Sea World Ancol, Bisa Rekreasi Sambil Edukasi Disini

| | ,

Di masa ini, jalan jalan wisata tidak hanya mrlulu bertujuan hiburan semata. Akan sangat baik jika juga bisa menjadi sarana belajar. Konsep wisata seperti ini umum dikenal dengan ‘Edutainment’. Jika kita masih ingat zaman SD atau SMP dahulu, saat liburan akhir tahun ada acara karya wisata. Dimana setelah selesai jalan jalan, kita diminta mengumpulkan paper laporan mengenai objek yang dikunjungi. Itulah cikal bakal dari konsep Edutainment.

Jika saat itu kita harus mencari cari sendiri nilai edukasi dari sebuah objek wisata publik, saat ini telah ada objek wisata yang secara khusus didedikasikan untuk edutainment. Seaworld ancol adalah salah satu objek wisata jenis ini.

Sea World Ancol
Seaworld ancol. Image via: fb ancolseaworld

Seaworld Ancol Tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga memberi edukasi bermanfaat kepada pengunjung,  SeaWorld Ancol mengusung 3 tujuan utama. Yaitu, tidak hanya menghibur, juga memberikan edukasi tentang biota laut, dan pengalaman konservasi yang memanjakan mata. SeaWorld Ancol menyuguhkan 3 zona perairan yaitu zona perairan tawar, zona pesisir, dan zona perairan laut.

Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka

Lihat juga: info seputar Dufan Ancol

Lokasi Sea World di Ancol

Kawasan wisata Seaworld Ancol ini letak dan alamatnya berada di daerah Jakarta Utara, atau lebih tepatnya di Ancol. Lokasi Seaworld Indonesia ini memang berada di satu wilayah dengan Dunia Fantasi atau Dufan.

Alamat alan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

Atau untuk peta lengkapnya bsia di klik link berikut Peta Ancol

Rute Menuju ke Sea World Ancol

Untuk menuju ke kawasan wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Ada beberapa pilihan mode transportasi yang bisa dipilih.

Kendaraan pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur tol ke arah Ancol atau Tanjung Priok. Setelah itu keluar di pintu tol Ancol Dari pintu tol ini bergerak ke arah kanan dan masuk ke pintu gerbang Ancol. Setelah membayar retribusi, para pengunjung cukup mengikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersebar di dalam Taman Impian Jaya Ancol ini.

KRL

Sementara jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan KRL atau Commuter Line.

Jika dari Bogor, bisa menggunakan KRL Commuter Line ini menuju ke arah Kampung Bandan. Dari sini bisa dilanjutkan dengan ojek online atau mikrolet. Jika menggunakan mikrolet, naik jurusan M 15 atau M 15 A yang akan berhenti di depan pintu gerbang Ancol.

Jika berangkat dari Bekasi, bisa menggunakan KRL yang menuju ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari sini dilanjutkan dengan menggunakan Mikrolet jurusan M 15 dan M 15 A yang akan menuju ke arah pintu gerbang Ancol.

Sedangkan jika dari arah Serpong bisa menuju ke Kampung Bandan. Akan tetapi transit terlebih dahulu ke Tanah Abang. Dari Kampung Bandan lanjutkan dengan Mikrolet M 15 atau M 15 A ke Ancol.

Bus Trans Jakarta

Selain KRL atau Commuter Line, bus Trans Jakarta juga bisa digunakan jika ingin mengunjungi Seaworld Ancol ini. Jika menggunakan bus Trans Jakarta, pilih jalur busway koridor 1 dan koridor 5 yang akan langsung menuju ke pintu gerbang Ancol. Dari sini bisa dilanjutkan menggunakan shuttle bus.


Bus Umum

Sedangkan untuk bus umum, bisa menggunakan bus yang memiliki jalur dari Blok M ke Ancol dan terminal Tanjung Priok. Bisa juga menggunakan PPD P38 dari Blok M ke Tanjung Priok. Sementara jalur bis lain bisa memakai bus Steady Safe 948 dari Kampung Melayu ke arah Tanjung Priok dan dilanjutkan dengan mikrolet M 15 atau M 15 A.

Untuk Bekasi Barat, bisa menggunakan Mayasari Bakti 27 AC dari Bekasi ke Mangga Dua. Dan lanjut dengan Mikrolet M 15 atua M 15 A yang akan berhenti di depan pintu gerbang Ancol.

