Pulau Kumala, Wisata Tenggarong Yang Nyaman Untuk Liburan Keluarga

Pulau Kumala adalah tempat wisata populer yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan, tepatnya di Kecamatan Tenggarong.

Pulau Kumala dianggap sebagai sebuah tempat yang nyaman untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Maka jangan heran jika di akhir pekan banyak sekali orang yang datang ke Pulau Kumala.

landmark pulau kumala
landmark pulau kumala. google maps. sumber: ini Om Theo yaa??

Bagi anda yang pernah datang ke Pulau Kumala di tahun awal berdirinya tempat wisata tersebut, tentu akan menilai bahwa kondisi Pulau Kumala saat itu dengan kondisi sekarang jauh berbeda, bahkan terkesan terbengkalai.

Setidaknya terdapat dua alasan kenapa Pulau Kumala menjadi terkesan terbengkalai, di antaranya:

  • Perpindahan pengelolaan dari pihak pemerintah ke pihak swasta
  • Runtuhnya Jembatan Mahakam II, atau Jembatan Kutai Kartanegara

Pada faktanya, kesan terbengkalai memang hanya di beberapa spot saja. Dan kini keberadaan Pulau Kumala masih tetap memikat hati para wisatawan untuk datang berkunjung.

Masih banyak juga ragam wahana, serta spot yang nyaman sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif di tepi Sungai Mahakam.

Sejarah Pulau Kumala

wisata sambil belajar
wisata sambil belajar. googla maps. sumber: aPlay Tech

Simak juga: Pulau Kakaban

Pada mulanya, Pulau Kumala merupakan sendimen lumpur yang membentuk tanah, dan pulau. Kemudian di atas lahan tersebut ditumbuhi oleh semak belukar, dan beberapa spesies khas kalimantan.

Secara bentuk, Pulau Kumala terlihat seperti sebuah perahu yang tepat berada di tepian Sungai Mahakam, dengan luas sekitar 85 ha.

Besarnya potensi wisata yang dimiliki oleh Pulau Kumala, maka pada tahun 2000 mulailah dibangun kawasan tersebut menjadi tempat wisata.

Dan pada tahun 2002, Pulau Kumala resmi dbuka untuk umum sebagai sebuah tempat wisata yang mengusung konsep pulau dengan taman wisata modern di tepi Sungai Mahakam.

Daya Tarik Pulau Kumala

1. Panorama Alam Sekitar

tempat duduk unik
tempat duduk unik. google maps. sumber: Isna Nur26

Simak juga: Pulau Maratua

Daya tarik yang pertama dari Pulau Kumala adalah panorama alam sekitarnya yang sangat indah. Soal view Sungai Mahakam seakan menjadi sebuah kesatuan yang tak terpisahkan dengan Pulau Kumala.

Di area pulaunya sendiri, suasana alamnya sangat nyaman untuk melakukan aktivitas bersepeda, ataupun berkeliling ke sekitar Pulau Kumala dengan menggunakan sepeda listrik.

Di samping trek sepeda dipenuhi dengan pepohonan yang membuat suasana menjadi teduh, dan tenang. Sangat cocok untuk menghilangkan penat bagi mereka yang terlalu sibuk dengan pekerjaaan.

Para pengunjung tidak perlu repot-repot untuk membawa sepeda sendiri ke Pulau Kumala, karena pihak pengelola sudah menyiapkan fasilitas tersebut. Harga sewa sepeda, maupun sepeda listrik berkisar dari mulai Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 50.000.

2. Ragam Wahana

bersepeda mengelilingi pulau
bersepeda mengelilingi pulau. google maps. sumber: aPlay Tech

Simak juga: Pulau Tidung

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Kumala Tenggarong, Kutai Kartanegara adalah tersedianya ragam wahana yang akan menambah keseruan wisata anda bersama keluarga.

Di antara wahana yang menjadi favorit pengunjung adalah kereta api mini, atau mobil wisata yang akan berkeliling sepanjang pulau tersebut.

Tidak lupa juga Pulau Kumala menyajikan sebuah spot selfie yang artistik, bernilai budaya, yaitu di area tangga yang diapit oleh dua kepala naga di gerbang tangga tersebut. Area tersebut bernama Pura Pasak.

Di sisi lain, terdapat juga ikon Kabupaten Kutai Kartanegara berupa patung yang bernama Patung Lembuswana.

3. Wisata Edukatif

mengunjungi rumah adat
rumah unik di pulau kumala. google maps. sumber: Seven Tobing

Simak juga: Pulau Pari

Daya tarik Pulau Kumala tidak berhenti sampai di situ saja, keberadaan rumah adat masyarakat Dayak menjadi sebuah nilai edukatif bagi para pengunjung yang datang.

Lokasi & Alamat Pulau Kumala

  • Alamat Pulau Kumala berada di Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
  • Lokasinya berada di daerah delta Sungai Mahakam yang memanjang di sebelag barat Kota Tenggarong.

Rute Menuju Pulau Kumala

Rute menuju Pulau Kumala dengan menuju kawasan dermaga Sungai Mahakam, jika dari Samarinda akan menempuh jarak sekitar 27 km menuju Tenggarong.

Ketika sudah tiba di Dermaga Sungai Mahakam dilanjutkan dengan menyebrangi sungai menggunakan perahu motor atau bisa juga dengan menggunakan Jembatan Repo-Repo.

sungai mahakam
sungai mahakam. google maps. sumber: ini Om Theo yaa??

Simak juga: Wisata di Kutai Kartanegara 

Jam Buka Pulau Kumala

Jam operasional Pulau Kumala dibuka setiap hari mulai pukul 08 pagi hingga pukul 06 sore hari waktu setempat.

Tiket Pulau Kumala

Tiket masuk Pulau Kumala sebesar:

  • Rp. 7.000,- untuk dewasa
  • Rp. 5.000,- untuk anak-anak

Sedangkan untuk menikmati wahana permainan yang ada dengan membayar lagi antara Rp. 5.000,- hingga Rp. 25.000,- per wahana

banyak tersedia spot foto kece
banyak tersedia spot foto kece. google maps. sumber: Isna Nur26

Fasilitas Pulau Kumala

Fasilitas pendukung yang ada di Pulau Kumala diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Wahana permainan yang seru
  • Kamar mandi

Tinggalkan komentar