Pantai Ancol, Wahana Rekreasi Di Tengah Padatnya Jakarta

Berkunjung ke Jakarta bisa diibaratkan berkunjung ke sebuah kuali yang panas. Dengan berbagai macam problema. Jakarta masih menjadi sebuah kota yang kurang ramah kecuali, soal gaya hidup. Dimana, ibukota negeri ini menawarkan taraf hidup tinggi sehingga, semua tergoda dan berbondong-bondong ingin pergi kesana.

Sekarang, Jakarta mulai berbenah. Label Kota Besar menjadikan kawasan ini gerbang masuk utama Indonesia yang menawarkan segala kemudahan serta keramahan. Termasuk dunia pariwisata yang saat ini menjadi sangat penting. Orang berkunjung ke suatu tempat hanya untuk 2 alasan rekreasi dan pekerjaan.

Pantai Ancol Sky View
Image via: www.instagram.com/foodplays

Bagi warga Jakarta pasti tahu, nama Pantai Ancol. Dimana, pantai ini menjadi satu-satunya pantai di ibu kota. Bagi sobat native yang berada di luar Jakarta atau Jabodetabek, pasti masih bingung dan kurang paham. Ada apa saja sih di Pantai ini? Penasaran bukan? Yuk, simak penelusurannya dibawah ini.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat kawasan ini berada di Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kawasan idaman dan primadona bagi seluruh warga Jakarta. Bisa diibaratkan Pantai Ancol adalah Air di Padang Pasir. Bagaimana tidak? Suhu kota Jakarta yang sangat panas dengan berbagai macam keadaannya, akan terasa sejuk bila berada di sini.

Untuk mencapainya sangat mudah. Sobat native yang berasal dari luar kota bisa naik kereta api dan turun di stasiun Jatinegara. Kemudian, sambung dengan KRL tujuan Jakarta Kota. Atau, sobat native bisa ikut kereta ke dipo stasiun Jakarta Kota. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta, atau angkutan menuju ke Ancol.

Bila terlalu lama, sobat native bisa menggunakan ojek online. Bila menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaraan menuju ke Kota Tua Jakarta. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju ke pantai Ancol. Manfaatkan beberapa papan petunjuk yang sudah tersedia di tempat ini. Tetapi, sangat disarankan untuk naik transportasi umum agar terhindar dari kemacetan.

Baca Juga :  Wisata Danau Singkarak, Tempat Indah Di Sumatera Barat
Pantai Ancol Sunset
Image via: www.instagram.com/dewifutures

Mengenal Pantai Ancol

Kawasan Ancol dimulai tahap pembangunannya pada tahun 1954. Dimana, pada saat itu, pemerintah dki kebingungan dengan berbagai keluhan warga soal tempat rekreasi. Jakarta yang penuh sesak pun membutuhkan sarana hiburan. Hingga akhirnya, pemerintah membangun sarana wisata terpadu di sebelah utara Jakarta.

Kawasan ini selesei pada tahub 1968. Tetapi, pada tahun 1966 tempat ini sudah diresmikan sebagai kawasan wisata terpadu. Saat sobat native masuk kesini. Kesan pertama yang akan tercipta adalah keindahan kawasan wisata yang tidak kalah dengan luar negeri

Bagian-Bagian Pantai Ancol

Satu hal yang bisa dilihat dari pantai Ancol adalah panjangnya bibir pantai yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Oleh karena itu, kawasan ini dibagi menjadi 6 pantai utama. Di setiap pantainya memiliki keunikan dan hiburan yang berbeda-beda. Inilah dia, enam kawasan pantai utama di Ancol:

1. Pantai Karnaval Ancol

Dari segi nama memang paling tepat dijuluki sebagai karnaval. Karena, di tempat inilah sering diadakan event-event dengan skala nasional. Apalagi, pada saat malam tahun baru. Semuanya akan terpusat di kawasan ini apalagi, tempat ini bisa menampung kurang lebih 6 ribu orang.

Selain event berskala nasional, kawasan pantai karnaval juga sering dijadikan tempat untuk event berskala internasional. Perlu diketahui oleh sobat native, kawasan ini pernah mendapatkan penghargaan dari muri, sebagai penyelenggara lomba panjat pinang terbesar di Indonesia.

Di tempat ini juga, sobat native bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner. Ada satu café yang di desain khusus menyerupai café yang berada di Bali. Esoktis dan eloknya café ini mampu menarik banyak wisatawan untuk menikmati segala sajian yang membuat siapa pun enggan untuk move on.

