Kerak Telor, Makanan Kreasi Chef Pribumi di Zaman Kolonial

Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan dikenal sebagai negara kepulauan terbesar yang ada di dunia.

Hal tersebut mengakibatkan Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman, salah satunya ialah cita rasa makanan yang khas dari setiap daerah.

Ibu Kota Jakarta khususnya Betawi mempunyai makanan yang sangat terkenal, dan banyak diminati oleh berbagai kalangan yakni kerak telor.

Kerak Telor Khas Betawi

Kerak Telor Khas Betawi. Sumber: www.goodnewsfromindonesia.idSaat ini kita dapat menemukan abang-abang penjual kerak telor dengan mudah. Pernahkah kamu berfikir bagaimana asal mula terciptanya kerak telor ini?

Berikut ulasan lengkap mengenai kerak telor, check this out!

Sejarah Kerak Telor

Kerak telor tercipta dari sebuah ketidaksengajaan, pada zaman dahulu masyarakat Betawi yang tinggal di Menteng, Jakarta Pusat, mencoba membuat makanan dengan menggunakan bahan dasar dari kelapa.

Di Jakarta atau Batavia dulunya terdapat banyak pohon kelapa, dan masyarakat sekitar sering membuat makanan dengan menggunakan kelapa.

Karena waktu itu kelapa sedang melimpah, akhirnya mereka mencoba membuat kreasi makanan yang baru dengan berbahan dasar kelapa tadi.

Akhirnya terciptalah Kerak Telor, dengan menggabungkan beras ketan dan telur yang digoreng menggunakan wajan. Selain menggunakan telor ayam juga bisa dengan telur bebek.

Setelah matang kerak telor lebih nikmat disajikan dengan serundeng dan bawang goreng kemudian disantap selagi hangat.

Cara Membuat Kerak Telor
Cara Membuat Kerak Telor. Sumber: www.inews.id

Simak juga: 11 lokasi kuliner Unik di Jakarta 

Kerak telor dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, banyak kalangan elit pada saat itu menyukai santapan yang satu ini. Karena rasanya yang gurih dan juga mengenyangkan.

Biasanya kita hanya bisa menyantap kerak telor pada saat ulang tahun Jakarta saja, namun saat ini kita dapat menyantap kerak telor kapan pun karena sudah banyak abang-abang penjual kerak telor yang menjajakan kerak telor buatannya.

Tempat Makan Kerak Telor Populer

1. Monas

Menikmati Kerak Telor Di Monas
Menikmati Kerak Telor Di Monas. Sumber: jakarta.tribunnews.com

Simak juga: Ketahui lebih jauh soal Gudeg Jogja

Kawasan wisata Monas atau Monumen Nasional merupakan ciri khasnya Kota Jakarta, bagi mereka yang mengunjungi Jakarta belum lengkap jika belum mengunjungi Monas.

Monas dibangun dengan tujuan untuk mengenang perjuangan dan perlawanan Rakyat Indonesia melawan penjajah. Dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 ketika masih dibawah kepempinan Presiden Soekarno.

Kemudian mulai dibuka untuk umum pada bulan Juli tahun 1975. Banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika mengunjungi Monas.

Misalnya dengan mengunjungi museum yang terletak didalam bangunan Monas, serta kamu juga bisa menikmati hidangan khas Betawi yakni Kerak Telor.

Ada beberapa penjual kerak telor yang dapat kamu temui ketika berada di Monas, setelah lelah mengelilingi Monas akhiri perjalananmu dengan menyantap kuliner khas Betawi yang gurih ini.

2. Kota Tua

Pak Tatang Penjual Kerak Telor Di Kota Tua
Pak Tatang Penjual Kerak Telor Di Kota Tua. Sumber: usemayjourney.wordpress.com

Kota Tua merupakan sebuah tempat yang menarik dan bersejarah dengan luas sekitar 1,3 km2. Disini banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang dapat kamu kunjungi, diantaranya Gedung Arsip Nasional, Tugu Jam Kota Tua, Museum Bank Indonesia, dan masih banyak lagi.

Lebih seru jika datang ketika malam hari, karena ada beberapa musisi jalanan yang akan menampilkan kemampuannya dihiasi dengan lampu taman yang indah.

Apalagi ditambah dengan menyantap kerak telor yang masih hangat. Kamu dapat menemukan beberapa penjual kerak telor di sekitar Kota Tua.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama yang ada di Indonesia, karena dibangun pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan luas sekali sehingga dapat menampung sekitar 295 spesies. Lokasinya pun sangat strategis dan terletak di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Penjual Kerak Telor Di Ragunan
Penjual Kerak Telor Di Ragunan. Sumber: www.antarafoto.com

Simak juga: 11 wisata kuliner instagramable di Medan

Di sekitar Kebun Binatang Ragunan kamu akan mendapati bapak-bapak penjual kerak telor dengan tanggungannya yang khas. Melihat berbagai macam binatang yang ada sembari menikmati makanan khas dari Betawi, merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat TMII, merupakan sebuah tempat wisata yang berisikan miniatur Bangsa Indonesia secara keseluruhan. Kamu dapat mengelilingi Indonesia di area seluas 150 hektare.

