Danau Semayang, Jalan Menuju Keindahan 2 Danau Sekaligus

Danau Semayang menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata Kutai Kartanegara yang wajib unuk dikunjungi, terutama saat liburan tiba bersama keluarga tercinta.

Kunjungan wisata ke Danau Semayang bukan hanya sekedar tentang keindahan Danau Semayang saja. Setidaknya terdapat 2 pesona lain yang mampu dinikmati, di antaranya:

  • Pesona Sungai Mahakam
  • Pesona Danau Melintang

Jika dilihat di peta Danau Semayang, maka lokasi Danau Semayang berada di samping sebelah kiri Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Suasana liburan di Danau Semayang layaknya seperti liburan ke pantai. Dari mulai ragam wahana yang ada, panorama sunset,  hingga ombak kecil yang datang ke tepian.

Di sisi lain,  objek wisata Danau Semayang juga mampu menjadi destinasi wisata alam keluarga yang bernilai edukatif bagi para pengunjung yang datang.

dermaga tempat bersantai bahkan berfoto
dermaga tempat bersantai bahkan berfoto. google maps. sumber: aluna Rahman

Simak juga:  wisata Kutai Kartanegara

Lokasi Dan Alamat Danau Semayang

Lokasi Danau Semayang terletak di dekat jalur Sungai Mahakam, dan dekat juga dengan Danau Melintang.  Adapun alamat Danau Semayang berada di Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Rute Menuju Danau Semayang

Jalan menuju Danau Semayang dapat ditempuh dengan dua alternatif jenis transportasi. Yaitu :

  • Transportasi Darat
  • Transportasi Air, atau Sungai

Jika anda berangkat dari Samarinda,  perjalanan menggunakan armada sungai akan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan jalur darat.

Namun, ada kelebihannya jika melewati jalur Sungai Mahakam. Selain tersediannya kapal, atau perahu wisata, maka para pengunjung juga akan menikmati suasana khas pedalaman Kalimantan Timur.

danau melintang
danau melintang. google maps. sumber: Rinaldi Sinaga

Simak juga: Danau Tamblingan Bali

Harga Tiket Masuk Danau Semayang

Tiket masuk Danau Semayang hanya perlu mengeluarkan untuk jasa transportasi air, dan biaya parkir saja.

Jam Buka Danau Semayang

  • Danau Semayang buka selama 24 jam
  • Danau Semayang buka setiap hari

Fasilitas Di Danau Semayang

Fasilitas di Danau Semayang terutama fasilitas primer sudah tersedia untuk mendukung kenyamanan wisata para pengunjung. Seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kantin
  • Wahana Air
  • Penginapan
sungai mahakam
sungai mahakam. google maps. sumber: Rama Dni

Simak juga: Danau Singkarak.

Daya Tarik Danau Semayang

Danau Semayang memiliki luas sekitar 13.000 ha. Kondisi tersebut sangat memanjakan mata yang memandang, serta sebagai rumah yang nyaman bagi beberapa spesies air tawar khas Danau Semayang.

Dan inilah pesona keindahan Danau Semayang:

1. 2 Danau, 1 Sungai

Perjalanan wisata menuju Danau Semayang adalah perjalanan satu kali mendayung dua pulau terlampaui. Dengan kata lain bukan hanya tentang Danau Semayang saja.

Sebelum sampai di lokasi utama Danau Semayang, para pengunjung akan menyusuri salah-satu sungai legendaris yang ada di Indonesia, yaitu Sungai Mahakam.

Simak juga: Situ Sedong

Sungai Mahakam adalah sungai dengan ciri khas tersendiri, kental dengan suasana masyarakat pedalaman Kalimantan Timur, yang sangat kuat mempertahankan tradisi para leluhurnya.

Setelah sampai di lokasi utama Danau Semayang, panorama alam yang tersaji bukan hanya Danau Semayang. Terdapat danau lain yang bernama Danau Melintang.

Ke dua danau ini sangatlah unik, karena kondisi airnya terkadang menyambung satu sama lain. Namun dalam kondisi tertentu, kondisi airnya juga menjadi terpisah.

2. Rumah Nyaman Bagi Lumba-Lumba Air Tawar

panorama alam alami
panorama alam alami. google maps. sumber: Fitra Fitrian

Simak juga: Danau Rawa Pening

Daya tarik selanjutnya dari Danau Semayang adalah habitat, atau rumah yang nyaman bagi beberapa jenis ikan, khususnya ikan air tawar.

Panorama yang paling diburu pengunjung adalah kehadiran Ikan Pesut, atau Lumba – Lumba Air Tawar yang hanya ada  di beberapa negara saja di dunia. Salah-satunya di Danau Semayang.

3. Ragam Wahana

danau rasa pantai
danau rasa pantai. google maps. sumber: aluna Rahman

Testimoni dari beberapa pengunjung mengatakan bahwa kunjungan wisata ke Danau Semayang layaknya kunjungan wisata ke objek wisata pantai.

Salah-satu alasannya karena terdapat berbagai macam wahana yang biasa ada di laut. Seperti :

  • Ski air
  • Banana Boat

Selain itu, gelombang air yang datang ke tepian layaknya ombak laut yang kecil. Ditambah lagi di tepian danau layaknya spot pasir pantai yang bisa diisi dengan ragam aktivitas wisata yang lain.

4. Wisata Keluarga Yang Edukatif

danau semayang
danau semayang. google maps. sumber: aluna Rahman

Danau Semayang merupakan destinasi wisata keluarga yang recommended untuk dikunjungi di akhir pekan, atau pada saat liburan tiba.

Terdapat nilai tambah saat berkunjung ke kawasan Danau Semayang, berupa nilai-nilai edukatif tentang tradisi masyarakat nelayan.

Para pengunjung bisa berjalan-jalan ke area perkampungan nelayan, atau hanya menyaksikan para nelayan yang sedang menangkap ikan di Danau Semayang.

Danau Semayang terkenal sebagai danau yang memiliki kekayaan bawah airnya, berupa ikan yang sangat banyak. Jangan heran jika anda melihat para nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang banyak saat di Danau Semayang.


Tinggalkan komentar