Pulau Maratua, Dari Festival Jazz, Hingga Surga Snorkeling

Pulau Maratua merupakan bentangan keindahan sepanjang mata memandang. Sebuah pulau eksotis yang terletak di bagian terluar Indonesia, dekat dengan negara Malaysia.

Daya tarik Pulau Maratua tidak hanya terletak pada panorama alamnya saja. Namun beberapa festival tahunannya mampu menjadi magnet utama untuk mendatangkan para wisatawan.

sunset di pulau maratua
sunset di pulau maratua. google maps. sumber: erny kurnia

Lokasi Pulau Maratua berada di kawasan Kepulauan Derawan dan dekat dengan Pulau Kakaban. Suasana alam di pulau ini sangat indah, dan menenangkan.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya pulau ini sering digadang-gadang sebagai Maldivesnya Borneo. Apalagi ditambah dengan banyaknya resort atau penginapan di sekitar Pulau Maratua, dan untuk mempermudah wisatawan di Maratua telah tersedia sebuah bandara.

Berikut ulasan lengkap mengenai Pulau Maratua yang harus kamu simak, diantaranya:

Lokasi dan Alamat Pulau Maratua

Lokasi Pulau Marataua sendiri berbatasan langsung dengan Sabah (Malaysia) dan Filipina.

Alamat lengkapnya berada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Rute Menuju Pulau Maratua

Rute menuju Pulau Maratua dapat diakses melalui:

  • Jalur Udara

Rute perjalanan melalui jalur udara dapat dimulai dari Bandara Tarakan, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang menuju Bandara yang ada di Pulau Maratua.

Dengan menggunakan pesawat jenis cesna, estimasi waktu perjalanan sekitar 1 hingga 1,5 jam. Sepanjang perjalanan kamu akan menikmati pemandangan yang cantik dari ketinggian.

Setelah tiba di Bandara Maratua, perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalur darat untuk menuju resort atau penginapan yang kamu inginkan.

gerbang masuk pulau maratua
gerbang masuk pulau maratua. google maps. sumber: Azura Rahman
  • Jalur Laut

Jika hendak mencoba dengan menggunakan jalur laut, dari Bandara Tarakan, lanjutkan perjalanan menuju Tanjung Redeb. Dari sana tinggal menyewa speedboat menuju Pulau Maratua.

Estimasi waktu perjalanan dari Tanjung Redep menuju Pulau Maratua sekitar 3 jam perjalanan laut.

Akan lebih memudahkan dan menenangkan jika kamu menggunakan jasa travel yang sudah banyak menawarkan trip menuju Pulau Maratua.

Jam Buka Pulau Maratua

Jam operasional Pulau Maratua dibuka setiap saat tanpa batasan waktu, karena pulau ini termasuk pulau berpenghuni dimana masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Tiket Pulau Maratua

Karena pulau ini berpenghuni sehingga tidak ada ukuran tiket masuk yang harus kamu bayar, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar jasa travel yang telah mengurus seluruh akomodasi dan keseruan kamu selama di Pulau Maratua.

pantai maratua
pantai maratua. google maps. sumber: Ryan Maratua

Simak juga: Pulau Tidung

Fasilitas di Pulau Maratua

Melihat potensi alam yang begitu bernilai di Pulau Maratua, membuat banyak pihak mendirikan resort-resort untuk memudahkan pengunjung yang datang dari luar Pulau.

Sehingga fasilitas yang ada di Pulau Maratua terdiri dari:

  • Beberapa resort atau penginapan dengan beragam fasilitas
  • Bandara
  • Jalan yang sudah bagus dan beraspal

Legenda Pulau Maratua

Pulau Maratua memiliki kisah sejarah yang saling berkaitan dengan beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya. Kisah yang hadir berawal dari acara pesta pernikahan kerajaan yang hendak diselenggarakan di pulau terluar Berau.

Tiba-tiba badai besar menerjang perahu yang mereka tumpangi ketika di tengah perjalanan menuju pulau tersebut. Yang mengakibatkan kapal karam.

Dimana di pulau ini jasad calon mertua perempuan ditemukan, sehingga disebutlah Pulau Maratua. Sedangkan dari pihak laki-laki disebut dengan nama Pulau Sangalaki.

