Saygon Waterpark, 1 dari 3 Taman Rekreasi Milik Inul Daratista di Pasuruan

Pasuruan merupakan sebuah nama kabupaten yang menjadi bagian Jawa Timur. Jika kamu berkunjung ke Pasuruan, sempatkan diri untuk mengunjungi sebuah tempat wisata yang akan memberikan kamu kenyamanan dan keseruan bersama keluarga tercinta.

Karena di lokasi ini kamu bukan hanya dapat bermain air, namun tersedia juga wahana-wahana seru lainnya yang harus kamu lakukan. Mengenai tiket masuk jangan khawatir, dijamin tak akan membuat kantong bolong.

Saygon Waterpark inilah nama tempat wisata tersebut, terletak di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Pasuruan. Tempat wisata ini dimiliki oleh penyanyi dangdut terkenal yang bernama Inul Daratista.

Tersedia berbagai macam fasilitas dan wahana permainan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Saygon Waterpark. Untuk kamu yang datang dari luar kota pun ngga perlu khawatir, karena di sekitar lokasi terdapat sebuah penginapan atau cottage yang dapat kamu sewa.

Selalu Ramai Pengunjung
Selalu Ramai Pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 tempat wisata di Pasuruan

Lokasi wisata ini terletak di wilayah yang sejuk dan menyegarkan sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk menghabiskan ;iburan bersama keluarga tercinta.

Berikut ulasan lengkap mengenai Saygon Waterpark:

Lokasi dan Rute Menuju Saygon Waterpark

Lokasi Saygon Waterpark terletak di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Rute menuju Saygon Waterpark sangat mudah, karena lokasinya yang strategis berada di jalur Surabaya-Malang. Jika kamu bergerak dari Surabaya waktu yang akan kamu tempuh untuk mencapai lokasi sekitar 20 menit dari pintu Tol Pandaan. Untuk kamu yang berangkat dari Malang waktu yang ditempuh hanya sekitar 5 menit saja dari pertigaan Purwosari.

Jam Buka Saygon Waterpark

Jam operasional Taman Wisata Saygon Waterpark dibedakan menjadi berikut:

  • Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
  • Untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, taman bermain ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Tiket Saygon Waterpark

Tiket masuk Saygon Waterpark sebagai berikut:

  • Tiket New Normal Sabtu dan Minggu sebesar Rp. 45.000,- per orang
  • Untuk weekday (Senin sampai Jumat) sebesar Rp. 35.000,- per orang
  • Untuk weekend (Sabtu, Minggu, dan hari libur) sebesar Rp. 50.000,- per orang
  • Tiket masuk Pesawat Boeing Simulasi Penerbangan Rp. 20.000,- per orang
  • Tiket masuk bioskop 6D sebesar Rp. 20.000,- per orang

Untuk anak-anak yang memiliki tinggi kurang dari 90 cm, tidak dikenakan biaya masuk alias masih gratis.

Fasilitas Saygon Waterpark

Fasilitas yang tersedia di Saygon Waterpark sudah sangat lengkap, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya:

  • Area parkir yang bisa menampung mobil dan motor
  • Mushola
  • Tempat menyimpan barang atau loker
  • Kamar mandi
  • Foodcourt
  • Gazebo tempat beristirahat
  • Tempat penyewaan ban
  • Ruang informasi dan ruang medis pun tersedia
  • Beberapa wahana permainan
  • Penginapan atau Cottage
  • Team lifeguard yang akan selalu mengawasi kita ketika bermain air

Daya Tarik Wahana Saygon Waterpark

Landscape Saygon Waterpark
Landscape Saygon Waterpark. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

1. Wahana Air

Wahana air yang ada di Saygon Waterpark terdiri dari:

  • Water Playground

Water Playground merupakan salah satu wahana air yang menyediakan berbagai macam permainan seru untuk anak-anak. Letaknya berdekatan dengan Pesawat Boeing. Anak-anak dapat bermain berbagai macam seluncuran yang tentu saja aman untuk mereka.