Baca Juga :  Review Pantai Prigi, Harga Tiket, Dan Rute Lokasi Wisata
Pantai Ancol Karnaval
Image via: www.instagram.com/ocepic_life

2. Pantai Festival Ancol

Kawasan ini begitu unik, karena disini sobat native bisa melihat bagaimana bangunan-bangunan pencakar langit itu berdiri megah. Saat senja, bangunan ini akan berubah menjadi siluet yang menggemaskan. Rugi deh kalau tidak mengambil foto disini.

3. Pantai Indah Ancol

Disini sobat native akan dihibur dengan pemandangan pantai dan pasir putihnya nan esoktis. Salah satu cara menikmatinya dengan berjemur layaknya, turis-turis asing,. Nikmati, kesejukannya dan rasakan semilir angin berhembus menembus hingga ke kulit.

Pantai Ancol Miniatur
Image via: www.instagram.com/anandyawidyarto30

4. Pantai Ria Ancol

Mungkin, pantai ini memang dikhususkan bagi anak-anak. Karena, ada permainan yang sengaja disediakan yang dibentuk seperti kapal perang yang mengesankan. Ada beberapa macam permainan yang ada disini. Termasuk perosotan yang memang menjadi daya tarik bagi anak-anak.

Mereka pun bisa berperualag dengan berdiri diatas kapal. Dari titik ini, mereka bisa melihat bagaimana keindahan pantia ancol yang sesungguhnya. Selain itu, tidak jauh dari kapal ini ada staisun kereta api mini diberi nama Trans Bende.

Hanya dengan membayar uang 10 ribu rupiah, sobat native akan diajak berkeliling dari stasiun pantai ria, menuju ke stasiun pantai bende dan pulang lagi. Rasakan angin yang berhembus menerjang dan memberikan kesejukan ditengah suhu panas kota Jakarta.

5. Pantai Beach Pool atau Laguna Ancol

Bisa dibilang tempat ini juga menjadi idaman, warga Jakarta saat mengunjungi kawasan pantai ancol. Mereka sering kali menggunakan tempat ini untuk foto selfie dan menikmati pasir-pasir pantai. Disini pula dipertunjukkan aksi ski air yang mampu memakau setiap pengunjung yang datang.

Baca Juga :  Telaga Biru Cisoka, Eloknya Kawasan Bekas Galian Tambang Pasir

Berita terakhir yang di dengar dari kawasan ini adalah munculnya ubur-ubur yang kemudian, menjadi bahan penelitian bersama. Penampakan ubur-ubur ini memang sedikit menghebohkan warga. Bagaimana tidak, hewan satu ini cukup mematikan.

Pantai Ancol Laguna
Image via: www.instagram.com/bebecimmy

6. Pantai Bende

Disinilah letak jembatan cinta yang sering menjadi perbincangan nitizen. Tempat melihat sunset paling cantik. Biasanya, waktu sore hari banyak sobat native yang datang dan mengunjungi kawasan ini. Momen senja tenggelam adalah yang paling dinantikan. Kawasan yang bisa dibilang sebagai kawasan paling romantis di ancol.

7. Pantai Marina Ancol

Bisa dibilang disini adalah salah satu favorit diantara beberapa pantai utama. Karena, dari pantai marina ini sobat ative bisa berkunjung ke pulau seribu. Ada beberapa paket yang akan ditawarkan kepada sobat native menuju ke pulau seribu.

Di kawasan ini pula bersandar kapal-kapal dari dalam maupun luar negeri. Termasuk kapal pesiar nan megah. Bila wisatawan naik dari sini, jangan kaget bila tarifnya lebih mahal daripada sobat native berangkat dari pelabuhan muara angke.

Pemandangan yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun. apalagi, saat senja datang dana kapal hendak bersandar. Sebuah pemandangan luar biasa yang tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Pantai Ancol Marina
Image via: www.instagram.com/noelle_briggita

Harga Tiket Masuk Dan Promo

Harga tiket masuk kawasan ancol, diambil dari harga terbaru tahun 2018:

  • Individu : Rp 20.000
  • Mobil : Rp 20.000
  • Motor : Rp 15.000

Bagaimana, menarik bukan berada di Pantai Ancol? Ayo datang dan kunjungi keindahannya serta berbagai macam menu kulinernya di sini. Ajak saudara, kakak, adik, teman dan sahabat untuk menikmati kawasan ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.