11 Tempat Wisata di Kutai Kartanegara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Lokasi wisata di Kutai Kartanegara memiliki alternatif yang beragam, mulai dari gunung, hutan, air terjun, goa, sungai, danau, pulau, hingga pantai. Sejak beberapa hari belakangan perhatian ke wilayah ini mengingkat seiring pengumuman Presiden pada hari Senin 26 Agustus 2019 kemarin yang mengumumkan bahwa ibu kota akan pindah ke wilayah Kalimantan Timur. Tepatnya di area 2 Kabupaten yakni Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.


wisata di kutai kartanegara terdiri dari aneka pilihan, mulai dari wisata alam pegunungan, hutan, goa, budaya, hingga pantai.
Lokasi Wisata Kutai Kertanegara. Image via: travel.kompas.com

Akses Kutai Kertanegara

Kabupaten Kutai Kertanegara yang berada di jantung Kalimantan Timur. Kabupaten ini dapat dengan mudah dicapai oleh pengunjung dari Balikpapan, maupun dari Samarinda, yang merupakan dua kota besar di Kalimantan.

  • Jalur Udara

Berbagai penerbangan melayani rute ke bandara Sepinggan di Balikpapan yang merupakan bandara internasional dan pintu masuk utama wisatawan ke Kalimantan Timur.

Terdapat beberapa pilihan penerbangan langsung ke Balikpapan dari Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Denpasar, Makassar, Palu, Manado menuju Balikpapan, dan penerbangan internasional dari Singapura.

  • Jalur Darat

Dari Balikpapan wisatawan dapat dengan mudah mencapai Tenggarong memakai kendaraan umum (bis) atau kendaraan charter (taxi) menuju Tenggarong, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 – 3 jam.

Dari Samarinda wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum menuju Tenggarong, baik melalui Loa Janan maupun melalui jembatan Kutai Kartanegara yang baru dengan waktu tempuh sekitar 30 menit

Lokasi Wisata di Kutai Kertanegara

Berikut kami coba ceritakan 11 lokasi Wisata di kutai Kartanegara yang indah dan mempesona hati para pengunjung.

  1. Air Terjun Kedang Ipil

Air Terjun Kedang Ipil, salah satu wisata di kutai kartanegara yang berupa air terjun
Air Terjun Kedang Ipil. Image via: aprilian kerambe

Air terjun Kedang Ipil sering juga disebut juga Air Terjun Kendua. Wisata di kutai Kartanegara ini memiliki 3 tingkat dengan ketinggian mencapai 5 meter dan lebar lebih kurang 20 meter. Pada setiap tingkatan batu yang tidak tinggi itu, setiap aliran air dibatasi dengan kolam – kolam batu. Pada kolam inilah pengunjung bisa menggunakannya sebagai tempat berenang.

Kolam besar yang terletak di bagian bawah air terjun tersebut, oleh warga sekitar kolam tersebut diberi nama Kolam Pemandian Puteri Selimbur Buyeh. Kolam tersebut tidak terlalu dalam sehingga kita dapat berenang di tengah kolam tersebut.

Air Wisata di kutai Kartanegara ini tidaklah tinggi. Bahkan jika musim hujan atau jika air pasang bisa jadi tempat arung jeram juga. Lintasan arung jeram yang terbentuk bisa sejauh kurang lebih 10 Km.

Di sekitar air terjun terhampar hutan yang masih alami dan mendukung keindahan panorama air terjun Kedang Ipil.

Lokasi : Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun. Lokasinya berada lebih kurang 72 km dari Kota Tenggarong dan 59 km dari ibukota Kecamatan Kota Bangun.
Jam Buka : Setiap hari 09.00-17.00
Tiket : Rp 7.000,-

Lebih lengkap silakan klik: Air Terjun Kedang Ipil

  1. Bukit Bangkirai

bukit bangkirai lokasi wisata di kuta kartanegara yang memanfaatkan hutan sebagai media pendidikan sekaligus wisata
Bukit Bangkirai. Image via: panduanwisata.id

Dengan luas sekitar 1.500 hektar, kawasan wisata di kutai Kartanegara ini memiliki pemandangan yang tidak biasa. Pohon-pohon yang tumbuh di hutan ini kebanyakan adalah pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter dan sudah hidup lebih dari 150 tahun.

