Lontong Medan, Resep Dan Ciri Khas Kuliner Nusantara

Lontong Medan satu dari sekian banyak khazanah kuliner yang dimiliki oleh Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap daerah mempunyai kuliner khas yang mempunyai citarasa tersendiri.

Di beberapa artikel sebelumnya, saya sudah menyampaikan bahwa liburan ke sebuah objek wisata, ibarat dua sisi mata uang dengan hunting kuliner yang menjadi ciri khas objek wisata tersebut.

lontong medan
lontong medan. Sumber : travel.okezone.com

Wisata Medan memang sangat terkenal sekali, sebagai salah-satu destinasi wisata nasional yang difavoritkan oleh wisatawan nasional.

Maka edisi kali ini kita akan membahas tentang wisata kuliner yang dibanggakan oleh masyarak Medan, yang bernama Lontong Medan.

Sejarah Lontong Medan

Terkait searah awal Lontong Medan tidak diketahui pasti kapan bermula, oleh siapa, dan tahun berapa tepatnya Lontong Medan mulai dipopulerkan.

Hal ini seharusnya menjadi PR bagi pemerintah, dan semua pihak terkait untuk mendata khazanah kuliner di Indonesia, dari mulai tahun, sejarah, maupun tokohnya.

Sejarah Lontong juga masih belum merujuk kepada satu versi, meskipun wajar jika sebuah sejarah sangat dimungkinkan untuk menghadirkan banyak versi.

Satu versi tentang sejarah Lontong mengatakan bahwa lontong adalah kuliner yang berkembang di Pulau Jawa, yang diduga dimulai di jaman Sunan Kaljaga.

Tetapi jika sejarah Lontong Sayur, satu versi mengatakan bahwa Lontong Sayur berasal dari daerah Minagkabau, Provinsi Sumatera Barat.

kuliner khas lontong medan
kuliner khas lontong medan. Sumber: manado.tribunnews.com

Terlepas dari kebuntuan sejarah (untuk saat ini) tentang kuliner Indonesia, khususnya Lontong Medan, maupun sejara Lontong, namun tetap bahwa beragamnya kuliner di setiap daerah, adalah hal yang patut dibanggakan oleh kita semua.

Ciri Khas Lontong Medan

lontong medan khazanah kuliner nusantara
lontong medan khazanah kuliner nusantara. Google Mps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika sebuah diksi apapun, yang awalnya bersifat umum, kemudian terdapat kata tambahan, maka hal tersebut menandakan menjadi lebih khusus.

Contohnya, Lontong adalah diksi yang lebih bersifat umum. Tetapi ketika mendapat kata tambahan Medan, maka menunjuk sebuah pengertian Lontong khas Medan.

ragam penyajian lontong medan
ragam penyajian lontong medan. Google Maps. lh5.googleusercontent.com

Ciri khas Lontong Medan terletak pada :

  • Bumbu khas, berupa bumbu Lento
  • Toping khas Lontong Medan

Lontong Medan sepintas memang hampir sama dengan lontong sayur lainnya. Namun, pada faktanya Lontong Medan mempunyai ciri khas tersendiri, terutama pada topingnya, seperti:

  • Tauco
  • Ikan teri
  • Sambel tempe
  • Bihun goreng
  • Kerupuk udang
  • Kerupuk kentang
  • Serundeng

Oleh karena itu, jangan lewatkan kunjungan wisata anda ke medan sambil menikmati sajian Lontong Medan yang sangat mudah dijumpai di setiap tempat.

Harga Dan Lokasi Lontong Medan

Lokasi Lontong Medan sebetulnya sangat mudah ditemukan di Medan, karena Lontong Medan menjadi satu dari sekian banyak kuliner khas yang sering dicari oleh para wisatawan.

Setiap tempat tentu saja memiliki jurus andalan berupa resep Lontong Medan yang menjadi rahasia dapur masing-masing.

Meskipun secara umum, resep membuat Lontong Medan sudah bisa dibuat oleh siapa saja, karena kemudahan akses informasi melalui internet, atau media lainnya.

Lontong Medan, kini bisa anda temukan bukan hanya di Medan saja. Hampir di setiap daerah, saat ini banyak yang berjualan kuliner Medan tersebut.

Dan inilah beberapa tempat yang bisa disinggahi untuk menikmati kelezatan Lontong Medan :

1. Lontong Terenak Di Dunia

Nama tempatnya memang Lontong Terenak Di Dunia. Bukan tanpa alasan, karena saat kunjungan mantan Wakil Presiden Indonesia yaitu Bapak Jusuf Kalla, setelah mencicipi lontong tersebut mengatakan bahwa lontongnya adalah lontong yang terenak di dunia yang pernah beliau cicipi.

  • Lokasi Lontong Terenak Di Dunia berada di Jalan S. Parman, Kecamatan Medan Baru, Medan, Provinsi Sumatera Utara.
  • Harga Lontong Medan / Lontong Terenak Di Dunia dimulai dari Rp. 13.000 per porsi.

2. Lontong Kak Lin

lokasi lontong kak lin
lokasi lontong kak lin. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tempat Lontong Medan yang sudah sangat terkenal selanjutnya adalah Lontong Kak Lin. Ciri khas Lontong Kak Lin terdapat pada bumbu pecelnya.

  • Lokasi Lontong Medan  / Lontong Kak Lin berada di Jalan Teungku Chik Di Tiro No. 76, Medan.
  • Harga Lontong Kak Lin Rp. 13.000 per porsi.

3. Lontong Malam Bu Sari

lontong malam bu sari
lontong malam bu sari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi selanjutnya untuk menikmati kelezatan Lontong Medan bernama Lontong Malam Bu Sari. Ciri khasnya selain rasa, dan topingnya yang enak, tetapi jam bukanya dimulai dari jam 18.30.

  • Lokasi Lontong Medan / Lontong Malam Bu Sari berada di Jalan Medan Area Selatan, Kecamatan Medan Area, Kota Medan.
  • Harga Lontong Malam Bu Sari dimulai dari Rp. 8.000 per porsi.

Sebetulnya, lokasi untuk menikmati kelezatan Lontong Medan masih sangat banyak sekali dan sangat terkenal, seperti :

  • Lontong Warintek
  • Warung Asli Lontong Medan
  • Lontong Bang Iwan
  • Lontong Medan Bu Rani

Penutup

Itulah review Lontong Medan sebagai satu dari sekian banyak warisan kuliner dari para leluhur, yang harus ters dilestarikan.

Jangan malu untuk makan makanan khas daerah, karena rasanya sudah pasti lezat. Tidak kalah dengan makanan-makan luar negeri lainnya.

Kalau bukan kita yang melestarikan, lalu siapa lagi? Banggalah menjadi Indonesia !


Tinggalkan komentar