Kampung Main Cipulir, Berwisata Alam Terbuka di Tengah Ibu Kota Negara

Jika kita coba menyimak kenapa kawasan puncak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari kota besar, maka jawaban terpentingnya adalah kebutuhan akan wisata alam.

Terlebih lagi bagi masyarakat yang tinggal di Daerah Khusus Ibu Kota, Jakarta. Kebutuhan akan wisata di alam terbuka bukan hanya sebatas trend, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan
Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kampung Main Cipulir adalah sebuah objek wisata yang terletak di Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, seolah – olah menjadi sebuah jawaban atas kebutuhan masyarakat DKI Jakarta.

Sebuah objek wisata yang menawarkan sensasi di alam terbuka, murah – meriah, serta nyaman sebagai destinasi wisata keluarga.

Wisata Alam Terbuka Di Kampung Main Cipulir
Wisata Alam Terbuka Di Kampung Main Cipulir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Penulis sengaja mengulas tentang Kampung Main Cipulir karena pada faktanya, masyarakat di DKI Jakarta masih banyak yang belum tahu tentang keberadaan objek wisata tersebut.

Tanpa banyak basa – basi lagi, kita langsung masuk ke review Kampung Main Cipulir.

Daya Tarik Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan

Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan memiliki beberapa daya tarik yang sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga, apalagi saat musim liburan tiba.

Adapun daya tarik Kampung Main Cipulir adalah sebagai berikut :

1. Objek Wisata Yang Bertemakan Alam

Daya tarik yang pertama adalah sajian wisata dengan tema alam terbuka di dekat ibu kota. Sebagaimana diketahui bersama bahwa cuaca di Jakarta sangat panas sekali, maka spot wisata alam Kampung Main Cipulir bisa memberikan kesejukan.

Sajian Wisata Alam Di Kampung Main Cipulir
Sajian Wisata Alam Di Kampung Main Cipulir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Objek Wisata Yang Menyajikan Nilai Edukasi

Status sebagai ibu kota negara yang disandang oleh DKI Jakarta, menjadikannya sebagai kota yang tumbuh sangat pesat dalam sisi teknologi, dan modernisasi.

Sisi lain modernisasi selalu “mengancam” khazanah budaya lokal. Sehingga panorama budaya, maupun properti khas masyarakat lokal menjadi sangat jarang sekali.

Di objek wisata Kampung Main Cipulir Jakarta Selatan, para pengunjung bisa melihat rumah adat Betawi, serta Ondel – ondel. Hal tersebut bisa menjadi nilai edukasi bagi anak – anak, atau bahkan para orang tua yang belum tahu tentang rumah adat tersebut.

Rumah Khas Betawi
Rumah Khas Betawi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Destinasi Wisata Keluarga

Daya tarik lainnya dari objek wisata Kampung Main Cipulir adalah banyaknya wahana yang tersaji, yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Ragam wahana yang tersaji, didominasi oleh wahana yang sangat disukai oleh anak – anak. Jika anda dan keluarga sudah sering menghabiskan waktu liburan di mall, atau di bioskop, maka Kampung Main Cipulir bisa menjadi solusinya.

Kampung Main Cipulir Sebagai Destinasi Wisata Keluarga
Kampung Main Cipulir Sebagai Destinasi Wisata Keluarga. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ragam Wahana Dan Aktivitas Wisata Di Kampung Main Cipulir Jakarta Selatan

Banyaknya ragam wahana di sebuah objek wisata, menjadi salah – satu faktor pendorong datangnya para pengunjung ke sebuah objek wisata.

Begitupun dengan objek wisata Kampung Main Cipulir Jakarta Selatan, meiliki banyak sekali wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Seperti :

1. Kolam Renang

Kolam renang adalah salah – satu wahana yang sangat disukai oleh setiap kalangan. Dan di Kampung Main Cipulir Jakarta Selatan terdapat spot kolam renang yang berbeda – beda kedalamannya.