Juga terdapat sebuah ember tumpah yang akan menambah keseruan ketika bermain air. Kolamnya sangat dangkal jadi kamu ngga perlu khawatir untuk membiarkan anak-anak bermain di wahana water playground ini. Namun tentu saja kamu harus selalu mengawasi dan memperhatikan mereka.

Area Water Palyground
Area Water Palyground. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Menikmati 2 kolam dan 2 Slide di Taman Dayu

  • Speed Water Slide

Jika kamu sangat menyukai tantangan, cobalah untuk meluncur dari ketinggian dengan hanya bertumpu pada badanmu sendiri. Kamu akan meluncur dengan derasnya dengan lintasan yang lurus dan kecepatan tinggi.

Speed Water Slide
Speed Water Slide. Sumber: hargaticket.com

 

  • Twister Water Slide

Twister Water Slide yakni sebuah seluncuran yang berbentuk seperti cawan raksasa. Kamu akan meluncur melewati terowongan seluncuran lalu keluar dengan berputar-putar terlebih dahulu sebelum memasuki terowongan kedua dan berakhir di kolam. Wahana ini menggunakan ban dan akan lebih seru jika bermain bersama teman.

Masih banyak wahana air lainnya yang tak kalah seru, yakni kolam arus dan kolam ombak.

Serunya Bermain Kolam Ombak
Serunya Bermain Kolam Ombak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Wahana Permainan Lainnya

Selain wahana air Saygon Waterpark juga memanjakkan kamu dengan berbagai macam permainan lainnya, yakni:

Dikelilingi Taman Yang Indah
Dikelilingi Taman Yang Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Belajar tani sama Pak Budi

  • Simulasi Penerbangan

Yang menjadi perhatian ketika kamu sedang berada di Saygon Waterpark ialah adanya keberadaan pesawat Boeing 737 seri 400. Ternyata keberadaanya memberikan kita kesempatan untuk mencoba menerbangkan sebuah pesawat.

Pengalaman yang seru bukan? Apalagi harga tiketnya murah sekali jika dibandingkan dengan keseruan yang akan kamu rasakan. Anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

Merasakan Serunya Menerbangkan Pesawat
Merasakan Serunya Menerbangkan Pesawat. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Ruang Pilot

Berada di ruang pilot pesawat Boing 737 Seri 400, merupakan sensasi yang menegangkan sekaligus menarik. Mencoba bagaimana rasanya menjadi sebagai seorang pilot. Selain itu kamu juga akan diajak untuk duduk di Simulator Cock-Pit, atau ruang kemudi. Yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga kamu dapat merasakan pengalaman seperti menerbangkan pesawat sungguhan.

  • Bioskop 6D

Saygon Waterpark juga memiliki sebuah bioskop modern yang akan memberikan kamu pengalaman menonton dengan teknologi 6D. Kamu akan merasakan pengalaman menonton sebuah film secara nyata disetiap scenenya, karena kursinya dapat bergerak-gerak mengikuti gerakan di layar.

  • Roller Coaster

Wahana Roller Coaster juga tersedia di Saygon Waterpark ini, meskipun tak terlalu tinggi seperti yang ada di Dufan namun tetap dapat memberikan kamu sensasi yang menegangkan namun seru.

Roller coaster merupakan wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus. Meliuk-meliuk melewati setiap rel yang ada serta memiliki ketinggian yang berbeda-beda seru sekali. Anak-anak pasti akan sangat menyukainya

Simak juga: Belanja, renang dan makan, di SKI Bogor

  • Flying Chair

Flying Chair atau Kursi Mabur merupakan sebuah wahana yang akan membuat kita terbang mengelilingi wahana dengan ketinggian bisa mencapai 4 meter.

Flying Chair
Flying Chair. GoogleMaps. Sumber: hargaticket.com

Jika kamu tidak berani sebaiknya kamu urungkan niat untuk menaikinya, karena kamu akan diayun-ayun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Untuk dapat menikmati wahana ini, tinggi minimumnya yakni 120 cm.

