Sea World Ancol, Serunya Mengenal Dunia Bawah Laut

Sea World Ancol memiliki konsep Edutainment, yakni sebagai sebuah sarana untuk bermain sambil belajar mengenai biota laut pada khususnya.

Di Sea World Ancol kita dapat menemukan berbagai macam biota laut dari beragam spesies yang ada, yakni sekitar 7.300 ekor biota air tawar, 11.500 ekor biota dari jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil.

Dan yang paling ikonik ialah ketika kamu menelusuri lorong aqurium, yakni sebuah aquarium besar dengan berisi beragam jenis ikan.

touch pool
touch pool. google maps. sumber: riky uchiha

Simak juga: eksotisme Kota Tua Jakarta

Seru banget deh pokoknya,,,,,apalagi jika kamu membawa sera anak-anak, mereka pasti akan senang sekali karena dapat menyaksikan ikan-ikan dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Saat ini Seaworld Ancol sedang ditutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah merebaknya virus covid-19 di sekitar DKI Jakarta pada khususnya.

Berikut deskripsi mengenai Seaworld Ancol, sebagai bahan referensi wisata kamu di sekitar Ancol:

Daya Tarik Sea World Ancol

Sea World Ancol memiliki beberapa atraksi serta wahana yang epic banget, diantaranya:

1. Feeding Show

salah satu aquarium di sea world ancol
salah satu aquarium di sea world ancol. google maps. sumber: Chiki Anwar

Baca juga: wisata keluarga ke Waterboom PIK

Daya tarik pertama dari Sea World Ancol ialah Feeding Show, yakni atraksi memberi makan ikan-ikan predator. Seperti Piranha, Ikan Hiu, serta ikan-ikan predator besar lainnya.

Kegiatan memberi makan ikan tersebut merupakan atraksi yang seru banget, misalnya saja Feeding Show ikan Piranha yang merupakan ikan predator yang terkenal ganas meski berbadan kecil. Dimana mereka akan langsung berkerumun memburu makanan yang diberikan.

2. Beragam Spesies Biota Laut

ikan arwana merah penghuni sea world ancol
ikan arwana merah penghuni sea world ancol. google maps. sumber: Yusril Kurniawan

Baca juga: info seputar Kebun Binatang Ragunan

Sea World Ancol memiliki banyak sekali biota laut, sehingga ditempatkan kedalam 3 zona perairan, yaitu:

  • Zona perairan tawar,
  • Zona pesisir, dan
  • Zona perairan laut.

Selain itu Sea World Ancol ini juga memiliki 28 display yang terbagi kedalam 9 akuarium perairan tawar, 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

3. Museum Ikan

salah satu koleksi misteri kehidupan laut dalam
salah satu koleksi misteri kehidupan laut dalam. google maps. sumber: Blue Moon

Lihat juga: Asyiknya bermain salju di Trans Snow World

Selain memiliki beragam jenis ikan yang masih hidup, Sea World Ancol juga menyimpan ikan-ikan yang sudah diawetkan dan disimpan di sebuah tempat yang diberi nama Misteri Kehidupan Laut Dalam.

Di sana tersimpan beragam jenis ikan yang berasal dari laut terdalam, yakni berkisar di kedalaman antara 500 hingga 1000 meter di dasar laut.

Selain itu Sea World Ancol memiliki aquarium unik seperti aquarium mobil, dan aquarium telepon umum yang berisikan ikan-ikan kecil.

4. Atraksi Yang Seru Banget

under water tunnel
under water tunnel. google maps. sumber: desti silvana

Lihat juga: info seputar Dufan Ancol

Selain menyuguhkan beragam jenis biota laut yang ada di aquarium, supaya pengunjung tidak merasa bosan ketika mengunjungi Sea World Ancol pihak pengelola sudah menyiapkan beragam atraksi seru yang paling dinanti. Diantaranya:

  • Kolam Touchpool, dimana kamu dapat memegang hewan-hewan secara langsung.
  • Main Aquarium, yakni sebuah aquarium besar berukuran 24×38 meter dengan berisikan beberapa jenis ikan dan merupakan aquarium utama.
  • Under Water Tunnel, merupakan sebuah terowongan bawah air yang paling ikonik. Dengan panjang sekitar 80 meter dan bentuk aquariumnya cembung.
  • Jelly Fish Exhibit, dimana kamu dapat berjumpa dengan beberapa jenis ubur-ubur.
  • Glow Theater, yakni sebuah teater yang akan memutarkan film yang masih berkaitan dengan biota laut.

Main Aquarium selalu digunakan sebagai tempat mengibarkan bendera merah putih setiap tahunnya, setiap tanggal 17 Agustus.

Lokasi dan Alamat Sea World di Ancol

Sea World Ancol berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya berada di alamat Jl. Lodan Timur No.7, ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Rute Menuju ke Sea World Ancol

Rute menuju Sea World Ancol sangat mudah sekali, disamping itu terdapat beberapa pilihan moda transportasi umum yang dapat kamu gunakan.

Misalnya saja dengan menggunakan KRL atau Commuter Line dan turun di Stasiun Kampung Bandan, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan mikrolet turun di pintu utama Ancol.

sea world ancol
sea world ancol. google maps. sumber: Lilik Sulistyo

Simak juga: daftar tempat wisata di Jakarta yang populer

Jam Buka Seaworld Ancol

Jam operasional Sea World Ancol dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore waktu setempat. Hanya saja sayangnya saat ini sedang ditutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tiket Masuk Seaworld Ancol

Tiket masuk kawasan Taman Impian Ancol saat ini hanya menerima secara online saja, dimana kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu yakni minimal 2 hari sebelum melakukan kunjungan.

Untuk pemesanan tiketnya, kamu dapat mengakses situs resminya Taman Impian Jaya Ancol. Selain itu kamu juga dapat mencari informasi yang berkaitan dengan Sea World Ancol di link tersebut.

spot foto kece
spot foto kece. google maps. sumber: Aprilia Aprilia

Simak: wisata ke Pantai Ancol

Fasilitas di Seaworld Ancol

Fasilitas penunjang yang ada di Seaworld Ancol dibilang sudah memadai, yakni dengan adanya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Ruang P3K,
  • Ruang Baby Care,
  • Toko Souvenir,
  • Area Foodcourt, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga saja pandemi covid-19 cepat berlalu, sehingga kita dapat mengajak anak-anak untuk seru-seruan menyaksikan biota laut di Sea World Ancol.


Tinggalkan komentar