Itulah alasan kenapa hutan ini dinamakan dengan Bukit Bangkirai. Di dalam hutan yang juga bisa dijadikan media pendidikan dan bahkan obyek penelitian ini juga terdapat banyak terdapat binatang liar. Bukit Bangkirai ini juga merupakan hutan konservasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah.

Salah satu atraksi populer di kawasan wisata di kutai Kartanegara hutan ini adalah canopy bridge. Sebuah jembatan yang menghubungkan puncak pohon dengan puncak pohon yang lain. Jembatan ini semacam menara pandang raksasa.

Lokasi : di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Jam buka : Setiap hari 07.30-17.00
Tiket : Tket masuk Rp 3.500. Tiket naik canopy bridge Rp 20.000

Informasi lebih lengkap, klik: Bukit Bangkirai.

  1. Danau Semayang

danau semayang, lokasi wisata di kutai kartanegara yang menyajikan suasana alai dan ikan pesut endemik kalimantan
Danau Semayang. Image via: @mahakam_explore

Sebagai objek wisata, wisata di kutai Kartanegara danau ini memiliki keindahan tertinggi saat pagi dan sore hari. Ketika matahari terbit dan tenggelam. Jika di lautan pengunjung terbiasa melihat sunset sunrise dari garis cakrawala. Maka di sini sunset dan sunrise adanya di garis rimba. Matahari seakan muncul dan tenggelam dari balik rimbun dedaunan hutan Kalimantan.

Keunikan lain danau ini adalah ikan pesut. Danau semayang 1 dari 3 ekosistem air yang memiliki ikan jenis ini. Ikan pesut merupakan satu satunya keajaiban evolusi, dimana lumba-lumba berevolusi untuk hidup di air tawar. Dari sudut pandang lain ini bisa juga dipandang sebagai keajaiban evolusi, sebagai satu satunya mamalia yang tertinggal di air tawar, tanpa ikut naik ke darat.

Selain keindahan alam yang unik, di wisata di kutai Kartanegara ini pengunjung juga dapat pengetahuan dan pengalaman tentang kehidupan masyarakat nelayan tradisional Kalimantan. Mereka hidup dengan menggantungkan kehidupan pada dua danau semayang dan melintang.

Untuk kegiatan wisata, di lokasi ini juga tersedia fasilitas lain lazy bag dan ski air.

Lokasi : Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai kertanegara, Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 24 jam.
Tiket : Tepian desa Pela Rp 2.000

Lebih lengkap silakan Klik: Danau Semayang

  1. Pantai Ambalat Samboja

Pantai Ambalat Samboja loaksi wisata di kutai kartanegara yang menghadirkan suasana pantais ejuk dengan rimbun pohon pinus.
Pantai Ambalat Samboja. Image via: Yaskinul anwar

Nama Pantai Ambalat diambil dari singkatan Amborawang Laut. Pantai ini menyuguhkan keindahan pantai dengan pepohonan pinus sepanjang 7 Km. Alam pantai yang indah dan Alami. Luas pantainya kurang lebih 3 kilometer persegi dari ujung timur ke ujung barat.

Pantai wisata di kutai Kartanegara ini memiliki kontur yang landai dengan pasir sedikit kecoklatan terbentang mulai dari arah selatan berbatasan dengan pantai Teritip Balikpapan hingga utara di Tanjung Samboja.

