Ecopark Ancol, Character Building Academy Bagi Anak Jakarta

Mengenai lokasi wisata edukasi di Jakarta, tidak hanya Ocean Dream Samudra atau Gelanggang Samudra saja yang dapat dijadikan tempat wisata edukasi. Di kompleks Pantai Ancol masih ada objek wisata lain yang memilki muatan edukasi.


Pengunjung juga bisa mengajak purta-putri tercinta untuk berekreasi sekaligus menambah wawasan di Ocean Ecopark Ancol. kawasan ini juga kadang disebut dengan Allianz Ecopark Ancol.

Ancol Ocean Ecopark merupakan taman wisata seluas 33,6 hektar. Lokasi yang hijau membentang ini merupakan bekas Padang Golf Jaya Ancol. Di lokasi ini pengunjung bisa mengenal lebih jauh mengenai dunia tumbuh tumbuhan, karena disini terdapat sepuluh ribu pepohonan, termasuk beberapa yang sudah langka dan jarang ditemui. Pepohonan itu mencakup berbagai pohon tropis seperti cemara laut, trambesi, mahoni, serta beberapa spesies tanaman langka.

Untuk memudahkan pengunjung, setiap tanaman diberikan papan informasi yang memuat nama serta keterangan umum pohon.

ecopark-ancol
Ecopark ancol. Image via: trivindo.com

Simak juga: daftar tempat wisata di Jakarta

Ancol Ocean Ecopark adalah lokasi yang tepat untuk mengadakan berbagai macam kegiatan luar ruangan. Taman ini dilengkapi dengan dua jalur untuk berkeliling. Jalur pertama dikhususkan untuk pejalan kaki yang ingin jalan santai atau jogging.

Sedangkan jalur kedua sepanjang dua kilometer merupakan track untuk dilalui kendaraan seperti sepeda, segway, dan buggy car.

buggy car
Buggy car ecopark ancol. Image via: citrapangestuti

Bila ingin berkeliling danau, pengunjung dapat menyewa fun boat cruiser. Ecopark di kawasan Ancol itu juga menyediakan fasilitas untuk outbond, ecoboat, dan forest camping. Ada pula arena paintball yang terbagi menjadi beberapa zona pertempuran. Bila ingin menyaksikan suasana hijau dari ketinggian, Anda bisa mencoba naik lookout tower.

Taman dari eks Padang Golf ini mengedepankan green lifestyle yang memungkinkan pengunjung untuk mengeksplorasi tanaman dan bermain. Allianz Ecopark memiliki 4 zona berbeda, yaitu Eco Care, Eco Art, Eco Nature, dan Eco Energy.

Zona Eco-Care akan mengajak pengunjung melepas setres dengan berbagai permainan edukasi seru bersifat kekeluargaan. Eco-Art akan memanjakan pengunjung dengan berbagai pertunjukan seni dan pameran yang patut dikunjungi.

Sedangkan Eco-Nature akan memberi edutainment tentang berbagai jenis flora fauna unik dan hijau alam menenangkan. Terakhir adalah Eco-Energy, yang saat ini belum selesai dibangun. Kawasan eco energy nantinya akan difokuskan untuk memperkenalkan konservasi energi dan sumber energi terbaru.

Simak juga: info seputar Museum Fatahillah

peta
Peta area ecopark ancol. Image via: jejakpiknik.com

Untuk pulau di tengah danau buatan, yang terdiri atas sebuah pulau utama dan beberapa pulau kecil,  terisi dengan aneka satwa. Pulau kecil menjadi tempat tinggal burung pelikan, burung dara, burung kasuari, bebek, rusa, domba, monyet, dan sebagainya.

Pokoknya lokasi ini lengkap untuk memenuhi keinginan kita melakukan aktifitas luar ruangan. Mulai dari yang palig sederhana, joging, sampai yang rada rumit seperti caming, flaying fox, dan paint ball.

