Saygon Waterpark, 1 dari 3 Taman Rekreasi Milik Inul Dratista di Pasuruan

Saygon Waterpark adalah tempat wisata berbasis air yang cocok untuk berwisata bersama keluarga, sahabat, atau untuk pertemuan. Yang membuat terkenal Saygon Waterpark adalah simulasi menerbangkan pesawat Boeing 373-400.

Saygon Waterpark adalah tempat wisata berbasis air yang cocok untuk berwisata bersama keluarga, sahabat, atau untuk pertemuan. Yang membuat terkenal Saygon Waterpark adalah simulasi menerbangkan pesawat Boeing 373-400.
Saygon Waterpark. Image via: explorewisata.com

Terletak di wilayah yang sejuk dan segar menambah nilai plus dari Wisata Saygon Pasuruan ini. Saygon Waterpark menawarkan wahana yang cocok untuk segala usia, maka dari itu tempat wisata ini cocok banget untuk liburan bersama keluarga, pasangan, dan sahabat.

Di Saygon Waterpark tak hanya ada wahana air, tapi ada juga wahana lainnya yang semua wahananya dijamin aman.

Saygon Waterpark dimiliki oleh Penyanyi Nasional Inul Daratista. Selain Waygon Waterpark, di Pasuruan ini Inul mengelola Saygon Niht Park, dan wisata kebun Kurma.

Destinasi wisata ini terletak di daerah Pasuruan ini harga tiket masuknya sangat terjangkau. Kelebihan lain yang dimiliki tempat liburan ini adalah kelengkapan fasilitas, di mana para pengunjung tak perlu bingung mencari hotel karena sudah ada cottage atau penginapan di dalamnya.

bukan hanyamain air, berfoto pun bsai dilakukan di saygon waterparkBasah Cantik.
Basah Cantik. Image via: @nindya_damour

Simak juga: 11 tempat wisata di Pasuruan

Lokasi Saygon Waterpark

Saygon Waterpark beralamat lengkap di Sengon, Desa, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasi wisata ini juga terbilang strategis, berada di jalur Surabaya-Malang. Jika anda dari Surabaya, cukup ditempuh dengan waktu 20 menit dari pintu keluar Toll Pandaan. Sedangkan jika anda dari arah Malang, bisa ditempuh dalam waktu 5 menit dari pertigaan Purwosari Pasuruan.

Jam Buka Saygon Waterpark

Wisata Saygon Waterpark beroperasi setiap hari Selasa hingga Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara, untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, taman bermain ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Tiket Saygon Waterpark

Tiket masuk Saygon Waterpark dibedakan menurut hari kunjungan dan objek yang dikunjungi. Pada Hari kerja, Selasa sampai jumat tiketnya Rp 35.000. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur tiketnya disesuaikan menjadi Rp 50.000.

Anak-anak yang memiliki tinggi kurang dari 90 cm, masih free atau gratis biaya masuk.

Jika ingin mengunjungi objek khusus, pengunjung dikenakan tiket tambahan sesuai wahana yang dikehendaki. Untuk simulasi Penerbangan tiketnya Rp 20.000. Sedangkan untuk bioskop 6D, tiketnya Rp 20.000.

Saygon waterpark memiliki berbagai fasilitas wisata yang lengkap
Aneka fasilitas. Image via: @pasuruanapik_

Fasilitas Saygon Waterpark

Untuk fasilitas penunjang wisata, pengelola Saygon park sudah melakukan persiapan dengan matang. Lokasi wisata ini dilengkapi fasilitas pendukung berupa: Gazebo, Penitipan barang, ruang informasi, ruang ibadah, dan Ruang medis.

Yang membuat nyaman dan tenang selama berwisata, tempat ini dilengkapi team lifeguard. Sehingga anak dan keluarga akan aman selama bermain.

Daya Tarik Wahana Saygon Waterpark

  1. Wahana Air

Sesuai namanya, fasilitas yang paling menonjol di saygon waterpark adalah wahana pemainan air.

  • Water Playground

Salah satu wahana yang paling ramai di Saygon Waterpark adalah Water Park. Di dalam fasilitas ini terdapat area khusus untuk water playground. Wahana yang disediakan sama seperti water playground pada umumnya yaitu berupa perosotan anak. Jumlahnya memang tidak banyak tapi cukup memadai.

terdapat area khusus untuk water playground. Wahana yang disediakan sama seperti water playground pada umumnya yaitu berupa perosotan anak. Jumlahnya memang tidak banyak tapi cukup memadai.
Lapangan air. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Menikmati 2 kolam dan 2 Slide di Taman Dayu

Selain itu yang juga akan menarik perhatian anak-anak yaitu atraksi water splash atau pancuran air yang keluar dari beberapa instalasi, dan dari ember tumpah. Selain aman untuk anak-anak dan balita karena kedalaman kolam hanya sekitar 30 cm, taman di sekitarnya yang ditata rapi juga membuat kesan nyaman dan tenang.

Orang tua juga tetap bisa mengawasi anak-anaknya bermain dari gazebo atau area pergola yang ada di sisi kolam.

  • Speed Water Slide

Untuk yang menginginkan ketegangan, Saygon Waterpark memiliki Speed Water Slide yang merupakan Seluncuran tercepat di Waterpark ini. Pengunjung akan meluncur dengan kecepatan tinggi melintasi lintasan dengan dua gelombang dan finish di lintasan lurus

Twister Water Slide. Seluncuran berbentuk cawan raksasa. Meluncur sepanjang terowongan, menukik dan keluar dengan cepat berputarr sepanjang dinding cawan raksasa

Twister. Image via: aktual.web.id

  • Twister Water Slide

Twister Water Slide merupakan seluncuran berbentuk cawan raksasa. Pengunjung akan meluncur melewati terowongan dan keluar sambil berputar di cawan raksasa kemudian masuk ke terowongan kedua dan berakhir di kolam.

  1. Wahana Permainan

Ada berbagai wahana yang berkaitandnegan permainan bon air yang juga ada di Saygon Waterpark ini.

wahana yang snagat menarik di Saygon Waterpark adalah Simulasi Penerbangan Boing 737. Dalam wahana pesawat Boeing, pengunjung diajak merasakan bagaimana sensasi berada di atas pesawat dengan melakukan simulasi penerbangan.
Selfie sebelum terbang. Image via: antarafoto.com

Simak juga: Belajar tani sama Pak Budi

  • Simulasi Penerbangan

Satu wahana yang sangat menarik di Saygon Waterpark adalah Simulasi Penerbangan Boing 737. Wahana ini memberikan pengunjung pengalaman menerbangkan peasawat. Simulasi yang dilakukan sangatlah terasa real sehingga pengunjung merasa seolah-olah menerbangkan pesawat sungguhan.

  • Ruang Pilot

Masih di pesawat Boing 737 Seri 400, pengunjung yang ingin merasakan sensasi lebih bisa mencoba merasakan menjadi Pilot. Pengunjung diajak duduk di Simulator Cock-Pit, atau ruang kemudi. Ruangan ini dirancang sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat merasa pengalaman seperti menerbangkan pesawat sungguhan.

  • Bioskop 6D

Saygon Waterpark juga memiliki bioskop modern engan teknologi 6D. Salah satu feature yang dihadirkan bioskop ini adalah kursi penonton yang dapat bergerak sesuai dengan gerakan yang hadir di layar.  Teknologi ini dirancang agar penonton dapat merasakan secara real setian scene yang ada dalam film.

  • Roller Coaster

Bagi yang ingin wahana modern Roller Coaster, dan belum bisa ke Ancol, bisa mencoba dulu di Saygon Waterpark ini. Roller coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus. Rel dipasang di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda.

Walau roller coaster di Saygon ini tidak sefenomenal di Ancol, namun untuk ukuran anak-anak, sudah cukup untuk memuaskan keinginan mereka akan keseruan.
Roller coaster. Image via: @aryz_zetyawan

Simak juga: Belanja, renang dan makan, di SKI Bogor

Walau roller coaster di Saygon ini tidak sefenomenal di Ancol, namun untuk ukuran anak-anak, sudah cukup untuk memuaskan keinginan mereka akan keseruan.

  • Flying Chair

Jika wahana air, juara menegangkan adalah slide kecepatan tinggi, maka untuk wahana darat posisi itu dipegang oleh Flying Chair.

Kursi Mabur atau Flying Chair kita akan ‘menerbangkan’ pengunjung sampai dengan ketinggian 4 meter. Sambil berayun-ayun di atas tanah, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar Saygon Waterpark. Tinggi minimum untuk pengunjung yang ingin naik wahana ini adalah 120 cm.

  1. Penginapan

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata lebih lama di Saygon Waterpark, atau mungkin yang berasal dari luar kota dan datang ke Pasuruan sengaja untuk berwisata, tentu membutuhkan penginapan. Pengelola Saygon Waterpark, sudah menyediakan fasilitas penginapan di dalam area taman.

Airplane suite merupakan tipe kamar yang berada di dalam pesawat terbang Saygon Air
Pesawat Kamar. Image via: saygonwaterpark.com

Ada beberapa jenis penginapan yang disediakan oleh pengelola. Semuanya memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing.

