Sate Taichan, Makanan Baru yang Merebut Hati Pencinta Kuliner

Sate taichan merupakan salah satu kuliner yang populer bahkan peminatnya pun semakin bertambah dari hari ke harinya. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya pedagang sate taichan yang menjamur dimana-mana.

Sate taichan sempat meraih popularitas tinggi di tahun 2016. Peminat sate taichan masih terus meningkat, bahkan hingga saat ini. Hal itu terbukti dari banyaknya kedai atau pedagang kaki lima yang menjual sate taichan.
Sate Taichan. Image via: resepkoki.id

Sate taichan merupakan sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Pada mulanya sate ini mulai dijajakan para pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta. Kini, hidangan ini pun telah menyebar ke banyak daerah lainnya di Indonesia.

Kemudian, sate taichan pun dihidangkan dengan sambal cabai rawit yang pedas sebagi pelengkapnya. Rasa sate ayam yang gurih ini memang sangat pas jika dikombinasikan dengan pedasnya samabal cabai rawit, apalaga kalau ditambahkan dengan segarnya jeruk limo.

Saat ini, sate taichan cukup mudah didapatkan terutama di Jakarta mengingat asal sate taichan yang bermula di senayan, tepatnya di depan pintu gerbang Stadion GBK. Terdapat sekitar 10 penjual sate taichan disana. Dan menariknya sate taichan ini selalu dijual pada malam hari hingga subuh.

Sate Taichan tambah lesat jika diisi perasan jeruk nipis.
Memeras Jeruk Nipis. Image via: inionline.id

Simak juga: 11 lokasi kuliner hits di Jakarta

Pembuatan Sate Taichan

Berbeda dengan sate ayam tradisional, yang dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar, sate Taican dibakar dalam kondisi minim bumbu. Sebelum dibakar sate taichan yang diberi garam serta diolesi minyak secukupnya.

Setelah itu, sate dibakar hingga matang cukup dibiarkan polos saja. Sambal cabai rawit yang pedas bisa dikatakan sebai satu-satunya bumbu yang dipakai pada sate taichan.

Sejarah Sate Taichan.

Ada beberapa versi mengenai asal muasal sate taichan, meskipun kebenaran pastinya belum ada yang tahu. Konon, diceriatakan ada sepasang muda mudi yang hendak membeli sate di kawasan Senayan. Sang pria berasal dari Jepang sementara itu sang wanita asli Indonesia.

Pada saat hendak membeli sate, Pria Jepang tersebut mengaku tidak suka dengan bumbu kacang khas Madura yang menjadi bumbu sate di warung makan tersebut. Lantas ia pun berinisiatif membakar sendiri sate yang hanya dibumbui dengan garam dan jeruk limo saja.

Setelah matang, ia pun meminta sambal ke pedagang tersebut. Dan pada saat sang pedagang menanyakan sate apa yang sedang ia bakar, pria Jepang itu spontan menjawab “sate taichan”.

Sate Taichan Dibakar tanpa dicelup Bumbu.
Dibakar tanpa Bumbu. Image via: food.detik.com

Versi lainnya mengatakan jika sate taichan bermula dari seorang ekspatriat asal korea selatan yang sering makan sate di warung sate di kawasan Senayan. Saking seringnya ia makan di tempat tersebut membuatnya akrab dengan pemilik warung.

Singkat cerita dikisahkan jika pria Korea Selatan itu pun mengajari pemilik warung cara lain membuat sate yang kini dikenal dengan sate taican. Kala itu, bumbu yang dipakai adalah irisan cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, serta garam. Bumbu irisan tersebut kemudian dihaluskan sehingga menjadi sambal pendamping daging sate polos.

Rekomendasi Tempat Makan Sate Taichan

Berikut ini adalah daftar tempat makan sate taichan yang nge-hits dan menjadi favorit di kalangan muda sampai yang tua.

  1. Kedai Uncle Do Sate Taichan

Suasana lega di Kedai Uncle Do Sate Taichan
Kedai Uncle Do Sate Taican. Image via: @satetaichan

Simak juga: Ayam Betutu, Wisata Lidah di Bali

Kedai sate taichan Uncle Do memang hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Rasanya yang lezat sudah cukup tersohor bahkan pada saat di jam makan siang pun selalu ramai. Selain itu, menu-menu yang disediakan diberi nama yang cukup unik.

berikut menu-menu yang dihidangkan di tempat ini, Pasta Taichan, Sayap Sayap patah, Sate Kulit Taichan Pedes Manis, Sate Taican Pedes Manis. Dan yang pasti menu-menu tersebut hadir dengan rasa yang mantap serta pedas. Namun, bagi yang kurang suka pedas tak usah khawatir karena tempat inipun menyediakan menu sate yang original.

Kedai Uncle Do Sate Taichan, beralamat di  Jl. Tebet Raya No. 38C

  1. Sate Taichan Bintaro

Sate taichan Bintaro telah memiliki cabang gerai sate taichan yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta dan Tangerang. Kemudian, bumbu sambal cabai rawit yang dihidangkan juga terasa pedas serta segar. Selain itu tempat ini pun menyediakan menu lainnya seperti sate sayap ayam taichan.

Sate Taichan Bintaro beralamat di Jl. Bintaro Taman Barat Blok J1 No. 7 Bintaro Jaya Sektor 1.

  1. Sate Taichan MPE

Aneka macam Menu Sate Taichan MPE
Menu Sate Taican MPE. Image via: zomato.com

Kedai sate taichan MPE merupakan salah satu kedai sate taichan yang sangat hits di wilayah Kelapa Gading. Selain sate taican, para pembeli pun bisa mencicipi menu pedas lainnya seperti D’Lekerz Taichan. menu ini berupa sate taican yang terbuat dari daging dada ayam dengan dua pilihan rasa.

