Air Terjun Pinang Seribu, Wisata Di Samarinda Yang Recommended Untuk Keluarga

Disadari ataupun tidak, nyatanya banyak sekali anak kecil di masa sekarang yang belum pernah melihat air terjun, atau curug secara langsung.

Wajar saja jika hal tersebut terjadi. Karena mayoritas lokasi air terjun berada di ketinggian sebuah pegunungan, atau di dalam hutan. Ditambah trekking yang ekstrim, sehingga banyak lokasi wisata air terjun yang kurang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Namun berbeda dengan Air Terjun Pinang Seribu yang terletak di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Trekkingnya berada dekat dengan area parkiran, serta dipenuhi oleh ragam wahana, dan fasilitas pendukung yang sudah sangat lengkap.

Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Berdasarkan kenyataan bahwa wisata air terjun masih banyak yang belum bisa dijadikan destinasi wisata keluarga, maka seharusnya menjadi pemantik bagi pemerintah untuk dapat mewujudkan objek wisata yang ramah adan aman untuk keluarga.

Jika diakumulasikan, maka lebih banyak objek wisata air terjun yang belum tertata secara baik yang ada di Indonesia. Maka Air Terjun Pinang Seribu menjadi salah – satu contoh dari sekian banyak wisata air terjun yang mampu menjadi wisata keluarga.

Trekking Menuju Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Pinang Seribu bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua hingga sampai area parkiran.

Kondisi jalannya sudah sangat baik, meskipun di beberapa titik masih ada yang belum optimal. View terindah adalah saat mulai mendekati objek wisata tersebut.

Kondis Jalan Menuju Lokasi Wisata
Kondis Jalan Menuju Lokasi Wisata. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hingga sampailah di lokasi parkiran, maka selanjutnya hanya tinggal melangkah beberapa ratus meter saja untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Pinang Seribu.

Namun, terkadang pengunjung tidak langsung buru-buru menuju Air Terjun Pinang Seribu. Karena di area wisata tersebut banyak sekali wahana yang sangat cocok untuk anda bersama keluarga, berpadu dengan view alam yang menawan.

Spot Di Sekitar Objek Wisata Air Terjun Pinang Seribu
Spot Di Sekitar Objek Wisata Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jika trekking dilanjutkan, maka akan tiba di lokasi utama Air Terjun Pinang Seribu, sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi, serta view bebatuan besar mendominasi di sekitar air terjun.

Terserah anda, mau menikmati dulu keseruan di lokasi utama Air Terjun Pinang Seribu. Atau mau menjajal dulu setiap wahana yang tersaji di objek wisata tersebut.

Yang jelas, aktivitas wisata di sana sangat seru. Manfaatkan sebaik mungkin momen kebahagiaan di sana bersama keluarga tercinta.

Lokasi Utama Air terjun Pinang Seribu
Lokasi Utama Air terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi. Ketinggian Air Terjun Pinang Seribu sekitar 5 meter, dengan kemiringan hanya 45 derajat.

Airnya sangat jernih, namun di waktu-waktu tertentu kondisi airnya berubah kecoklat-coklatan. View di sekitar air terjun di dominasi bebatuan besar.

Pesona Keindahan Air Terjun Pinang Seribu
Pesona Keindahan Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan jika para pengunjung ingin naik ke atas bebatuan tersebut, diharapkan untuk berhati-hati. Karena ada lumut yang membuat licin pijakan kaki.

Arus airnya sangat deras jika di musim hujan. Karena arus air yang turun tidak langsung menuju kolam, namun mengalir melalui undakan batu. Maka hal tersebut menyebabkan kondisi kolamnya menjadi tidak terlalu dalam.

Dominasi View Bebatuan
Dominasi View Bebatuan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Panorama alam sekitar berupa pepohonan yang berada di atas air terjun, maupun yang ada di sampingnya, kian menambah keteduhan serta kesejukan saat berada di sana.

Bagi anak kecil, pilihlah titik yang tidak dalam. Dan para orang tua harus selalu mengedepankan aspek keamanan dalam berwisata.

Bermain Air Di Lokasi Air Terjun Pinang Seribu
Bermain Air Di Lokasi Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : https://lh5.googleusercontent.com/p/AF1QipPlR2HT0DEUiQyHnQwoddY9n1_-SMFK-78dLUgO=s16383

Pesona keindahan selanjutnya adalah fasilitas serta wahana yang tersaji di sana. Dan setiap wahana yang tersaji bisa dijadikan momen untuk semakin dekat bersama keluarga tercinta.