Simak juga: daftar tempat wisata di Jakarta yang populer

patin albino.
Ikan langka Patin albino, koleksi seaworld ancol. Image via: fb ancolseaworld

Simak juga: eksotisme Kota Tua Jakarta

Jam Buka Seaworld Ancol

Mengenai jam operasional komersil dari Seaworld Ancol, tempat ini bukan setiap hari. Mulai buka setiap harinya dari jam 9 pagi sampai kemudian tutup jam 6 sore.

Harga Tiket Masuk Seaworld Ancol

Harga tiket masuk Seaworld ancol untuk hari biasa sebesar 85 ribu rupiah dan seharga 105 ribu untuk di akhir pekan.

Namun selain tiket biasa ini, ada juga tiket Bundling dengan objek lain. Untuk bundling dengan Dufan harga tiket nya 250 ribu di hari biasa dan 350 ribu di akhir pekan. Sedangkan Untuk bundling dengan Ocean Dream Samudra harga tiket nya 160 ribu di hari biasa dan 200 ribu di akhir pekan.

sepak bola bawah air
Atraksi sepak bola bawah air. Image via: medcom.id

Simak: wisata ke Pantai Ancol

Fasilitas di Seaworld Ancol

Fasilitas penunjang yang tersedia di Seaworld Ancol sudah sangat lengkap. Bahkan mungkin salah satu fasilitas wisata terlengkap dibandingkan semua ojek wisata lain di indonesia. Mungkin hal ini disebabkan lokais yang diperkotaan dan tingkat kunjungan yang tinggi. Fasilitas yang tersedia berupa: mushola, toilet, ruangan kesehatan P3K, dan bahkan Photo Shop yang bisa mencetak photo kenangan pada kaos atau gelas.

Selain itu terdapat beberapa fasilitas lain, seperti:

  • Ruang Baby Care untuk ibu menyusui dan perawatan keperluan bayi
  • Fish Spa untuk kaki yang akan dilakukan oleh ikan Garru Ruffa. Ikan ini akan memakan sel – sel kulit mati pada kaki dan berlangsung hingga 30 menit
  • Perpustakaan yang menyediakan beragam buku biota laut
  • Foodcourt
  • Toko Souvenir untuk membeli oleh – oleh menarik sebelum pulang

Wahana dan Atraksi di Seaworld Ancol

Di antara berbagai atraksi di seaworld ancol ini, tentu yang paling iconik adalah feeding Show. Atraksi memberi makan ikan, yang dilakukan secara langusng, dengan menyuapi ikan ikan predator besar.

Sea World Ancol, Bisa Rekreasi Sambil Edukasi Disini 1

Namun selain atraksi iconik ini ada banyak wahana lain di seaworld ancol ini. Saat ini Seaworld Ancol mengoperasikan belasan wahana, yang diantaranya adalah: Magic Aquarium, Touchpool Sea Turtle, Antasena Tunnel,  Touchpool Bintang Laut, Feeding Sea Turtle, Main Aquarium, Touchpool Hiu, Otter Track, Interactive Aquarium, SharkAquarium,  Otter Track, Jellyfish Sphere

Baca juga: wisata keluarga ke Waterboom PIK

Dari semua wahana itu, kali ini nativeindonesia.com, akan membicarakan 5 diantaranya yang merupakan legenda dari taman wisata edukasi ini.

1. Touch Pool

Touch Pool
Touch Pool. Image via: hargatiket.net

Pada Wahana Touch Pool di Seaworld, pengunjung dimungkinkan untuk secara langsung dan “berinteraksi” dengan biota laut secara lebih dekat. Area ini terbagi dalam 4 kolam terbuka yang berisi biota laut yang berbeda-beda, meliputi:  kolam penyu, bintang laut, ikan hiu yang bersahabat dengan manusia, sampai ikan hiu yang bisa menyerang manusia.

Pada wahana ini, pengunjung tidak hanya bisa sekedar menyentuh kolam, tetapi juga berfoto bersama biota laut di dalamnya. Semuanya aman, sepanjang memperhatikan dan mengikuti peraturan dan petunjuk dari penjaga wahana.

