7 Wisata Kuliner Solo, Tempat Makan Legendaris Hingga Instagramable

|

Wisata kuliner di Solo layak diperhitungkan untuk menjadi tujuan liburan. Tahukah kamu bahwa nama resmi dari Kota Solo ialah Surakarta. Sedangkan Solo merupakan nama yang lebih umum dikenal oleh masyarakat umum.

Sehingga jika kamu mencari Kota Solo di google, maka yang akan muncul ialah Surakarta. Terlepas dari itu, Solo atau Surakarta memiliki keberagaman wisata kuliner dengan cita rasa yang unik dan juga ontentik.

Dari mulai tempat makan yang legendaris, yang sudah dikelola hingga beberapa generasi sampai dengan tempat makan dan juga nongkrong yang instagramable.

Untuk itu, kali ini akan kami ulas beberapa tempat wisata kuliner Solo dari mulai yang legendaris hingga instagramable.

7 Tempat Wisata Kuliner Solo

1. Selat Solo Mbak Lies

selat solo mbak lies
selat solo mbak lies. google maps. sumber: Septi Kumalasari

Simak juga: ragam kuliner Semarang.

Tempat wisata kuliner Solo yang pertama, mari kita awali dengan sajian menu saladnya Solo. Di Selat Solo Mbak Lies menyajikan menu makanan khas Eropa tersebut, namun dikemas dengan gaya Solo.

Salad Mbak Lies terdiri dari potongan daging, kentang, wortel, telur rebus, selada, dan kacang panjang. Kemudian disiram dengan saus khas Mbak Lies, wuih…rasanya enak dan juga pas dilidah.

Warung Selat Solo Mbak Lies sendiri sudah berdiri sejak tahun 1987, interior warung makannya pun cukup unik. Di setiap sudutnya terpampang secara nyata beragam keramik, dengan model dan ukuran yang berbeda-beda.

Karena ternyata Mbak Lies merupakan penggemar keramik, dan sudah mengumpulkannya selama lebih dari 20 tahun. Pajangan keramik tersebut dapat kamu jadikan pula sebagai spot untuk berselfie, sambil menunggu pesanan.

  • Lokasi: Jl. Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta.
  • Jam buka: 08.30 – 17.30
  • Kisaran harga per porsinya: di bawah Rp. 25.000,-

2. Tahu Kupat Sido Mampir

tahu kupat sido mampir
tahu kupat sido mampir. google maps. sumber: Putra Yunianto

Simak juga: aneka wisata kuliner Surabaya.

Tahu Kupat Sido Mampir atau dikenal juga dengan nama Tahu Kupat Sholihin, karena lokasinya dekat dengan Masjid Sholihin. Sudah ada sejak tahun 1966, dengan awalnya berjualan di Kadipolo.

Tahu kupat legendaris ini selalu saja ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati menu ketupat ditambah tahu, bakwan, mie kuning, kol, tauge, dapat pula ditambah dengan telur.

Kemudian diberi guyuran kuah kecap manis yang rasanya lain daripada yang lain. Mungkin inilah yang membuat Tahu Kupat Sido Mampir atau Tahu Kupat Sholihin tetap bertahan hingga saat ini.

  • Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 95, Punggawan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Kisaran harga per porsinya: dibawah Rp. 10.000,-

3. Dawet Telasih Bu Dermi

dawet telasih bu dermi
dawet telasih bu dermi. google maps. sumber: Ridwan Tejalesmana

Simak Juga: Tempat ngopi instagramable Laja House.

Ketika berkunjung ke Pasar Gede Solo, notabene merupakan sebuah pusat oleh-oleh di Kota Bengawan, mampirlah ke kedai Dawet Telasih Bu Dermi untuk menyegarkan kembali tenggorokan yang mungkin sudah haus.

Dawet Telasih Bu Dermi sudah ada sejak Pasar Gede ini berdiri, dan saat ini dikelola oleh generasi ke tiganya. Meski sudah lama, Dawet Telasih Bu Dermi tak pernah sepi pengunjung dan cita rasanya nggak berbeda.

Semangkok es dawet terdiri dari cendol, nangka yang diiris tipis, bubur sumsum, ketan hitam, gula aren yang manis kemudian ditambah kuah santan yang gurih.

  • Lokasi: Pasar Gede Hardjonagoro di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 10.000,-

4. Tengkleng Klewer Bu Edi

tengkleng klewer bu edi
tengkleng klewer bu edi. google maps. sumber: Agus Priyanto

Simak Juga: Ngopi di ketinggian bumi Kiwari

Sajian kuliner legendaris Solo selanjutnya ialah Tengkleng Klewer Bu Edi yang sudah berdiri sejak tahun 1971. Tengkleng merupakan makanan yang terdiri dari tulang kambing yang dimasak seperti gulai, namun tidak menggunakan santan.

Penyajian ketika kita makan di tempat cukup unik, yakni dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti pincuk. Hingga rasanya semakin mantap dan nikmat.  Selain tengkleng, ada pula menu lainnya seperti lidah dan sumsum.

  • Lokasi: Jl. Mayor No. 32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 10.00 – 16.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000,-

5. Omah Londo Angkringan

omah londo angkringan
omah londo angkringan. google maps. sumber: titik idha

Selanjutnya kita beranjak ke tempat wisata kuliner yang instagramable dan menjadi lokasi nongkrong favorit para kawula muda Solo.

Omah Londo merupakan tempat nongkrong kekinian yang berada di sebuah bangunan peninggalan Belanda. Konon katanya tempat ini merupakan rumah dinas manajer pabrik es Saripetojo milik Belanda.

Sehingga pas banget dipakai sebagai spot untuk berfoto. Menu yang disajikan diantaranya nasi bakar, sundukan, sego empal serundeng, wedang beras kencur, gula ase, wedang jahe, dan menu makanan khas lainnya.

  • Lokasi: Jl. KH. Agus Salim No. 2A, Purwosari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 07.00 – 24.00

6. Café Tiga Tjeret

sajian menu di cafe tiga tjeret
sajian menu di cafe tiga tjeret. google maps. sumber: Andri Purna

Café Tiga Tjeret merupakan lokasi favorit tempat nongkrong, disamping tempatnya yang nyaman dan cozy banget, harganya pun pas banget lah untuk kantong mahasiswa.

Konsep di Café Tiga Tjeret ini ialah self service, jadi kamu ambil makanan yang kamu inginkan kemudian membayarnya di meja kasir. Sajian menunya banyak banget, dan yang paling penting café ini menyediakan fasilitas free wifi.

  • Lokasi: Jl. Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 11.00 – 01.00

7. Café AM-PM

am pm cafe
am pm cafe. googla maps. sumber: syarif widayatno

Café AM-PM ini buka selama 24 jam, jadi pas banget untuk kamu yang sedang mengerjakan tugas dikejar deadline tapi nggak mau stress, hehe….

Café Am-PM ini sudah memiliki 3 cabang, yakni AM-PM Slamet Riyadi, AM-PM Honggowongso, dam AM-PM Jajar. Dan telah berusia 10 tahun dengan menyajikan menu khas Surakarta hingga sajian menu kekinian lainnya.

  • Lokasi: Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 408, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 5.000,- hingga Rp. 30.000,-