Pedagang Kerak Telor Ikut Meriahkan HUT TMII
Pedagang Kerak Telor Ikut Meriahkan HUT TMII. Sumber: www.genpi.co

Jika kamu mengunjungi anjungan DKI Jakarta, kamu akan menemukan pedagang yang menjajakan makanan khas Betawi yakni kerak telor.

5. Pantai Ancol

Tempat menikmati kerak telor selanjutnya ialah di Pantai Ancol yang terletak di Jakarta Utara. Selain sebagai tempat rekreasi Pantai Ancol juga dijadikan sebagai dermaga utama menuju Kepulauan Seribu.

Di sepanjang Pantai Ancol kamu dapat menemukan pedagang yang menawarkan kerak telor, menikmati makanan khas Betawi tersebut sambil menikmati sunset di sore hari merupakan hal yang harus kamu coba.

6. Taman Spatodhea

Taman Spatodhea merupakan taman umum yang menjadi tempat favorite warga Jagakarsa, Jakarta Selatan melakukan olahraga atau hanya sekedar berkumpul.

Disini terdapat wahana permainan untuk anak-anak serta dikelilingi oleh taman bunga yang sangat indah. Kamu bisa menikmati kerak telor hangat-hangat sambil memandangi bunga-bunga yang indah.

7. Taman Hutan Tebet

Taman Hutan Tebet sangat luas, pas banget untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari keramaian Ibu Kota. Taman ini sebenarnya terdiri dari 3 area, yakni Taman Honda, Taman Hutan Kota, dan Taman Pintar Berlalu lintas.

Disini kamu juga dapat menikmati sajian kerak telor sambil bercengkrama bersama keluarga maupun kawan. Sambil menikmati suasana taman yang rindang.

8. Taman Menteng

Taman selanjutnya yang dapat kamu kunjungi untuk menikmati sajian kerak telor ialah Taman Menteng, yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Menteng dulunya ialah Stadion Menteng, kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah taman dengan fasilitas taman bermain untuk anak, lapangan futsal serta lapangan basket.

Setelah lelah berolahraga kamu dapat menyantap kerak telor dengan duduk-duduk di bangku yang telah disediakan, sambil mengamati arsitektur Taman Menteng yang menakjubkan.

9. Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Angke Kapuk merupakan kawasan hutan mangrove yang memiliki banyak fasilitas dan kegiatan yang sangat menarik.

Nikmatnya Kerak Telor
Nikmatnya Kerak Telor. Sumber: www.kulinerlokalan.com

Simak juga: Menggugah Napsu Makan di Ciamis

Setelah puas mengeksplore kawasan Wisata Alam Angke Kapuk ini, kamu dapat beristirahat di sebuah kantin sambil menikmati makanan khas Betawi yakni kerak telor. Menikmati kerak telor sambil lesehan dan bercengkrama dengan kawan atau orang terkasih.

10. Setu Babakan

Disini pengunjung dapat menikmati kerak telor dengan ditemani live music khas betawi, serta nuansa danau setu yang airnya tenang.
Kerak Telor Setu babakan. Image via: pingpoint.co.id

Simak juga: 11 Wisata kuliner di Bali

Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Oleh Pemerintah DKI Jakarta tempat ini ditetapkan sebagai tempat pelestarian dan pengembangan Budaya Betawi pada tahun 2004 silam.

Karena Setu Babakan masih mempertahankan kebudayaan Betawi, dari mulai bangunannya, dialek bahasa sehari-hari, serta kesenian tari, musik dan drama yang terus dipelihara. Tentu saja di Setu Babakan ini kamu dapat menikmati kerak telor yang merupakan makanan khas dari Betawi.

Dibalik Tapi Ngga Tumpah
Dibalik Tapi Ngga Tumpah. Sumber: ruliamrullah.wordpress.com

Proses pembuatan kerak telor sangat mudah, tinggal mencampurkan beras ketan dengan telor kemudian ditambah bumbu supaya lebih nikmat ditaburi kelapa.

Kemudian diaduk-aduk didalam wajan hingga tercampur semua. Yang paling unik ialah wajannya nanti akan dibalik supaya bagian atasnya ikut matang, namun anehnya adonan didalam wajan tadi tidak jatuh.

Itulah beberapa tempat untuk menikmati kerak telor yang ada di Jakarta. Tak lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Jakarta namun tidak mencoba kuliner yang satu ini.

Cobalah kunjungi tempat-tempat di atas kemudian nikmati sajian kerak telor yang dijajakan. Selamat menikmati, ya!


Leave a Comment