5 Tempat Wisata Di Kutai, Orkestrasi Keindahan Alam, Dan Budaya

|

Tempat wisata di Kutai meliputi objek wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Secara umum, tema wisata di Kutai adalah wisata alam yang berpadu dengan nilai budaya, sehingga membuat sebuah orkestrasi keindahan.

Tempat wisata di Kutai merepresentasikan keindahan alam tanah Kalimantan, beserta segenap tradisi, budaya masyarakatnya. Oleh karena itu, wisata Kutai wajib anda masukkan ke dalam list tempat yang akan dikunjugi saat liburan tiba.

kutai kartanegara
kutai kartanegara. google maps. sumber: Romanza

Tempat wisata yang populer di Kutai Kartanegara memang didominasi  oleh dua tempat, yaitu tempat wisata di Tenggarong, dan tempat wisata di Samboja.

Ke duanya adalah kecamatan yang secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Kutai Kartanegara. Meskipun pada faktanya setiap kecamatan di Kutai memiliki pesona alam, dan budaya yang patut untuk dikunjugi juga.

Dan inilah info tempat wisata yang ada di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tujuan wisata saat liburan tiba.

5 Tempat Wisata Di Kutai

1. Air Terjun Kedang Ipil

air terjun kedang ipil
air terjun kedang ipil. google maps. sumber: Ardy Sulton Prasetyo

Lebih lengkap silakan klik: Air Terjun Kedang Ipil

Air Terjun Kedang Ipil atau Air Terjun Kandua Raya adalah wisata alam di Kutai, yang memadukan keindahan alam, dan budaya, atau tradisi masyarakat sekitarnya yang masih lestari hingga saat ini.

Nama Kedang Ipil diambil dari sebuah nama desa, sekaligus sebagi lokasi Air Terjun Kedang Ipil berada di Desa Kedang Ipil merupakan desa tertua yang ada di Kutai Kartanegara.

Air Terjun Kedang Ipil tidak seperti air terjun biasanya. Posisi air terjunnya berada di tengah arus sungai yang besar, kemudian mengalir melalui undakan.

Dan undakan tersebut yang terlihat menjadi Air Terjun Kedang Ipil. Kunjugan terbaik ke Air Terjun Kedang Ipil tidak di saat puncak musim hujan, karena arus airnya akan sangat deras.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Kedang Ipil berada di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Kedang Ipil Rp. 3.000 per orang.
  • Air Terjun Kedang Ipil buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00.

2. Bukit Bangkirai

bukit bangkirai
bukit bangkirai. google maps. sumber: Bangkirai Hills Balikpapan

Informasi lebih lengkap, klik: Bukit Bangkirai.

Tempat wisata di Kutai Kartanegara selanjutnya bernama Bukit Bangkirai. Sebuah objek wisata yang pengelolaannya di bawah PT. Inhutani I Unit I.

Selain menyajikan wisata alam Samboja, Bukit Bangkirai juga menyajikan wisata yang edukatif. Faktanya, kawasan Bukit Bangkirai sering dijadikan objek riset bagi beberapa lembaga peneliti.

Selain itu, keberadaan flora dan fauna di Bukit Bangkirai menjadi daya tarik selanjutnya. Dan magnet terbesar untuk mendatangkan para wisatawan ke Bukit Bangkirai adalah keberadaan pohon-pohon yang sudah berusia ratusan.

  • Lokasi dan alamat Bukit Bangkirai berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Bangkirai Rp. 30.000 per orang.

3. Danau Semayang

danau semayang
danau semayang. google maps. sumber: Fitra Fitrian

Lebih lengkap silakan Klik: Danau Semayang

Kunjungan wisata ke Danau Semayang adalah sekali mendayung dua pulau terlampaui. Maksudnya adalah saat berkunjung ke Danau Semayang, para wisatawan akan disajikan panorama keindahan alam lainnya, yaitu pesona Sungai Mahakam, dan Danau Melintang.

Selain tentang pesona alam, para wisatawan juga akan menyaksikan, sekaligus memahami tradisi, dan budaya masyarakat nelayan yang masih lestari sampai saat ini.

Jika bruntung, para wisatawan juga akan melihat lumba-lumba air tawar. Selain itu, fasilitas di Danau Semayang dilengkapi dengan beberapa wahana, dan penginapan.

  • Lokasi Danau Semayang terletak di dekat jalur Sungai Mahakam.
  • Alamat Danau Semayang berada di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
  • Harga tiket masuk Danau Semayang gratis.

4. Pulau Kumala

pulau kumala
pulau kumala. google maps. sumber: Seto Danu

Lebih lengkap silahkan klik: Pulau Kumala

Wisata alam, dan wisata budaya di Kutai, tetap memiliki sentuhan instagramable, sebagai kebutuhan wisata kekinian. Dan tempat wisata di Kutai selanjutnya bernama Pulau Kumala.

Pulau Kumala menawarkan pesona keindahan alam, yang berpadu dengan nilai edukatif. Hal tersebut ditegaskan dengan keberadaan rumah-rumah Dayak, lengkap dengan keterangannya.

Selain itu, Pulau Kumala juga dilengkapi dengan berbagai macam wahana wisata yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat liburan tiba.

  • Lokasi Pulau Kumala terletak di Delta Sungai Mahakam.
  • Alamat Pulau Kumala berada di Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

5. Museum Mulawarman

koleksi museum mulawarman
koleksi museum mulawarman. google maps. sumber: Cecep Yoesmadi

Lebih lengkap silakan klik: Museum Mulawarman

Museum Mulawarman menjadi sebuah penegasan bahwa tempat wisata di Kutai Kartanegara sangat komplit, termasuk destinasi wisata sejarah.

Museum Mulawarman adalah tempat wisata di Tenggarong yang menyajikan sejarah Kerajaan Mulawarman. Adapun Museum Mulawarman tersebut sudah dimulai dari tahun 1936.

Saat berada di Museum Mulawarman, para pengunjung bisa melihat berbagai macam benda-benda bersejarah, serta gambaran tentang budaya, maupun tradisi masyarakat Kalimantan.

  • Lokasi dan alamat Museum Mulawarman berada di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
  • Harga tiket masuk Museum Mulawarman Rp. 10.000 (untuk dewasa)