Pantai Kasap Pacitan, Mengingatkan Pada Indahnya Raja Ampat Papua

Yang menjadi daya tarik unik Pantai Kasap Pacitan adalah terdapat sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan beberapa gugusan pulau hijau. Padang rumput hijau di atas bukit tersebut menawarkan pesona yang mengingatkan pada kawasan Painemo di Raja Ampat.

Yang menjadi daya tarik unik Pantai Kasap Pacitan adalah terdapat sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan beberapa gugusan pulau hijau
Pantai Kasap Pacitan. Image via: meramuda.com

Pantai Kasap Pacitan nan indah ini memiliki keunikan dari pantai laut selatan. Karakternya adalah beberapa batu karang, pasir putih bersih dan paling terlihat ialah ombak yang deras. Bibir pantai cukup sempit hanya berbentuk teluk pasir melengkung serta diapit tebing bagian kiri dan kanannya.

Sempitnya wilayah pasir pantai, tidak mengurangi daya tarik keindahan pantai. Ketika pengunjung berada di pantai Kasap Pacitan ini, mereka bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang sangat segar, sembari menikmati pemandangan Pantai.

Untutk  mendapatkan view berbeda, pengunjung bisa menaiki bukit berumput hijau di sisi kanan-kiri pantai, lalu rasakan sensasi menakjubkan wisata pantai Pacitan diatas bukit. Umumnya pengunjung mengabadikan momen keindahan pantai dengan berfoto ria atau berselfie di atas bukit.

Momen paling direkomendasikan di pantai ini, adalah ketika sore hari datang. Saat itu pengunjung dapat menikmati sunset dari atas bukit.

melihat panorama dari atas bukit sisi pantai KAsap PAcitan
Dari atas bukit. Image via: @rarashintasaraswati

Simak juga: 13 loaksi wisata pilihan di Pacitan

Lokasi Pantai Kasap Pacitan

Secara administratif Pantai Kasap Pacitan terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Kasap terletak lokasinya tak jauh dari Pantai Watukarung. Pantai Kasap yang berupa perbukitan ini dikelilingi oleh beberapa obyek wisata lainnya, yakni Kali Cokel, Pantai Banteng Mati dan Pantai Denombo di sisi timur. Kemudian di sisi barat ada Pantai Jantur.

Rute Menuju Pantai Kasap Pacitan

Untuk menuju Pantai Kasap ini jalurnya sama dengan ke pantai Sruni, dan ada 2 rute yang bisa pengunjung lalui.

Yang pertama Dari arah barat Solo / Jogja lewat jalur ke Goa Gong. Dari manapun pengunjung dapat masuk jalur Pacitan – Solo, dan belok di Kecamatan Punung tepatnya barat pasar di pertigaan ke Goa Gong, kalau dari arah Solo belok kanan.

bersantai menikmati waktu du keteduhan pantai kasap pacitan sungguh melenakan hati
Menanti yang dinanati. Image via: @ayu.pitalokaaa

Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Klayar.

Selnajutnya  ambil jalan yang lurus saja ikuti terus jalur utama arah Pantai Watukarung hingga bertemu pertigaan arah Watukarung belok kanan, ikuti terus jalan utama hingga bertemu lokasi tiketing masuk Pantai Watukarung.

Ikuti jalan kekiri di depan lokasi tiket masuk Watukarung itu melewati jembatan (lalu bersambung jalan rabat) hingga bertemu papan kecil non permanen ke Pantai Kasap Pacitan di kanan jalan, Di situ parkir lalu jalan kaki melewati jalan setapak di sisi kanan jalan itu maka akan sampai di Pantai Kasap.

menyususri kali cokel dapat menajdi alternatif wisata di pantai kasap pacitan ini
Menyusuri Kali Cokel. Image via: @sdesianaa

Simak juga: Danau Kaco nan mungil Seluas 9 Tumbuk

Rute yang kedua adalah dari Pacitan kota melalui jalur bus terus ikuti arah Pantai Srau sampai pertigaan Pringkuku belok kiri. Terus saja hingga sampai pertigaan lagi belok kanan ikuti arah Watukarung. Di setiap persimpangan ada papan Penunjuk arah. Terus ikuti jalur utama sampai pertigaan Watukarung – Klayar.

Kemudian pilih arah Watukarung yang belok kiri, terus ikuti sampai bertemu persimpangan yang bertuliskan ke Pantai Sruni, Kasap (belok kiri setelah lokasi tiket masuk pantai Watukarung) seperti rute pertama untuk sampai di Pantai Kasap Pacitan.

