11 Tempat Wisata Demak, Keindahan Alam Dan Sejarah Kota Wali

Kabupaten Demak merupakan bagian dari wilayah Jawa Tengah, dan biasa disebut sebagai Kota Wali atau Nagari Para Wali. Karena menjadi cikal bakal perkembangan Islam di Jawa, dengan keberadaan Masjid Demak dan makam Sunan Kalijaga sebagai buktinya.

Kedua tempat tersebut selalu menjadi destinasi wisata utama yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Selain wisata religi, Kabupaten Demak juga menyimpan potensi wisata alam dengan memiliki ciri khasnya masing-masing yang harus didatangi.

Berikut beberapa tempat wisata di Demak yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata kamu bersama keluarga selama di sana.

11 Tempat Wisata Demak

1. Masjid Agung Demak

masjid agung demak
masjid agung demak. google maps. sumber: Arief Alfata

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Masjid Agung Demak termasuk masjid tertua yang ada di Indonesia, menurut sejarah sudah berdiri sejak abad ke-15. Dan dibangun oleh Sultan pertama dari Kesultanan Demak yang bernama Raden Patah bersama dengan para Wali Songo.

Masjid ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya Wali Songo pada zamannya, sehingga inilah yang melatarbelakangi julukan Demak sebagai Kota Wali.

Ketika mengunjungi Masjid Agung Demak kamu akan melihat arsitektur khas Indonesia, dengan memiliki makna atau filosofi didalamnya.

Dan masjid ini masih digunakan sebagai tempat beribadah hingga saat ini, lokasinya yang berada di Alun-Alun Demak memudahkan wisatawan untuk datang berkunjung.

Selain melihat arsitektur bangunan Masjid Demak yang menawan, kamu juga dapat berziarah dan beribadah dengan tenang dan nyaman di sebuah masjid yang menyimpan banyak sejarah tentang perkembangan Islam khususnya di Pulau Jawa.

Lokasi: Kampung Kauman, Kel. Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

2. Makam Sunan Kalijaga

makam sunan kalijaga
makam sunan kalijaga. google maps. sumber: Priyo Dwi Utomo

Sunan Kalijaga atau Raden Sahid bin Adipati Wilatikto, beliau merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam dengan menggunakan media wayang.

Makam Sunan Kalijaga berada tak jauh dengan Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu, tepatnya berada di samping masjid. Lokasi makam beliau berbentuk joglo dengan atap tumpang atau bersusun 3.

Banyak penziarah yang datang dari berbagai daerah untuk berdo’a di depan Makam Sunan Kalijaga. Lokasinya yang luas memungkinkan menampung banyak jamaah.

Beberapa waktu lalu sempat ditutup untuk menghindari penyebaran Covid-19, namun saat ini sudah dibuka kembali namun harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Lokasi: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

3. Makam Terapung Syekh Mudzakir

makam syekh mudzakir
makam syekh mudzakir. google maps. sumber: Mohan Sofi

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Satu lagi makam yang harus kamu kunjungi ketika berada di Demak, yakni makam dari sosok pejuang kemerdekaan Indonesia sekaligus ulama yang disegani di tahun 1900 hingga 1950.

Beliau bernama Syekh Abdullah Mudzakkir atau biasa disebut Mbah Mudzakir, dimana semasa hidupnya selalu vokal melawan penjajah. Selain itu juga beliau gencar menyebarkan syiar Islam di pesisir pantai utara Demak.

Lokasi makam beliau terbilang unik, karena berada di tengah lautan namun tak pernah tenggelam meskipun air lautnya sedang pasang.

Dengan keunikannya tersebut, menjadi daya tarik tersendiri ketika berziarah di Makam Mbah Mudzakir. Hingga tak pernah sepi dari penziarah yang datang dari berbagai daerah.

Lokasi: Kawasan Pantai Sayung, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

4. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Setelah berziarah ke makam Syekh Mudzakir, sempurnakan liburanmu dengan menyusuri Taman Hutan Mangrove. Karena lokasinya yang saling berdekatan.

Hutan Mangrove Morosari merupakan kawasan hutan mangrove yang rindang dengan riuhnya beberapa ekor burung bangau yang bersarang di dahan-dahan pohon mangrove tersebut.

Kamu dapat menyusuri hutan mangrovenya dengan berjalan kaki di jalur yang sudah disediakan, serta tersedia beberapa spot foto yang dapat kamu manfaatkan.

Selain itu kamu dapat mengelilingi kawasan Hutan Mangrove Morosari dengan menggunakan perahu motor atau bermain bebek-bebekan.

Lokasi: Bedono, Kec. Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 06.00-17.00

5. Brown Canyon Demak

brown canyon
brown canyon. google maps. sumber: Yerica Kurniawan

Simak juga: 11 tempat wisata Banyumas

Lokasi wisata selanjutnya ialah Brown Canyon, yang konon katanya mirip dengan Grand Canyon, Amerika. Brown Canyon berisikan batu cadas berwarna cokelat yang menjulang tinggi.

Brown Canyon sebenarnya bukan sengaja dijadikan sebuah lokasi wisata, dulunya ialah lokasi tambang galian c yang kemudian ditinggalkan dan menyisakan tebing tinggi yang mengagumkan.

Sehingga menghasilkan keindahan panorama yang sangat cantik, dengan batuan cokelat yang menjulang tinggi. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan yang tersaji, apalagi jika senja tiba.

Tebingnya yang tinggi selalu digunakan oleh mereka yang menyukai olahraga panjat tebing. Sehingga Brown Canyon merupakan tempat favorite para pemuda khususnya, untuk menghabiskan waktu.