  • Airplane Suite

Airplane suite merupakan tipe kamar yang berada di dalam pesawat terbang Saygon Air. Pengunjung dapat melihat ke luar jendela berupa pemandangan lereng bukit yang menyatu dengan cottage mewah.

Dari dalam kamar, tamu bisa merasakan segarnya udara pegunungan. Udara segar yang dirasakan dari balik jendela kamar dijamin dapat menghilangkan penat dan meredakan stres dari rutinitas sehari-hari. Di dalam miniatur pesawat tersebut, juga sudah disediakan berbagai fasilitas.

  • Saygon Cottage

Penginapan ini mengusung tema tradisional Jawa dengan nuansa alam yang kental. Area penginapan ini cukup luas dengan berbagai macam tanaman sebagai hiasannya.

Penginapan ini mengusung tema tradisional Jawa dengan nuansa alam yang kental. Hal ini bisa dilihat dari area penginapan yang cukup luas dan dipenuhi dengan berbagai macam tanaman berbunga atau pohon yang rindang.
Joglo. Image via: saygonwaterpark.com

Simak juga: Menikmati Dasyatnya Ombak Bono

Bentuk bangunan penginapan yang menyerupai rumah joglo, menjadi salah satu bagian yang unik dan diminati banyak tamu. Karena terbuat dari kayu dan dilengkapi ornamen khas Jawa, tidak heran banyak orang berfoto di depan bangunannya.

Di bagian depan bangunan, terdapat teras sebagai tempat untuk bersantai dan mengobrol. Memasuki area kamar, hampir seluruh perabotan kamar bertema tradisional Jawa. Bahkan, beberapa perabotan kamarnya masih ada yang menggunakan desain kuno.

  • Saygon Inn

Akomodasi ini memiliki tema modern minimalis dengan pemandangan Saygon Waterpark. Tipe penginapan ini konon cocok untuk yang ingin lebih lama tinggal di dan memandangi Saygon Waterpark. Dari kamar akomodasi, tamu bisa melihat seluruh wahana serta betapa luasnya kolam renang di Saygon Park.

Bangunan Saygon inn yang menghadap kolam renang Saygon Waterpark, memiliki suasana yang asri. Ini berkat adanya tumbuhan berbunga serta pepohonan berukuran sedang di sekeliling akomodasi. Setiap kamar di Saygon inn dilengkapi dengan teras sebagai area bersantai atau mengobrol dengan keluarga dan teman.

bareng ayah ibu
Wisata keluarga. Image via: @deean_wullan

Simak juga: Kawah putih tinggi Raja

  • Container

Bagi kaum muda millennial yang ingin menginap di kamar Instagramable, bisa memilih penginapan tipe container. Bangunan akomodasi yang menyerupai sebuah container besar dengan warna-warna cerah, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pengunjung, terutama sebagai spot untuk berfoto.

Container room sendiri dibuat dari box container yang disusun dan didesain sedemikian rupa, hingga menjadi sebuah kamar yang menarik. Meskipun terbuat dari container, kenyamanan dan fungsinya sebagai kamar tidak perlu dipertanyakan. Apalagi melihat berbagai macam fasilitas yang ditawarkan.

Objek Wisata Dekat Saygon Waterpark

Saygon park pasuruan lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya purwodadi, hanya terpaut jarak 7 km saja. Kebun raya ini memiliki lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan total jumlah Spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar.

Wisatawan dapat menikmati cuaca yang sejuk karena lokasinya yang relatif cukup tinggi. Hal ini membuat lokasi ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat. Di depan gapura masuk, Pengunjung dapat melihat jalan besar panjang dikelilingi pepohonan hijau menyegarkan.

Jika setelah puas main air, ingin melanjutkan wisata edukasi, bisa mencoba ke kebun pak budi. Kedua lokasi wisata ini hanya berjarak 8 km saja. Kebun Pak Budi, didedikasikan sebagai lokasi wisata wisata edukasi yang juga sangat rekreatif. Di arena wisata edukasi ini banyak disisipkan spot selfie yang instagenik. Tidak salah jika kemudian konsep wisata ini dikenal dengan nama edutainment.

Secara keseluruhan, dapat kami simpulkan, Saygon Waterpaek milik Inul Daratista ini pantas menjadi wisata yang bisa kamu pilih saat sedang berada di Pasuruan. Bisa bersama dengan keluarga, ataupun juga sendiri tidak ada masalah sama sekali.

Baca juga:

Leave a Comment