Spot Kolam Renang
Spot Kolam Renang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kplam renang tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas seluncuran, serta berada di kawasan yang cukup sejuk. Namun, tetap saja bagi para orang tua harus tetap mengawasi anak – anaknya saat berada di spot tersebut ya…

2. Spot Outbound

Di Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan terdapat spot outbound yang sangat bermanfaat bagi pengembangan, dan penguatan mental si buah hati.

Selain itu, spot outbound dapat meningkatkan ketangkasan juga. Para orang tua jangan khawatir, karena di lokasi tersebut sudah ada pemandu yang akan menjaga serta mengarahkan para anak – anak.

Spot Outbound
Spot Outbound. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Naik Delman Atau Kuda

Bagi masyarakat yang tinggal di desa, mungkin saja sudah terbiasa naik delman. Tetapi bagi anak – anak yang tinggal di ibu kota, dipastikan mayoritasnya belum pernah naik delman.

Delman adalah sarana transportasi yang mulai tergerus oleh laju modernisasi. Kehadiran delman menjadi kian jarang, dan Kampung Main Cipulir menjadi lokasi yang cocok untuk naik transportasi klasik tersebut.

4. Wahana Lainnya

Sebetulnya masih banyak ragam wahana lainnya di Kampung Main Cipulir Jakarta Selatan. Seperti :

  • Mobil ATV
  • Bom Bom Car
  • Odong – Odong
  • Kereta Api Mini
  • Flying Fox

Beda wahana, tentu saja beda sensasi yang dirasakan. Semua wahana di Kampung Main Cipulir sangat seru untuk dinikmati, apalagi saat bersama keluarga tercinta.

Spot Lainnya Di Kampung Main Cipulir
Spot Lainnya Di Kampung Main Cipulir. Sumber : jakarta.panduanwisata.id

Selalu utamakan keselamatan, dan abadikan momen kebahagiaan anda bersama keluarga saat berada di objek wisata Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan.

Lokasi Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir berada di alamat Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A, RT.5/RW.12, Grogol Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Lokasi ini berjarak sekitar 11 km jika dihitung dari taman Monas.

Rute Kampung Main Cipulir

Untuk mencapai lokasi Kampung Main Cipulir bisa menggunakan kendaraan Kendaraan pribadi. Pengunjung dapat menggunakan patokan awal menuju Blok M – Kebayoran Baru kemudian lurus dari kebayoran baru sampai tiba di simpang 4 Seskoal.

Kemudian ambil arah simpang yang berlawanan Seskoal masuk serta kemudian tinggal mengikuti palang KMC (Kampung Main Cipulir).

Jam Buka Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir buka setiap hari, mulai Senin hingga Minggu. Setiap harinya lokasi ini buka mulai jam 08.00 dan tutup jam 16.00.

Harga Tiket Masuk Kampung Main Cipulir

Biaya masuk atau harga tiket masuk ke lokasi wisata kampung main cipulir :

  • HTM Rp. 8.000 per orang
  • Biaya Parkir Rp. 4.000

Para pengunjung akan dikenakan biaya lanjutan untuk menikmati setiap wahana yang ada di sana. Seperti biaya tambahan untuk memasuki area outbound sebesar :

  • Rp. 20.000 untuk anak – anak.
  • Rp. 25.000 untuk dewasa.

Fasilitas Kampung Main Cipulir

Fasilitas yang disajikan oleh pengelola cukup lengkap, mulai dari aula yang dapat disewa untuk rombongan hingga kantin-kantin yang menyajikan berbagai macam kuliner yang menarik. Selain itu juga ada musholla dan juga pendopo yang nyaman untuk beristirahat sejenak.

Penutup

Itulah review Kampung Main Cipulir Kota Jakarta Selatan sebagai objek wisata yang recommended untuk dikunjungi oleh masyarakat DKI pada khususnya.

Selamat berlibur, patuhi protokol keamanan, dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola, dan pemerintah.


Leave a Comment