7 Wisata Kuliner Jakarta, Sajian Menu Enak dan Pastinya Recommended

Wisata kuliner merupakan salah satu tujuan wisata lain yang paling dicari wisatawan, begitupun ketika kamu mengunjungi Ibukota yakni DKI Jakarta.

Banyak tempat wisata kuliner di Jakarta yang enak dan recomend banget untuk kalian coba. Lokasinya pun tersebar di seluruh kawasan DKI Jakarta.

Berikut beberapa pilihan tempat wisata kuliner di Jakarta yang menawarkan menu-menu yang enak, dengan suasana yang khas dan pastinya recomend banget.

7 Tempat Wisata Kuliner Di Jakarta

1. Indomie Abang Adek

indomie pedas mampus abang adek
indomie pedas mampus abang adek. google maps. sumber: Kris Andy

Simak juga: Lokasi kuliner populer di bali.

Tempat wisata kuliner yang pertama kita mulai dengan makanan rakyat yang paling dinikmati siapa saja, yakni indomie. Nama tempat kulinernya ialah Indomie Abang Adek.

Warung indomie ini dikenal juga dengan nama Warung Indomie Pedas Mampus Abang Adek, yang sudah berdiri sejak tahun 1995.  Selain di Tomang, lokasinya pun ada lagi di daerah Grogol.

Warung mie yang satu ini nggak pernah sepi dikunjungi khususnya para kawula muda, disamping harganya pas di kantong rasanya pun mantap dengan tingkat kepedasan yang beragam.

Selain mie, di warung indomie abang adek pun ada menu lainnya seperti ayam goreng, nasi, tahu, tempe dan juga menu kudapan lainnya.

  • Lokasi: Jl. Mandala Utara No. 8, Tomang, Jakarta Barat.
  • Jam buka: 09.00 hingga 02.00 pagi
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 12.000,-

2. Sate Maranggi Bu Yayah

sate maranggi bu yayah
sate maranggi bu yayah. google maps. sumber: Raehan Anshori

Simak juga: Kuliner instagramable di Semarang

Selanjutnya ada kuliner khas Purwakarta yang sudah ada di Jakarta sejak tahun 2001, yakni Sate Maranggi Bu Yayah. Kelezatan dari Sate Maranggi Bu Yayah ini bahkan pernah dicicipi oleh pakar kuliner alm. Bondan Winarno.

Rasa dari sate maranggi Bu Yayah ini memang sudah tak diragukan lagi. Setiap tusuk sate marangginya terdiri dari 3 potong daging dengan ukuran yang cukup besar. Lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat dicampur dengan irisan tomat, bawang merah dan cabai.

  • Lokasi: Jl. Laboratorium No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jakarta Selatan.
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 10.00 – 18.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 25.000,- hingga Rp. 40.000,-

3. Gado-Gado Bonbin

gado gado bonbin
gado gado bonbin. google maps. sumber: Bisma Putra

SImak juga: Kuliner Hits Sekitar Bogor.

Masih tentang makanan legendaris lainnya yang ada di Jakarta, yakni Gado-Gado Bonbin yang sudah ada sejak tahun 1960. Gado – gado merupakan makanan khas dari Jakarta yang terdiri dari lontong, telur rebus, tahu goreng, toge, kangkung, kacang panjang, dan juga emping.

Meski tampak sederhana Gado-Gado Bonbin ini memiliki citarasa yang luar biasa enak banget. Selain gado-gado di sini juga tersedia menu makanan lain yang ngga kalah enaknya.

  • Lokasi: Jalan Cikini IV No. 5, Jakarta Pusat.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Kisaran harga per porsinya: dibawah Rp. 40.000,-

4. Pecenongan

bubur ayam kwang tung
bubur ayam kwang tung. google maps. sumber: Fanny Kurniawan

Simak juga: Kuliner Legendaris di Bandung.

Tempat wisata kuliner selanjutnya ialah Pecenongan, yang terkenal sebagai kawasan wisata kuliner malam di Jakarta. Dimana di sini kamu akan menemukan banyak kuliner yang enak- enak di waktu malam.

Mulai dari yang asin, pedas hingga yang rasanya manis, dengan harga yang pas di kantonglah pastinya. Bahkan di lokasi Pecenongan ini terdapat tempat kuliner legendaris yang enak banget, yakni Bubur Ayam Kwang Tung.

  • Lokasi: Jl. Pecenongan, Kelurahan Kebun Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat

5. Martabak Boss

martabak joss
martabak joss. google maps. sumber: ikung forumproperti

Martabak merupakan kudapan favorit yang memiliki citarasa yang beragam. Tempat wisata kuliner kali ini akan membahas Martabak Boss yang ada di Panglima Polim.

Saking lezat dan ramenya penggemar Martabak Boss, cabangnya pun hampir ada dimana-mana. Seperti di Menteng, Bintaro, Tomang, Tebet, Pondok Bambu, Pejaten, dan masih banyak lagi.

Jangan heran jika cabangnya ada di mana – mana, karena Martabak Boss selalu berinovasi akan rasa martabak yang dijajakan. Sehingga membuat pengunjung selalu penasaran dan ingin datang kembali.

  • Lokasi: Jl. Panglima Polim IX No. 124, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Jam buka: 13.00
  • Kisaran harga: Rp. 50.000,-

6. Mie Ayam Gondangdia

mie ayam gondangdia
mie ayam gondangdia. google maps. sumber: pergikuliner (ig: andriselly)

Siapa sih yang ngga suka makan mie? Salah satunya bakmi atau mie ayam, hampir semua orang suka makan mie ayam. Mie ayam yang enak banget di Jakarta salah satunya Mie Ayam Gondangdia.

Mie Ayam Gondangdia ini sudah berusia 48 tahun, dan merupakan bakmi atau mie ayam favorit Bu Megawati Soekarno Putri.

Rasanya yang khas dan pastinya enak banget yang mampu membuat Mie Ayam Gondangdia dapat bertahan hingga saat ini. Menu yang ditawarkan bukan hanya mie saja, melainkan ada bihun goreng seafood, Fuyunghai, Ayam kuluyuk, dan lain sebagainya.

  • Lokasi: Jl. RP. Soeroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.
  • Jam buka: 10.00 – 22.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 36.000,-

7. Soto Betawi H. Ma’ruf

soto betawi h.ma'ruf
soto betawi h.ma’ruf. google maps. sumber: Fajar Adriyanto

Kuliner Betawi khas yang wajib kamu coba ialah Soto Betawi H. Ma’ruf, menurut informasi yang didapat soto betawi ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka yakni sekitar tahun 1943.

Soto Betawi H. Ma’ruf memiliki 5 cabang dengan memiliki satu dapur pusat, ini artinya semua pengolahan dilakukan di pusat kemudian disebarkan ke cabang-cabang yang ada.

Hal tersebut dimaksudkan agar cita rasa dari Soto Betawi H. Ma’ruf tetap terjaga. Deretan petinggi Indonesia sempat mencicipi Soto Betawi legendaris ini.

  • Lokasi: Wisama Tebet Raya, Jl. Tebet Raya No. 23, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.
  • Jam buka: 10.00 – 20.30
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 30.000,-

Tinggalkan komentar