Jam Buka Pantai Kasap Pacitan

Pantai indah Pantai Kasap Pacitan ini terbuka 24 jam penuh untuk dikunjungi.

Tiket Pantai Kasap Pacitan

Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk Pantai Watu Karung. Berkisar antara Rp 3.000 – Rp 5.000 bergantung hari libur atau hari biasa.

Menikmati pelangi Setelah gerimis di pantai kasap pacitan.
Setelah gerimis. Image via: tripjalanjalan.com

Biaya lain adalah untuk parkir kendaraan, Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa perahu untuk menyusuri sungai, biasanya nelayan menyewakan perahu seharga Rp 15.000.

Fasilitas Pantai Kasap Pacitan

Fasilitas umumnya bisa dijumpai di Pantai Watu Karung sebagai pintu masuk menuju pantai ini. Fasilitas Pantai Watu Karung cukup memadai. Selain TPI ada juga beberapa penginapan berupa homestay dan villa yang berjajar tidak jauh dari pantai.

Di patai Kasap Pacitan ada juga warung kecil. Pengunjung bisa menikmati berbagai hidangan seperti kopi susu, susu jahe, teh pahit, teh tarik, coklat, kentang goreng, roti bakar, pisang bakar, mi goreng, nasi goreng, dan tentunya hidangan khas Pacitan yaitu tahu tuna dan otak-otak tuna.

Harga hidangan di sini berkisar di antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Pengunjung bisa menikmati makanan sembari melihat pemandangan laut selatan Jawa yang tergambar jelas di dalam warung.

Daya Tarik Pantai Kasap Pacitan

  1. Aktivitas Pantai

PAsir putih menjadi kekayaan khas dari pantai kasap pacitan ini
Pasir putih. Image via: @pacitanindah___

Simak juga: Naik perahu langit di Jurang Tembelan

Bagi pengunjung wisata pantai, pastinya paham betul bagaimana cara terbaik menikmati pantai ini. Semua aktivitas pantai umumnya biasa dilakukan, kecuali berenang. Sebab pantai ini berkarakter pantai Selatan yang khas dnegan ombak besar nya.

Pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut yang membentuk keindahan pantai Kasap Pacitan. Dengan menjelajah pantai, pengunjung bisa menemukan dan naik ke tempat lebih tinggi untuk menemukan spot terbaik.

Pengunjung juga bisa mencoba memuaskan diri di sepanjang garis pantainya yang melengkung itu. Bermanja di hamparan pasirnya yang putih. Bermalas-malasan, bersantai mengistirahatkan mata, dengan memandangi keindahan alam.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Seruni. Pastikan energi wisata mencukupi, untuk melebarkan penjelajahan memperkaya pengalaman wisata.

Kegiatan menarik lainnya adalah menyusuri Sungai Cokel yang terhubung langsung dengan pantai ini. Untuk melakukannya, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan yang biasanya sudah bersandar disekitar lokasi.

Berperahu bersama nelayan menyusuri sungai sampai muara adalah satu hal yang layak dicoba.

  1. Sunrise dan Sunset

sunrise di pantai kasap pacitan
Peralihan Waktu. Image via: @mita.brln

Pukul 05.45 dini hari matahari mulai memunculkan wujudnya di Pantai Kasap, meski kadang sedikit tertutup awan. Sinar berwarna oranye itu menyapa pengunjung yang telah menunggunya. itulah sunrise indah Bukit Pantai Kasat Pacitan, Jawa Timur.

Waktu-waktu terbaik melihat sunrise di puncak Bukit Kasap ini berada di antara pukul 05.30 hingga pukul 06.00. Lewat dari waktu tersebut, jangan harap bisa melihat indahnya sinar oranye sunrise Bukit Kasap.

Jika ingin mencoba sensasi yang berbeda, saat menjelang Senja, pengunjung dapat mencoba menaiki bukit rerumputan hijau yang berada di bagian sisi kiri pantai. Pemandangan pantai dari atas ketinggian tentunya akan sangat menawan.

Pemandangan sunset yang terlihat dari bukit ini begitu indah sehingga sangat sayang jika tidak diabadikan dengan kamera kesayangan. Selain itu, pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di sebelah barat juga bisa dinikmati saat mendaki tebing yang berada di Pantai Kasap.

