11 Wisata Kuliner Medan Paling Hits dan Viral di Medsos

Wisata Kuliner medan tidak kalah pamor dari kota-kota lan di Indonesia. Sebagai kota terbesar di Pulau Sumatera dan terbesar ke-3 di Indonesia, medan tentu memiliki pamor dalam pengelolaan bisnis kuliner-nya.


kuliner medan sangat memperhatikan kebutuhan anak muda akan trend, sehingga lahirlah lokais yang bukans ekedar enak di lidah tapi juga enak di mata
Kuliner Medan. Image via: traveloka.com

Bagi pengunjung objek-objek wisata di medan, setelah lelah jalan-jalan menjelajahi keindahan wisata di Medan dan sekitarnya ada baiknya meregangkan otot dengan mencoba wisata kuliner meda. Tanpa mencoba wisata kuliner medan, penjelajahan medan anda tidak dapat dikatakan paripurna.

Ada berbagai macam kuliner medan untuk bersantai, ngopi, ngemil, berfoto, dan juga ngobrol bareng sahabat atau pun pasangan kamu. Kira-kira dimana saja sih lokasi cafe di Medan yang lagi hits buat dijadikan tempat nongkrong.

Pilihan Lokasi Kuliner Medan

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner Medan yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Melayu Deli ini.

  1. Budaya Resto

Budaya, kuline rmedan yang membawa keotentikand ari seluruh tanah air ke dalam 1 meja saji
Gazebo Budaya Resto. Image via: wisatamedan.net

Simak juga: Kuliner Jakrta hits

Konsep Indonesia yang kental mendasari identitas Budaya Indonesia di kuliner Medan yang berkapasitas sampai dengan 1000 orang. Dengan lokasi lahan 10 hektar, menjadikan Restoran Budaya memberi kekayaan masakan Indonesia di ruang bersantai dengan nuansa alam.

Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi yang berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau. Masakan memegang peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum, dengan ciri khas yang kaya dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah.

Kuliner Medan ini hadir dengan menu cita rasa nusantara, dengan berbagai menu warisan khas Indonesia. Ada, Ayam Bumbu Rempah, Gurami telur asin, bebek kari putih, udang goreng mentega, nasi bakar si mbok, dan puluhan variasi menu lainnya yang asli masakan khas Indonesia , ditambah lagi dengan alunan musik khas Indonesia yang mengiringi santapan anda bersama keluarga.

Alamat : Jalan Raya Medan – Tanjung Morawa KM. 12.5, Ujung Serdang, Tanjung Morawa, Ujung Serdang, Tj. Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Desa Desa Resto

Desa desa, kuline rmedan yang memebawa nuansa ubud Bali ke tanah melayu
Ini Medan! bukan bali. Image via: perempuannovember.com

Dengan konsep alam ala Bali, di Kuliner medan ini membuat pengunjung betah. Pemilik sengaja membiarkan pepohonan yang tumbuh sejak semula di lokasi restoran ini. Suasana rindang begitu terlihat dari awal memasuki tempat ini. Rimbun pepohonan, dan untaian pohon bambu yang besar, menutupi sinar matahari.

Suasana Bali yang dikatakan di awal terlihat dari batu-batu alam, payung bali dan lukisan yang terpajang. di Desa desa Resto terdapat ruangan indoor beratap rumbia berdinding bambu. Serta ruangan berpendingin berkonsep modern namun, tetap dengan nuansa alam dengan ornamen tiang bambu.

Soal menu, tempat ini adalah rumah dari segala jenis variasi. Mulai dari menu nusantara, seafood, western dan balineese food.  Ada ayam betutu crispy, ikan kakap saus Bali, ayam goreng spesial Desadesa, ayam bakar taliwang, ayam goreng sambal ijo, bebek bakar, udang lada hitam, ikan kerapu, tenderloin, beef mushroom, salmon teriyaki, menu sup, soto dan tomyam.

