Kuya Maranggi Waterpark, Basah-Basahan Di Kolam Kura-Kura

|

Kuya Maranggi Waterpark merupakan salah satu kolam renang modern yang ada di Purwakarta. Namanya unik ya, diambil dari salah satu jenis hewan. Yakni kuya, kalau dalam bahasa Indonesia biasa disebut kura-kura.

Penyematan kuya, pada waterpark yang baru berdiri tahun 2017 lalu ini bukan tanpa alasan. Disamping memiliki kolam renang yang bentuknya menyerupai kura-kura, kamu dapat menjumpai hewan tersebut juga loh di sini.

Berenang merupakan kegiatan seru yang membuat siapa saja merasa senang dan bahagia, Kuya Maranggi Waterpark dapat menjadi pilihan kala berlibur bersama keluarga nanti.

Berikut deskripsi tentang Kuya Maranggi Waterpark Purwakarta sebagai bahan referensi ketika liburan nanti.

Lokasi dan Alamat Kuya Maranggi Waterpark

Lokasi Kuya Maranggi Waterpark berada di jalur Cikampek – Padalarang, tepatnya di Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

kuya maranggi waterpark
kuya maranggi waterpark. google maps. sumber: The Alesca

simak juga: wanawisata cidomas

Rute Menuju Kuya Maranggi Waterpark

Rute menuju Kuya Maranggi Waterpark, jika berangkat dari pusat kota Purwakarta tinggal melajukan kendaraan menuju Jl. Veteran terus saja melaju hingga kamu tiba di Perempatan Sadang.

Selanjutnya teruskan perjalanan sampai tiba di Jl. Raya Cibungur. Lokasi Kuya Maranggi Waterpark berada di sebelah kanan, tak begitu jauh dari Sate Maranggi Hj. Yetty yang sangat terkenal itu.

Jam Buka Kuya Maranggi Waterpark

Jam operasional Kuya Maranggi Waterpark setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Di hari Sabtu dan Minggu, atau hari libur lainnya jam bukanya dapat lebih awal.

Harga Tiket Masuk Kuya Maranggi Waterpark

Tiket masuk Kuya Maranggi Waterpark semua usia sama, yakni:

  • Rp. 35.000,- di hari biasa
  • Rp. 50.000,- di weekend atau hari libur lainnya
suasananya adem banget
suasananya adem banget. google maps. sumber: Kang Olis

simak juga: green valley waterpark

Fasilitas Kuya Maranggi Waterpark

Fasilitas yang ada di Kuya Maranggi Waterpark sudah sangat memadai, yakni dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Kamar ganti,
  • Kamar bilas,
  • Mushola,
  • Saung atau gazebo,
  • Loker penyimpanan,
  • Area food court.

Daya Tarik Kuya Maranggi Waterpark

Sebagai bukan satu-satunya waterpark yang ada di Purwakarta, tentu saja Kuya Maranggi Waterpark harus memiliki daya tarik tersendiri untuk menjaring pengunjung.

area food court
area food court. google maps. sumber: Omyud Jalan

simak juga: hidden valley hills

Waterpark yang diresmikan oleh Dedi Mulyadi selaku Bupati Purwakarta yang menjabat kala itu, memadukan antara modern dan juga tradisional.

Dengan memiliki luas sekitar 500 meter persegi, Kuya Maranggi Waterpark memiliki dua kolam renang, yakni:

1. Kolam Renang Dewasa

Kolam renang dewasa merupakan kolam renang yang pertama kali dijumpai setelah memasuki area Kuya Maranggi Waterpark. Bentuknya sederhana namun dilengkapi dengan beberapa seluncuran spiral dan juga seluncuran pelangi.

Seluncuran atau perosotan air memang selalu menjadi wahana yang menyenangkan bagi pengunjung yang datang ke Waterpark. Untuk kamu yang suka akan tantangan, harus mencoba berseluncur di seluncuran spiral yang berwarna biru. Karena memiliki ketinggian mencapai 8 meter.

jembatan selfie
jembatan selfie. google maps. sumber: Maman Suherman

simak juga: urban farming center

Seluncuran spiral memiliki dua tipe, yakni ada yang berwarna biru dan ada pula yang berwarna kuning. Yang berwarna kuning tidak begitu meliak-liuk, ketinggiannya pun hanya sekitar 6 meter.

Sedangkan seluncuran pelangi, lebih seru jika dimainkan bersama dengan teman. Kemudian berlomba untuk mengadu kecepatan hingga ke bawah. Karena terdiri dari 4 lintasan, yang dibuat berwarna warni.

Oh iya, kedalaman kolam renang dewasa ini berkisar antara 80 hingga 120 cm saja. Kemudian di ujung kolam renang terdapat sebuah jembatan, yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto ria.

2. Kolam Renang Anak

Kolam renang anak memiliki bentuk yang unik, jika dilihat dari atas bentuknya menyerupai kuya atau kura – kura. Kolam renang anak memiliki kedalamannya hanya setinggi kaki orang dewasa, so aman banget untuk anak- anak deh pokoknya.

kolam renang anak
kolam renang anak. google maps. sumber: Nabila Aini

simak juga: situ wanayasa

Kolam renang anak pun dilengkapi dengan beragam wahana seru seperti:

  • Seluncuran mini,
  • Ember tumpah mini yang jumlahnya cukup banyak,
  • Dan ada miniatur kapal laut yang seakan-akan sedang bersandar.

Miniatur kapal laut tersebut dapat dinaiki, dan dilengkapi pula dengan tembak – tembakan air. Banyak anak-anak yang sedang bermain tembak-tembakan air tersebut. Terlihat mereka sangat senang dan gembira.

Di samping kolam renang kamu dapat melihat hewan kura-kura yang aslinya juga loh….mereka seakan-akan ikut bermain bersama.

Tips Wisata

  • Selalu jaga dan pantau anak-anak ketika bermain air.
  • Lebih baik menyimpan barang bawaan di dalam loker supaya aman, biaya sewanya sudah termasuk tiket masuk.
  • Jaga kebersihan kolam dan juga area di sekitarnya.
basah basahan di kolam kuya
basah basahan di kolam kuya. google maps. sumber: Kang Olis

simak juga: taman maya datar

Penutup

Bermain air memang selalu seru dan menyenangkan, siapa saja pasti suka bermain air. Baik itu anak-anak atau bahkan orang dewasa sekalipun.

Kuya Maranggi Waterpark, atau biasa dikenal dengan nama Kuya Waterpark dapat menjadi salah satu pilihan berwisata air modern ketika berada di Purwakarta, Jawa Barat.