  1. Spot Foto

Pengelola pantai kasap pacitan memebuat beberapa spot foto emnggunakan bahan alami di sekitar pantai
Spot Foto. Image via: @ayu.pitalokaaa

Simak juga: Curug Citambur Ciwidey

Untuk semakin mempercantik kawasan raja ampatnya Pacitan, pengelola Pantai Kasap oleh Desa setempat terus bersolek untuk menampilkan keindahannya. Pengelola setempat menambahkan sejumlah spot menarik, seperti gardu pandang dan spot swafoto di bagian bukit Pantai Kasap.

Sejumlah spot terbaru yang dibangun tersebut adalah Gardu pandang yang dibuat dari kayu, lengkap dengan tangga dan jembatan kecil di atasnya. Spot foto lain adalah semacam gerbang yang dibuat dari tumpukan akar dan dahan pepohonan, juga ada café di bukit tersebut.

Ada erbagai bentuk spot foto. Ada Tersedia seperti sepeda, timbunan batang pohon yang dibuat membentuk hati, dan masih banyak lagi.

Dengan sudut pengambilan foto yang pas, latar belakang gugusan karang seolah tidak kalah dengan Raja Ampat. Terlebih ketika sore hari. Sisi barat yang terbuka membuat sunset turut terlihat jelas dari Pantai Kasap ini.

Dengan adanya spot terbaru tersebut, keindahan dan keelokan Pantai Kasap semakin terasa. Berada di atas gardu pandang, pengunjung dapat menikmati dengan bebas keindahan panorama pantai-pantai serta pulau kecil di sekeliling bukit yang dikenal dengan raja ampatnya Pacitan ini.

Spot Sepedadi bukit salah satu sisi pantai kasap pacitan
Spot Sepeda. Image via: @fitalufita

Tips Mengunjungi Pantai Kasap Pacitan

Saat berlibur di Pantai Kasap Pacitan, berikut ini beberapa tips yang perlu ketahui:

  • Waspada ombak.

Pantai kasap mempunyai ombak yang cukup besar, sehingga pengunjung yang sedang berlibur di pantai diharapkan untuk berhati hati saat bermain di pinggir pantai. Selalu waspada saat ombak laut datang secara tiba-tiba sehingga tidak menyebabkan resiko apapun yang tidak diinginkan.

  • Wasapda saat naik bukit

Perlu diperhatikan saat ingin menaiki perbukitan dan bebatuan karang yang ada di pantai Kasap. Dikarenakan kondisi karang yang licin dan terjal karena banyaknya tumbuhan lumut. jangan sampai anda terpeleset atau terjatuh karena tidak berhati hati.

  • Tiket terusan 4 Pantai.

Jika sudah membayar tiket masuk di gerbang wisata Pantai Watu Karung, maka pengunjung juga dapat mengelilingi pantai-pantai lainnya seperti Pantai Sraru, pantai Seruni, dan Pantai Watu Karung.

terdapat juga spot foto berbentuk hati di pantai kasap pacitan ini
Spot Hati, Image via: @sebutkamalldn

Simak juga: Sunrise di Posong Temanggung

Objek Wisata Dekat Pantai Kasap Pacitan

Selain pantai Kasap, Pacitan juga ada pantai indah lainnya. Salah satunya pantai buyutan. DI sini pengunjung bisa berjemur. Pengunjung  akan digoda dengan kehadiran beberapa karang-karang unik dan anti mainstream. Karang yang ada disini mirip sekali dengan berbagai macam bentuk. Seperti perahu, ada juga yang mirip dengan mahkota dewa, dan masih banyak lagi.

Pantai Pacitan unik lain adalah Pantai Pangasan. Indahnya pemandangan pantai pacitan ini berbingkai bebatuan karang yang menjulang tinggi. Sebuah bukit karang besar yang berdiri kokoh menjadi landmark dari destinasi wisata pantai di Pacitan satu ini.

Di tebing sisi timur pun ada gua kecil yang tidak begitu luas. Di dalam gua tersebut banyak terdapat batu-batu bulat-bulat dan juga merupakan habitat dari kelelawar. Untuk masuk ke dalam gua harus menunggu ombak surut, karena pintu masuknya tepat berada di zona ombak pantai.

Keindahan Pantai Kasap Pacitan adalah bukti nyata, betapa kaya negeri ini. Keindahan yang bisa melenakan pikiran, untuk relaksasi sejenak dari kesibukan harian. Ayo berkunjung ke pantai Kasap, dan nikmati pengalaman akan keindahan yang tak tergantikan ini.

Baca juga:

Leave a Comment