Wisata Kawah Karaha Bodas, Kawah Putih Instagramable Di Tasikmalaya

Kawah Karaha Bodas ini merupakan wisata kawah yang sangat populer di Tasikmalaya, hal tersebut dibuktikan dengan tak pernah sepinya lokasi wisata yang satu ini.

Ketika mengunjungi tempat wisata ini kita akan melihat alat pembangkit listrik dari panas bumi,  yang dioperasikan oleh Pertamina, dan kawasan Karaha Bodas termasuk vulkanik yang aktif.

Tetapi kamu nggak perlu khawatir akan hal tersebut, kondisi di Kawah Karaha Bodas bisa dibilang aman untuk dikunjungi dan dijadikan destinasi wisata alam ketika berada di Tasikmalaya.

kawah karaha bodas
kawah karaha bodas. google maps. sumber: Merisa Pangestu

Banyak yang mengira Kawah Karaha Bodas sama dengan Talaga Bodas yang ada di Kabupaten Garut. Secara lokasinya memang berdekatan, Kawah Karaha Bodas berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut.

Secara tampilan Talaga Bodas dengan Kawah Karaha Bodas berbeda, jika di Talaga Bodas yang lebih dominan ialah telaga atau danaunya. Sedangkan di Kawah Karaha Bodas lebih dominan akan batuan vulkaniknya yang berwana putih.

Selain itu kamu juga akan menemukan air yang panas dan dingin, bebatuan dengan warna yang variasi dan hutan pinus yang berada di sekeliling kawah.

Pemandangan dari ketinggian sungguh menawan, gradasi antara warna biru dan hijau tosca pada air danaunya dipadu dengan putih bebatuan di sekitar serta hijaunya hutan yang mengelilinginya.

Pokoknya terlihat sangat cantik sekali dan layak menjadi destinasi wisata untuk menikmati alam dan berswafoto yang instagramable.

Lokasi dan Alamat Kawah Karaha Bodas

Secara administratif alamat Kawah Karaha Bodas berada di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya berada di perbatasan dengan Kabupaten Garut.

wisata alam bersama keluarga
wisata alam bersama keluarga. google maps. sumber: Sansan Susandi

Rute Menuju Kawah Karaha Bodas

Akses menuju Kawah Karaha Bodas saat ini sudah mulus, dan dapat dengan mudah dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute menuju Kawah Karaha Bodas banyak banget, yakni:

  • Melalui jalur Bandung-Garut-Wanaraja.
  • Bisa juga dengan menggunakan alternatif Bandung-Limbangan-Cibatu-Wanaraja.

Ketika berada di Alun-Alun Wanaraja belok ke arah kanan, teruskan perjalanan hingga menemukan jalan yang dihiasi dengan pohon pinus. Lokasi Kawah Karaha Bodas sekitar 1 km dari jajaran pohon pinus.

deretan pohon pinus
deretan pohon pinus. google maps. sumber: Raynardthan Pontoh

Sedangkan apabila kamu berangkat dari Tasikmalaya dengan menuju Kadipaten atau arahkan kendaraan ke Polsek Kadipaten. Jaraknya sekitar 5 km lagi menuju Wisata Karaha Bodas.

Jalurnya cukup menanjak dan juga berkelok, tapi mulus kok. Jadi, nggak ada hambatan yang terlalu berarti. Apalagi pemandangan di sepanjang perjalanan bagus banget.

Trekking Menuju Kawah Karaha Bodas

Setelah memakirkan kendaraan yang kamu gunakan, untuk kemudian dilanjutkan dengan membeli tiket masuk. Kamu melakukan trekking terlebih dahulu hingga akhirnya tiba di Kawah Karaha Bodas.

Trekking yang dilalui dengan menapaki jalan setapak yang masih berupa tanah, dengan hiasan ilalang di kiri dan kanannya. Sepanjang jalan tersebut belum dilengkapi dengan lampu penerangan jalan, jadi sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar.

Tak membutuhkan waktu yang lama, akhirnya kamu tiba di kawasan Kawah Karaha Bodas. Dimana batuan vulkanik putihnya menjadi pemandangan utama.

danau di karaha bodas
danau di karaha bodas. google maps. sumber: M Soerya Adhie Faruq Fauzy

Harga Tiket Masuk Kawah Karaha Bodas

  • Tiket masuk wisatawan lokal Kawah Karaha Bodas Rp. 10.000 per orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara Kawah Karaha Bodas Rp. 100.000 per orang
  • Biaya tambahan yang perlu dikeluarkan untuk parkir motor Rp. 3.000 dan mobil Rp.5000

Jam Buka Kawah Karaha Bodas

  • Jam operasional Kawah Karaha Bodas Tasikmalaya ini dibuka mulai hari Senin hingga Minggu.
  • Beroperasi selama 24 jam penuh

Waktu terbaik mengunjungi Kawah Karaha Bodas ialah di pagi hari, dimana cuaca akan terasa nggak begitu panas.

saung sederhana
saung sederhana. google maps. sumber: Toto Sudarto 1567

Fasilitas Kawah Karaha Bodas

Fasilitas wisata di Kawah Karaha Bodas adalah sebagai berikut:

  • Tempat parkir,
  • Warung wisata,
  • Toilet,
  • Gazebo,
  • Camping area,
  • Wahana permainan,
  • Spot Foto Instagramable.

Daya Tarik Kawah Karaha Bodas

1. Alamnya Yang Indah

pemandangan di sekitar kawah
pemandangan di sekitar kawah. google maps. sumber: Raynardthan Pontoh

Ketika berada di Kawah Karaha Bodas, kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang luar biasa indah dapat memanjakan mata apalagi ketika melihat warna air di danau kawah karaha bodas ini.

Air kawahnya mengandung belerang, yang dipercaya dapat mengobati penyakit pada kulit. Sehingga banyak pengunjung yang berendam di kolam atau danaunya tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat eksplor kawasan Karaha Bodas yang dipenuhi oleh bebatuan vulkanik yang berwarna putih. Bahkan kamu juga akan mendapati sebuah batu yang disebut masyarakat sekitar sebagai “batu mehong”.

Yakni batuan yang berwarna hitam mirip arang dengan ukuran yang cukup besar serta cukup banyak berserakan di sekitar Karaha Bodas.

Karena pemandangannya yang menakjubkan, wisata Kawah Karaha Bodas juga biasa dipakai sebagai spot foto prewedding. Dengan biaya tambahan sekitar 300rb rupiah, ya sebandinglah dengan hasil jepretan yang akan dikenang seumur hidup.

batu mehong
batu mehong. google maps. sumber: Riki Sukmana

2. Melakukan Ragam Wisata Seru

Selain menikmati alamnya yang indah, kamu juga dapat melakukan beberapa ragam wisata seru lainnya, seperti:

  • Camping,
  • Eksplor kawasan Karaha Bodas,
  • Mencoba beberapa wahana,
  • Hunting foto-foto kece.

Penutup

Kawah Karaha Bodas sangat recommended bagi kalian para pemburu foto yang instagramable, menikmati keindahan dengan melalukan hunting foto untuk kemudian kamu update foto kekinian difeed media sosial yang dimiliki.

Jangan lupa, untuk catat Wisata Kawah Kahara Bodas ini untuk list tempat wisata yang akan kalian kunjungi di Kabupaten Tasikmalaya bersama keluarga, teman-teman, atau bersama orang tercinta.