Alamat Ecopark Ancol

Ecopark Ancol Jakarta berlokasi di dalam kawasan Ancol Jakarta Bay City, tepatnya berdekatan dengan Dufan Ancol. Beralamat di Jln. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

Rute Angkutan Umum Menuju ecopark ancol

Lokasi Ecopark Ancol yang strategis membuatnya mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Menggunakan bus TransJakarta atau bus umum bisa menjadi pilihan angkutan yang murah.

Naik bus TransJakarta Koridor 5 (rute Blok-M) kemudian turun di Halte Ancol.

Jika menggunakan bus kota, naik yang menuju Blok-M, atau PPD P38 menuju Terminal Tanjung Priok.

Bagi yang dari luar kota, dapat menggunakan KRL Commuter Line untuk lebih hemat. Misalnya dari Bekasi, naik KRL menuju Stasiun Jakarta Kota, kemudian ganti dengan Mikrolet M15/M15A. Jika dari arah Bogor, naik KRL menuju Kampung Bandan, dilanjutkan dengan Mikrolet M15/ M15A. Pengunjung akan tiba di pintu utama Ancol, dilanjutkan dengan menaiki shuttle bus untuk ke Ecopark Ancol.

fauna land ecopark ancol
Fauna land. Image via: @wulanbenzie

Baca: review dan info seputar Setu Babakan

Jam Buka Ecopark Ancol

Bagi pengunjung yang ingin menikmati berbagai keseruan wahana Ecopark Ancol, dipersilakan mulai datang sejak pagi hari. Ecopark Ancol dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Sedangkan jam operasional berbagai wahana berbeda beda pada masing-masing wahana.

Seperti misalnya untuk permainan Paintball,  jam buka mulai lebih siang, yaitu pukul 08.00 dan ditutup lebih cepat, yaitu pukul 16.00 WIB. Sedangakn untuk eco park dibuka berbarengan jam 06.00 namun ditutup sangat mendahului, yakni pukul 10.00.

Tiket Masuk Ecopark Ancol 2019

Untuk memasuki kawasan ecopark Ancol pengunjung tidak dikenakan tiket khusus. Pengunjung bisa memasuki kawasan ecopark dengan menggunakan tiket ketika memasuki kawasan Pantai Ancol yang nilainya Rp 25.000.

Namun bukan berarti pengunjung tidak perlu dana di kawasan ini. Tiket khusus diperlukan untuk menikmati wahana-wahana yang ada. Seperti misalnya wahana mobil golf yang dikenakan biaya Rp120.000 untuk satu jamnya

harga tiket
Tiket untuk wahana. Image via: cichaz.com

Fasilitas Ocean Ecopark Ancol

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di ibukota negara, ecopark Ancol memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung selama di taman ini.

Fasilitas publik yang dimiliki oleh Ocean ecopark antara lain area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, ruang edukasi, rumah makan, dan bahkan juga penginapan

Ecopark Ancol Ada Apa Aja?

Saat ini ecopark ancol mengelola beberapa wahana yang semuanya seru seru abis. Pada kesempatan ini nativeindonesia hanya akan membahas 6 diantaranya. Wahana wahana itu meliputi: Eco-Market, Paintball, Rumah Lebah, Learning Farm, Eco-Bike, dan Outbondholic.

Eco-Market Ocean Ecopark Ancol

eco market
Eco market Ecopark ancol. Image via: @ancoltamanimpian

Simak: liburan keluarga ke Kebun Binatang Ragunan

Ecomarket dibuka pada bulan agustus 2013, bertepatan dengan HUT RI ke-68. Eco-market tidak diselenggarakan tiap hari, namun hanya pada akhir pekan dan hari libur nasional saja.

Ecopark ancol merupakan pasar bergaya tradisional yang menyediakan beragam buah dan sayur bebas pestisida, Ecomarket menjadi pasar organik pertama dan terbesar di Jakarta. Selain bahan pangan organik, Ecomarket juga menyediakan bazar tanaman hias dan kerajinan tangan.

Tidak hanya sebagai sarana jual beli, serangkaian kegiatan juga berlangsung di sana, seperti senam pagi, demo pembuatan keramik, dan penampilan musik akustik yang menghibur setiap pengunjungnya.