Ragam Wisata Seru di Pulau Maratua

Ketika berada di Pulau Maratua, kamu dapat melakukan beberapa kegiatan seru dan pastinya ngga boleh kamu lewatkan. Diantaranya yakni:

1. Menenangkan di Pantainya

bersantai di tepi pantai
bersantai di tepi pantai. google maps. sumber: Ryan Maratua

Simak juga: Pulau Pisang

Kamu dapat bersantai sejenak di bibir pantai saat senja tengah menjelang, hal tersebut banyak dilakukan wisatawan ketika mereka ingin menyaksikan sunset.

Pantainya memiliki hamparan pasir putih yang lembut, dipadukan dengan birunya laut serta langit yang bersih. Suasana tenang dan damai dapat kamu rasakan, hanya deburan ombak yang menjadi nyanyian kala itu.

2. Snorkeling

Selain memiliki alam yang cantik dan masih alami, Pulau Maratua juga memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah cantiknya.

Kamu dapat menyaksikannya dengan kegiatan snorkeling di lokasi yang tak jauh dari tempat kamu menginap. Karena biasanya resort-resort yang ada memberikan akses untuk snorkeling atau berenang di lautan.

Jika beruntung kamu akan bertemu ikan pari atau penyu yang biasanya berenang ke arah dermaga jika kondisi mulai menjelang senja hari.

keindahan bawah laut
keindahan bawah laut. google maps. sumber: Mardi Ansyah

Simak juga: Pulau Karimun Jawa

3. Diving

Kegiatan lain untuk menyaksikan keindahan bawah laut di Pulau Maratua ialah dengan melakukan diving, disini ada beberapa spot diving yang wajib kamu kunjungi, yakni:

  • Jetty Dive
  • Turtle Traffic
  • Mid Reef
  • Eel garden
  • Hanging Garden
  • Cabbage Garden
  • The Channel Spot

Simak juga: Pulau Kakaban

Ketujuh spot diving tersebut memiliki keunikan dan keindahan bawah laut yang berbeda-beda, sehingga kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda pula di masing-masing lokasi penyelaman.

4. Berkunjung ke Pulau Kakaban

Pulau Maratua lokasinya berdekatan dengan Pulau Kakaban, jadi banyak pula wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Kakaban.

Di Pulau Kakaban kamu dapat berenang bersama ubur-ubur yang langka di danaunya, lokasinya berada di tengah pulau dan bernama Danau Kakaban.

5. Menikmati Keindahan Goa Halo Tabung

goa halo tabung
goa halo tabung. google maps: sumber: Erwan Purnomo

Pulau Maratua menyimpan banyak keindahan alam yang harus kamu eksplor satu persatu. Lokasi wisata favorit lainyya yang ada disini ialah Goa Halo Tabung.

Goa tersebut berada di tengah hutan Pulau Maratua, yang menyimpan panorama alam yang mengagumkan. Goa tersebut berbentuk goa air vertikal yang memiliki air berwarna hijau kebiru-biruan, dan kamu dapat berenang bahkan menyelam disana.

6. Hunting Spot Foto Cantik

Satu lagi yang menjadi keharusan ketika berada di Pulau Maratua, yakni mengabadikan keindahan dan keseruan yang terjadi dalam bentuk foto maupun video.

Kemudian kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki, dan biarkan keindahan Pulau Maratua disaksikan oleh banyak orang.

Wisata Kuliner

Liburan kamu akan lebih lengkap jika mencoba kulier khas yang ada di daerah yang kamu kunjungi, begitupun ketika berada di Pulau Maratua.

Gence Ruan merupakan kuliner khas yang populer di Pulau Maratua, dengan berbahan dasar ikan gabus atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan Ikan Haruan.

Ikan Haruan dibakar kemudian diberi bumbu tumis yang banyak, enak dinikmati bersama nasi hangat dan sambal goreng yang akan menjadi pelengkap kenikmatan Gence Ruan.

Simak juga: Pulau Sabang

resort di pulau maratua
resort di pulau maratua. google maps. sumber: Mardi Ansyah

Penginapan

Di Pulau Maratua banyak tersedia resort atau penginapan dengan beragam fasilitas dan harga yang beragam, yakni:

  • Maratua Paradise Resort
  • Green Nirvana Maratua Resort
  • Arasatu Villas Sanctuary
  • Maratua Blue Resort

Dan masih banyak lagi yang lainnya, dengan kisaran harga mulai dari Rp. 1.500.000,- per malamnya.

Penutup

Pulau-pulau yang ada di wilayah Indonesia memang sangat mengagumkan, dan membuat kita bangga berada di negeri yang kaya akan keindahan alam yang luar biasa.

Sudah sepatutnyalah kita menjaga dan melestarikannya!


Tinggalkan komentar