Di siang hari, banyak cara bagi pengunjung untuk bisa menikmati landainya pantai Ambalat, yakni dengan bermain bola, bersepeda ria, merasakan sejuk air dengan berendam sambil bermain di laut. Bisa juga sekedar menikmati hembusan angin laut dan desiran ombak yang memecah di tepi pantai di gazebo. Bisa juga cukup di bawah rindang pohon cemara dan pinus yang terdapat di tepi pantai.

Pesona tersembunyi wisata di kutai Kartanegara ini bisa dirasakan pada malam hari. Untuk bermalam fasilitas akomodasi berupa rumah pantai yang mirip cottages, meski jumlahnya tidak banyak yakni depalan unit.

Lokasi : Kelurahan Amborawang Laut , Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai kertanegara, Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 24 jam.
Tiket : Rp 15.000 per mobil

  1. Pulau Kumala

pulau kumala menjadi salahs atu objek wisata di kutai kartanegara yang menyajikan keanekaragaman kaliamantan timur di 1 lokasi
Pulau Kumala. Image via: backpackerjakarta.com

Pulau Kumala merupakan pulau kecil di tengah sungai Mahakam, di bagian sungai yang melintasi Kota Tenggarong. Pulau Kumala seluas 76 hektare ini dikelola menjadi daya tarik wisata . Jika dilihat dari udara, pulau wisata di kutai Kartanegara ini berbentuk seperti perahu yang membelah arus sungai.

Untuk memasuki pulau kumala, pengunjung melalui jembatan repo-repo. Pada beberapa tempat di pagar jembatan disediakan tempat khusus untuk  memasang “gembok cinta” (love padlock). Dalam bahasa lokal, gembok disebut repo. Itulah kenapa akhirnya jembatan itu diberi nama ‘repo-repo’.

Ada berbagai objek menarik di pulau kumala. DI pulau wisata di kutai Kartanegara ini terdapat patung raksasa lembuswana, lambang kerajaan kutai di masa silam. Terdapat juga candi pura Pasak, sebuah bangunan bercorak agama Hindu, yang merupakan agama sebagian masyarakat dayak. Ada juga Rumah lamin yang sekaligus berfungsi sebagai pusat informasi kebudayaan dayak.

Lokasi : Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kabupaten Kutai kertanegara, Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 08.00-18.00.
Tiket : Rp 7.000

Lebih lengkap silakan klik: Pulau Kumala

  1. Museum Mulawarman

Museum mulawarman, lokasi wisata di kutai kartanegara yang memeilki 5000 lebih benda bersejarah, menjadikannya salah satu museum terlengkap di Indonesia
Museum Mulawarman. Image via: wartawisata.id

Keberadaan museum mulawarman adalah usaha untuk mewariskan peradaban agung masa lalu, kepada generasi masa ini. Museum Mulawarman dapat menjalankan fungsi itu dengan sempurna, karena dia sendiri adalah sebuah kunci peradaban masa itu, yakni istana Kesultanan Kutai.

Muaseum wisata di kutai Kartanegara ini merupakan bangunan istana peninggalan sejarah dari raja-raja kutai kartanegara. Museum yang sebelumnya adalah bangunan Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ini didirikan pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda. Yang kemudian menyerahkan Keraton kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit pada tahun 1935.

Museum Mulawarman setidaknya memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi dalam berbagai jenis. Benda-benda bersejarah di itu terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, kulit kayu, kain, kuningan, besi dan lain. Menurut catatan museum, koleksi di wisata di kutai Kartanegara ini 50 persen terbuat dari bahan organik, dan 50 persen lagi terbuat dari bahan anorganik.

Lokasi Kota Tenggarong, Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 09.00-15.00.
Tiket : Rp 2.500

Lebih lengkap silakan klik: Museum Mulawarman

  1. Museum Kayu

lokasi wisata di kutai kartanegara museum kayu menghadirkan kekayaanalam kalimantan timur berupa kayu dan hewan
Museum Kayu. Image via: visitkaltim.id

Museum Kayu dibangun tahun 1990 an dengan menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Museum wisata di kutai Kartanegara ini memiliki nama lengkap Museum Tuah Himba. Tuah himba diambil dari semboyan “tuah himba untung langgong” yang berarti menjaga kekayaan hutan dan alam, maka manfaat yang diperoleh akan langgeng dan lancar.