3. Penginapan

Untuk kamu yang berasal dari luar kota dan ingin bermalam di lokasi Saygon Waterpark, terdapat beberapa fasilitas penginapan yang disediakan oleh pengelola di dalam area taman. Yakni:

  • Airplane Suite

Namanya saja sudah Airplane Suite ini berarti kamu akan menginap disebuah kamar yang berbentuk pesawat terbang Saygon Air. Kamu akan mendapatkan sensasi menginap di tempat yang tak biasa, dimana kamu akan dapat melihat pemandangan berupa lereng bukit. Meskipun di dalam sebuah pesawat fasilitas yang ada sudah memadai.

  • Saygon Cottage

Tempat yang satu ini mengusung tema tradisional Jawa yang kental dengan diselimuti nuansa alam yang sejuk. Saygon Cottage berada di area yang cukup luas dengan dihiasi berbagai macam tanaman.

Penginapan ini mengusung tema tradisional Jawa dengan nuansa alam yang kental. Hal ini bisa dilihat dari area penginapan yang cukup luas dan dipenuhi dengan berbagai macam tanaman berbunga atau pohon yang rindang.
Joglo. Image via: saygonwaterpark.com

Simak juga: Menikmati Dasyatnya Ombak Bono

Bentuk bangunannya menyerupai rumah joglo, terbuat dari kayu yang dihiasi dengan ornamen-ornamen khas Jawa. Sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang memilih untuk menginap disini.

Perabotan yang ada di dalam kamar pun sesuai dengan tema Jawa yang diusung, dengan masih menggunakan desain pada zaman dahulu. Di depannya terdapat sebuah teras untuk kamu bersantai dan mengobrol, sambil menikmati sejuknya alam.

  • Saygon Inn

Saygon Inn bertemakan modern minimalis dengan pemandangan langsung menghadap ke area Saygon Waterpark. Sehingga kamu dapat melihat betapa luasnya Saygon Waterpark.

Suasana di sekitar Saygon Inn sangat asri, karena banyaknya tumbuhan serta pepohonan yang menyejukkan di sekeliling penginapan. Dengan duduk-duduk di teras depan sambil menikmati secangkir kopi hangat atau teh hangat, lengkapi dengan pemandangan yang sejuk. Hilang semua rasa lelah yang menggelayut dalam diri.

Simak juga: Kawah putih tinggi Raja

  • Container

Selain penginapan yang berbentuk pesawat ternyata masih ada tempat menginap yang unik lainnya. Yakni kamu bisa memilih untuk menginap di sebuah kamar tipe container.

Bangunannya menyerupai sebuah container besar dengan dicat warna-warna yang cerah, tempat yang cocok untuk kamu para milenial. Menginap sambil berfoto-foto ria di sekitar container.

Dibuat dari box container yang disusun dan didesain sedemikian rupa supaya menjadi sebuah kamar yang menarik juga nyaman. Meskipun terbuat dari container, jangan kamu ragukan tentang fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Objek Wisata Dekat Saygon Waterpark

Setelah mengunjungi Saygon Waterpark, sempatkan waktu kamu untuk mengunjungi tempat wisata yang lokasinya berdekatan dengan Saygon park, yakni:

1. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi berjarak sekitar 7 meter dari Saygon Waterpark, dengan memberikan kamu suasana alam yang sejuk. Disini terdapat berbagai jenis tumbuhan dari beberapa spesies yang berbeda. Areanya pun sangat luas, yakni sekitar 85 hektar.

Tempat ini cocok untuk tempat berkunjung bersama keluarga tercinta, apalagi jika sambil berpiknik ria. Areanya dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan dan menyegarkan.

2. Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi memberikan kamu sebuah tempat wisata dengan konsep edutainment. Lokasinya berada sekitar 8 km dari Saygon Waterpark. Disini kamu akan belajar tentang perkebunan organik, pertanian organik, peternakan organik, serta perikanan organik.

Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat udara di sekitar Kebun Pak Budi sangat sejuk dan menenangkan. Tempat yang cocok untuk menenangkan diri, apalagi disini tersedia penginapan untuk kamu sewa.

Demikian ulasan lengkap mengenai Saygon Waterpark dan area wisata yang ada di sekitarnya. Menghabiskan waktu liburan di Saygon Waterpark merupakan hal yang harus kamu lakukan. Namun tentu saja harus tetap mematuhi protokol kesehatan, ya!


Tinggalkan komentar