11 Tempat Wisata Situbondo, Di Sini Lokasi Afrika Van Java Yang Eksotis

Tempat wisata Situbondo yang paling hits tentu saja wisata bahari, serta wisata alam ke Taman Nasional Baluran. Padahal, Situbondo memiliki beragam tema wisata dari mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner, semua tersaji indah di Kota Santri tersebut.

Tahun 2019 menjadi sebuah penegasan bahwa tempat wisata di Situbondo, Jawa Timur layak bersaing dengan tempat wisata yang ada di daerah lain.

 

Angka kunjungan wisatawan pada tahun 2019 hampir menyentuh angka 500.000 pengunjung. Bukti tersebut menjadi pertanda bahwa Situbondo telah siap menapaki prestasi di dunia wisata.

Bahkan Duta Wisata untuk Jawa Timur telah datang langsung ke Kota Santri, untuk memberikan dukungan pengembangan sektor wisata Situbondo, Jawa Timur.

Dan inilah 11 tempat wisata Situbondo yang paling hits, yang layak untuk dikunjungi saat liburan tiba.

11 Tempat Wisata Situbondo

1. Kampung Kerapu

kampung kerapu situbondo
kampung kerapu situbondo. google maps. sumber: Rizkii Wahyu

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

11 tempat wisata Situbondo yang pertama adalah objek wisata yang menawarkan keindahan panorama alam pantai, dalam balutan wisata edukatif.

Nama tempat wisata tersebut adalah Kampung Kerapu. Dari namanya saja kita sudah bisa menerka bahwa budidaya ikan Kerapu yang dilakukan oleh masyarakat sekitar adalah nilai edukatif, sekaligus daya tarik utamanya.

Keseruan wisata di Kampung Kerapu tidak hanya sebatas itu saja. Terdapat sebuah jembatan yang menjorok ke laut, membentuk melingkar, sehingga mampu menjadi spot selfie bagi pengunjung yang datang.

Di Kampung Kerapu juga sering dilaksanakan beberapa festival, atau pagelaran seni, dan budaya khas lokal. Semua ragam tema wisata tersaji indah dalam satu kawasan.

  • Lokasi dan alamat Kampung Kerapu berada di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Kampung Kerapu Rp. 35.000 per orang.
  • Kampung Kerapu Situbondo buka dari pukul 08.00 – 21.00.

2. Kampung Blekok

kampung blekok
kampung blekok. google maps. sumber: Erika Oktaviani 

Tempat wisata Situbndo selanjutnya adalah Kampung Blekok. Sejarah penamaan Kampung Blekok merujuk kepada burung-burung yang selalu ada di kampung tersebut, yang bernama Burung Blekok.

Kampung Blekok mempunyai daya tarik sebagai kampung yang memiliki hutan mangrove, serta menjadi habitat yang nyaman bagi Burung Blekok, yang berpadu dengan keindahan alam pantainya.

Di kawasan hutan mangrove Kampung Blekok juga terdapat jalur trekking yang nyaman. Selain itu, jarak Kampung Blekok dari pusat Kabupaten Situbondo tidaklah jauh.

  • Lokasi dan alamat Kampung Blekok berada di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Kampung Blekok Rp. 5.000 per orang.
  • Kampung Blekok buka dari pukul 05.00 – 18.00.

3. Klenteng Poo Tong Biaw

kelenteng poo tong biaw
kelenteng poo tong biaw. google maps. sumber: Hasan Zhang

Simak juga: 11 tempat wisata Kendari

Klenteng Poo Tong Biaw atau ditulis juga Klenteng Poo Tong Biao adalah salah-satu klenteng tertua yang ada di Situbondo. Diperkirakan Klenteng Poo Tong Biaw sudah ada dari sejak tahun 1854.

Klenteng Poo Tong Biaw dibangun secara baik, dan artistik. Sehingga bukan hanya sebatas tempat ibadah bagi para penganut agama Buddha saja, namun menjadi sebuah tempat yang cukup bersejarah.