Alamat : Jl. Setia Budi No.190/12, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 23.00
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Istana Koki Medan

istana koki menyajikan menu dan suasana otentik indonesia
Diselesaikan secara adat. Image via: tripadvisor.co.id

Kuliner medan satu ini jika dilihat dari penampilan luarnya yang megah, banyak yang menganggap harga menu di restoran ini pasti mahal. Tapi, ternyata kisaran harga ditawarkan di sini tidak terlalu mahal. Tempatnya yang luas juga cocok buat acara makan besar dengan keluarga.

Istana Koki hadir untuk menjawab keaneka-ragaman kuliner yang disukai Multi -Etnis di kota Medan. Istana Koki menyajikan Warisan Kuliner Indonesia seperti masakan khas Jawa Barat, Jawa Timur, Manado, Bali, Maluku, Padang, Madura,dan juga Betawi.

Menu makanan yang disajikan kuliner rmedan ini antara lain Kepiting Telur Asin Jantan, Kepiting Lada Hitam, Udang Gala Saos Cabe, Nasi Bebek Bakar Bali, Nasi Rames Manado, Tahu Kipas Vegetarian, Dendeng Sambal Ati.

Alamat : Jl. Teuku Cik Ditiro No.110A, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 10.45 – 21.45
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Havana café Medan

Havana. kuliner emdan mewah dengan Aura semangat pembebasan Che Guavera
Mewah dan eksklusif. Image via: pegipegi.com

Simak Juga: wisata kuliner kota Solo.

Lokasi kuliner medan ini tampal lain dari yang lain. Membawa konsep Kuba dan Suasana di Amerika Latin ini sukses menuai pujian, atas eksperimen ini. Dan ternyata eksperimen in berhasil menarik minat warga medan dan sekitarnya.

Selain menu yang unik, desain interior dan arsitektur bangunan Havana cafe cukup kekinian, ada beberapa spot yang sangat cocok untuk berfoto ria, maklum bangunan Havana cafe awalnya memang studio foto, jadi banyak spot foto yang ciamik, sebab sang owner Havana cafe juga berbisnis profesional wedding studio.

Mengenai menu, kuliner medan ini menawarkan menu khas Amerika Latin dan sajian cafe con leche dengan cita rasa yang enak dan sangat menggoda. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat makan, tempat nongkrong Romantis yang ada di kota Medan.

Alamat : Jalan Sei Bingei 11/13, Sei Sikambing D, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 24.00
Harga per Orang: Rp 100.000-Rp 200.000

  1. Sosmed Café Medan

Sosmed, kuline rmedan yang dipenuhi spot foto instagramable di setiap sudut dan dindingnya
Makan di Sosmed Café. Image via: medan.tribunnews.com

Kuliner medan ini mengusung konsep sosial media dengan total. Di setiap sudut tampak beragam mural, dekorasi, maupun perabot bernuansa laman sosmed. Setiap anak tangga dihiasi grafis berbentuk logo YouTube, Facebook, Twitter, Snapchat, dan lainnya.

Dinding-dinding kafe dipenuhi pajangan foto makanan, semuanya dikemas dengan frame ala Instagram. Selain itu masih ada titik foto khusus berhiaskan boneka beruang lucu dan bumper truk dengan stiker logo YouTube. Sudut ini termasuk salah satu yang populer dan sering dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto-foto.

Bahkan sampai menua makanan juga bernuansa media sosial. Nasi lemak disajikan dengan bentuk logo Facebook. Nasi tim dan lauknya ditata mirip logo Instagram. Ada juga menu menarik yang lebih pas jika disantap ramai-ramai, misalnya congklak keroyokan.

