Jakarta Aquarium, Lokasi Ngebolang Di Dalam Mall

Jakarta Aquarium merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia. Jakarta Aquarium menempati lahan seluas satu hektare. Di dalamnya, terdapat hewan akuatik maupun non-akuatik dengan lebih dari 3.500 spesies.

Jakarta Aquarium merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia. Jakarta Aquarium menempati lahan seluas satu hektare
Jakarta Aquarium. Image via: dolanyok.com

Pengunjung lokasi wisata tengah kota ini, dapat menyaksikan dari dekat kehidupan sekitar 2000 satwa cantik dari 600 jenis satwa endemik Indonesia. Sebagai hal yang unik, Jakarta Aquarium juga memberikan kesempatan pengunjung untuk terlibat dalam aktivitas bawah air, seperti menyelam bersama hiu atau sekedar Aqua Trekking.

Tak hanya melihat, para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut. Mulai dari menyentuh hingga memberi makan. Tentunya kegiatan itu di degan pendamping berupa panduan dari penjaga yang berpengalaman.

Aquarium Jakarta merupakan cara inovatif, dalam mebuka objek wisata Aquarium. Yakni meletakkan aquarium dalam pusat perbelanjaan. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati tidak hanya wisata namun juga sekaligus berbelanja.

Keseluruhan area ini, terbagi dalam 12 zona atraksi. Semua Zona sangat diminati oleh pengunjung untuk melepas penat. Pengunjung dapat menikmati liburan singkat di akhir pekan dengan mengunjungi tempat rekreasi ini bersama keluarga atau pasangan.

Pengunjung lokasi wisata tengah kota ini, dapat menyaksikan dari dekat kehidupan sekitar 2000 satwa cantik dari 600 jenis satwa endemik Indonesia
Ditonton Pari. Image via: mediaindonesia.com

Simak juga: 21 wisata Wajib di Jakarta

Lokasi dan Rute Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium berlokasi di Neo Soho Lantai LG 101–LGM 101, Jalan Letjen S Parman Kav 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Akses menuju tempat rekreasi ini cukup mudah, terlebih Neo SoHo bertetangga dengan dua pusat perbelanjaan besar lainnya, yaitu Mall Taman Anggrek dan Central Park.

Pengunjung bisa menggunakan TransJakarta dan berhenti di Halte Grogol atau Grogol 2, lalu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai tujuan.

Jika lebih suka menggunakan Commuter Line (KRL), pengunjung bisa turun di Stasiun Pesing, lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek online.

Jam Buka Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium dengan segala keseruan wahana yang tersedia, dapat dinikmati setiap hari dari pagi hingga malam hari.

Saat hari kerja, Jakarta Aquarium buka mulai jam 11.00 hingga jam 20.00.

Saat akhir pekan dan hari libur, Jakarta Aquarium bukan jam 10.00 hingga jam 21.00.

JAkarta Aquarium memiliki atraksi Teater Bawah Laut
Cinta 2 dunia. Image via: blog.tiket.com

Tiket Jakarta Aquarium

Harga tiket masuk Jakarta Aquarium dibagi menjadi dua kategori, yakni tiket reguler dan tiket premium.

Tiket Reguler

  • Tiket dewasa weekday: Rp 150.000
  • Tiket anak weekday: Rp 115.000
  • Tiket dewasa weekend: Rp 175.000
  • Tiket anak weekend: Rp 150.000

Tiket Premium

  • Tiket dewasa weekday: Rp 200.000
  • Tiket anak weekday: Rp 150.000
  • Tiket dewasa weekend: Rp 225.000
  • Tiket anak weekend: Rp 175.000

Perbedaan antara tiket reguler dan tiket premium adalah pada fasilitas yang didapatkan. Beberapa perbedaannya meliputi:

  • Premium lounge
  • Welcome drink
  • Bisa multiple entry dengan batas waktu 4 jam
  • Akses ke 5D theater
pengalaman unik Kemping di bawah laut di Jakarta Aquarium.
Kemping di bawah laut. Image via: loop.co.id

Simak juga: Menyusun Rencana Perjalanan Wisata di Malang

Fasilitas Jakarta Aquarium

Karena Jakarta Aquarium berada di pusat berbelanjaan (mall) maka fasilitasnya sangatlah lengkap.

