Pantai Nguyahan, Pantai Imut Dengan Menu Komplit

Pantai nguyahan merupakan salah satu pantai indah yang layak dikunjungi di Area gunung kidul. Pantai ini menawarkan berbagai keindahan. Mulai dari Sunrise,  sunset, kawasan camping, hingga pengalaman memancing di pantai.

Pantai nguyahan merupakan salah satu pantai indah yang layak dikunjungi di Area gunung kidul. Pantai ini menawarkan berbagai keindahan. Mulai dari Sunrise, sunset, kawasan camping, hingga pengalaman memancing di pantai.
Pantai Nguyahan. Image via: @jogjaku

Di Pantai Nguyahan ini juga memungkinkan Anda untuk bisa bercamping disini untuk menikmati hembusan angin  malam pantai yang membelai lembut dan bisa lebih dekat dengan alam.

begitu indah dan memanjakan anda. Seperti gubuk-gubuk sederhana yang memang sengaja di bangun agar para pengunjung bisa duduk dan menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Gazebo ini juga bisa anda manfaatkan untuk menikmati beberapa santap siang anda lantaran, disini kita akan melihat beberapa warung menyediakan berbagai macam pilihan menu yang enak dan mempunyai cita rasa tinggi.

Oleh karena itu, anda tidak usah kebingungan membawa perbekalan dari rumah. Karena warung disini selain makanannya enak. Harganya juga sangat ramah di kantong. Sehingga, anda tidak perlu khawatir.

Ceria bercanda di pasir Pantai Nguyahan
Ceria di Pantai. Image via: rentalmobiljogja.id

Simak juga: 66 lokasi wisata di Jogja

Asal-Usul Nama Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan sudah terkenal dari zaman Belanda, namun kawasan ini lebih dikenal sebagai tempat pembuatan garam. Hal ini dikarenakan wilayah ini memiliki air laut yang cukup mudah untuk diolah menjadi garam.  Maka dari itu, warga sekitar kemudian memberikan nama pantai ini dengan pantai nguyahan yang berasal dari kata “uyah”. Uyah merupakan bahasa Jawa yang berarti garam. Kemudian menjadi “nguyahan” yang berarti tempat pembuatan garam.

Aktifitas pembuatan garam di sekitar pantai Nguyahan kini juga masih berjalan. Beberapa warga terlihat masih bertani garam dan pengunjung bisa menikmati pemandangan ini ketika sedang perjalanan menuju lokasi destinasi wisata pantai Nguyahan.

Lokasi Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Payung pantai di pantai nguyahan siap menyambut kehadiran pengunjung
Payung pantai. Image via: wsrentaljogja.com

Rute Menuju Pantai Nguyahan

Bagi pengunjung yang berangkat dari Kota Yogyakarta dapat melalui jalur Piyungan menuju Parangtritis. Kemudian lanjutkan kembali perjalanan menuju  Panggang –> Saptosari –> Pasar Trowono –> Kanigoro. Selanjutnya ikuti jalan hingga menemui pantai Nguyahan.

Jam Buka Pantai Nguyahan

Pesona pantai nguyahan dapat dinikmati oleh pengunjung setiap hari, sepekan penuh. Pantai mulai dibuka apda jam 08.00 dan tutup pada jam 18.00

senja di pantai Nguyahan
Senja di pantai. Image via: @fadelassidiq

Simak juga: Pemandian Raja Legenda di Bah Damanik

Tiket Pantai Nguyahan

Untuk menikmati objek wisata ini tidak perlu mahal karena, harga tiket masuk Pantai Nguyahan hanya 5 ribu rupiah saja.

Di tambah dengan biaya parkir yang akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan 10 ribu ruipiah bagi anda yang membawa mobil.

Fasilitas Pantai Nguyahan

Lokasi wisata Pantai Nguyahan memang terkesan sepi dan tak berpenghuni. Namun demikian objek wisata ini menghadirkan fasilitas yang memadai. Area parkirnya pun cukup luas jadi, jangan takut untuk tidak kebagiaan lahan parkir.

Selain itu, disini juga sudah dilengkapi dengan sarana toilet, musholla, dan kamar ganti bagi anda yang ingin membilas dan mengganti pakaian setelah puas bermain-main air.

Di Pantai Nguyahan terdapat banyak gubuk sederhana yang disediakan khusus bagi para pengunjung oleh warga sekitar. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk sekedar santai atau makan-makan sambil menikmati keindahan panorama alam lautan.

Disamping itu juga ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman di sana. Hanya saja makanan dan minuman yang tersedia di warung Pantai Nguyahan tidak banyak pilihan menu, sehingga cukup untuk mengisi perut lapar dan dahaga.

