Pantai Nguyahan, Keindahan Pantai Minimalis Di Gunung Kidul

Mengunjungi sebuah pantai bagi semua orang akan membuat semuanya menjadi baik-baik saja, apalagi jika pantai yang dikunjungi sepi serta bersih. Wah, pasti kamu betah untuk berlama-lama di sana.

Di sekitar Gunung Kidul, Yogyakarta terdapat sebuah pantai yang tak terlalu ramai dikunjungi pengunjung. Selain itu pantainya indah dengan dihiasi pasir putih bersih, namanya ialah Pantai Nguyahan.

Pantai nguyahan merupakan salah satu pantai yang indah dengan segala ragam wisata yang dapat kamu lakukan seperti, menikmati pergantian hari, camping di pinggir pantai, serta memancing.

Pantai ini berdampingan dengan Pantai Ngobaran, namun pengunjung lebih tertarik mengunjungi Pantai Ngobaran karena lebih banyak tersedia area spot fotonya.

Padahal Pantai Nguyahan memiliki alam yang menakjubkan, kamu dapat melihat dari atas ketinggian bukit yang berada di sekitar pantai.

Dari atas bukit akan nampak jelas pesona alam yang dihadirkan Pantai Nguyahan, melihat gelombang air laut yang tak begitu tinggi teus menyapu perairan disekitarnya. Ditemani dengan langit biru yang berhiaskan awan putih.

Selain memiliki keindahan pantai yang menakjubkan, Pantai Nguyahan juga terkenal sebagai pantai yang sangat bersih.

Disini kamu tak akan menemukan sampah sedikit pun, para pengelola sudah menyediakan beberapa tong sampah di sekitar lokasi. Dan dibantu oleh kesadaran para pengunjung untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Landmark Pantai Nguyahan
Landmark Pantai Nguyahan. Sumber: visitingjogja.com

Simak juga: 66 lokasi wisata di Jogja

Asal Mula Nama Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan dulunya merupakan tempat pembuatan garam yang sangat terkenal di Gunung Kidul sejak zaman pemerintahan Belanda.

Hal ini dikarenakan Pantai Nguyahan memiliki air laut yang cukup mudah untuk diolah menjadi garam. Oleh karena itu, penyematan nama “Nguyahan” berasal dari kata “Uyah” yang artinya garam. Sehingga Pantai Nguyahan memiliki maksud pantai tempat pembuatan garam.

Sampai saat ini kegiatan pembuatan garam di sekitar pantai masih berlangsung, kamu akan melihat beberapa petani garam dalam perjalanan menuju Pantai Nguyahan.

Lokasi Pantai Nguyahan

Lokasi Pantai Nguyahan berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Nguyahan

Rute menuju Pantai Nguyahan jika kamu bergerak dari pusat kota Yogyakarta akan menempuh perjalanan sejauh 75 km dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Untuk menuju lokasi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena belum tersedianya akses transportasi umum. Kamu dapat mengambil rute Piyungan dari Yogyakarta kemudian menuju Parangtritis lalu akhirnya tibalah kamu di Panggang.

Selanjutnya arahkan kendaraanmu menuju Saptosari Pasar Truwono, kemudian tiba di Kanigoro, tak berapa lama kemudian tibalah kamu di Pantai Nguyahan. Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Ngobaran.

Jam Buka Pantai Nguyahan

Jam operasional Pantai Nguyahan dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00

Gerbang Masuk Menuju Pantai Nguyahan
Gerbang Masuk Menuju Pantai Nguyahan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pemandian Raja Legenda di Bah Damanik

Tiket Pantai Nguyahan

Tiket masuk dan parkir untuk menikmati Pantai Nguyahan terdiri dari:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 5.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 10.000,- per unit
  • Sewa tenda dan tikar sebesar Rp. 20.000
  • Tiket untuk menikmati spot di atas bukit sebesar Rp. 2.000 saja

Fasilitas Pantai Nguyahan

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Nguyahan diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar ganti
  • Warung-warung makanan dan minuman

Daya Tarik Pantai Nguyahan

Meskipun Pantai Nguyahan tak terlalu besar, namun memiliki beberapa daya tarik yang mampu membuat pengunjung terus berdatangan. Yakni sebagai berikut:

1. Pantai Imut Nan Indah

Hamparan Pasir Putih
Hamparan Pasir Putih. Sumber: jogja.tribunnews.com

Pantai Nguyahan tidak memanjang seperti pantai-pantai pada umumnya, pantainya kecil namun sangat indah. Dengan dihiasi beberapa batu karang dengan berbagai ukuran, yang mengahalau besarnya ombak ke pinggir pantai.

Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih, aman untuk anak-anak bermain pasir atau bahkan bermain bola di bibir pantainya.

Deburan ombaknya cukup kencang, seru sekali menunggu datangnya ombak kemudian kamu berlari menjauhinya. Anak-anak pasti akan teriak kegirangan melakukan aktivitas tesebut.

Di sekitar bibir pantai terdapat beberapa payung besar yang sudah dilengkapi sebuah tikar, dimana kamu dapat beristirahat sambil memandangi luasnya laut.

Bersantai Menikmati Indahnya Pantai Nguyahan
Bersantai Menikmati Indahnya Pantai Nguyahan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mendengarkan deburan ombak yang menenangkan ditemani semilir angin yang membuat tubuhmu merasa sejuk. sungguh sangat menenangkan, tempat yang tepat untuk menepikan diri dari semua kebisingan kota digantikan dengan keindahan Pantai Nguyahan yang luar biasa.

Selain terkenal sebagai sentra pembuatan garam, Pantai Nguyahan juga merupakan kawasan penghasil rumput laut. Jadi kamu dapat melihat warga yang sedang memanen rumput laut pada waktu-waktu tertentu.

2. Hiasan Bukit Yang Gagah

Dihiasi Bukit Hijau
Dihiasi Bukit Hijau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Nguyahan diapit oleh dua bukit yang dengan gagahnya melindungi, bukit tersebut tampak ditumbuhi pepohonan hijau yang menambah asrinya suasana pantai.

Kamu dapat menuju ke atas bukit dengan melewati jalan yang sudah disediakan, dan melihat dari ketinggian suasana Pantai Nguyahan. Hembusan angin akan terasa kencang dari atas bukit, namun kamu merasa senang berada disini.

Karena terdapat sebuah gardu pandang yang juga dapat digunakan untuk berfoto selfie bersama indahnya hamparan Pantai Nguyahan.

Untuk menuju ke atas bukit, kamu harus melalui jalan setapak yang sedikit menanjak. Namun rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama alam yang sudah disiapkan.

Dari atas ketinggian bukit merupakan lokasi yang tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbit serta eloknya matahari tenggelam.

Berfoto Diatas Bukit
Berfoto Diatas Bukit. Sumber: jejakpiknik.com

Simak juga: Danau Kaco yang mungil dan cantik

3. Camping

Selain menikmati keindahan pantai di siang hari, kamu juga dapat menyaksikan indahnya Pantai Nguyahan di malam hari. Dengan mendirikan tenda di sekitar pantai, kamu dapat menikmati deburan ombak sepanjang malam.

Untuk dapat mendirikan tenda disini kamu sebaiknya membawa perlengkapan camping sendiri, karena disini belum tersedia penyewaan tenda ataupun peralatan lainnya.

Nikmatilah bermalam dengan suasana pantai yang menenangkan, dihiasi gemerlapnya bintang yang menghiasi malam. Menghabiskan waktu bersama dengan melakukan berbagai kegiatan seru yang tak terlupakan.

Bermain Air Pantai Nguyahan
Bermain Air Pantai Nguyahan. Sumber: plesiran.co

Simak juga: Pesona Raja Ampat di Patai Kasap Pacitan

4. Memancing

Simak juga: Bersua Orang Utan di Tanjung putin Kalimantan

Para mancing mania pasti akan betah berlama-lama berada di Pantai Nguyahan, karena di sebelah selatan pantai ini merupakan spot terbaik untuk memancing.

Menunggu umpan dimakan oleh ikan sambil menikmati alam yang indah merupakan nilai tambah dari Pantai Nguyahan ini.

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Nguyahan, diantaranya:

  • Selalu perhatikan anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Berhati-hatilah ketika mengambil beberapa gambar atau video di atas bukit.
  • Selalu jaga kebersihan area Pantai Nguyahan.
  • Gunakan Sunblock untuk menghalau paparan sinar matahari menyentuh tubuhmu.
  • Kamu bisa menggunakan topi atau kacamata hitam untuk menghindari teriknya sinar matahari.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Nguyahan.

Penutup

Pecinta pantai pasti menikmati kebersamaan bersama alam Pantai Nguyahan, lokasinya yang tak terlalu ramai dan bersih merupakan daya tarik tersendiri.

Nikmatilah deburan ombak Pantai Nguyahan bersama seluruh anggota keluargamu, habiskan weekend ini bersama dengan mereka.

Leave a Comment