Segala fasilitas penunjang mulai dari toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi untuk ibu – ibu yang menyusui, locker untuk menyimpan bawaan, hingga fasilitas Wifi yang dapat digunakan semaksimal mungkin di dalam area

Untuk pengunjung yang lelah setelah bereksplorasi, dapat singgah dulu di Cafetaria dan Restoran Pingoo yang tersedia dalam Jakarta Aquarium di Lantai LG.

Setelah puas berkeliling, bagi yang ingin membeli barang kenangan, ada toko Souvenir di gerai Ocean Wonders di lantai LG. Terdapat banyak souvenir yang dapat dijadikan oleh – oleh.

Mermaid at Jakarta Aquarium
Mermaid at Jakarta Aquarium. Image via: @nikitafima

Daya Tarik Jakarta Aquarium

  1. Otter Tunnel

Wahana ini sangat diminati pengunjung, tidak hanya untuk menyaksikan berang – berang lucu, juga spot bagus untuk berfoto. Untuk menyaksikan segala kegiatan menggemaskan dari satwa ini, pengunjung dibiarkan untuk mengintipnya melalui terowongan kaca.

Sehingga pengunjung akan dapat berinteraksi atau berfoto ria dengan berang- berang yang sedang berenang atau makan. Ajak anak – anak menyaksikan kelucuan atraksi mamalia ini dari makan, berenang, hingga tidur sambil berpegangan tangan. Pengunjung dapat menyaksikan berang – berang cantik ini di zona Eksibit Berang–berang dalam Aquarium.

  1. Kolam Sentuh

Wahana ini merupakan kolam yang berisikan biota laut seperti bintang laut, siput, teripang, tiram, dll. Sesuai dengan namanya, wahana ini memungkinkan pengunjung untuk mencoba menyentuh biota – biota laut tersebut.

Pengunjung akan diberi arahan untuk cara menyentuhnya, agar biota tersebut tidak terkejut hingga mengakibatkan setres. Membawa anak – anak ke wahana ini akan membuat mereka bersemangat untuk merasakan kulit licin biota tersebut. Pengunjung dapat menikmati wahana ini di zona Touch and Find Zone.

Sesuai dengan namanya, wahana ini memungkinkan pengunjung untuk mencoba menyentuh biota – biota laut tersebut.
Kolam sentuh. Image via: tribunnews.com

Simak juga: Menyusun Rencana Wisata di Bali

  1. Hermit Crab Wooden Log

Di wahana ini pengunjung akan mengamati salah satu biota bercangkang yaitu Hermit Crab Wooden (Kelomang). Kelomang merupakan biota bercangkang yang hidup dalam kayu atau di pinggir pantai. Kelomang menyukai tempat hangat seperti kayu atau pasir, dan sering bersembunyi di balik cangkangnya.

Pengunjung akan dapat menyaksikan kegiatan sehari – hari biota ini menggunakan kaca pembesar, akan sangat mengasyikkan. Pengunjung akan dapat menikmati wahana ini di zona Nurseries of The Sea.

  1. Menyelam Bersama Hiu

Salah satu keistimewaan wahana di Jakarta Aquarium yaitu menyelam bersama ikan Hiu Karang. Namun wahana ini cukup beresiko, terutama bagi pengunjung yang belum terbiasa menyelam. Sehingga hanya pengunjung yang memiliki lisensi menyelam yang dapat mencoba wahana menantang ini.

Pengunjung juga akan mendapat pengarahan dari instruktur profesional untuk memandu dan menjaga keamanan pengunjung. Pengunjung yang ingin mencobanya dapat menghubungi langsung pihak pengelola untuk info-info lebih lanjut.

Sudut berfoto disedikana pengelola jakarta Aquarium unutk membuat foto kenangan
Sudut berfoto. Image via: whatsnewindonesia.com
  1. Aqua Trekking

Wahana ini masih terbilang baru, dengan mengajak pengunjung untuk merasakan serunya menyelam di bawah laut. Pengunjung akan merasakan petualangan bawah laut ditemani ikan Pari, ikan Hiu, dan ikan – ikan beraneka warna.

Wahana ini dapat dicoba oleh semua pengunjung walau tanpa lisensi menyelam karena terjaga keamanannya. Pengunjung akan menyelam menggunakan helm oksigen, sehingga bagi anak – anak tidak perlu khawatir harus menahan nafas. Pengunjung dapat mencoba wahana ini di zona Main Tank.

  1. Create Your Own Fish

Wahana ini cocok untuk rekreasi edukatif anak – anak dengan mengembangkan kreativitas mereka dalam menggambar. Pengunjung akan diajak untuk berkreasi membuat gambar biota laut yang mereka inginkan dan diwarnai sesuka hati.

Hasil dari gambar yang dibuat kemudian akan di-scan menggunakan printer 3D dan akan ditampilkan ke dalam layar untuk disaksikan bersama. Wahana ini dapat pengunjung temukan di zona Kid’s Classroom.

Berinteraksi dengan ikan.
Berinteraksi dengan ikan. Image via: @jakartaaquarium

Simak juga: Menyusun rencana wisata di JOgja

  1. Sea Explorer

Ingin mengajak keluarga merasakan sensasi berpetualang ke dalam laut menggunakan kapal selam? Pengunjung dapat mengunjungi zona 5D Theater yang akan menyuguhkan pengunjung petualangan 5D ke dalam laut.

Pengunjung akan merasa seperti berada dalam kapal selam sungguhan, dikelilingi ikan – ikan cantik yang memanjakan mata. Kunjungi wahana 5D Theater ini bersama keluarga dan pasangan dan rasakan keseruan yang tak akan terlupakan.

  1. Teater Bawah Air

Yang menjadikan Jakarta Aquarium istimewa, yaitu adanya pertunjukan teater di atas panggung dengan cerita yang memukau. Pertunjukan Pearl of The South Sea ini berkisah tentang sebuah kerajaan di Selatan Pulau Jawa.

Kisah pertunjukan ini diadaptasi dari cerita rakyat Indonesia, sehingga selain menghibur juga menambah edukasi pengunjung. Pengunjung akan dibawa terhanyut oleh alur cerita, aksi panggung, dan akting para aktornya yang memukau.

Pertunjukan juga diberi efek asap, musik, dan lighting, yang menampakkan trik ilusi. Terutama dengan background berupa akuarium besar, sehingga akan tampak seperti berada di dalam laut sungguhan.

Pengunjung juga tidak kalah terpukau dengan penampilan Putri Duyung yang melakukan tarian air di dalam akuarium tersebut. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukannya, datang lebih awal dan menandai jadwalnya agar tidak ketinggalan. Pertunjukan digelar pukul 13.00 tiap Rabu-Kamis, Jumat 15.00, dan weekend pukul 13.00, 15.00, dan 17.00.

  1. Memberi makan hewan

Pengunjung dapat mencoba berinteraksi dan memberi makan satwa – satwa tersebut pada waktu yang sudah dijadwalkan.
Menyuapi pinguin. Image via: blibli.com

Keistimewaan lainnya dari tempat wisata ini adalah aktivitas Feeding Time yang sangat diminati oleh pengunjung. Pengunjung akan merasakan sensasi memberi makan secara langsung satwa- satwa darat di dalam Aquarium.

Seperti memberi makan Pinguin, ikan Piranha, Berang – berang, Belut Moray, ikan Pemanah, bahkan ikan Hiu. Pengunjung dapat mencoba berinteraksi dan memberi makan satwa – satwa tersebut pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Pengunjung disarankan datang lebih awal agar tidak melewatkan kesempatan ini. Atau mengecek jadwal di website resmi Jakarta Aquarium.

Makan bersama Pinguin di Jakarta Aquarium
Makan bersama Pinguin. Image via: anakjajan.com

Simak juga: Kawah Putih Bandung

Objek Wisata Dekat Jakarta Aquarium

Wisata Jakarta, bukan hanya Mall dan belanja saja. Ada banyak variasi wisata di Jakarta. Khususnya untuk kawasan Jakarta Barat, kawasan ini banyak memiliki wisata sejarah, berupa museum maupun kawasan cagar budaya.

Kota Tua atau sering disebut Kota Tua Batavia adalah sebuah peninggalan sejarah yang terletak di Jakarta Barat. Dulunya lokasi ini adalah pusat perdagangan di Asia pada abad ke 16. Suasana di Kota Tua sangatlah menarik karena tempat ini adalah kawasan peninggalan Belanda yang masih asli.

Kemudian ada Museum Wayang, yang  beralamat di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang. Selain wayang dalam negeri, museum ini juga mempunyai koleksi wayang dan boneka dari luar negeri di lantai dua.

Demikian yang dapat kami, nativeindonesia.com, sampaikan mengenai Jakarta Aquarium yang ada di pusat perbelanjaan Neo SOHO. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:

Leave a Comment