Kemudian, ada D’Geuliz yakni sate taichan yang terbuat dari dada ayam berbumbu manis.  Dan ada juga Ketekz yang terbuat dari sayap ayam. Sambal yang disediakan pun terdiri dari dua pilihan yakni sambal pedas serta sambal manis.

Sate Taichan MPE berlokasi di  Jl. Raya Kelapa Hybrida, Blok RA3 No. 23-24, Kelapa Gading, Jakarta Utara

  1. Sate Taichan “Goreng”

Sate Taichan goreng ditampilkan unikd engan tambahan Mozzarella.
Sate Taican Mozzarella. Image via: pergikuliner.com

Simak juga: Kerak Telor, Megecap RasaSejarah Di Jakarta

Kedai sate taichan ini hampir selalu ramai pembeli teruatama di akhir pekan. Selain sate taican ayam, para pembeli juga bisa menjumpai menu sate lainnya. Mulai dari sate kulit, sate usus, sate telur puyuh hingga sate kikil.

Semua menu yang disajikan di tempat ini dilengkapi dengan sambal khas sate taican yang sangat pedas. Menu andalan tempat ini adalah Taichan Mozzarella yakni sate taichan yang diselimuti lelehan keju mozzarella.

Sate Taichan “Goreng” beralamat di  Jl. Tebet Raya No. 70, Tebet, Jakarta Selatan.

  1. Sate Taichan Bang Kumis

Makan malam di Sate Taichan Bang Kumis.
Makan malam di Sate Taichn Bang Kumis. Image via: near-place.com

Kedai Sate Taichan Bang Kumi memiliki aneka saus sambal yang beragam, salah satunya saus telur asin yang cukup populer belakang ini. Selain saus telur asin, kedai ini juga menyediakan sate taican sambal matah Bali dan sate taican mozzarella.

Sate Taichan Bang Kumis, beralamat di Jl. Danau Sunter Utara Blok R76, Sunter, Jakarta Utara.

  1. Sate Taichan 87 Bang Ocit

Gerobak sate taichan yang berlokasi di Jalan Asia Afrika ini menawarkan seporsi sate taican dengan sambal yang ekstra pedas. Ketenaranya pun tidak usah diragukan lagi, banyak sekali orang yang rela antre untuk menyantap sate putih yang pedas ini.

Selain karena terkenal pedas, daging sate yang dijual di sini juga empuk dan tidak bau amis. Bagi kamu penggemar kulit ayam, kamu juga akan merasa puas karena kulit ayam yang dijual di sini sangat juicy.

Sate Taichan 87 Bang Ocit beralamat di Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta. Jam buka: 21.00 – 03.00 WIB

  1. Sate Taichan Kemang BRO RIO

Sate Taichan Selera Pedas di BRO RIO
Selera Pedas di BRO RIO. Image via: satetaichankemangbrorio

Simak juga: CItarasa Abad 15 di Jogja, Gudeg

Buat kamu penyuka sambal pedas yang bisa membakar tenggorokan, kedai sate taichan di Jalan Kemang Rayaini adalah jawabannya. Sebabnya, sebelum dibakar sate taican di kedai ini dilumuri sambal terlebih dahulu, lalu diguyur lagi dengan sambal.

Agar rasanya semakin nikmat, pengunjung bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

Sate Taichan Kemang BRO RIO beralamat di Jl. Kemang Raya No.24, RT.3/RW.2, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Jam buka: 18.00 – 01.30, 18.00 – 02.00, 18.00 – 03.00 WIB.

  1. Sate Taichan “Mpe” Gading

Buat pengunjung yang kebetulan ada di area Kelapa Gading yang ingin mencari sate taichan, tidak perlu jauh-jauh ke daerah Selatan. Di Jalan Raya Hybrida ada kedai sate taican yang memiliki rasa pedas yang nendang.

Tak hanya itu, sate ayam yang dijual di kedai ini juga memiliki rasa gurih yang pas jadi enak sekali dipadukan dengan sambal yang pedas. Tapi kalau bukan pecinta masakan pedas, di sini juga bisa memesan beberapa menu sate lain yang memiliki rasa asam manis, seperti sate tulang ayam atau sate d’geuliz.

Sate Taichan “Mpe” Gading beralamat di Jl. Raya Kelapa Hybrida Blok RA3 No. 23-24, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jam buka: 18.00 – 00.00 WIB.

  1. Warung Taichan – KMS Foodcourt

Sate kulit, salahs atu variase pelengkap dari sate Taichan
Sate kulit. Image via: id.pinterest.com

Warung Taichan – KMS Foodcourt. Image via:

Jika sedang berjalan-jalan di sekitar Jakarta Barat, jangan lupa mampir ke KMS Foodcourt. Sebab, di sini pengunjung akan menemukan beragam makanan enak, dari mulai sushi hingga sate tatichan.

Salah satu kedai sate taican yang cukup populer di KMS Foodcourt adalah Warung Taichan. Sama seperti kedai sate taican pada umumnya, di sini kamu juga bisa memesan sate campur, sate kulit, hingga sate daging dengan harga mulai dari Rp 2.500 per tusuk.

Salah satu kelebihannya, di sini kamu juga bisa merasakan empuknya daging bersamaan dengan kekenyalan kulit yang bikin ketagihan. Tak hanya itu, rasa sambalnya yang pedas juga menjadi daya tarik tersendiri.

Warung Taichan – KMS Foodcourt beralamat di KMS Foodcourt, Jl. Budi Raya No. 2B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jam buka: 11.00 – 23.00 WIB.

Demikian rekomendasi tempat-tempat favorit untuk mencicipi Sate Taican di Jakarta. Selamat menikmati petualangan Rasa.


Leave a Comment