Ecomarket dibuka pukul 06:00 hingga pukul 10:00 di Ocean Ecopark Ancol.

Paintball Ocean Ecopark Ancol

paint ball
Paintball Ecopark Ancol. Image via: meutiadiary.com

Setelah mengunakan seragam perang, para pemain pun mendapatkan briefing atau pengarahan bagaimana cara mengunakan senjata, menembak, mengelock sejata agar tidak bisa menembak, system permainan, dan hal2 yang dianggap penting ato pun merupakan rule dari permainan. Briefing selesai kemudian dilakukankan dengan acara serah terima senjata dan googlet, setelah itu pertempuran dimulai.

Paint Ball di ecopark ancol terbagi 3 zona: Battle Savana, Battle Village, Battle Field. Lama waktu pertempuran tiap-tiap zona 60 menit. Di dalam tiap-tiap zona mempunyai misi pertempuran yang berbeda.

Permainan di tiap zone di dibagi menjadi 2 session di dalam satu zona dimana masing-masing session mempunyai durasi 20 menit, 5 menit pertama adalah masa orientasi, dan sisanya masa perang beneran.

Zona 1 – Battle Savanna merupakan hamparan rumput dengan barikade tempur yang berupa gundukan rumput dimana para petempur bisa merasakan sensasi sebagai tentara tempur untuk menghindari target musuh dgn tiarap (merangkak), bersembunyi dibalik barikade rumput, semak, mobil pick up, potongan kayu, ban tractor yang didecorasi untuk tantangan tempur.

paint ball
Battle Savanna. Image via: jakarta-tourism.go.id

Simak; info seputar Kota Tua Jakarta

Zona 2 – Battle Village merupakan pertempuran diarea reruntuhan bangunan perkampungan yang luas di atas area yang rimbun pohon dgn barikade dinding bangunan, bunker pasir, drum bekas, tumpukan kayu serta kolam alami sehingga para petempur bisa merasakan sensasi tempur luar biasa terhadap lawan. Di zona ini lebih menekankan kepada taktik perang & team tempur yang solid.

Zona 3 – Battle Field merupakan pertempuran yang terdapat Benteng Tempur 2 meter diatas hamparan rumput. Sensasi pererangan diarea ini sangat berbeda dengan zona sebelumnya karena diarea ini mempunyai karakter lahan unik dgn property barikade yang berbeda (Gerbong kereta, tanah berkontur, pepohonan besar dan danau alami) rasa mencekam akan dirasakan oleh para petempur di lokasi ini.

Rumah Lebah Ocean Ecopark Ancol

Rumah lebah menawarkan wisata edukasi melalui pengalaman berinteraksi langsung dengan serangga penghasil madu ini. Pengunjung dapat mempelajari jenis-jenis, pola hidup, serta manfaat lebah dan pengetahuan lainnya tentang lebah melalui tutor-tutor berpengalaman.

Di Rumah Lebah, pengunjung dapat memasuki langsung area penangkaran lebah madu dan mempraktekkan langsung penggunaan alat ekstraksi madu dari sarang lebah tanpa merusak sarangnya.

Learning Farm Ocean Ecopark Ancol

mengenal pertanian
Learning farm. Image via: albayan.sch.id

Learning Farm merupakan sarana edukasi yang sangat baik untuk anak-anak  dengan hiburan atau wahana bermain sambil belajar. Di sini pengunjung akan diajarkan bagaimana cara berkebun.

Dilengkapi dengan lahan untuk bercocok tanam yang cukup luas, sehingga membuat kita seperti benar-benar menjadi petani yang berkebun.

learning farm
Learning farm bukan hanya untuk anak anak. Image via: ancoltmnimpian

Dalam wahana ini diajarkan bagaimana berkebun dari mulai menanam, mengurus sampai memanen sayuran. Anak-anak diajarkan untuk menggunakan pupuk terbaik dan tidak menggunakan pupuk kimia. Dalam Learning Farm terdapat 12  macam jenis tanaman sayur-sayuran yang dapat digunakan untuk belajar oleh anak-anak.

