Leuwi Citoe, Landscape Keindahan Alam di Tasikmalaya

Wisata Leuwi Citoe atau biasa disebut juga Curug Citoe ada juga yang bilang Leuwi Pangewelan ini, sangat Recommended buat kalian yang ingin menikmati segarnya suasana berenang dan melihat landscape keindahan pemandangan yang sangat asri di Tasikmalaya.

Destinasi wisata alam yang satu ini sangat memikat karna airnya yang jernih dan lingkungannya yang asri membuat kalian tergoda untuk berenang ataupun bermain air.

Aliran Leuwi Citoe terbilang kecil dan tidak terlalu deras, sehingga cukup aman bagi kalian yang ingin berenang dan melakukan aktifitas seperti terjun bebas ke sungai.

curug citoe
curug citoe. google maps. sumber: wakemod yeu teh

Tapi kamu harus siap dengan kedalaman dari Leuwi Citoe ini, karena diperkirakan kedalamannya sekitar 7 meter, jadi untuk kamu yang nggak bisa berenang lebih baik menikmati keindahan alamnya dari permukaan saja ya.

Lokasi dan Alamat Leuwi Citoe

Lokasi menuju Leuwi Citoe, terletak di alamat di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kacamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Rute Menuju Leuwi Citoe

Rute menuju Leuwi Citoe, jika dari Tasikmalaya pusat memerlukan waktu sekitar 2 jam 20 menit ke arah selatan menuju Cikatomas-Cikalong. Pas pertigaan pom bensin ambil lurus kearah Cikalong kemudian belok kiri ke arah Pancatengah hingga sampai ke Desa Pangliaran.

Jika kita sudah sampai di Desa Pangliaran, ada beberapa alternatif jalan salah satunya ialah menuju kampung Sukajaya. Dari gapura Kampung Sukajaya tersebut jarak menuju Leuwi Citoe sekitar 2 Km.

berfoto bersama indahnya alam
berfoto bersama indahnya alam. google maps. sumber: wakemod yeu teh

Trekking Leuwi Citoe

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena lokasinya berada di tengah hamparan sawah milik warga.

Trekking yang dilalui pun yakni dengan menyusuri area pesawahan, serta peternakan milik warga. Kemudian kamu akan menemukan beberapa aliran selokan kecil yang saluran airnya sangat jernih.

Trekking yang dilalui memakan waktu sekitar 15 menit lamanya, tergantung pada kecepatan masing-masing individu.

Harga Tiket Masuk Leuwi Citoe

Harga tiket masuk Leuwi Citoe gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

berenang di segarnya aliran air
berenang di segarnya aliran air. google maps. sumber: Ihsan Fajari

Jam Buka Leuwi Citoe

Jam operasional Leuwi Citoe terbuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Leuwi Citoe

Karena berada di lokasi yang cukup tersembunyi, ditambah belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat, hal tersebut menyebabkan fasilitas yang ada di sekitar Leuwi Citoe ini belum tersedia apa-apa.

Jadi pastikan kamu membawa bekal makanan dan minuman secukupnya ya, tapi ingat sampahnya dibawa kembali ya…

Daya Tarik Leuwi Citoe

1. Keasrian Alam Di Sekitar

keindahan alam yang masih alami
keindahan alam yang masih alami. google maps. sumber: dya iganov

Keasrian Leuwi Citoe sudah nampak terlihat semenjak kamu melakukan trekking, dimana kamu sudah disuguhi dengan hamparan sawah, serta aliran sungai yang sangat jernih.

Membuat kamu selalu berdecak kagum akan keindahan alam yang dimiliki Tasikmalaya ini, udara yang sejuk, pemandangan yang indah, dan tenang, suasana yang akan kamu rasakan ketika berada di Leuwi Citoe.

Suasana tersebut enak banget untuk dijadikan tempat bersantai dan ngadem sebentar, diantara deburan air yang mengalir. Di sekitar Leuwi Citoe atau Leuwi Pangewelan terdapat sebuah aliran air terjun dengan ketinggian sekitar 2 meter.

2. Sungai Yang Hijau Tosca

airnya berwarna hijau tosca
airnya berwarna hijau tosca. google maps. sumber: M Faisal Luthfi M

Setelah puas menikmati alamnya yang asri, jangan terlewatkan untuk berenang di aliran sungainya yang tenag. Air sungai atau leuwinya berwarna hijau tosca, cantik sekali. Tapi ingat, kedalamannya mencapai 7 meter. Jadi hanya untuk kamu yang sudah pandai dan mahir dalam berenang.

Eits,,,tenang untuk kamu yang nggak bisa berenang, kamu dapat duduk-duduk santai sambil menikmati kopi atau teh sembari menyaksikan keindahan aliran Curug Citoe. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya ya….

Di sekitar Curug Citoe ini katanya terdapat beberapa goa yang masih disembunyikan alam, sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya.

Tips Wisata

  • Datanglah ketika cuaca sedang cerah, waktu terbaik ialah di pagi hari.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian sekitar Leuwi, jangan buang sampah sembarangan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika bermain air di sekitar leuwi, jangan sampai keseruan bermain air berubah menjadi keharuan.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan momen berharga ketika berada di Leuwi Citoe ini.

Penutup

Leuwi Citoe atau Leuwi Pangewelan atau Curug Citoe merupakan wisata alam yang masih perawan dan terjaga keasrian alam di sekitarnya.

Semoga keindahan alam ini tetap terjaga, sehingga kita dapat selalu menikmatinya hingga sampai kapan pun. Dan dapat dijadikan wisata pilihan ketika berkunjung ke Tasikmalaya.