7 Wisata Kuliner Medan, Makanan Enak, Legendaris, dan Halal

|

Wisata kuliner Medan dapat menjadi tujuan wisata kamu ketika berada di Ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut. Cita rasa kuliner Medan cukup beragam dan bervariasi.

Dengan menyandang status sebagai kota terbesar ke empat di Indonesia, dapat dipastikan akan banyak sekali makanan-makanan yang enak dan hits banget di Medan.

Setelah puas berwisata di Medan, jangan lewatkan untuk melakukan wisata kuliner di tempat – tempat yang populer, legendaris, dan juga halal.

Berikut beberapa tempat wisata kuliner pilihan nativeindonesia.com, sebagai bahan referensi ketika hendak berwisata di Medan.

Tempat Wisata kuliner di Medan

1. RM Soto Sinar Pagi

rm. soto sinar pagi
rm. soto sinar pagi. google maps. sumber: aris stiawan

Simak juga: Kuliner Jakrta hits

Rumah makan yang menyajikan soto Medan ini  telah berdiri sejak tahun 1962, dengan menu istimewanya ialah Soto Daging Sapi. Soto Medan merupakan makanan khas asli Medan yang wajib kamu coba.

Kuah sotonya yang kental dan gurih plus daging sapinya yang lembut, membuat soto dari RM Sinar Pagi ini rasanya enak banget dan dijamin halal. Wajarlah jika rumah makan ini tetap bertahan hingga saat ini.

  • Lokasi: Jl. Sei Deli, Silalas, Kota Medan
  • Jam buka: 07.00 – 14.30
  • Kisarah harga per porsi: Rp. 30.000,-

2. Sate Memeng

sate memeng
sate memeng. google maps. sumber: Husain Ali Yahya

Simak Juga: wisata kuliner kota Solo.

Kuliner enak selanjunya ialah Sate Memeng. Seperti halnya RM. Sinar Pagi, Sate Memeng juga bisa dibilang legendaris. Karena sudah berdiri sejak lama, dan saat ini dikelola oleh generasi ke tiganya.

Menu sate yang ada di Sate Memeng terdiri dari daging sapi, ayam, hati, usus, atau bisa juga dicampur. Untuk bumbunya sendiri terdapat berbagai pilihan, mulai dari sambal kacang, kecap atau bisa juga dengan kuah sate padang yang pedas mantap.

Ciri khas dari Sate Mamang ialah dagingnya yang besar dan tebal, selain itu bumbunya pun meresap. Satu porsinya terdiri dari 5 tusuk sate ditambah dengan lontong.

  • Lokasi: Jl. Irian Barat No. 2, Gang Buntu, Kota Medan
  • Jam buka: 18.00 – 01.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 28.000,-

3. Mie Aceh Titi Bobrok

mie aceh titi bobrok
mie aceh titi bobrok. google maps. sumber: Dimas Yudha Satria Utama

Simak juga: Wisata Kuliner Surabaya.

Wisata kuliner Medan selanjutnya bertemakan makanan yang paling disukai oleh semua orang, yakni mie. Di Medan ada sajian mie yang enak banget, bahkan cabangnya pun sudah ada di Jakarta.

Namanya ialah Mie Aceh Titi Bobrok, yang menjadi menu favorit pelanggan ialah Mie Aceh Kepiting dan Mie Aceh Udang. Sajian mie nya pun beragam yakni ada Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering), Mie Aceh tumis basah (dengan sedikit kuah), dan ada juga Mie Aceh kuah.

  • Lokasi: Jl. Setia Budi No. 17D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan.
  • Jam buka: 11.00 – 22.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 27.000,-

4. Lontong Kak Lin

lontong kak lin
lontong kak lin. google maps. sumber: Christian Harry

Simak juga: Ragam Kuliner Bandung.

Lontong Kak Lin dapat menjadi tujuan wisata kuliner pagi hari yang enak ketika berada di Medan. Yang berjualan lontong di Medan memang banyak, cobalah datang ke Lontong Kak Lin.

Rasa lontong di sini enak banget, dijamin membuat harimu akan jauh lebih berenergi. Selain rasanya enak, harganya pun murah banget.

  • Lokasi: Jl. T. Cik Ditiro (Seberang SMAN 1),
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 8.000,-

5. Bihun Bebek Kumango

bihun bebek kumango
bihun bebek kumango. google maps. sumber: Liam Vacy

Kuliner khas Medan lain yang harus kamu cicipi ketika di Medan ialah Bihun Bebek Kumango. Konon katanya Bihun bebek Asie Kumango ini sudah ada sejak tahun 1930-an.

Bihun Bebek Asie Kumango terdiri dari semangkok bihun yang berisi suwiran daging bebek kemudian disiram kuah kaldu yang gurih dan enak banget. Harganya worth it lah sama rasa yang akan kamu rasakan.

  • Lokasi: Jl. Kumango No. 15, Kesawan, Medan, Sumatera Utara.
  • Jam buka: 08.00 – 13.00 (Minggu tutup)
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 60.000,-

6. Bakso Amat

bakso amat medan
bakso amat medan. google maps. sumber: Prast Travelonistic

Tempat wisata kuliner yang satu ini selalu dipenuhi pengunjung, namanya ialah warung Bakso Amat yang dijamin halal. Selain bakso, ada juga menu lainnya seperti mie ayam, dan juga sop buntut.

Meski terbuat dari daging sapi, baksonya terasa lembut dengan aroma bumbu yang kuat. Serta kuah gurihnya yang asin, lebih mantap jika ditambah sambal pedas. Selain itu ada pula menu kudapan lain yang nggak kalah lezatnya, yakni sate kerang dan bakso goreng.

  • Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda Baru No. 112, Medan
  • Jam buka: 12.00 – 22.00 (Jumat tutup)
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 15.000,-

7. Tip Top Restaurant

es krim tip top
es krim tip top. google maps. sumber: Romi Sofa

Tempat wisata kuliner di Medan yang satu ini menghadirkan kudapan legendaris yang masih menggunakan peralatan sederhana bahkan ada tungku yang sudah ada sejak tahun 1934.

Yang paling diminati ketika berada di Tip Top Restaurant ialah es krim Tip Top, yang katanya sudah disajikan sejak zaman kolonial Belanda. Dan dijamin rasanya pasti enak banget.

Sehingga Es krim Tip Top ini menjadi kudapan ikonik yang wajib kamu nikmati ketika berada di Medan. Selain es krim ada pula sajian menu lain yang nggak kalah mantapz, seperti kue legendaris yang lezat.

  • Lokasi: Jl. Jend. A. Yani I No. 92 A – B, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.
  • Jam buka: 09.00 – 23.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 10.000,-