Pantai Kasap Pacitan, Lukisan Alam Yang Menakjubkan

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, dan kota ini mempunyai deretan pantai yang sangat indah serta ada loh yang mirip dengan Raja Ampat.

Pantai Watu Karung, Pantai Bercak serta Pantai Kasap merupakan deretan pantai dengan lokasi yang berdekatan, serta memiliki keindahan alam yang tak jauh berbeda.

Sebelumnya saya pernah mengulas mengenai Pantai Bercak. Nah, sekarang saya akan mengulas tetangga dari pantai tersebut yakni Pantai Kasap.

Berada di lokasi yang sama dengan Pantai Bercak membuat Pantai Kasap memiliki keindahan yang tak kalah menarik. Untuk melihat seluruh keindahan pantai tersebut kamu dapat menaiki sebuah bukit.

Pantai Kasap dihiasi dengan beberapa batu karang serta pasir putih yang bersih meskipun tidak terlalu lebar. Deburan ombaknya cukup kencang menerpa karang-karang yang berada di sekitarnya.

Raja Ampatnya Pacitan
Raja Ampatnya Pacitan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 13 loaksi wisata pilihan di Pacitan

Lokasi Pantai Kasap Pacitan

Lokasi Pantai Kasap berada di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Lokasinya masih satu jalur dengan Pantai Watu Karung dan Pantai Bercak.

Rute Menuju Pantai Kasap Pacitan

Rute menuju Pantai Kasap dari Pacitan menempuh jarak sekitar 26,5 km dengan estimasi waktu sekitar 45 menit, dengan melalui jalur yang menuju Pantai Watu Karung.

Ketika tiba di gerbang masuk menuju Pantai Watu Karung lanjutkan perjalananmu dengan mengikuti arah yang menunjukkan lokasi Pantai Kasap. Setelah tiba di area parkir kendaraan kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju Pantai Kasap.

Simak juga: Danau Kaco nan mungil Seluas 9 Tumbuk

Jam Buka Pantai Kasap Pacitan

Jam operasional Pantai Kasap Pacitan dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Jadi kamu dapat menikmati keindahan Pantai Kasap kapan pun kamu mau.

Tiket Pantai Kasap Pacitan

Tiket masuk Pantai Kasap plus menikmati Pantai Watu Karung yakni sebesar:

  • Anak-anak cukup membayar sebesar Rp. 3.000 per anak
  • Dewasa membayar Rp. 5.000 per orang
  • Untuk tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000 per unit
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per unit

Fasilitas Pantai Kasap Pacitan

Fasilitas umum yang ada di Pantai Kasap Pacitan terdiri dari:

  • Area parkir mobil dan motor
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo atau saung tempat beristirahat
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Homestay atau Penginapan

Daya Tarik Pantai Kasap Pacitan

Pantai yang ada di Pacitan memiliki keindahan yang luar biasa mengagumkan begitupun halnya dengan Pantai Kasap, pantai ini memiliki daya tarik seperti:

1. Menikmati Alam Dari Puncak Kasap

Deburan Ombak Yang Cukup Kencang
Deburan Ombak Yang Cukup Kencang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Naik perahu langit di Jurang Tembelan

Ketika berkunjung ke Pantai Kasap kamu tak dapat melakukan aktivitas bermain air seperti biasanya, karena ombak disini cukup kencang. Cara menikmati keindahan pantainya ialah dengan menaiki puncak Kasap.

Harus berjalan menapaki jalan setapak yang cukup menanjak ke sebelah kanan, dengan melalui jalur yang berbatu cukup tajam. Sehingga pastikan kamu menggunakan sepatu yang tidak terlalu flat.

Hembusan angin menemani perjalananmu serta indahnya laut biru tergambar begitu jelas dihiasi beberapa gundukan bukit. Di sebelah kanan kamu akan melihat sebuah gapura yang eksotik.

Gapura tersebut merupakan pintu masuk menuju Puncak Kasap, namun sebelum melanjutkan perjalanan kamu harus membayar dulu sebesar Rp. 3.000 per orang.

Setelah itu dilanjutkan dengan menapaki beberapa anak tangga untuk menuju Puncak Kasap. Angin terasa kencang ketika berada disana, terpampang secara nyata keindahan deretan pantai yang ada.

