Kampung Main Cipulir, Berwisata Alam Terbuka di Tengah Ibu Kota Negara

Kampung Main Cipulir merupakan lokasi wisata luar ruangan murah meriah. Lokasi ini lengkap dengan fasilitas ruang terbuka hijau, outbond dan kolam renang. Memiliki lokasi yang mudah dijangkau dengan suasana asri di ibu kota, pengunjung bisa menghabiskan weekend bersama keluarga di sini.

Kampung Main Cipulir merupakan lokasi wisata luar ruangan murah meriah. Lokasi ini lengkap dengan fasilitas ruang terbuka hijau, outbond dan kolam renang
Kampung Main Cipulir. Image via: travelinjaktang

Kampung Main Cipulir berada dilahan seluas +/- 3 Ha. Kampung wisata ini memberikan fasilitas antara lain Kolam Lumpur, Labirin, Outbound Anak, Outbound Dewasa, Flying Fox, Perahu, Fun Games, Camping Ground, ATV, Lesehan.

KMC juga memberikan layanan khusus untuk rombongan jika ada yang mengadakan acara atau kegiatan seperti Camping, Arisan , Meeting dan kegiatan lainnya.

Kelengkapan arena bermain serta lokasinya yang berada di tengah kota menjadi kelebiah tersendiri bagi KMC. Hal ini sangatlah memudahkan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Permainan-permainan yang ada di KMC dibuat sedemikian rupa sehingga bukan hanya aspek fisik,peserta yang tersentuh, tetapi aspek kemampuan berfikir dan aspek emosi juga. Namun semuanya tetap dikemas dalam suasana ceria dan fun.

Di dalam kawasan water playground, telah tersedia beragam wahana permainan. Wahana yang tersedia mulai dari: air mancur, perosotan air, dan atraksi ember tumpah
Water Playground. Image via: travelxtrans.com

Simak juga: 21 wisata recomended di Jakarta

Lokasi Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir berada di alamat Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A, RT.5/RW.12, Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Lokasi ini berjarak sekitar 11 km jika dihitung dari taman Monas.

Rute Kampung Main Cipulir

Untuk mencapai lokasi Kampung Main Cipulir bisa menggunakan kendaraan Kendaraan pribadi. Pengunjung dapat menggunakan patokan awal menuju Blok M – Kebayoran Baru kemudian lurus dari kebayoran baru sampai tiba di simpang 4 Seskoal.

Kemudian ambil arah simpang yang berlawanan Seskoal masuk serta kemudian tinggal mengikuti palang KMC (Kampung Main Cipulir).

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menggunakan Kendaraan umum, mirip seperti rute di atas, sebaiknya menuju Blok M terlebih dahulu. Kemudian dapat dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan: metromini 69 jurusan Ciledug atau Kopaja 609 dengan jurusan Meruya, dan atau Angkot putih C01.

Dari arah blok M, katakan ke sopir angkutan umum tersebut jika hendak turun di Seskoal. Setibanya di Seskoal, lanjutkan dengan menggunakan Bajaj atau ojek hingga sampai di lokasi wisata.

Untuk yang tidak mau berkeliling dengan menunggangi kuda, maka mobil ATV juga dapat menjadi wahana yang dapat kalian pilih
ATV. Image via: @desya_aryani

Jam Buka Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir buka setiap hari, mulai Senin hingga Minggu. Setiap harinya lokasi ini buka mulai jam 08.00 dan tutup jam 16.00.

Tiket Kampung Main Cipulir

Biaya masuk ke lokasi wisata kampung main cipulir dibedakan menurut hari kunjungan. Kunjungan pada hari kerja, biaya tiketnya Rp7.000. Sedangkan kunjungan pada akhir pekan dan hari libur, biaya tiketnya Rp8.000.

Fasilitas Kampung Main Cipulir

Fasilitas yang disajikan oleh pengelola cukup lengkap, mulai dari aula yang dapat disewa untuk rombongan hingga kantin-kantin yang menyajikan berbagai macam kuliner yang menarik. Selain itu juga ada musholla dan juga pendopo yang nyaman untuk beristirahat sejenak.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam disini, pengelola menyediakan Rumah Betawi yang disewakan dengan tarif Rp 350.000,00 s.d. 500.000,00 per harinya, plus api unggun di malam harinya.

Daya Tarik Kampung Main Cipulir

Berikut ini adalah beberapa objek wisata maupun wahana yang dapat pengunjung temukan di Kampung Main Cipulir.

  1. Outbound Area

Di kawasan kampung main cipulir, pengunjung akan difasilitasi untuk menguji keberanian dan ketangkasan melalui tantangan yang disiapkan oleh pengelola
Out bound jembatan tali. Image via: liputan6.com

Simak juga: Kota Emas yang Hilang di Eldorado Waterpark

Di outbound area ini tersedia Jembatan tali, Jembatan gantung, Memanjat tali, Terowongan di atas kolam, Trampolin, Kolam lumpur. Semua wahana yang disajikan dibagi menjadi dua jenis yakni, wahana khusus anak-anak serta untuk dewasa.

  1. Camping Ground

Di sini pengunjung juga dapat berkemah dengan menyewa area lapangan khusus yang telah disediakan pengelola. Selain itu pengelola camping ground ini juga menawarkan api unggun untuk membuat kegiatan ini semakin seru.