Koleksi dari Museum kayu ini, di antaranya: Kerajinan Kutai yang terbuat dari rotan, berupa lemari kursi, lampu, tempat tidur. Ada juga Kerajinan Dayak, diantaranya adalah anjat, mandau, ukiran Dayak yang terbuat dari kayu ulin Miniatur rumah khas Dayak

Museum juga memiliki koleksi sampel jenis-jenis kayu di huatan daerah Kutai Kartanegara. Koleksi itu meliputi jenis kayu 200 buah, Koleksi jenis-jenis daun kayu yang dikeringkan 200 buah, Koleksi biji-bijian, Koleksi potongan log atau batangan pohon yang tumbuh di Hutan Kalimantan.

Wisata di kutai Kartanegara juga memiliki koleksi Buaya Muara yang diawetkan (jantan dan betina)dan juga Koleksi Kepiting pemakan sari kelapa.

Lokasi: Jalan anggana, Panji, Kota Tenggarong, Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 08.00-17.00.
Tiket : Rp 5.000

  1. Borneo Orangutan Survival

BOS,s ebuahlembaga penyelamat orang utan yang juga bsia dijadikans alah satu lokasi wisata di kutai kartanegara denganmenawarkan pengalaman menyelamatkan orang utan
Borneo Orangutan Survival. Image via: thejakartapost.com

Borneo Orangutan Survival (BOS) adalah salah satu daya tarik wisata di Kutai Kartanegara yang unik dan tidak adadi tempat lain di Indonesia bahkan dunia. Yayasan BOS merupakan organisasi pelestarian orang utan. Sejak 1991 telah berhasil menyelamatkan dan merehabilitasi lebih dari 1000 orang utan, korban dari berbagai bentuk ancaman kepunahan yang disebabkan oleh manusia.

Areal BOS – Samboja memiliki luas wilayah kurang lebih 1800 Ha dan menjadi tempat perlindungan satwa liar, terutama bagi Orang utan dan Beruang Madu yang tidak dapat dilepasliarkan ke alam karena penyakit, umur yang sudah tua, dan cacat lainnya.

Sebagai salah satu wisata di kutai Kartanegara, BOS dengan program Samboja Lodge-nya menawarkan daya tarik wisata yang sangat unik, yaitu wisatawan dapat mengikuti proses reintroduksi atau pelepasan kembali orang utan ke habitat alaminya. Paket-paket wisata yang ditawarkan pun bukan merupakan paket wisata biasa yang sekedar menawarkan rekreasional, tetapi paket wisata yang menawarkan pengalaman dan pengetahuan lebih mengenai Program Rehabilitasi Satwa

Lokasi: Jalan Balikpapan – Handil km 44 Kel. Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 08.00-17.00.
Tiket : Rp 550.000

  1. Ladaya

ladaya, lokasi wisata di kutai kartanegara yang menwarkan berbagai kegitan luar ruangan mulai dari outbound hingga paint ball
Ladaya: Image via: tripadvisor.co.id

Nama objek wisata di kutai Kartanegara Ladaya merupakan akronim dari Ladang budaya. Lokasi ini baru dibuka sejak Juni 2015. Ladaya Tenggarong di dalamnya dilengkapi berbagai wahana menarik mulai dari outbond, mini zoo alias kebun binatang mini, paint ball, aula, hingga fasilitas penginapan yang dinamakan Rumah Odah Rehat.

Mini zoo di lokasi wisata ini memiliki berbagai jenis hewan khas Kalimantan Timur seperti burung merak, burung enggang, uwa-uwa, beruang madu, dan masih banyak lagi jenis binatang lainnya.