Eco-Bike Ocean Ecopark Ancol

eco-bike
Eco-Bike Ocean Ecopark Ancol . Image via: tempatwisataunik.com

Nikamati serunya bersepeda di lahan hijau yang luas dan berudara segar dalam kawasan hijau Ocean Ecopark. Untuk melakukan aktifitas bersepeda pengelola kawan menyediakan trek sepanjang 2 km mengelilingi odean eco park. Sepeda yang digunakan pun ada 2 pilihan, yakni speda tunggal dan sepeda tundem yang bisa dinaiki oleh 2 orang sekaligus.

Untuk menyewa sepeda dikenakan biaya 35 ribu rupiah per jamnya untuk sepeda tunggal. Sedangkan untuk sepeda tandem, dikenakan biaya 65 ribu rupiah per jam nya.

Outbondholic Ocean Ecopark Ancol

kid-outdoor
Kid outdoor. Image via: travelspromo.com

Outbondholic Ancol Adventure Park hadir sebagai bentuk alternatif baru bagi pecinta alam dan tantangannya di segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Diatas lahan seluas lebih dari 1,5 hektar, tim profesional akan membimbing peserta outbond untuk melakukan trekking ke area outbond.

OutbondHolic Ancol Adventure Park didesign untuk dua sirkuit, yaitu sirkuit anak-anak ( usia 6-12 tahun) dan sirkuit remaja dan dewasa ( 12 tahun ke atas). Setiap sirkuitnya dibagi berdasarkan empat zona yaitu zona hijau, zona biru, zona merah dan zona hitam.Setiap zona terdapat kurang lebih tujuh sampai delapan games. Kapasitas pemain untuk sirkuit dewasa OutbondHolic sekitar 35 orang/jam dan kapasitas sirkuit anak-anak sekitar 60 orang/jam.

Permainan outbond dimulai dari sirkuit teringan dengan tingkat kesulitan yang rendah dilanjutkan sampai sirkuit terberat dengan tingkat kesulitan tinggi. Peraturan ini diberlakukan untuk mempersiapkan individu dan kelompoknya agar benar-benar siap ketika menghadapi tantangan dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

flaying fox
Flaying fox diatas jalanan aspal. Image via: drewsdays

Produk keunggulan produk outbond Ancol adalah Flying Fox dengan panjang 480 meter dan ketinggian sekitar 7 lantai gedung bertingkat.

Kegiatand alam outbond di desain untuk tidak sekedar menimbulkankegembiraans emata, namun juga ada tujuan carakter buildingd an team building. Beberapa permainan didesain utnuk mencapai tujuan yang berbeda. Tujuan-tujuan itu meliputi:

  • leadership & followership : kepemimpinan dan kekompakan, personal & team
  • confidence: kepercayaan diri individu dan kelompok,
  • team work building : kerjasama kelompok,
  • problem solving & decision making : pemecahan permasalahan dan solusi,
  • mentality development : pengembangan potensi diri,
  • corporate development : pengembangan perusahaan,
  • team work building : membangun kerjasama kelompok,
  • positive mental attitude : membangun sikap mental professional,
  • fun : kegembiraan, kesenangan.

Di area outbond terdapat fasilitas OutbondHolic Resto, sebuah restaurant yang berfungsi sebagai transit enter bagi para orangtua yang ingin menunggu anaknya bermain outbond.

out bound
Ayoo siapa mau pegangin aku?.  Image via: ritaaza

Outbondholic Resto juga dilengkapi dengan fasilitas kamar ganti atau changging and washing room. Dengan sajian menu yang beragam, seperti light snack, maupun menu western, asian, dan traditional, hadir melengkapi suasana Ancol Outbond menjadi momentum yang tidak terlupakan.

Bagaimana? Jadi penasaran sama keseruannya? Dateng saja langsung ke lokasi. Jangan lupa bawa teman teman, soalnya jauh lebih seru saat bermain di luar ruangan jika bersama kawan-kawan yang biasa di ajak nongkrong bareng.

Selamat berlibur!

Ecopark Ancol, Character Building Academy Bagi Anak Jakarta
4.5 (90%) 4 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment