Tebet Eco Park, Infinity Brigenya Simbol Keragaman Yang Disatukan

|

Tebet Eco Park menjadi sebuah kado istimewa bagi masyarakat DKI pada khususnya, yang telah lama terbatasi aktivitas wisatanya karena situasi pandemi.

Tebet Eco Park sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan Ruang Terbuka Hijau yang aman, nyaman, edukatif, serta mampu menyesuaikan dengan trend kekinian.

Animo masyarakat DKI sangat besar sekali untuk berkunjung ke Tebet Eco Park. Hal tersebut terbukti saat akhir pekan jumlah pengunjung yang datang akan sangat banyak sekali.

infinity bridge
infinity bridge. google maps. sumber: Mochamad Ilham Yahya

Meskipun Tebet Eco Park baru diresmikan pada tanggal 23 April 2022 oleh Gubernur DKI, Bpk. Anies Baswedan. Namun langsung mampu menarik perhatian masyarakat sehingga viral di media sosial.

Bagi penulis, Tebet Eco Park bukan sekedar taman biasa. Terkandung makna, atau nilai filosifis dari penataan taman tersebut, terutama pada bangunan jembatannya.

Oh iya, bagi anda yang ingin berkunjung ke Tebet Eco Park, maka diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Atau membawa kartu, atau surat tanda bukti sudah divaksin.

simak juga: tempat wisata di jakarta

Lokasi Tebet Eco Park

Lokasi Tebet Eco Park terletak di Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

tebet eco park
tebet eco park. google maps. sumber: Widyamukti Arif Wicaksana

Rute Menuju Tebet Eco Park

Rute menuju Tebet Eco Park Jakarta bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi, maupun alat transportasi publik, seperti Bus Trans Jakarta, angkot, hingga jasa transportasi online.

Rute menuju Tebet Eco Park jika menggunakan Bus Trans Jakarta, atau Mikrotrans yang paling dekat adalah jurusan Stasiun Tebet – Kuningan.

Adapun perhentian Bus Trans Jakarta yang dekat dengan Tebet Eco Park adalah sebagai berikut:

  • Simpang Tebet Barat IX 1
  • Simpang Tebet Barat IX 2
  • Taman Hutan Tebet
  • Jl. Tebet Timur III
fasilitas di tebet eco park
fasilitas di tebet eco park. google maps. sumber: Karina Saraswati

simak juga: ecopark ancol

Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park

Tiket masuk Tebet Eco Park gratis. Hal tersebut sekaligus menjadi salah-satu alasan kenapa Tebet Eco Park jakarta selalu ramai, selain alasan pesona keindahan, dan spot selfie yang instagramable.

Jam Buka Tebet Eco Park

  • Tebet Eco Park buka dari jam 06.00 – 19.00.
  • Tebet Eco Park beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Tebet Eco Park

Fasilitas wisata di Tebet Eco Park adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Masjid,
  • Jogging Track,
  • Spot selfie yang instagramable ( Infinity Bridge ).
ditumbuhi banyak pepohonan
ditumbuhi banyak pepohonan. google maps. sumber: herman b_1

simak juga: taman suropati

Sejarah Tebet Eco Park

Tebet Eco Park adalah revitalisasi dari Taman Tebet Honda. Pada awalnya, Tebet Eco Park adalah dua lokasi taman yang terpisah, dan belum terintegrasi seperti saat ini.

Dua taman tersebut dihubungkan oleh jembatan ikonik, sekaligus spot selfie favorit pengunjung yang bernama Infinity Link Bridge.

Setelah terintegrasi, Tebet Eco Park memiliki luas sekitar 7,3 ha. Di kawan taman tersebut telah dilengkapi dengan beragam konten, atau fasilitas wisata yang kekinian.

Daya Tarik Tebet Eco Park

1. Infinity Bridge

eksplore infinity bridge
eksplore infinity bridge. google maps. sumber: Ismi Ay

Daya tarik utama dari Tebet Eco Park adalah jembatannya yang ikonik, warna-warni, sekaligus menjadi tempat yang paling diburu oleh para pengunjung untuk melakukan selfie.

Bagi penulis, jembatan tersebut memiliki filosofis menyatukan keragaman. Faktanya, Infinity Bridge menyatukan keragaman yang ada di Taman Tebet Utara, dan Taman Tebet Selatan.

2. Area Bermain Anak

Tebet Eco Park sangat cocok bagi wisata keluarga di akhir pekan. Karena taman tersebut menyajikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh si buah hati berupa area bermain anak.

Selain itu, Tebet Eco Park juga bisa dijadikan salah-satu opsi tempat untuk melakukan aktivitas jogging, atau bersepeda. Tetapi untuk sepeda, ada baiknya saat jumlah kunjungan tidak terlalu banyak ya…

adem banget
adem banget. google maps. sumber: Mochamad Ilham Yahya

simak juga: taman cattleya

3. Terdapat Lebih Dari 1000 Pohon

Tebet Eco Park juga menyajikan sisi edukatif. Hal tersebut terbukti dengan keberadaan pohon-pohon yang jumlahnya lebih dari 1000 pohon.

Spot yang satu dengan yang lain diintegrasikan dengan jalur yang sudah tertata secara baik, dan indah. Pohon-pohon yang ada di Tebet Eco Park mampu memberikan keteduhan bagi para pengunjung yang datang.