Mulai dari bukit-bukit yang menghiasi laut biru, Pantai Kasap yang bertaburkan pasir putih, serta Pantai Bercak yang sunyi namun menakjubkan dengan hiasan bukit besar di kedua sisi pantainya.

Sungguh pemandangan yang sangat luar biasa, wajarlah jika disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan karena memang serupa namun tak sama.

Ombak yang cukup besar menerjang bukit-bukit tersebut sehingga menimbulkan cipratan air yang indah. Kamu dapat melihat semua ini disebuah gardu pandang yang berada di Puncak Kasap.

2. Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Berfoto Bersama Warna Alam Yang Cantik
Berfoto Bersama Warna Alam Yang Cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menyaksikan keajaiban alam yang satu ini dapat kamu nikmati ketika berada di Pantai Kasap, menyaksikan sendiri bagaimana cantiknya matahari yang mulai menampakkan diri dari ufuk bagian timur.

Jika ingin menyaksikan momen tersebut sebaiknya kamu sudah berada di Pantai Kasap sekitar pukul 05.00 hingga pukul 06.00 pagi.

Selain menyaksikan matahari terbit, kamu juga dapat menikmati tenggelamnya matahari di sebelah barat. Merasakan sendiri perubahan warna alam dari terang benderang menuju gelap gulita.

3. Berwisata di Kali Cokel

Menyusuri Kali Cokel
Menyusuri Kali Cokel. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ragam wisata lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai kasap yakni, dengan menyusuri Sungai atau Kali Cokel yang terletak di bagian depan dekat dengan area parkir.

Kali Cokel ini terhubung langsung dengan Pantai Kasap, kamu bisa menyewa perahu yang sudah siap mengantarmu berkeliling selama kurang lebih 30 menit dengan rute Kali Cokel, Pantai Kasap hingga muara.

Tiket yang harus kamu bayar sekitar:

  • Anak-anak cukup membayar Rp. 10.000 per anak
  • Dewasa sekitar Rp. 20.000 per orang

Di tengah perjalanan menyusuri Sungai Cokel kamu akan melihat ayunan yang bisa kamu gunakan sebagai sebuah spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Kamu akan diajak untuk menyusuri Kali Cokel sampai ke tengah lautan dan melintasi Pantai Watu Karung, kamu juga bisa menambah track hingga menuju Sungai Maros dengan biaya sekitar Rp. 150.000,-. Dijamin aman pokoknya, karena sebelum berangkat kamu akan dibekali jaket pelampung.

Menyusuri Hingga Ke Laut Lepas
Menyusuri Hingga Ke Laut Lepas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Hunting Foto

Mengabadikan Keindahan Alam
Mengabadikan Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Curug Citambur Ciwidey

Banyak sekali spot foto yang ada di Pantai Kasap, kebanyakan spot foto yang kece badai berada di Puncak kasap. Dimana kamu dapat berfoto dengan gerbang Puncak Kasap yang terbuat dari tumpukan dahan serta akar kayu yang cakep banget.

Kamu juga dapat berfoto ketika berada di gardu pandang, view disana sangat bagus untuk diabadikan dalam sebuah foto maupun video. Namun jangan lama-lama ya, karena banyak pengunjung yang sudah mengantri ingin melakukan hal yang sama.

Selain itu terdapat sebuah spot foto yang berbentuk lambang hati yang terbuat dari kayu dan akar tanaman, kamu dapat berfoto dengan orang terkasih disini.

Salah Satu Spot Foto Yang Ada Di Puncak Kasap
Salah Satu Spot Foto Yang Ada Di Puncak Kasap. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Simak juga: Sunrise di Posong Temanggung

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai kasap, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tebal alasnya, untuk memudahkan kamu menapaki jalan menuju Puncak kasap.
  • Berhati-hatilah ketika berada di gardu pandang Puncak Kasap.
  • Terlalu berbahaya untuk berenang atau bermain air di Pantai Kasap.
  • Gunakan selalu jaket pelampung ketika menyusuri Kali Cokel.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Kasap.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Pantai Kasap.

Penutup

Pantai di Pacitan memang sungguh mempesona, keindahan alam Pantai Kasap tak boleh dipandang sebelah mata. Suasana alam yang memadukan birunya laut dengan hijaunya perbukitan merupakan lukisan alam yang tiada duanya.

Nikmatilah lukisan alam yang tergambar di Pantai Kasap, dan rasakan sendiri keindahannya.

Leave a Comment