  • Lokasi dan alamat Klenteng Poo Tong Biaw berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten SItubondo, Prvinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Klenteng Poo Tong Biaw gratis.
  • Klenteng Poo Tong Biaw buka selama 24 jam.

4. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
pantai pasir putih. google maps. sumber: ahmad maulid

Pantai Pasir Putih adalah tempat wisata yang paling hits di Situbondo, bahkan di Jawa Timur. Alasannya, Pantai Pasir Putih sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, yang dilengkapi oleh beragam wahana, fasilitas, dan pesona pantai yang menawan.

Ciri khas dari Pantai Pasir Putih adalah ombaknya yang tenang, airnya yang berwarna biru, dan bersih, serta menjadi spot yang nyaman bagi mereka yang suka dengan diving, maupun snorkeling.

Selain itu,para pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Pasir Putih dengan menggunakan perahu layar yang berwarna-warni khas pantai tersebut.

  • Lokasi dan alamat Pantai Pasir Putih berada di Desa Kembang Sambi, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih Rp. 6.000 per orang.
  • Pantai Pasir Putih buka dari pukul 07.00 – 18.00.

5. Pantai Pathek

pantai pathek
pantai pathek. google maps. sumber: Mama Lyfe

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Pantai Pathek atau dikenal juga dengan Grand Pathek Situbondo ialah tempat wisata Situbondo selanjutnya berupa pantai, yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Daya tarik Pantai Pathek atau Grand Pathek SItubondo terletak pada pesona alam pantainya, serta di kawasan tersebut dilengkapi dengan wahana yang akan membuat nyaman anak-anak. Ditambah lagi terdapat kolam renang.

  • Lokasi dan alamat Pantai Pathek berada di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Pathek atau Grand Pathek Situbondo Rp. 10.000 per orang.
  • Pantai Pathek buka 24 jam.

6. Pantai Tampora

pantai tampora
pantai tampora. google maps. sumber: Mita Tri Nugraheni

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Lokasi Pantai Tamporah berada di kawasan Perum Perhutani, sehingga cuacanya tidak terlalu terik. Masih banyak pepohonan yang membuat suasana menjadi teduh.

Pantai Tamporah ombaknya tidak terlalu besar, area pasirnya juga cukup luas, dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang.

Dan ciri khas dari Pantai Tamporah adalah terdapat sebuah goa kecil, berupa gua batu karang, yang disebut dan dikenal dengan nama Goa Kucing.

  • Lokasi dan alamat Pantai Tamporah berada di Desa Kalienget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbndo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Tamporah Rp. 5.000 per orang.
  • Pantai Tamporah buka dari pukul 07.00 – 17.00.

7. Waduk Bajulmati

waduk bajulmati
waduk bajulmati. googla maps. sumber: Intan Diah Pratiwi

Simak juga: hiasan alam raja ampat waduk bajulmati

Tempat wisata Situbondo selanjutnya yang cocok untuk tempat nongkrong, atau berburu foto dengan latar alam yang super keren bernama Waduk Bajul Mati.

Waduk Bajul Mati terletak di antara dua gunung yang sangat terkenal, yaitu Gunung Baluran, dan Pegunungan Ijen. Serta Waduk Bajul Mati mencakup beberapa desa di Kecamatan Banyuputih.

Daya tarik utamanya tentu saja Waduk Bajul Mati yang terlihat menjadi sebuah kolam raksasa, yang dikelilingi leh bukit-bukit hijau yang menawan.

  • Lokasi dan alamat Waduk Bajul Mati berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Prvinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Waduk Bajul Mati Rp. 10.000
  • Waduk Bajul Mati buka dari pukul 07.00 – 17.00

8. Pantai Bama Taman Nasional Baluran

pantai bama
pantai bama. google maps. sumber: RATIH WIDHIYANDARI

11 tempat wisata Situbondo selanjutnya yang paling hits adalah Pantai Bama Taman Nasional Baluran. Lokasinya terletak di Taman Nasional Baluran, sebuah kawasan dimana UNESCO ikut terlibat dalam pengawasan Pantai Bama Taman Nasional Baluran tersebut.