Alamat : Jl. Abdullah Lubis No.8/20, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 23.00
Harga per Orang: kurang dari Rp 50.000

  1. Junction Café Medan

junction, kuline rmedand engan suasana mewah namun harga merakyat
Lega dan modern. Image via: beautynesiablog.id

Mengunjungi kuliner medan ini pertama disuguhkan dengan pintu kaca besar bergagang kayu.  Interior di dalamnya penggabungan dari chrome berwarna emas, hijau tanaman, cat berwarna putih, dan deretan kursi dan meja kayu bercat putih. Juga ada tanaman indoor Monera. Ada sentuhan kuning lemon yang menambah percikan segar untuk urban cafe ini.

Bar nya terdapat di tengah atau center area. Di bagian Kiri ada sisi untuk bakery shop yaitu Louise Patisserie. Louise ditata dengan apik All in one place. Terdapat juga lantai dua untuk sisi cafe lainnya. Bener bener cozy hangout spot di Medan.

Menu nya fusion dari Western dan Asia. Makanan enak walau agak pricey. Menu favorit pengunjung adalah Rice Gyuyokodon. Ada juga Nasi Ayam Taliwang, Ice Thai Tea, Mushroom Oglio Olio Spagetti, dan tentu saja Picollo yang merupakan favourite coffee di lokasi kuliner medan ini.

Alamat :  Jl. Uskup Agung No.2, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 10.00 – 22.00
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. The Edge Restaurant

edge, kuliner medan kela stersendiri yang ada di puncak ketinggian gedung hotel berbintang

Di Atas ketinggian Edge Restaurant. Image via: @theedgerestaurantmedanSimak juga: Wisata Kuliner Surabaya.

The Edge Restaurant adalah kuliner medan mengusung konsep rooftop restaurant. Sembari makan pengunjung bisa meresapi indah-nya suasana malam Medan dari ketinggian. Tak berlebihan rasanya jika kita berandai-andai seperti dewa ketika berada di sana, karena semuanya terlihat begitu mungil dari atas.

Area indoor-nya memanjakan mata dengan kehadiran open kitchen dan open bar. Makan malam di bagian ini bakal membuat siapapun serasa sedang berada di Eropa. Area outdoor-nya juga tidak kalah mengagumkan. Duduk santai menikmati minuman masakan favorit, pengunjung bisa memandang indahnya panorama kota dari ketinggian.

Menu  appetizer yang jadi andalan kuliner medan ini berupa salad, yaitu crispy green salad dan smoke salmon salad. Hidangan utama andalan adalah pan fried fish Tasik, yaitu ikan Tasik atau sejenis kakap lokal yang digeoreng dan disiram saus BBQ dengan tambahan kentang panggang dan sayuran brokolo dan bunga kol. Untuk penutupnya ada tiramisu dan chocolate mouse.

Alamat :  Swiss-Belhotel, Jl. S. Parman No.217, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : setiap hari, pukul 04.00 – 23.00
Harga per Orang: Rp 200.000-Rp 300.000

  1. Lembur Kuring Medan

Lembur Kuring, kuliner medan yang berusaha tampil seadanya, namun jadinya elagan
Di dampingi kolam ikan. Image via: lemburkuring.com

Kuliner medan ini sejatinya restoran Pasundan. Gaya bangunan juga perpaduan dengan budaya Sunda dan juga modern. Memasuki area dalam Restoran Lembur Kuring, pengunjung menemukan dua bentuk tempat yang berbeda. Yang satu dalam ruangan dengan ac, dan satu lagi luar yang segar.

Kedua dua nya sangat bersih dan nyaman. Keunikan dari tempat ini terdapat kolam ikan mas, ikan koi dan ikan arapaima di pinggiran restaurant. Pengunjung bisa memberi makan ikan ikan. Terdapat juga area bermain anak seperti ayunan, perosotan, baling-baling, kuda kudaan dan sebagainya.

Menu kuliner medan ini di dominasi oleh makanan khas Indonesia yang sangat nikmat. Diantaranya terdapat soto, sup sapi, ayam bakar, ayam goreng, gorengan, telur dadar, olahan tahu dan lain sebagainya. Untuk minuman tersedia pilihan wedang jahe, aneka juice, teh manis, kopi, es buah, dan cendol.