  1. Flying Fox

Di Kampung main Cipulir, Flying Fox akan meluncur sejauh lintasan 120 meter dari atas ketinggian 12 meter.
Flying Fox anak. Image via: @omardanothman

Seperti umumnya lokasi wisata luar ruangan yang memiliki sarana Out bound, Wahana Flying Fox menjadi salah satu nya. Pengunjung akan merasakan pengalaman yang seru dan menantang dengan meluncur melintasi lintasan sepanjang kurang lebih 120 meter dari ketinggian 12 meter.

  1. Tunggang Kuda dan ATV

Pengunjung dapat berkeliling kawasan wisata ini dengan menunggangi kuda, tentunya dengan didampingi oleh instruktur profesional.

Pada waktu kalian berkeliling, pengunjung akan ditemani dengan instruktur profesional sebagai pendamping.

Didampingi instruktur. Image via: tribunnews.comSimak juga: Membebaskan imajinasi di Moja Museum Jakarata

Selain menunggangi kuda untuk berkeliling, pengunjung juga dapat menggunakan ATV. Dengan menggunakan wahana ini pengunjung dapat menjajal trek bergelombang yang menantang.

  1. Futsal dan Labirin

Untuk melengkapi keseruan yang disana, bagi yang gemar dengan olahraga futsal, maka juga dapat menikmati liburan dengan bermain futsal di Kampung Main Cipulir ini. Kawasan Futsal-nya merupakan lapangan outdoor dengan kualitas standar yang sudah lumayan baik.

Kemudian pengunjung juga dapat mengunjungi wahana Labirin telah dibatasi dengan tanaman. Pengunjung dapat bersenang-senang atau berlomba untuk menemukan jalan keluar paling cepat.

Wahana Labirin satu ini akan mengajak para pengunjungnya untuk memasuki lorong kecil yang telah dibatasi dengan tanaman
Labirin. Image via: @kampungmaincipulir
  1. Wahana Air

Kampung main Cipulir memeilki beberapa wahana permainan yang berbasis Air.

  • Perahu Paddler

Pengunjung dapat berkeliling kolam secara aman dan nyaman dengan menaiki perahu-perahuan. Pengunjung dapat merasakan keseruan mengapung di atas kolam tanpa khawatir karena ketika menaikinya pengunjung akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang keamanan sesuai standar.

  • Kolam Renang

Kolam yang terdapat di KMC memiliki luas yang lumayan lebar. Hal ini memungkinkan kolam ini untuk menampung cukup banyak pengunjung. Selain itu Disini juga terdapat kolam untuk anak-anak dengan kedalamannya tidak sampai 1 meter.

  • Water Playground

Di kawasan water playground pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana yang tersedia. Meskipun tidak seluas waterpark lainnya namun wahana yang disajikan seperti air mancur, perosotan air, dan atraksi ember tumpah akan membuat apengunjung merasa senang atau gembira.

Untuk kalian yang ingin bermain di atas air tapi tidak ingin berbasah – basahan, maka bermain perahu-perahuan juga akan menjadi atraksi yang seru

Main rakit. Image via: panduanwisata.idSImak juga: Pesona Aceh di PUlau Rubiah

  1. Kolam Pancing

Pengunjung yang ingin memancing disini tidak lah sulit, mereka cukup membayar tarif sejumlah ikan yang telah mereka tangkap.

Tips Wisata Kampung Main Cipulir

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke KMC adalah pagi atau sore hari, sebab pada waktu itu tempat wisata tidak akan terasa terik.
  • Sebaiknya datang pada waktu hari kerja atau weekdays. Sebab ketika libur akhir pekan tiba, tempat ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
  • Datanglah dengan membawa kendaraan pribadi, agar waktu yang kalian habiskan disini terasa lebih longgar.
  • Datanglah secara berkelompok agar dapat merasakan keseruan disana dengan lebih maksimal.
  • Apabila kalian membawa anak – anak, pastikan sang anak tak jauh dari pengawasan.
  • Membawa pakaian ganti.
  • Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Bawalah bekal dari rumah, agar kalian dapat lebih hemat.
  • Membawa kamera, atau ponsel dalam kondisi batrai yang full. Dan tak lupa membawa power bank.
  • Selalu patuhi seluruh peraturan yang ada disana.
p[engelola kampung main cipulir menyediakan lokasi perkemahan, lengkap dengan spot api unggun
Camping Ground. Image via: @senocamp

Objek Wisata Dekat Kampung Main Cipulir

Walau Jakarta Selatan dikenal sebagai area Jakarta yang paling high class, namun bukan berarti di kota semua wisatanya berbau “mahal”. Justru Jakarta selatan memiliki banyak lokasi wisata murah dan bertema Alam.

Salah satu yang terkenal adalah Yang paling terkenal, adalah Schmutzer Primate Center. Terdapat berbagai spesies primata disini baik dari nusantara maupan dari luar negeri. Hewan-hewan tersebut ditempatkan secara khusus sehingga meyerupai habitat aslinya.

Jakarta selatan juga punya pusat konservasi kebudayaan Betawi. Di sana ada Setu Babakan. Di sekitar waduk, terdapat rumah-rumah adat Betawi yang memiliki teras cukup luas. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Betawi bisa menghampiri penjual makanan. DI sana tersedia mulai dari dodol, kerak telor, nasi uduk, nasi ulam, es selendang dan bir pletok,

Inilah ulasan singkat mengenai destinasi wisata alam di tengah kota, Kampung Main Cipulir. Untuk menikmati semua keseruan di dalamnya, silakan berkunjung pada jadwal yang tertera di atas.

Baca juga:

Leave a Comment