Daya Tarik Pantai Nguyahan

  1. Pantai yang Indah

Pantai nguyahan tampil cantik dengan berdinding tebing tinggi d kanan kirinya
Pantai yang indah. Image via: advjourney.com

Pantai nguyahan meruapakan kawasan wisata pantai yang cocok serta aman untuk bermain-main seperti bermain bola dan pasir. Hal ini dikarenakan kondisi pantai yang berbetuk landai. Selain itu pasir yang terdapat di pantai ini merupakan pasir putih yang memberikan kesan elegan.

Kemudian, pada saat air laut surut pengunjung bisa menyaksikan pemandangan batuan karang yang nampak begitu indah. Dengan ikan-ikan kecil yang hilir mudik di sela-sela batuan tentunya semakin menambah keeksotisan pantai ini.

Tak hanya itu, pada karang di sekitar pantai akan nampak rumput laut serta ganggang yang menyangkut. Hal ini membuat pemandangan tepi laut nampak lebih indah dan semakin berwarna. Hal ini tentunya membuatnya cocok bila dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

  1. Memancing

Memancing di karang pantai.
Memancing di karang pantai. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Bersua Orang Utan di Tanjung putin Kalimantan

Salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di pantai ini adalah memancing. Spot yang bisa dijadikan tempat memancing adalah ke arah selatan menuju lantai karang. Area ini memang pas untuk memancing, maka dari itu jangan kaget bila banyak warga setempat yang memancing juga.

Degan begitu pengunjung bisa menikmati pemandangan indah pantai ini dengan cara yang berbeda. Pengunjung bisa menunggu umpan dimakan ikan sambil menikmati eloknya pemandangan yang tersaji. Di sisi lain ikan yang terdapat di area ini juga cukup lumayan besar-besar.

  1. Camping

Piknik di pasir pantai Nguyahan.
Piknik di Nguyahan. Image via: sewamobildijogja.net

Pada saat berada di pantai Nguyahan pengunjung tidak akan menemukan penginapan, namun jangan khawatir pengunjung bisa memanfaatkan camping area yang tersedia di tempat ini. Mengebai peralatan, pengunjungjung harus membawanya sendiri karemna di area ini tidak ada tempat penyewaan alat kemah.

Dengan berkemah di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah berupa bintang yang gemerlap di langit. Untuk dapat menyaksikannya pengunjung bisa keluar tenda pada tengah malam sekitar pukul satu hingga dua pagi.

Selain itu pengunjung juga bisa melakukan kegiatan bakar-bakar ikan yang tentunya akan semakin merekatkan suasana. Kemudian, dengan menggelar api unggun pun udara jadi terasa tidak terlalu dingin.

menikmati damai di pantai nguyahan
Damai. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: Pesona Raja Ampat di Patai Kasap Pacitan

  1. Pertanian Rumput Laut

Siapa sangka, selain sentra pembuatan garam, lokasi pantai Nguyahan juga merupakan kawasan penghasil rumput laut. Maka dari itu tak heran jika pengunjung bisa melihat para warga yang memanen rumput laut pada hari biasa maupun hari libur. Hal ini tentunya menjadi pemandangan yang unik karena tidak di semua pantai pengunjunng bisa menyaksikan panorama ini.

  1. Bukit di Sekeliling Pantai

Ada hal yang istimewa dari pantai Nguyahan, hal itu adalah bukit yang terdapat di sekililing pantai. Dari area ini pengunjung bisa melihat pemandangan pantai dengan lebih jelas lagi. Kemudian bukit-bukit ini pun membuat panorama pantai semakin indah. Namun, perlu diingat  bagi pengunjung yang hendak menuju area ini agar berhati-hati.

Sunset pantai nguyahan
Sunset. Image via: https://www.instagram.com/zain_nal/

Simak juga: Danau Kaco yang mungil dan cantik

Objek Wisata Dekat Pantai Nguyahan

Gunung kidul jogjakarta merupakan sorganya berbagai pantai indah. Ada puluhan pantai yang bisa dipilih disini. Salah satu yang unik adalah pantai Jogan. Pantai ini memilik muara sungai berbentuk air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Yang tidak bleh dilewatkan tentu saja sang Legenda, Pantai Kukup. Pantai dengan maskot berupa Pulau karang kecil yang mengingatkan pada Tanah Lot di Bali. Di batu karang itu terdapat sebuah bangunan seperti gazebo kecil sebagai gardu pandang.

Pantai Nguyahan dapat dijadikan sebagai pilihan wisata untuk mengisi liburan. Kalaupun Anda ingin suasana yang lebih lengang, cobalah ambil cuti di hari kerja dan datang ke sana bersama keluarga maupun para sahabat. Tubuh dan pikiran yang penat pasti akan ter-refresh seketika.

Baca juga:

Leave a Comment