Alamat:  jalan Tengku Amir Hamzah No 85 Medan.
Jam Buka : setiap hari, pukul 11.00 – 21.30
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Habitat Coffee

Habitat, kuline rmedan dengan ruang interaksi antar pengunjung yang lega
Habitat Coffee. Image via: mediapijar.com

Dengan mengusung konsep rumah, kuliner medan ini dihias pernak pernik yang sederhana. Juga ada taman yang cukup luas. Desain café sengaja dirancang untuk membuat pengunjung nyaman dan merasa berada di rumah sendiri.

Di café ini, pengunjung bisa berfoto pada booth take picture yang disediakan. Kuliner medan ini juga ada yang bagian outdoor, dimana pengunjung bisa menikmati suasana segarnya alam. Pesanan makanan ke waiters dan pengunjung akan dilayani dengan ramah.

Menu makanan tersedia di cafe ini adalah menu makanan lokal. Seperti nasi goreng, nasi cabe hijau dan minuman coffee. Cocok bagi pengunjung yang cinta makan khas Nusantara.

Alamat:  Jl. Abdullah Lubis No.14, D A R A T, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.
Jam Buka : Senin-Jumat pukul 10.00 – 23.00, Sabtu-minggu pukul 10.00-01.00
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. Roemah Kopi Wak Noer

Wak noer, terinspirasi dari dedikasi seorang pekerja kebun yang berkomitmen pada kesmpurnaan tugas
Roemah Kopi Wak Noer. Image via: flickr.com

Simak juga: Ragam Kuliner Bandung.

Saat memasuki ke cafe kuliner medan ini suasana yang nyaman dan asri menyambut. Para pelayannya pun sangat ramah, maka tak heran suasana rumah terasa di cafe ini. Nama Wak Noer semula merupakan nama seorang karyawan yang bekerja di kebun kopi di daerah Mandailing Natal. Dia berdedikasi dan inspiratif saat bekerja.

Cafe yang berdiri sejak tahun 2010 ini, menawarkan kepada konsumennya konsep serasa di rumah sendiri dengan rumah bergaya Eropa. Konsumen bukan hanya mendapatkan tempat yang nyaman saja, tapi kopi yang disajikan kualitas yang terbaik seperti arabika, robusta dan luwak.

UNutk menu, kuliner medan ini menyediakan  capucino cream brule, signature ekspreso, latte luwak, capucino luwak dan lainnya. Untuk yang tidak menyukai kopi, juga ada jus dan minuman lainnya. Selain sajian minuman, tempat ini juga menawarkan menu makanan. Seperti nasi sayur dengan ikan pepes, bubur ayam kampung, nasi goreng dan masih banyak lagi.

Alamat:  Jl. Uskup Agung No. 15, Madras Hulu, Polonia, Medan Polonia, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 24.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. The Viral Café

Viral, kuline rmedan yang memebuat pengunjung jadi trending topik di sosmed
The Viral Café. Image via: @resepnenekmoyangku1819

Cafe Kuliner Medan ini memiliki banyak spot selfie yang bisa membuat pengunjung menjadi ‘viral’ di sosial media. Tumpukan kaleng roti jadul yang disusun manis di dinding merupakan salah satu spot foto paling hits di cafe ini.

Ada pula spot sangkar burung berukuran besar yang digantung di langit-langit dan dikelilingi dekorasi bergaya vintage yang akan membuat kamu bernostalgia.

Tak hanya hadir dengan sudut-sudut interior penuh spot foto, The Viral Cafe juga punya menu makanan yang sangat Instagrammable. Contohnya pilihan empat minuman signature yang disajikan bersama “flamingo” imut.

Alamat: Jl. Teuku Umar no.3e, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 22.00.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

Itulah sebelas tempat makan istimewa dengan sajian dan suasana istimewa yang cocok anda kunjungi ketika bertualang kuliner di Medan. Selamat Menikmati.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment