Bukit Bangkirai, Saat Mata Terpana Pohon Berumur Ratusan Tahun

Bukit Bangkirai merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki hutan tropis, dilengkapi dengan beberapa habitat hewan yang dilindungi.

Lokasi wisata alam yang satu ini diberi nama Bukit Bangkirai karena di kawasan tersebut banyak tumbuh Pohon Bangkirai yang memiliki tinggi hampir mencapai 50 meter.

Dan diperkirakan usia pohon Bangkirai tersebut mencapai 150 tahun, membuatnya tampak berbeda dengan pohon-pohon yang ada di sekitarnya.

ikon bukit bangkirai
ikon bukit bangkirai. google maps. sumber: Bangkirai Hills Balikpapan

Simak juga: Wisata di Kutai Kartanegara

Kawasan Bukit Bangkirai ini sering digunakan untuk penelitian serta media pendidikan bagi berbagai lembaga. Karena beragamnya jenis flora dan fauna yang ada.

Selain kehadiran Pohon Bangkirai, adanya Canopy Bridge atau jembatan gantung yang menjadi wahana favorit pengunjung ketika mengunjungi Bukit Bangkirai.

Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai Bukit Bangkirai yang ada di Kalimantan Timur ini:

Daya Tarik Bukit Bangkirai

Dengan memiliki luas yang mencapai 1.500 hektar, wilayah Bukit Bangkirai ini memiliki beragam daya tarik yang akan memanjakan para pengunjung, yakni:

1. Panorama Alam Bukit Bangkirai

menjelajahi kawasan bukit bangkirai
menjelajahi kawasan bukit bangkirai. google maps. sumber: rudy sidharta

Simak juga: Hutan Alas Purwo

Daya tarik yang pertama dari Bukit Bangkirai ialah panorama alam yang dihadirkan, banyaknya pepohonan yang ada membuat udara menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Kamu dapat menyusuri jalan setapak yang sudah tersedia, jika ingin menjelajahi Bukit Bangkirai lebih dalam lagi. Untuk melakukan hal tersebut, kamu harus menyiapkan fisik yang prima.

Akan lebih menyenangkan jika melakukannya bersama dengan kawan. Karena semakin jauh melangkah keadaan hutan semakin lebat, dan menyeramkan jika melakukannya sendirian.

2. Jembatan Gantung atau Canopy Bridge

menapaki canopy bridge
menapaki canopy bridge. google maps. sumber: Aldiansyah pria ardani

Simak juga: Hutan Penger

Keberadaan Canopy Bridge atau Jembatan Gantung selalu diburu pengunjung untuk menyaksikan panorama alam Bukit Bangkirai dari ketinggian.

Canopy Bridge dibuat diantara 5 Pohon Bangkirai dengan ketinggian mencapai 30 hingga 40 meter, dan panjang dari jembatan tersebut diperkirakan 64 meter.

Kamu harus mempunyai nyali yang cukup besar untuk melintasi jembatan gantung tersebut. Dari atas jembatan dapat menyaksikan lebatnya kawasan hutan tropis, diiringi hembusan angin yang menyapu tubuhmu.

Namun jika kecepatan angin di sekitar Canopy Bridge cukup besar, kamu tidak akan diizinkan untuk melintasinya, karena tidak aman.

Untuk dapat menapaki Jembatan Gantung tersebut, harus satu persatu, tidak dapat sekaligus. Hal tersebut dimaksudkan demi keamanan dan kenyamanan pengunjung sendiri.

Tahukah kamu bahwa Canopy Bridge yang ada di Bukit Bangkirai ini merupakan jembatan gantung pertama yang ada di Indonesia, bahkan yang kedua di Asia.

rute yang harus dilalui
rute yang harus dilalui. google maps. sumber: Suci Sonya

3. Tersedia Beragam Flora dan Fauna

Simak juga: Hutan Raya Juanda.

Selain melihat Pohon Bangkirai, selama di bukit ini kamu pun dapat menemukan pohon langka lainnya seperti Keruing, Meranti Merah, Kempas Merah dan Ulin.

Ada pula beragam jenis tanaman anggrek, dari mulai Anggrek Hitam hingga Anggrek Joget. Dan yang menarik ialah kamu dapat mengadopsi beberapa pohon yang telah disediakan dengan tarif tertentu.

Yakni mulai dari Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000,- per pohonnya. Dimana dana tersebut akan digunakan untuk biaya pemeliharaan pohon yang kamu beli.

Tujuan dari pengadopsian pohon tersebut ialah untuk pelestarian dan kelangsungan hidup dari pohon-pohon tersebut sehingga dapat dilestarikan secara maksimal.

Selama di Bukit Bangkirai juga kamu dapat bertemu dengan sejumlah satwa unik seperti owa-owa, beruk, lutung merah, hingga semut hutan raksasa.

kawasan hutan yang masih rindang
kawasan hutan yang masih rindang. google maps. sumber: Aldiansyah pria ardani

Lokasi Bukit Bangkirai

Lokasi Bukit Bangkirai berada di kawasan wisata alam yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit I, Balikpapan.

Alamat lengkapnya yakni berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Rute Menuju Bukit Bangkirai

Rute menuju Bukit Bangkirai jika ditempuh dari Kota Balikpapan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam, dengan menuju KM 38 Jl. Soekarno Hatta.

Kemudian tinggal menyusuri jalanan tersebut hingga menemukan sebuah gerbang memasuki kawasan wisata Bukit Bangkirai.

gerbang masuk menuju bukit bangkirai
gerbang masuk menuju bukit bangkirai. google maps. sumber: Hendrik Wisnu

Jalur yang dilalui cukup lebar, namun jalannya belum rata karena belum teraspal dengan baik. Bahkan dibeberapa bagian masih berupa tanah merah.

Kira-kira kamu akan melewati dua buah pos hingga akhirnya tiba di lokasi Bukit Bangkirai. Jika menggunakan motor, lebih baik berhati-hati ketika melajukan kendaraan.

Jam Buka Bukit Bangkirai

Jam operasional Bukit Bangkirai sendiri dibuka pada hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.30 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Tiket Bukit Bangkirai

Harga tiket masuk Bukit Bangkirai kamu harus membayar sebesar Rp. 30.000,-

tangga menuju canopy bridge
tangga menuju canopy bridge. google maps. sumber: Aldiansyah pria ardani

Simak juga: Grafika Cikole.

Fasilitas Bukit Bangkirai

Fasilitas yang ada di Bukit Bangkirai sendiri diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Gedung pertemuan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Penginapan

Tinggalkan komentar