Baca juga: info seputar Kebun Binatang Ragunan

2. Main Aquarium

Main Aquarium
Main Aquarium. Image via: astrajingga-tour

Setiap kali berkunjung ke Seaworld Ancol, wahana ini hampir dipartikan tidak pernah dilewatkan oleh para pengunjung. Akuarium utama ini, sampai saat ini merupakan akuarium terbesar di Indonesia. Di akuarium berukuran 24×38 meter ini terdapat beberapa jenis ikan, baik ikan cantik maupun ikan yang tergolong ganas.

Salah satu ikan yang banyak mendapat perhatian pengunjung di akuarium ini adalah ikan Ikan Hiu Perawat Raksasa atau Tawny Nurse Shark, sepanjang 3,5 meter. Ikan ini disebut-sebut memiliki urutan keganasan nomor 32 dari 32 jenis ikan hiu yang tercatat ganas atau pernah menyerang manusia. Dengan kata lain ini ikan paling jinak diantara ikan paling ganas.

Selain untuk menyaksikan ikan hiu, pengunjung juga senang datang ke akuarium utama untuk menyaksikan aktivitas pemberian makan ikan yang melibatkan para penyelam. Selain main aquarium, feeding show juga ada di beberapa wahana lain. Berikut ini jadwal feeding show nya.

3. Under Water Tunnel

terowongan laut
Under Water Tunnel. Image via: jakarta-tourism.

Wahana Under Water Tunnel atau terowongan bawah air di Seaworld Ancol ini merupakan legenda dari objek wisata ini. Dapat dipastikan, saat pertama kali mengetahuai soal Seaworld ancol, pasti foto foto tentang terowongan bawah air ini yang dilihat saat itu. Ngenal. Taka kana da orang percaya kita pernah main ke seaworld, jika belum ada foto di terowongan ini

Bentuknya yang luar biasa selalu membuat orang terkagum-kagum dan penasaran. Terowongan ini diberi nama terowongan Antasena. Terowongan bawah air laut sepanjang 80 meter di dalam Akuarium utama.

Saat masuk ke wahana ini, sensasinya luar biasa. Rasanya seperti menjelajahi area bawah laut tanpa perlu berbasah-basahan. Terasa menjadi putri duyung atau jadi kawan kawannya Aquaman di film-film Marvel uneverse.

4. Jelly Fish Exhibit

Jelly Fish Exhibit
Jelly Fish Exhibit. Image via: hargatiket.net

Pada wahana ini, pengunjung bisa berjumpa dengan beberapa jenis ubur – ubur seperti Blubber, Upside Down, dan Sea Neattle Jelly Fish. Pengunjung akan dibuat terpesona dengan warna – warni ubur – ubur yang memancarkan cahaya saat berenang di kegelapan.

Di wahana ini, pengunjung bisa mendapat spot berfoto berlatar belakang kilau cahaya ubur ubur. Semakin nyata saja sensasi photo macam dunia atlantis nya Aquaman di MCU.

5. Glow Theater

Glow Theater
Glow Theater. Image via: foursquare.com

Lihat juga: Asyiknya bermain salju di Trans Snow World

Wahana ini cocoknya menjadi wahana terakhir yang dikunjungi. Setelah kaki pegal, lelah berkeliling menkmati berbagai atraksi ikan, kita bsia duduk santai sambil menonton film di teater ini.

Teater ini tempat paling pas untuk mengajak anak-anak belajar hal baru. Sebab wahana teater ini memutarkan film edukasi berjudul Sea Turtle Story. Layar bioskop menampilkan warna-warna indah saat lampu dipadamkan. Itu sebabnya, wahana ini dinamakan Glow Theater.

Itulah cerita kami dari nativeindoneisa.com mengenai sensasi laur biasa dari kujungan ke wahana di Seaworld Ancol.Semuanya menjanjikan pengalaman menarik yang selalu asyik untuk dinikmati sejak dulu hingga kini. Jadi, pastikan memasukkan Seaworld Ancol ke daftar destinasi liburan Anda di tahun ini.

Sea World Ancol, Bisa Rekreasi Sambil Edukasi Disini
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

10 Tempat Wisata di Jember Untuk Liburan Keluarga

Grafika Cikole, Wisata Karakter Building di Hutan Pinus Bandung

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment