Ayam Betutu, Kuliner Bali yang Telah diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Ayam betutu merupakan masakan khas dari Bali. Menurut ahli Gastronomi, Betutu adalah garis walacenya seni kuliner nusantara. Pembatas antara Seni makanan barat dan Timur Di indonesia. Peralihan dari Makanan Manis Di Jawa, ke makanan Pedas di Timur. Betutu sudah mendapat penetapan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia.

Ayam betutu merupakan masakan khas dari Bali. Menurut ahli Gastronomi, Betutu adalah garis walacenya seni kuliner nusantara. Pembatas antara Seni makanan barat dan Timur Di indonesia.
Betutu. Image via: merahputih.com

Karena itu, kuliner betutu konon sedang diusahakan ditingkatkan fungsinya sebagai sarana diplomasi. Sebagai sarana diplomasi dapat dimaklumi karena kuliner ini dianggap sebagai kuliner yang paling netral dan bukan haram bagi kelompok agama tertentu. Diplomasi maksudnya, untuk mewujudkan persaudaraan, kerukunan antar umat beragama.

Nasi betutu biasanya tersaji bersama lauk tambahan seperti telur masak bali, satai lilit, lawar dan sambal matah. Betutu ini dulunya hanya bisa diolah dengan teknik khusus dan waktu memasaknya juga sangat lama. Masaknya juga masih tradisional dengan sekam dan bara api.

Betutu ada variannya, yakni yang terbuat dari ayam atau bebek. Betutu dimasak utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Kata betutu berasal dari kata ‘tunu’ yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata ‘be’ yang berarti daging.

Secara singkat, betutu berarti daging yang dibakar.

Betutu utuh yang telah dibumbui dengan basa genep kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas yang muncul disebabkan adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya.

Betutu ada variannya, yakni yang terbuat dari ayam atau bebek. Betutu dimasak utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.
Bebek Betutu. Image via: sajiansedap.grid.id

Simak juga: 11 tempat Wisata Kuliner di Bali

Pembuatan Ayam Betut

Meskipun namanya ayam betutu, namun bahan baku yang digunakan bisa berupa ayam ataupun bebek dan dibungkus menggunakan pelepah pinang atau daun pisang sehingga lebih harum aroma ayamnya.

Cara memasaknya pun cukup unik dimana ayam akan diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut.

Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api.

Namun cara tersebut sedikitnya mulai ditinggalkan oleh banyak penjual ayam betutu dan mereka memilih untuk menggunakan cara yang praktis sekaligus cepat. Menggunakan alat masak modern sehingga ayam akan empuk hingga ke bagian tulang.

Cara memasak betutu pun cukup unik dimana ayam akan diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam.
Dibungkus pelepah Pinang. Image via: food.detik.com

Caranya adalah ayam dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama satu jam. Setelah dikukus, ayam kemudian dimasukkan menuju oven dan dipanggang hingga matang. Oleh sebab itu, ada sedikit perbedaan rasa antara betutu pada jaman dahulu dengan sekarang.

Aroma bakar-bakaran sekam tidak lagi bisa tercium dan memberikan rasa tambahan pada ayam yang dimasak. Di jaman dahulu, betutu hanya disajikan pada upacara keagamaan saja namun kini semua orang bisa mencicipinya. Namun begitu disajikan harus segera dimakan karena betutu tak tahan lama.

Sejarah Betutu

Enaknya aroma betutu biasanya dihadirkan dalam upacara keagamaan di Bali. Namun kini, betutu mudah ditemui setiap hari. Di seputaran Denpasar, pelancong bisa menemukan sejumlah warung makan dengan menu ayam betutu.

Betutu adalah makanan khas Bali yang berasal dari Gianyar namun kini tersebar di seluruh daerah di Bali. Prdagnagan Bettu sebagai produk komersil, dipelopori oleh Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar di tahun 1976.

Rekomendasi Tempat Makan Betutu

Meski di Bali banyak warung yang menjualnya, tapi tidak semua bisa pas rasanya di lidah dan kantong. Untuk itu berikut rekomendasi warung ayam betutu di Bali yang paling nikmat danĀ wajib dicoba.

  1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Paket lengkap Ayam Betutu Gilimanuk
Ayam Betutu Khas Gilimanuk . Image via: blogunik.com

Simak juga: Sensasi mecicipi sejarah pada Sepiring Kerak Telor

Rumah makan yang satu ini sudah terkenal akan sajian betutu khas Gilimanuk mereka. Gerai terbesar mereka terletak di Jalan Merdeka Nomor 88, Renon, Denpasar. Beberapa cabang rumah makan ini bahkan telah dibuka di luar Bali.