Keberadaan Pantai Bama di Taman Nasional Baluran sekaligus menjadi daya tarik tersendiri. Alamnya yang masih terjaga kelestariaannya. Salah-satu buktinya, area pasir putih Pantai Bama selalu nampak sekelompok monyet liar.

Selain itu, Pantai Bama Taman Nasional Baluran hampir bisa dibilang sebagai pantai yang bersih, yang tidak memiliki ombak. Sehingga cocok sebagai tempat liburan keluarga di Situbondo.

  • Lokasi Pantai Bama terletak di Taman Nasional Baluran. Alamat Pantai Bama Taman Nasional Baluran berada di Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Prvinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Bama Taman Nasional Baluran Rp. 16.000 untuk wisatawan nusantara.
  • Harga tiket masuk Pantai Bama Taman Nasional Baluran Rp. 18.500 untuk wisatawan mancanegara.
  • Pantai Bama Taman Nasional Baluran buka dari pukul 07.30 – 17.00.

9. Bekol Savana Taman Nasional Baluran

bekol savana
bekol savana. google maps. sumber: Reven Augustian

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Masih di kawasan Taman Nasional Baluran, nama objek wisatanya Bekol Savana. Sebuah savana yang menjadi rumah nyaman bagi beberapa spesies hewan, seperti:

  • Banteng Jawa
  • Macan Tutul
  • Ajak
  • Burung Rangkong

Keindahan savana, atau hamparan rumput hijau tersebut telah sampai ke mancanegara. Bahkan Bekol Savana memiliki julukan, atau nama lain Afrika Van Java.

  • Lokasi Bekol Savannah berada di Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bekol Savana Taman Nasional Baluran Rp. 16.000 untuk wisatawan nusantara.
  • Harga tiket masuk Bekol Savana Taman Nasional Baluran Rp. 18.500 untuk wisatawan mancanegara.
  • Bekol Savana Taman Nasional Baluran buka dari pukul 07.30 – 17.00.

10. Puncak Rengganis Argopuro

puncak rengganis
puncak rengganis. google maps. sumber: alan sholehan saleh

Tempat wisata Situbondo berupa puncak gunung yang indah bernama Puncak Rengganis Argopuro. Lokasinya berada di salah – satu puncak Gunung Argopuro.

Daya tarik Puncak Rengganis Argopuro bukan hanya menawarkan keindahan alam Gunung Argopuro, serta spot yang instagramable saja. Namun Puncak Rengganis Argopuro menawarkan sejarah.

Di lokasi Puncak Rengganis Argopuro terdapat teras berundak yang sangat bersejarah. Sebagai sebuah situs peninggalan jaman purbakala.

  • Lokasi dan alamat Puncak Rengganis Argopuro berada di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Prvinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Puncak Rengganis Argopuro : –
  • Puncak Rengganis Argopuro buka 24 jam

11. Air Terjun Talempong

air terjun talempong
air terjun talempong. google maps. sumber: Tri Resa Febrian

Simak juga: 11 tempat wisata Banyumas

Tempat wisata Situbondo yang terakhir adalah Air Terjun Talempong. Sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Air yang turun sangat deras, serta alamnya dikelilingi oleh bebatuan. Yang paling menarik dari Air Terjun Talempong adalah sebagian besar jalur trekkingnya sudah tertata, yang terbuat dari kayu, serta di sampingnya terdapat bunga – bunga indah yang berwarna – warni.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Talempong berada di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Talempong Rp. 2.000
  • Air Terjun Talempong buka 24 jam. Namun rata-rata pengunjung akan kembali sebelum hari gelap.

Tinggalkan komentar