Ragam Wahana Dan Aktivitas Wisata Di Air Terjun Pinang Seribu

Inilah daya tarik selanjutnya di objek wisata Air Terjun Pinang Seribu, yaitu wahana wisata yang yang harus dicoba satu per satu.

Wahana wisata tersebut adalah :

1. Spot Outbond

Terdapat sebuah jembatan gantung yang membentang di atas kolam. Jembatan tersebut tidak terlalu tinggi jaraknya dari kolam, serta terbuat dari kayu.

Jembatan Gantung Di Air Terjun Pinang Seribu
Jembatan Gantung Di Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Spot ini idealnya dilakukan minimal oleh usia remaja sampai dewasa. Karena konsep outbound jembatan gantung ini memang bukan untuk anak kecil.

Para pengunjung yang menjajal spot ini akan dilengkapi dengan keamanan seperti helm. Dan aktivitas outbound mampu menyajikan kebersamaan, serta kepedulian antar tim.

Spot Outbound
Spot Outbound. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Becak Atau Sepeda Air

Spot selanjutnya yang bisa dinikmati oleh anda beserta keluarga adalah menaiki becak air atau sepeda air. Bentuknya unik, menyerupai bebek.

Menjelajahi area kolam sambil mengayuh becak air secara bersama – sama adalah momen kebahagiaan yang takan terlupakan.

Sepeda Air
Sepeda Air. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Gazebo

Terdapat banyak sekali gazebo di area wisata Air Terjun Pinang Seribu. Gazebo tersebut adalah spot untuk melepas lelah setela menikmati keseruan yang tersaji.

Selain itu, di gazebo tersebut para orang tua bisa mengawasi anak – anaknya saat bermain di sekitar area wisata tersebut.

Gazebo Di Air Terjun Pinang Seribu
Gazebo Di Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

4. Spot Selfie

Trend kekinian menuntut setiap objek wisata mampu menghadirkan spot selfie yang kreatif, unik, serta berlatarkan view yang indah.

Dan objek wisata Air Terjun Pinang Seribu sudah mampu menghadirkan hala tersebut. jadi, jangan lupakan kamera anda ya…

Fasilitas Di Air Terjun Pinang Seribu

Fasilitas yang tersaji di sana sudah sangat lengkap, serta sangat menunjang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjungnya.

Adapun fasilitas di Air Terjun Pinang Seribu adalah sebagai berikut :

  • Villa
  • Restoran
  • Pemandian Umum
  • Toilet
  • Mushola
  • Area Parkir

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi Air Terjun Pinang Seribu terletak di daerah sempaja, dengan alamat Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Rute Menuju Objek Wisata Air Terjun Pinang Seribu

Rute menuju objek wisata Air Terjun Pinang Seribu jika dari Samarinda, hanya berjarak sekitar 12 kilometer saja, dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan.

Rute terdekat melalui Jalan Padat Karya. Dan waktu tempuh dari daerah Sempaja hanya sekitar 15 menit saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pinang Seribu

Harga tiket masuk Air Terjun Pinang Seribu adalah :

  • Rp. 20.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 5.000 tarif parkir mobil per unit
  • Rp. 2.000 tarif parkir motor
  • Rp. 30.000 biaya sewa sepeda air

Jam Operasional Air Terjun Pinang Seribu

Jam operasional Air Terjun Pinang Seribu buka dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 17.00. objek wisata Air Terjun Pinang Seribu buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Pinang Seribu

Terdapat penginapan di objek wisata Air Terjun Pinang Seribu. Penginapannya berbetuk villa, dengan view sekitar berupa alam yang sangat memanjakan mata.

Selain itu, udaranya juga sangat menyejukan. Ada baiknya anda bersama keluarga sesekali menginap di villa tersebut.

Villa Di Air Terjun Pinang Seribu
Villa Di Air Terjun Pinang Seribu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Penutup

Itulah info lengkap tentang Air Terjun Pinang Seribu. Semoga objek wisata air terjun mampu menjadi destinasi wisata edukasi alam bagi khususnya bagi anak-anak.

Namun tetap kedepankan aspek keamanan dalam berwisata ya… Dan para orang tua harus menjadi tauladan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Patuhi protokol kesehatannya juga ya…

Baca juga:

Leave a Comment