Ciri khas sajian betutu di rumah makan ini ialah bumbu betutu yang kaya akan rempah sehingga terasa di lidah. Ditambah sensasi rasa pedas, ayam betutu rumah makan ini pasti akan menggoyang lidah para pencinta makanan pedas.

Betutu di sini disajikan bersama sayur plecing, bisa gonda atau kangkung, kacang goreng, dan sambal matah. Selain betutu, kamu juga bisa memesan menu khas Bali lainnya, seperti sate lilit, lawar, dan nasi campur.

Harganya Rp 37 ribu per porsi ayam betutu kuah dengan sambal pendampingnya

  1. Ayam Betutu Pak Man

Ayam Betutu Pak Man terkenal dengan rasanya yang enak, pedas, bumbunya meresap dan gurih banget. Tekstur dagingnya sedikit berserat karena menggunakan ayam kampung.
Ayam Betutu Pak Man. Image via: @betutupakman

Ayam Betutu Pak Man terkenal dengan rasanya yang enak, pedas, bumbunya meresap dan gurih banget. Tekstur dagingnya sedikit berserat karena menggunakan ayam kampung. Namun tetap lembut dan mudah lepas dari tulangnya.

Betutu paling nikmat disantap dengan nasi hangat dan makanan khas Bali lainnya seperti sambal matah, sate lilit, pepes ayam, plecing kangkung, lawar bali dan masih banyak lagi. Selain betutu Ayam ada juga bebek betutu yang rasanya tak kalah juara.

Area makan dan parkirannya luas sehingga nyaman buat kalian yang pengen datang rombongan. Kesan interior khas Bali begitu terasa karena menggunakan bambu pada pilar bangunannya.

Untuk menikmati betutu satu ekor kalian cukup merogoh uang Rp85 ribu saja.

Lokasinya mudah dijangkau yakni di Jalan Kubu Anyar Nomor 72X, Kuta, Badung.

  1. Ayam Betutu Mek Rati

Seporsi ayam betutu khas warung ini berisi nasi, ayam betutu, tum ayam, telur rebus, sayur dan kacang goreng.
Porsi makan sendiri Ayam Betutu Mek Rati. Image via: @wisatakubali

Simak juga: Sensasi Rasa dari Abad 15, Gudeg

Rumah makan ini buka mulai jam sembilan pagi sampai enam malam. Seporsi ayam khas warung ini berisi nasi, ayam betutu, tum ayam, telur rebus, sayur dan kacang goreng.

Pengunjung bakal terhipnotis dengan kelembutan daging ayam di sini. Ditambah bumbu genap yang meresap sampai ke tulang dan sensasi aroma bakaran daging ayam yang bikin tambah nafsu makan.

Kalau masih mau naikin level pedas, makannya bisa ditambah sambal matah atau sambal kering khas disini. Pilihannya ada betutu biasa, betutu spesial dan betutu satu ekor.

Ayam betutu dibanderol Rp15 ribu sampai Rp85 ribu per porsinya.

Beralamat di Jalan Sri IV Nomor 12 Campuhan II, Kuta.

  1. Ayam Betutu Pak Sanur

Rumah makan Betutu Pak Sanur
Ayam Betutu Pak Sanur. Image via: kintamani.id

Tempatnya sederhana tapi nyaman dan terkesan homey. Rasa autentik tetap terjaga dimana warung ini telah ada sejak tahun 1986. Meski lokasinya tersembunyi, tapi antrean tetap ramai bahkan seringkali pengunjung gigit jari karena kehabisan. Pastikan datang awal karena tempat ini buka dari jam delapan pagi.

Tekstur dagingnya empuk karena dimasak dengan teknik khusus selama dua belas jam. Bumbunya seimbang dengan rasa pedas yang cukup. Seporsi terdiri dari nasi, potongan betutu, tumis sayur labu, usus ayam goreng, kacang tanah goreng dan sambal.

Khusus untuk menikmati betutu utuh, pengunjung wajib order sehari sebelum datang.

Harga ayam betutu di sini terjangkau yakni dibanderol Rp25 ribu per piring dan Rp100 ribu per ekor.

Lokasinya ada di Jalan Arjuna No 19, Ubud.

