh pihak swasta yang berupaya menghadirkan universal studio melalui Atlantis Land Kenjeran Park.

Baca Juga :  13 Tempat wisata Di Tegal Terbaik Untuk Mengisi Liburan

Kawasan ini pun diklaim tidak akan kalah dengan Disneyland, Magic Kingdom Lego Land serta themepark dunia yang sudah mempunyai nama dikalangan wisatawan dunia.

Kawasan Pantai Kenjeran pun saat ini sudah lebih baik keadaannya dengan dilakukannya pembersihan yang hampir setiap hari dilakukan demi menjaga keasrian wisata. Ditambah lagi dengan hadirnya perahu-perahu yang bisa dimanfaatkan Sobat Native untuk mengelilingi pantai ini.

Kenjeran Beach
Image via: instagram.com/yudiapk/

Puas menikmati pantai Sobat Native bisa menikmati taman-taman yang sudah dikemas sedemikian rupa untuk kenyamanan Sobat Native. Ada pula spot foto berupa ayunan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan memori masa lalu. Ada pula fasilitas menunggang kuda dengan harga 15 ribu. Untuk satu kali putaran.

Memasuki kawasan Atlantis Land. Sobat Natïve akan dibawa ke sebuah pengalaman menarik yang bisa dijadikan sebagai sebuah spot Foto. Seperti, tempat peribadatan Budha dan Konghucu yaitu Pagoda Tian Ti, Patung Budha Empat Wajah, Klenteng Sanggar Agung dan Patung Dewi Kwan Im.

Dibelakang Klenteng ini terdapat sepasang patung naga yang bisa dijadikan tempat untuk foto dengan pemandangan pantai kenjeran yang sangat memukau. Sobat Native akan dibuat tidak bisa move on dari kawasan ini.

Kenjeran Naga
Image via: instagram.com/syahrirwahyu/

Pagoda Tian Ti menjadi yang paling sering dikunjungi oleh Sobat Native. Bentuknya bundar, memiliki diameter 60 meter dan tinggi sekitar 50 meter dengan tiga tingkat. Sungguh Pagoda ini sangat menarik dan bisa dijadikan sebuah ikon untuk kawasan ini. Menurut cerita, namun pagoda ini sama dengan nama Pagoda yang berada di China. Hanya saja, ukurannya lebih besar daripada aslinya. Sangat menarik untuk dijadikan sebagai sebuah landmark.

Jika, diartikan ke dalam bahasa Indonesia Tian Ti berarti langit-langit. Sobat Native akan merasa berada di kawasan cina bila berada di dekat pagoda ini. Ada pula patung yang menyerupai phra phrom yang berada di Bangkok, Thailand yang berdiri diatas luas lahan sekitar 225meter persegi.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata di Padang Yang Menakjubkan
Kenjeran Patung Budha
Image via: instagram.com/ngetrip.community/

Kemudian, ada Klenteng sanggar Agung yang memiliki arsitektur khas Bali. Kawasan ini sebagai tempat peribadatan umat Buddha, Konghucu, dan juga Tao. Klenteng ini terbuka untuk umum. Jadi, Sobat Native bisa masuk ke dalamnya yang memiliki 4 altar yang begitu mengesankan.

Di depan klenteng terdapat sebuah sangkar burung yang cukup besar dengan beberapa burung kecil. Bagi umat beragama budda, konghucu, dan Tao biasanya melakukan ritual membuang sial di sangkar burung tesebut.

Selain bagunan-bangunan yang menggambarkan keadaan di negeri tirai bambu. Sobat Native pun juga bisa mencicipi kuliner khas negeri yang dikenal dengan hewan panda ini. Dengan harga yang sangat ramah untuk Sobat Native. Untuk rasanya jangan ditanya pasti pas dan cocok di lidah.

Selain itu, ada juga makanan khas Surabaya yang rasanya Surabaya baget. Sobat Native yang berasal dari luar kota wajib untuk menikmati sajian kuliner di kawasan ini. Seperti halnya lontong balap, sate kerang, Kupang Lontong dan masih banyak lagi kuliner khas Surabaya yang disediakan untuk memanjakan lidah Sobat Native yang berkunjung ke sini.

Bagaimana, masih tidak percaya kalau kenjeran park sekarang sebagus ini? Sobat Native, bisa langsung saja datang ke tempat wisata tersebut. Dan, buktikan sendiri perubahan besar yang terjadi di wilayah yang menjadi ikon baru dalam dunia pariwisata Kota Surabaya.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Lokasi
  • Tiket Masuk
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.