Lokasi: Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

6. Desa Wisata Tlogoweru

Desa Wisata Tlogoweru merupakan sebuah desa wisata dengan keunikannya berupa banyaknya burung hantu yang berkeliaran dengan bebas.

Karena hampir semua penduduknya memelihara burung hantu, dengan tujuan untuk mengendalikan hama tikus yang sangat menganggu.

Penduduk Desa Tlogoweru bermata pencaharian sebagai petani, sehingga mereka sangat menggantungkan hidupnya dari bidang pertanian.

Sekitar tahun 2011 ada seorang petani yang memelihara burung hantu jenis Tyto Alba, karena ternyata sangat membantu untuk mencegah hama, akhirnya penduduk yang lain pun mengikuti jejaknya.

Sampai akhirnya burung hantu menjadi ikon dari desa tersebut. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri disamping alamnya yang indah dan sejuk.

Lokasi: Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

7. Taman Air Polaris

taman air polaris
taman air polaris. google maps. sumber: Dzaky Chasan

Simak juga: 11 tempat wisata Bintan

Lokasi wisata selanjutnya ialah Taman Air Polaris, yang pastinya anak-anak pasti akan sangat menyukai bermain air apalagi dengan dilengkapi fasilitas permainan yang sangat seru.

Taman Air Polaris memiliki dua buah kolam renang yang dapat dinikmati oleh berbagai usia, apalagi jika weekend tiba pengunjung selalu dihibur oleh penampilan hiburan tambahan berupa acara musik.

Taman air yang satu ini menjadi lokasi favorite bermain air apalagi jika weekend tiba, meskipun ngga terlalu besar tapi kamu dapat menciptakan keseruan bersama.

Lokasi: Jl. Sunan Kalijaga, Kec. Botorejo, Kab. Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 15.000,- hari biasa Rp. 17.000,- weekend
Jam Buka: 07.00-19.00

8. Pantai Glagah Wangi

pantai glagah wangi
pantai glagah wangi. google maps. sumber: muhamad wasiul hakim

Pantai Glagah Wangi berada di Istana Tambak Bulusan atau lebih terkenal dengan nama Istambul. Pantai yang satu ini begitu populer di kalangan warga Demak.

Karena memiliki keindahan alam yang dikelilingi oleh hutan mangrove serta hamparan pasir hitam di sepanjang garis pantai sejauh 3 km.

Kamu dapat menyusuri hutan mangrovenya selama 15 menit dengan menggunakan sebuah perahu. Pantai Glagah Wangi juga memiliki beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan.

Spot foto tersebut ikut mempercantik alam Pantai Glagah Wangi, sehingga pantai ini makin banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Lokasi: Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 15.000,-
Jam Buka: 07.00-15.00 sedangkan hari libur mulai dibuka pukul 06.30-17.00

9. Pantai Tirangan Onggojoyo

pantai tirangan onggojoyo
pantai tirangan onggojoyo. google maps. sumber: Luxman Kiem

Simak juga: 11 tempat wisata Pati

Destinasi wisata selanjutnya yang ada di Demak berupa pantai ialah Pantai Tirangan Onggojoyo, yang lokasinya cukup dekat dengan Wisata Maron karena hanya dibatasi oleh muara Sungai Silandak.

Pantai Tirangan memiliki pasir putih lembut dengan ombak yang silih berkejar-kejaran, Tempat Wisata Demak ini mempunyai pasir yang lembut tanpa bebatuan.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Tirangan ialah memancing, bermain pasirnya yang lembut, melihat tambak ikan, serta hunting beberapa spot foto.

Satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan ialah menyaksikan proses tenggelamnya matahari atau sunset yang sangat cantik dengan perubahan warna alam yang mengagumkan.

Lokasi: desa Tambakrejo, Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

10. Agrowisata Buah

Wisata yang satu ini dapat kamu coba ketika berada di Demak, yakni mengunjungi Agrowisata buah. Khusunya Buah Belimbing dan Jambu Merah Delima yang memiliki rasa yang khas.

Apalagi kamu akan menikmati suasana alam pedesaan yang sangat indah dan tenang. Kamu juga dapat menikmati jus jambu dan jus belimbing yang sangat menyegarkan.

Keseruan yang dapat kamu lakukan diantaranya memetik berbagai macam buah-buahan langsung dari pohonnya. Sambil hunting spot foto seru dan kece abis.

Sistem yang di pakai dalam agrowisata ini adalah sistem paket. Setiap paket tersebut beranggotakan sekitar 30 pengunjung, dan biaya yang harus di keluarkan yaitu kurang lebih sekitar Rp. 50.000,- per orang.

Lokasi:  Mijen, Pasir, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 50.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

11. Sentra Kerajinan Batik Demak

Simak juga: 11 tempat wisata Sumba

Objek wisata yang terakhir ialah dengan mengunjungi sentra kerajinan batik yang ada di Demak, meskipun bukan merupakan kota asal batik, namun Demak memiliki kerajinan batik khas Demak sendiri.

Banyak motif batik yang diproduksi oleh para perajin, salah satunya ialah motif elemen Masjid Agung Demak. Dengan mengunjungi sentra kerajinan batik ini kamu dapat menyaksikan langsung proses pembuatannya.

Kemudian tak sedikit pengunjung yang akhirnya membeli batik tersebut dan menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk orang yang disayangi.

Setelah puas dengan wisata religi dan alam yang dihadirkan di Demak, ngga ada salahnya jika kamu mengunjungi Sentra kerajinan batik Demak untuk menambah wawasan.

Lokasi: Jl. Sultan Hadiwijaya No.21, Nogorame, Mangunjiwan, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-17.00


Tinggalkan komentar