  1. Ayam Betutu Men Tempeh

Warung ayam betutu men tempeh
Betutu Men Tempeh. Image via: wisatabalibarat

Simak juga: Kuliner instagramable di Medan

Warung ini buka dari jam tujuh pagi hingga delapan malam waktu setempat. Warung betutu legendaris ini terkenal dengan citarasanya yang super pedas. Betutu di warung ini memakai ayam kampung jadi kuah kaldunya lebih gurih dan penuh bumbu.

Selain varian autentik yang ayam betutu kuah ada juga betutu goreng. Satu porsi dibanderol Rp95 ribu terdiri dari nasi, betutu utuh, kacang goreng, plecing kangkung, sambal terasi dan sambal matah. Kalau datang sendiri bisa pesan paket betutu per potong atau yang setengah ekor saja.

Berlokasi di Jalan Gilimanuk, Melaya, Jembrana.

  1. Warung Betutu Liku

Porsi makan terdiri dari nasi, ayam betutu kuah, telur pindang, sayur kacang panjang, kacang tanah goreng, timun dan sambal matah.
Porsi Sendiri di Warung Betutu Liku. Image via: kumparan.com

Usahakan datang pagi ya karena tak jarang masakan betutu ludes dengan cepat bahkan sebelum sore hari. Isiannya terdiri dari nasi, betutu kuah, telur pindang, sayur kacang panjang, kacang tanah goreng, timun dan sambal matah.

Tak ketinggalan tambahan kentang goreng garing yang menambah tekstur rasa betutu. Tambahan kentang goreng inilah yang unik dan bikin nasi betutu disini lebih spesial dari warung ayam betutu ditempat lain.

Nasi ayam betutu biasa dibanderol Rp15 ribu, sedangkan nasi betutu jumbo dibanderol Rp20 ribu. Selain makan di tempat, pengunjung bisa membeli betutu satu ekor utuh sebagai oleh-oleh seharga Rp65 ribu. Bisa pilih yang beku atau biasa.

Warung betutu ini awalnya hanya buka di Jalan Nakula Timur No 19A Legian Kuta. Tapi baru-baru ini mereka buka cabang di Jalan Tukad Musi, Renon, Denpasar. Lokasinya yang dekat dengan Kuta dan Seminyak membuat warung makan ini ramai terus setiap harinya terutama di jam makan siang.

  1. Nasi Ayam Betutu Jago

Selera Pedas di Nasi Ayam Betutu Jago.
Selera Pedas di Nasi Ayam Betutu Jago. Image via: today.line.me

Simak juga: Lokasi ideal Semarang untuk cuci mata dan mengisi perut

Seporsi ayam betutu datang bersama satai lilit, telur kecap, lawar kacang panjang, tumis sayur manisa, kacang tanah goreng, kerupuk udang dan sayur jungkut nangka. Sayur jungkut nangkanya gurih dan sedikit pedas. Berisi kuah kaldu dan potongan nangka muda.

Berlokasi di Jalan Tukad Pakerisan, Denpasar Selatan.

  1. Nasi Betutu Rahayu Wayan Rupa

Kalau mau sarapan ayam betutu bisa datang ke Warung Rahayu Wayan Rupa yang mulai buka dari jam delapan pagi. Lokasinya gampang ditemukan yakni di Jalan Mahendradata, Bitera, Gianyar.

Sepiring nasi ayam betutu berisi nasi, ayam betutu, serundeng, urap kacang panjang dan telur rebus. Ada juga bebek betutu atau ayam panggang. Rasanya khas dan harganya terjangkau yakni per porsinya dibanderol Rp20 ribu.

  1. Ayam Betutu Ibu Nia

Ayam Betutu Utuh di Ayam Betutu Ibu Nia.
Ayam Betutu Utuh. Image via: pinterest.ch

Biar lebih hemat, kalian bisa pesan nasi campur ayam betutu. Sepiring paket nasi campur ayam betutu terdiri dari nasi, kangkung, kacang tanah goreng, sambal matah dan semangkuk kuah kaldu berisi ceker dan nangka.

Ayam yang disajikan ada ayam kampung dan broiler. Selain ayam, juga ada bebek betutu yang sama nikmat dan pedasnya. Asyiknya, kalau makan di tempat, kamu bisa nambah sambal matah sepuasnya. Biar makin lahap ada kerupuk kulit ayam yang kriuknya mantap.

Untuk ayam betutu dibanderol kisaran Rp22 ribu sampai Rp130 ribu.

Warung ayam betutu Ibu Nia berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 1, Renon, Denpasar.

Nah, sudah tahu mau pilih yang mana? Coba kunjungi salah satu rekomendasi warung ayam betutu di Bali di atas ya! Selamat menikmati!

Baca juga:

Leave a Comment