Air Terjun Kedang Ipil, Anugerah Alam Di Desa Tertua Kutai Kartanegara

Air Terjun Kedang Ipil, atau disebut juga dengan nama Air Terjun Kandua Raya layaknya anugerah alam yang diberikan oleh sang pencipta di desa tertua yang ada di Kutai Kartanegara.

Desa tersebut bernama Desa Kedang Ipil. Sebuah desa yang terkenal juga sebagai desa yang kuat mempertahanan tradisi para leluhur, serta menjadi miniatur kebersamaan di atas perbedaan.

Air Terjun Kedang Ipil hanyalah satu dari sekian banyak pesona yang dimiliki oleh Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara. Hebatnya lagi, alam sekitar Air Terjun Kedang Ipil masih terjaga dengan baik.

mengabadikan alam yang indah
mengabadikan alam yang indah. google maps. sumber: Hadi Supriyanto

Simak juga: Wisata di Kutai Kartanegara

Tempat wisata di Kutai Kartanegara memang didominasi oleh wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah, termasuk Air Terjun Kedang Ipil.

Dan inilah review Air Terjun Kedang Ipil yang sudah kami rangkum, sebagai sebuah referensi awal bagi anda menentukan destinasi wisata saat liburan tiba.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kedang Ipil

Lokasi Air Terjun Kedang Ipil terletak di hilir Air Terjun Putang. Adapun alamat Air Terjun Kedang Ipil berada di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Lidya

Rute Menuju Air Terjun Kedang Ipil

Jalan menuju Air Terjun Kedang Ipil dari Tenggarong sudah bisa dilaui oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil hingga ke area parkiran Air Terjun Kedang Ipil.

Jarak Air Terjun Kedang Ipil dari Tenggarong sekitar 72 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedang Ipil

  • Tiket masuk Air Terjun Kedang Ipil Rp. 3.000 per orang
  • Tiket parkir motor Rp. 10.000 per unit, termasuk tiket masuk
  • Tiket parkir mobil Rp. 10.000 belum termasuk biaya tiket masuk
aliran air ketika melimpah
aliran air ketika melimpah. google maps. sumber: aprilian karambe

Simak juga: Air terjun Sri Gethuk

Jam Buka Air Terjun Kedang Ipil

  • Air Terjun Kedang Ipil buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu
  • Air Terjun Kedang Ipil buka dari jam 09.00 – 17.00

Fasilitas Di Air Terjun Kedang Ipil

Fasilitas primer di Air Terjun Kedang Ipil sudah tersedia, seperti :

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Dan toilet

Hanya saja, belum tersedia fasilitas penunjang lainnya, seperti :

  • Kantin
  • Penginapan
seru seruan bersama kawan
seru seruan bersama kawan. google maps. sumber: Ardy Sulton Prasetyo

Simak juga: Air terjun Dolo

Oleh karena itu, para pengunjung disarankan membawa perbekalan sendiri dari rumah. Atau membeli makanan, dan minuman sebelum smpai di lokasi utama Air Terjun Kedang Ipil.

Trekking Menuju Air Terjun Kedang Ipil

No Trekking, No Waterfall. Aktivitas wisata berupa trekking, atau berjalan di tengah alam terbuka adalah bagian tak terpisahkan saat ingin berkunjung ke tempat wisata berupa air terjun.

Namun, bagi para pengunjung yang datang ke Air Terjun Kedang Ipil diberikan dua pilihan saat sampai di loket masuk, untuk bisa sampai di lokasi utama Air Terjun Kedang Ipil. Yaitu :

  • Berjalan kaki
  • Naik ojek

Bagi para pengunjung yang tidak mau lelah, bisa menggunakan jasa ojek yang sudah tersedia di sana, dengan ongkos sekitar Rp. 10.000 per orang.

Bagi yang ingin melakukan trekking tidak perlu khawatir akan bersusah payah, karena kondisi jalur menuju Air Terjun Kedang Ipil tidak terjal, maupun curam.

landmark air terjun kedang ipil atau kandua raya
landmark air terjun kedang ipil atau kandua raya. google maps. sumber: Julkaini julfa

Jalan yang dilewati juga lebar, melewati jembatan yang berwarna – warni, kemudian masuk ke area perkebunan, hingga akhirnya sampai di area yang dipenuhi gazebo.

Itu menjadi pertanda bahwa anda sudah sampai di lokasi utama Air Terjun Kedang Ipil. Hanya tinggal turun beberapa langkah ke bawah, maka anda akan melihat panorama Air Terjun Kedang Ipil.

Daya Tarik Air Terjun Kedang Ipil

1. Air Terjun Yang Unik

air terjun kedang ipil
air terjun kedang ipil. google maps. sumber: Musa Al Hadi

Simak juga: air terjun benang kelambu

Saya menyebut Air Terjun Kedang Ipil sebagai sebuah air terjun yang unik. Karena sepintas seperti aliran air sungai biasa. namun menjadi sebuah air terjun dikarenakan di aliran air tersebut terdapat beberapa undakan, atau tingkatan batu.

Tinggi Air Terjun Kedang Ipil hanya beberapa meter saja, tergolong air terjun yang pendek. Namun aliran airnya akan sangat deras saat musim hujan tiba, ditambah Air Terjun Kedang Ipil sangat lebar.

Kejernihan Air Terjun Kedang Ipil sangat dipengaruhi oleh musim. Di saat – saat tertentu, dan di bagian tertentu akan berwarna cokelat. Namun kebanyakan kondisi airnya sangat jernih.

2. Pesona Alam Sekitar

ramai dikunjungi wisatawan
ramai dikunjungi wisatawan. google maps. sumber: Julkaini julfa

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Kedang Ipil adalah pesona alam di sekita Air Terjun Kedang Ipil, atau Air Terjun Kandua Raya.

Ciri khas Air Terjun Kedang Ipil adalah dominasi hamparan batuan besar di aliran airnya. Di beberapa titik kondisi batu tersebut seakan menjadi sekat, dan menyajikan spot terbaik untuk berenang, atau bermain air.

Kondisi kedalam kolamnya bervariatif, termasuk arus air yang mengalirnya. Momen terbaik di Air Terjun Kedang Ipil adalah saat duduk di hamparan batu besar, sambil menikmati secangkir kopi, atau teh.

Di samping kiri dan kanan Air Terjun Kedang Ipil ditumbuhi oleh pepohonan yang memberikan nuansa keteduhan, serta nuansa asri yang memberikan ketenangan.

alam yang masih asri
alam yang masih asri. google maps. sumber: Lia Budiyati

Penutup

Demikian informasi tentang Air Terjun Kedang Ipil, atau Air Terjun Kandua Raya. Para pengunjung disarankan untuk selalu update informasi terkait tempat wisata di masa pandemi.

Karena tempat wisata di masa pandemi bisa mendadak tutup karena kebijakan pencegahan penularan virus ovid-19. Utamakan keselamatan saat berlibur, dan patuhi protokol kesehatan ya….


Tinggalkan komentar