Taman Suropati, Taman Kece Lintas Generasi Di Jakarta

Taman Suropati  menjadi satu dari sekian banyak taman yang ada di DKI Jakarta, yang dianggap sangat penting. Bukan hanya karena faktor kebutuhan terhadap Ruang Terbuka Hijau saja, namun Taman Suropati memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Selain itu, Taman Suropati juga lokasinya sangat strategis, serta taman yang bisa dikunjungi baik di pagi hari, sore hari, maupun malam hari.

taman suropati
taman suropati. google maps. sumber: lijo Joseph

Beda waktu, tentu saja beda juga sajian wisata, serta aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Dan biasanya saat menjelang malam, Taman Suropati selalu didominasi kunjungan dari generasi milenial.

Hasrat kunjungan wisata ke Taman Suropati harus ditahan dulu untuk sementara waktu. Karena Taman Suropati hari ini masih dalam status tutup sementara.

Hal tersebut disebabkan oleh sikap antisipatif dari pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19, dengan lahirnya kebijakan PPKM, khususnya untuk Pulau Jawa, dan Bali. Dan sebelumnya dikenal dengan istilah PSBB.

Sejarah Taman Suropati

taman suropati, taman bersejarah di jakarta
taman suropati, taman bersejarah di jakarta. google maps. sumber: duong hieu lam

Taman Suropati menjadi sangat penting bukan hanya karena mempunyai manfaat sebagai salah-satu paru-paru Jakarta saja. Namun, di sisi lain menjadi saksi tentang sejarah Jakarta, khususnya saat masih bernama Batavia.

Sejarah Taman Suropati dibangun pada masa Walikota pertama Batavia, yang bernama Burgeemester Bisschopplein, yang menjabat dari tahun 1916 – 1920.

Yang tidak berubah dari Taman Suropati hanya lokasinya saja, yang terletak di pusat kawasan Menteng. Dari masa ke masa, Taman Suropati selalu dilakukan pembenahan, atau penataan sesuai dengan kebutuhan jamannya, alias lintas generasi.

Daya Tarik Taman Suropati

Saat ini, kawasan Taman Suropati sangat jauh dari kisah mistis yang sempat berkembang dari mulut ke mulut. Penataan kawasannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kekinian, khususnya kebutuhan masyarakat ibu kota.

1. Taman Kece Di Menteng

taman kece di menteng
taman kece di menteng. google maps. sumber: Angelina Fortune

Daya tarik yang pertama dari Taman Suropati adalah sebuah taman yang nyaman, kece, dan cocok untuk semua kalangan, dan semua usia.

Luas Taman Suropati adalah 16.328  meter persegi. Dengan luas tersebut, maka tak ayal jika di Taman Suropati banyak sekali ditumbuhi oleh pepohonan, tumbuh-tumbuhan, hingga tanaman hias. Bahkan ada juga air mancurnya.

Suasana yang nyaman, tenang, dan teduh, tentu menjadi daya tarik utama khususnya bagi masyarakat ibu kota yang selalu berjibaku dengan bisingnya kendaraan, polusi, serta seabreg tugas-tugas kantor.

Lokasi Taman Suropati juga menjadi daya tarik tersendiri. Dimana lokasi Taman Suropati berada di kawasan beken di Jakarta, yaitu di kawasan Menteng.

2. Aktivitas Wisata

aktivitas wisata di taman suropati
aktivitas wisata di taman suropati. google maps. sumber: Fauzan Iskandar

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh pengunjung saat berada di lokasi Taman Suropati banyak sekali. Beda waktu, tentu saja beda juga sensasi kunjungannya.

Anak-anak muda lebih menyukai kunjungan di sore hari menuju malam. Sementara bagi pengunjung yang membawa keluarganya lebih memilih untuk berkunjung di pagi hari saat akhir pekan.

Adapun aktivitas wisata di Taman Suropati yang bisa dilakukan oleh pengujung adalah sebagai berikut:

  • Jogging,
  • Hunting kuliner,
  • Edukasi seni,
  • Hunting foto,

Taman Suropati sangat identik dengan aktivitas wisata memberi makan kepada burung-burung merpati yang ada di loasi tersebut, layaknya di eropa.

Selain itu, penataan kawasannya, dari mulai kursi, lampu-lampu, mampu menjadi latar foto selfie yang instagramable.

3. Monumen ASEAN

salah satu monumen asean
salah satu monumen asean. google maps. sumber: Nur Lailatul Qodriah

Taman Suropati sangat bernilai sejarah yang sangat tinggi. Apalagi saat dibangun monumen-monumen dari pemahat ternama yang berasal dari negara ASEAN.

Adapun monumen di Taman Suropati adalah sebagai berikut:

  • Indonesia, monumen Perdamaian, yang dibuat oleh Sunaryo.
  • Malaysia, monumen Perdamaian, Harmonis, dan Bersatu, dibuat oleh Lee Kian Seng.
  • Singapura, monumen Semangat ASEAN, dibuat oleh Wee Beng Chong.
  • Brunei Darussalam, monumen Keharmonisan, dibuat oleh Awang HJ Latirf Aspar.
  • Thailand, monumen Persaudaraan, dibuat oleh Nonthivathn Chandhanapalin.
  • Filipina, monumen Kelahiran Kembali, dibuat oleh Luis E. Tee Jr.

Lokasi Dan Alamat Taman Suropati

Lokasi Taman Suropati terletak di kawasan Menteng. Adapun alamat Taman Suropati berada di Jl. Taman Suropati No.5, Rt.05, RW.05, Kecamatan Menteng, Kota Fakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Rute Menuju Taman Suropati

lokasi taman suropati
lokasi taman suropati. google maps. sumber: Irfansyah Aryabima

Jalan menuju Taman Suropati sangat mudah, karena lokasinya berada di pertemuan tiga jalan utama, yaitu:

  • Jalan Diponegoro,
  • Jalan Imam Bonjol,
  • Jalan Teuku Umar.

Akses jalan menuju Taman Suropati bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Taman Suropati

Tiket masuk Taman Suropati gratis.

Jam Buka Taman Suropati

  • Dalam kondisi normal, Taman Suropati buka 24 jam.
  • Taman Suropati buka setiap hari.

Fasilitas Di Taman Suropati

Fasilitas di Taman Suropati adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Jogging track,
  • Kursi-kursi yang nyaman, dan keren,
  • Penjual makanan, dan minuman.

Tinggalkan komentar