Arena outbond di wisata di kutai Kartanegara ini menawarkan berbagai fasilitas permainan outdoor yang memacu adrenaline seperti flying fox atau Anda juga bisa mencoba berjalan di atas papan dengan ketinggian 4 meter, maupun bermain menyusuri titian di atas sebuah tali dari baja. Permainan ini tak hanya seru dimainkan oleh orang-orang dewasa saja, tetapi juga bisa dicoba oleh anak-anak

Lokasi:  Jl. H. Bahrin Semen Kelurahan Mangkurawang , Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Setiap hari 09.00-18.00.
Tiket : Rp 10.000

  1. Gua Batu Gelap

goa batu gelap, lokasi wisata di kutai kartanegara yang menghadirkan pengalaman mendebarkanmenyusuri goa sepanjang 200 meter lebih
Gua Batu Gelap. Image via: backpackertroopers.com

Gua Batu Gelap merupakan gua alam dengan litologinya berupa batu gamping, dan satuan batuan di dalamnya adalah Pamaluan Beds. Sementara itu pada dinding-dinding gua terpampang stalagmit dan stalagtit.

Di dalam goa wisata di kutai Kartanegara ini terdapat sungai bawah tanah yang melintasi di dalam gua Batu Gelap. Bentuk stalagmit yang terdapat di dalam gua bermacam-macam, ada yang berbentuk dolmen (meja batu), ada pula yang berbentuk menhir.

Ada mitos yang mengikuti keberadaan Gua Batu Gelap di daerah Separi Besar ini. Konon dulu ada saat ada pesta panen, ada penduduk desa yang menabuh genderang dengan ekor ikan pari. Maka terjadi kutukan yang enyebabkan peserta pesta berubah menjadi batu. Itulah kemudian menjadi Gua Batu Gelap, dimana banyak bentuk-bentuk batu menyerupai meja, kursi, manusia dalam posisi duduk dan tempat tidur.

Lokasi:  Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Secara teknis 24 jam, namun kunjungan malam tidak direkomendasikan.
Tiket : seiklasnya

  1. Solong Pinang Abang

angrek hitam tumbuh di lokasi wisata di kutai kartanegara kawasan konserfasi angrek
Angrek Hitam Kalimantan. Image via: greeners.co

Kawasan Solong Pinang Abang merupakan obyek wisata di kutai Kartanegara berupa taman anggrek yang tumbuh liar di kawasan perbukitan. Beragam jenis anggrek dapat dijumpai dikawasan ini. Kawasan ini terdiri dari dua lokasi yang terpisah. Masing-masing memiliki luas ± 2 ha dengan jarak 4 km.

Terdapat dua alternatif akses menuju lokasi kawasan Solong Pinang Abang. Yang pertama melalui danau dengan menggunakan moda angkutan sungai. Kendala utama menggunakan akses melalui danau adalah kondisi pasang surut yang menyulitkan perahu lewat saat air surut.

Alternatif kedua menuju wisata di kutai Kartanegara ini adalah melalui jalan darat, yaitu melalui desa Lamin Pulut. Hanya saja, untuk mencapai lokasi kawasan Solong Pinang Abang melalui jalan darat, jarak tempuhnya lebih jauh, yaitu 28 km.

Solong Pinang Abang letaknya 2 jam perjalanan dari Kecamatan Kota Bangun dengan menggunakan ketinting/long boat sampai di Kahala, kemudian menuju Kawasan Solong Pinang Abang berjalan kaki selama ± 2 jam.

Lokasi:  Kecamatan Kota Bangun,  Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Jam buka : Secara teknis 24 jam, namun kunjungan malam tidak direkomendasikan.
Tiket : seiklasnya

Baca juga: review tempat wisata di Penajam Paser Utara

Demikian info seputar tempat wisata di Kutai Kartanegara, semoga bermanfaat untuk anda.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment